Pinhome

Uncategorized

Tips Membangun Pondasi Rumah Awet dan Kuat

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Untuk membuat rumah yang kuat dibutuhkan pondasi yang kuat dan kokoh, sehingga dapat menopang dalam berbagai kondisi. Ada beberapa tips yang perlu diketahui dalam membangun pondasi rumah supaya dapat awet dan kuat.

pondasi rumah

Tips Membangun Pondasi Rumah Awet dan Kuat

Pondasi rumah merupakan hal yang paling dasar dan sangat penting dan harus disiapkan dengan baik. Pondasi harus dibuat dengan kokoh darena posisinya sebagai penentu kekokohan bangunan. Apabila pondasi hanya dibuat asal-asalan, maka bangunan yang akan dihasilkan juga tidak akan kuat dan kokoh. Sedangkan apabila pondasi dibuat kokoh dan kuat, maka bangunan akan dapat berdiri tegak dengan kekokohannya. Sehingga rumah yang dibangun bisa awet dan tahan terhadap guncangan.

Meskipun anda bukan ahli bangunan atau kontraktor profesional, namun tetap harus memahami cara membangun pondasi yang awet serta kuat. Berikut ini cara yang banyak dilakukan saat ini untuk menciptakan pondasi bangunan kuat dan awet :

Teknik batu kali

Para kontraktor lebih banyak menggunakan teknik untuk membuat pondasi adalah dengan teknik batu kali. Caranya yaitu batu kali dicampurkan dengan semen dan pasir dengan perbandingan volumenya adalah 1 banding 4 ( 1: 4 ). Pastikan juga bahwa campuran antara semua bahan bisa pas, sesuai dan dapat menampung bangunan yang akan didirikan.

Sistem beton

Teknik beton ini merupakan teknik dengan menggunakan sistem beton bertulang. Untuk teknik ini, kita bisa mencampurkan semen, kerikil, dan pasir. Perbandingan dalam volume semen : kerikil : pasir yaitu 1 : 3 : 2. Setelah semua campuran selesai dibuat, maka kita dapat memasukkan tulangan besi ke dalamnya. Hal ini dilakukan supaya mendapatkan pondasi yang kuat dan juga kokoh.

Pemasangan plastik

Pemasangan plastik bermanfaat untuk memperkuat pondasi. Plastik dengan jenis polyfiled merupakan plastik yang dimaksud untuk memperkuat pondasi. Biasanya, plastik jenis ini dipakai sebagai tenda untuk warung di pinggir jalan yang digunakan oleh para pedagang kaki lima. Plastik ini difungsikan sebagai tatakan untuk kerikil. Caranya sangat mudah, cukup gelar plastik polyfiled dan letakkan kerikil setebal 15 sampai 20 cm di atasnya. Ratakan dulu serta sekaligus padatkan supaya tidak bergerak. Setelah itu lanjutkan dengan pembuatan pondasi baik dengan teknik batu kali atau teknik beton.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan pondasi untuk rumah yang kuat dan juga kokoh. Pondasi yang kuat dengan biaya yang murah sebenarnya dapat diwujudkan dengan beberapa langkah yang terencana dan juga terukur. Pembuatan pondasi adalah suatu hal yang wajib untuk membuat rumah yang kokoh dan tidak mudah rusak, terutama fungsi penting sebagai penopang bangunan rumah supaya tetap pada kondisi yang tetap. Pondasi yang buruk dapat mengakibatkan bangunan rumah menjadi tidak seimbang, biasanya mudah dideteksi jika dinding mudah retak dan tegel yang tidak rata atau pecah-pecah. Apabila kesulitan dalam membuat pondasi berkualitas, anda juga bisa berkonsulitasi pada ahlinya.

Tags :

Bagikan Artikel