Pinhome

Uncategorized

Tips Melindungi Rumah Dari Cuaca Ekstream

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Saat ini Indonesia sedang memasuki cuaca ekstream. Hujan yang sangat lebat disertai petir saat sering terjadi. Kepala Badan Meterologi, Klimatoligi dan Geofisika (BMKG), Andi Eka Sakya menjelaskan bahwa hujan lebat disertai petir tersebut disebabkan oleh fenomena La Nina. Andi juga menambahkan jika curah hujan di Indonesia memiliki ketergantungan pada angin muson.

Angin muson sendiri merupakan pola angin yang biasanya terjadi salam enam bulan sekali. Tentu dengan cuaca ekstream terebut akan membuat rumah Anda mengalami kerusahan. Nah untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini untuk melindungi rumah dari cuaca ekstream, diantaranya :

Atap

Cuaca yang ekstream akan membuat kondisi atap rumah menjadi kurang baik. Periksalah atap rumah dua kali dalam setahun, karena akan memudahkan Anda untuk memperbaiki atap yang mengalami kerusakan. Selain atap, genteng pun juga harus diperiksa. Pastikan genteng tidak lapuk dan pecah, jika ada kerusakan segeralah untuk mengganti dengan yang baru.

Langit-Langit

Periksalah juga langit-langit di rumah Anda. Apabila terdapat rembesan akibat air hujan, segeralah untuk memperbaikinya karena jika dibiarkan akan menimbulkan jamur yang membuat warna dinding dan langit-langit berubah.

Saluran Air

Apabila terjadi hujan yang sangat deras akan membuat air hujan banyak masuk ke saluran air. Pastikan saluran air di rumah Anda tidak tersumbat agar tidak menyebabkan banjir.

Pintu dan Jendela

Sebaiknya cek pintu dan jendela rumah Anda dapat menutup dengan rapat agar tidak membuat air hujan masuk ke rumah.

Cabang Pohon

Selain bagian di dalam rumah, taman di luar rumah juga harus diperhatikan. Pastikan tidak ada dahan atau cabang pohon yang mati di sekitar rumah, karena jika dahan atau cabang tersebut jatuh akan membahayakan penghuni rumah dan orang-orang yang melintas di bawahnya.

Bagian Rumah yang Rendah

Air pasti akan mengalir dari tinggi menuju rendah, jadi perhatikan bagian-bagian di rumah yang dapat dimasuki air seperti garasi atau bawah pintu. Anda dapat menggunakan bahan yang memiliki daya serap air tinggi seperti hurricane sock.

Karung Pasir

Anda dapat menggunakan karung pasir di daerah yang rendah sebagai alternatif untuk mengantisipasi banjir. Anda cukup meletakkan karung pasir di sekitar rumah secara bertumpuk. Namun sebaiknya gunakan cara ini ketika terjadi musim hujan yang besar dan hilangkan jika cuacanya sudah baik agar tidak menganggu eksterior rumah Anda.

Furniture dan Alat Elektronik

Jika rumah Anda rawan terhadap banjir, sebaiknya pindahkan peralatan elektronik dan furniture yang mudah rusak akibat air ke lantai atas yang lebih tinggi.

Demikian tips melindungi rumah dari cuaca yang ekstream. Semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel