Pinhome

Tips Membangun Rumah di Dekat Pantai Laut

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Membangun rumah di dekat pantai laut memerlukan strategi khusus agar hunian yang akan dibangun nantinya dapat nyaman digunakan. Ada kondisi khusus yang perlu ditangani secara berbeda dari pembangunan rumah yang letaknya jauh dari tepi pantai yang biasanya lebih aman dari bencana yang sering terjadi dipinggir laut. Apalagi jika daerah yang akan dibangun rumah termasuk area yang rawan terkena banjir air pasang atau rob, belum lagi bahaya erosi pantai yang akhir-akhir ini banyak melanda kawasan pesisir pantai akibat kurangnya penghijauan, kenaikan muka air laut dan kerusakan lingkungan akibat kesalahan peradaban manusia zaman ini. Nah, berikut ini beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan untuk mewujudkan rumah tepi pantai terbaik.


Tips membangun rumah di dekat pantai laut

  1. Antisipasi bangunan terhadap muka air pasang tertinggi, kita usahakan agar lantai rumah lebih tinggi dari air laut pasang agar tidak terkena banjir.
  2. Menggunakan semen tipe khusus yang tahan terhadap air asin.
  3. Membangun rumah panggung juga bisa menjadi solusi untuk daerah yang muka air pasangnya tinggi.
  4. Garasi mobil atau tempat parkir kendaraan yang terbuat dari besi perlu diatur sedemikian rupa agar tidak mengalami karat.
  5. Pemandangan laut atau rimbunya pohon tepi pantai bisa menjadi keunikan tersendiri, oleh karena itu bangunan perlu di desain sedemikian rupa agar dapat menyaksikan keindahan pantai dari rumah.
  6. Jika tanah yang akan dibangun rumah dalam kondisi tidak terlalu keras maka bisa menggunakan jenis pondasi cakar ayam, yaitu pondasi yang meniru akar kelapa yang bisa tumbuh kuat ditepi pantai.
  7. Menghitung atau memperkirakan masa guna bangunan, perlu diselidiki apakah daerah tersebut rawan erosi sehingga ada kemungkinan daratanya hilang berubah menjadi laut.
  8. Membuat gambar rumah sebelum membangun, ini akan lebih memudahkan proses pembangunan sehingga bisa berhemat dari segi waktu dan tenaga.

Demikian beberapa hal yang mungkin dilakukan jika hendak membangun rumah di pantai pinggir laut agar terwujud hunian idaman keluarga yang nnyaman, awet, murah, indah dan aman. Semoga bermanfaat 🙂

Tags :

Bagikan Artikel