BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPADijamin Berhasil! Tips Lolos BI Checking
0
0

Dijamin Berhasil! Tips Lolos BI Checking

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta

Apr 5, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
tips lolos bi checkingtop-right-banner

Pins, tahu tidak bahwa salah satu syarat mengajukan KPR adalah BI Checking? Ya, BI Checking atau saat ini lebih dikenal dengan SLIK OJK merupakan salah satu syarat utama untuk bisa mendapatkan pinjaman dari bank. 

BI Checking dilakukan karena mempunyai tujuan untuk mempelajari aktivitas keuangan nasabah atau calon peminjam. Peninjauan aktivitas keuangan ini nantinya digunakan untuk menilai apakah calon nasabah sudah layak mendapatkan dukungan KPR dari pihak bank. 

Lalu, bagaimana sih supaya kita bisa lolos BI Checking? Mari kita simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Baca juga:

Langkah-langkah agar Lolos BI Checking!

Beberapa cara agar kamu bisa lolos BI Checking adalah perlu memiliki produk perbankan, pastikan riwayat transaksi di bank baik, cek semua tagihan, dan hindari menggunakan limit maksimal.

Berikut ini penjelasan selengkapnya

Source : Pinhome

Miliki Produk Perbankan

Sebagai seorang nasabah bank, diharapkan kamu mempunyai produk perbankan. Misalnya kartu kredit atau kartu debit. Usahakan kamu aktif menggunakan produk perbankan tersebut. 

Tujuannya agar pihak bank bisa menilai apakah kamu termasuk nasabah yang bisa diberikan kepercayaan berupa pinjaman KPR atau tidak. Ketika kamu menggunakan kartu kredit, kamu akan dinilai kelancaran dalam melunasi transaksi.

Baca juga: Ayo Simak Cara Follow Up Customer Dengan Tepat Dan Profesional

Upayakan Transaksi di Bank Baik

Selain itu, hal yang akan menjadi penilaian agar lolos BI Checking adalah riwayat transaksi kita di bank. Apabila ada tunggakan yang belum lunas, atau kita pernah memiliki utang yang telat bayar maka semua akan terekam di sistem bank. Skor kredit atau skor utang yang buruk tentu akan memengaruhi keputusan bank dalam memberikan KPR. 

Pastikan Tagihan Lunas

Selanjutnya, kamu harus memastikan bahwa semua tagihan berupa paylater, kartu kredit, dan angsuran multiguna lain sudah lunas ya. Apabila masih terdeteksi belum lunas atau telat bayar, maka bisa dipastikan pengajuan KPR kamu tidak akan lolos. 

Agar terbebas dari daftar hitam BI, klien Pins harus membayar cicilan sebelum jatuh tempo. Informasikan untuk segera membayar hutang. Membayar atau melunasi hutang sebelum jatuh tempo bisa memberikan penilaian yang bagus pada riwayat kredit pribadi. Bank akan menilai klien Pins cukup bertanggung jawab dengan kredit yang diambil.

Hindari Menggunakan Limit Maksimal

Ini juga menjadi hal penting yang perlu kamu perhatikan, Pins! Apabila kamu memiliki limit kartu kredit senilai 80 juta, pastikan tidak menggunakan full limit ya. Gunakan saja seperlunya dan sewajarnya saya Pins.

Ambil kredit sesuai kebutuhan dan kemampuan

Ambil kredit sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Berkacalah dengan income yang akan didapat setiap bulan. Jangan tergiur untuk menggunakan kartu kredit dalam melakukan transaksi dalam jumlah besar. Apabila klien tidak sanggup membayar, maka ini akan membahayakan kredit skoring klien.

Jangan gunakan kartu kredit sebagai source of income

Kredit atau kartu kredit bukanlah sumber penghasilan. Kartu kredit merupakan fasilitas pinjaman. Jadi, jangan tergiur dengan berbagai promo murah. Pastikan Pins menggunakan fasilitas kredit hanya untuk transaksi yang diperlukan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai tips lolos BI checking untuk membeli properti. Semoga bermanfaat ya bagi kamu yang sedang ingin mengajukan KPR/KPA.


Informasi infografis merupakan hasil diskusi Instagram Live Property Academy by Pinhome dengan Property Expert. Tayangan asli Instagram Live bisa diakses di sini.

Infografis dibuat oleh Tim Creative Pinhome.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Al Rafa Cottage Pakuhaji dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download