Pinhome

Tips Properti

Tips Membangun Rumah di Tanah Pojok

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Lokasi tanah berada di pojok merupakan kelebihan yang bisa dimanfaatkan untuk memperindah rumah, misalnya dengan membuat dua arah hadap sehingga bangunan lebih terlihat unik dan menarik. Meskipun demikian, ada juga yang tidak memanfaatkan kelebihan ini sehingga bagian samping rumah terlihat kurang bagus karena tidak di desain sebagai tampak depan. Nah, disini kita coba menguraikan beberapa tips membangun rumah di tanah pojok. Barangkali dapat berguna bagi yang kebetulan hendak membangun atau merenovasi rumah pada lokasi tanah yang disebut juga sebagai hook ini.

Tips membangun rumah di tanah pojok

  1. Membuat dua teras yaitu pada bagian depan dan samping rumah. namun salah satu sisi tetap di desain sebagai tampak muka rumah, hal ini bertujuan agar tamu tidak bingung mau pilih pintu yang mana.
  2. Memanfaatkan sisi samping untuk menempatkan jendela sehingga setiap ruangan bisa mendapatkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup.
  3. Hindari menggunakan semua tanah untuk bangunan. Hal ini untuk menyiapkan lahan bermain anak-anak, dan kita juga perlu menjaga lingkungan dengan membuat taman di halaman rumah. Lebih bagus lagi jika ditambahkan lobang biopori agar bisa menjadi tempat resapan air ke bawah tanah.
  4. Memperhatikan keamanan rumah dari lalu lintas kendaraan yang ada di jalan, mengingat posisi jalan pojok sering dijadikan tempat belok jadi ada kemungkinan terjadi kecelakaan. Oleh karena itu perlu direncanakan bagian bangunan yang bisa mengamankan rumah tinggal. Misalnya dengan membuat polisi tidur di jalan agar kendaraan berjalan pelan ketika melewati depan rumah.
  5. Mengatur posisi bangunan dengan jalan, yaitu mempertimbangkan kemungkinan adanya pelebaran jalan dimasa depan sehingga tidak perlu merusak bangunan akibat terkena gusuran dikemudian hari.

Begitulah beberapa hal yang perlu diperhatikan agar rumah kita yang terletak dilahan pojok bisa terwujud dengan bagus. Tips lainya bisa dicoba-coba sendiri agar bisa mendesain rumah terbaik. Selamat merencanakan desain rumah idaman 🙂

Tags :

Bagikan Artikel