Catat! Ini Dia 5 Tips KPR untuk Para Freelancer

Dipublikasikan oleh Athiah Amida ∙ January 25, 2023 ∙ 5 menit membaca

Salah satu syarat umum dalam pengajuan KPR adalah pemohon berstatus karyawan tetap dengan penghasilan stabil. Persyaratan inilah yang seringkali dianggap sebagai kendala oleh banyak freelancer yang ingin mengajukan KPR. Namun, bukan berarti mustahil mendapatkan KPR untuk freelancer, Pins!

Meskipun bekerja secara freelance, tidak menutup kemungkinan kamu bisa membeli hunian dengan sistem KPR. Ingin tahu bagaimana cara supaya mendapatkan persetujuan KPR? Yuk cek 5 tips KPR untuk freelancer berikut ini.

Baca juga: Hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah KPR

Memastikan Kondisi Keuangan Stabil

Kondisi keuangan calon pemohon KPR adalah salah satu faktor utama yang menjadi pertimbangan pihak bank menyetujui permohonan KPR. Bagaimanakah kondisi keuanganmu sejauh ini? Apakah simpanan di rekening tabunganmu dalam kondisi yang stabil dan sehat? Jika kondisi keuanganmu sehat dan stabil seperti pekerja kantoran, pihak bank tentu akan mempertimbangkan pengajuan KPR kamu.

Untuk menjaga kondisi keuangan tetap sehat, kamu harus memastikan agar pengeluaran yang kamu lakukan setiap bulannya tidak melebihi pemasukan. Terutama dikarenakan jumlah penghasilan freelancer bisa berbeda-beda setiap bulannya, kamu perlu memiliki tabungan. Apabila kamu memiliki cicilan lain, sebaiknya lunasi terlebih dahulu cicilan tersebut dan selalu bayar cicilannya tepat waktu. Memiliki banyak cicilan pada saat mengajukan KPR, akan membuat pihak bank berpikir 2 kali untuk memberikan persetujuan KPR, Pins. Dengan kondisi keuangan yang sehat, dan membayar cicilan yang dimiliki tepat waktu, pihak bank pun akan berpikir kamu memiliki komitmen dan kemampuan membayar. 

Jika memungkinkan, menjelang pengajuan KPR ambillah project freelance dengan jangka waktu yang panjang. Misalnya saja, untuk Pins yang bekerja sebagai seorang penulis konten lepas bisa mencoba mengambil pekerjaan freelance dengan hitungan durasi bulanan. Kamu pun akan memiliki 1 sumber penghasilan bulanan yang tetap. 

Menyesuaikan Harga Rumah dengan Kemampuan

Setiap orang memiliki rumah idaman yang ingin dimiliki. Namun, dalam mengajukan KPR pilihlah hunian yang sesuai dengan kondisi keuanganmu. Semakin tinggi harga rumah, maka uang muka dan cicilan yang harus kamu bayarkan juga akan semakin tinggi. Jika bank merasa harga rumah tersebut tidak sesuai dengan kemampuanmu, maka permohonan KPR kamu akan ditolak. 

Bukan berarti kamu terpaksa harus berubah drastis konsep rumah idaman yang kamu inginkan. Misalnya saja Pins menginginkan rumah type 70, tetapi dari segi kemampuan membayarnya tidak memungkinkan. Untuk itu, kamu bisa menurunkan sedikit keinginanmu dengan memilih rumah type 60 atau type 54. Dengna menyesuaikan harga rumah dengan kondisi kantongmu akan membuat kamu bisa menjaga pembayaran cicilannya tepat waktu.

Baca juga: Proses Membeli Rumah Dengan KPR yang Harus Diketahui

Menggunakan Simulasi KPR

Untuk bisa memberikan gambaran terkait uang muka, angsuran, besaran bunga, hingga biaya akad kredit KPR bisa dilakukan menggunakan simulasi KPR. Semua bank penyedia layanan KPR memiliki simulasi KPR yang bisa kamu akses di laman resmi mereka. Namun, jika kamu ingin lebih praktis dalam membandingkan simulasi KPR dari berbagai bank, kamu bisa menggunakan simulasi kalkulator KPR Pinhome.

Hasil perhitungan simulasi yang ditampilkan merupakan angka perkiraan, tetapi dengan mengetahui nominalnya dapat membantumu dalam mengambil keputusan pengajuan. Mulai dari keputusan memilih rumah KPR, besaran uang mukanya, besaran cicilan, dan masa tenornya. Dengan penyesuaian ini, kamu pun akan terhindar dari risiko kredit macet atau gagal bayar, Pins.

Hal yang perlu diingat, besarnya cicilan KPR per bulannya dipengaruhi oleh besarnya uang muka dan masa tenor yang dipilih. Semakin besar uang muka dan semakin lama tenor, maka cicilan kamu akan lebih ringan. Akan tetapi, dari segi bunga tentu akan lebih besar juga. Untuk itu, kamu perlu mempertimbangkannya sebaik mungkin.

Menyiapkan Uang Muka Sesuai Kebijakan Bank

Tips KPR untuk freelancer selanjutnya adalah dalam hal menyiapkan uang muka. Setiap bank penyedia layanan KPR bisa memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait uang muka atau DP. Akan tetapi, setidaknya uang muka yang perlu kamu keluarkan minimal 25-30% dari harga rumah yang ingin kamu miliki. Semakin besar uang muka yang mampu kamu bayarkan, maka utang KPR pun akan semakin kecil. 

Disarankan sebelum menentukan uang muka, kamu perlu memperhitungkan biaya-biaya lain yang dibutuhkan untuk proses pengajuan KPR. Jangan sampai setelah membayar uang muka, keuangan untuk kebutuhanmu dan keluarga jadi terganggu. Dengan uang muka yang lebih besar dan cicilan lebih ringan, pihak bank pun akan mempertimbangkannya karena risiko gagal bayar akan lebih kecil.

Mempunyai Dana Darurat

Dalam mengajukan KPR, pihak bank akan meminta rekening koran selama beberapa bulan terakhir. Untuk itu, sangat disarankan kamu memiliki  simpanan atau tabungan yang cukup besar. Bukan hanya untuk meminimalisir kemungkinan mendapat penolakan dari bank, tetapi juga sebagai dana darurat.

Apabila memungkinkan, buat terpisah simpanan untuk tunjangan masa depan dan juga dana darurat. Untuk dana darurat, kira-kira besaran simpanan yang perlu kamu persiapkan sekitar 3-6 kali besaran cicilan KPR per bulannya. Persiapan ini membuat kamu masih bisa melakukan pembayaran cicilan tepat waktu meski projek freelance sedang sepi.

Baca juga: Penyebab KPR Rumah Ditolak dan Tidak Disetujui

Dengan menjalankan ke-5 tips KPR untuk freelancer ini, kamu pun berpeluang besar untuk mendapatkan persetujuan KPR, Pins. Dari semua tips yang disampaikan tersebut, menurutmu yang paling tersulit yang manakah?


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, G-Land Cilengkrang Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Freepik

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Pengubah Suara Terbaik

Pernahkah Pins berpikir untuk mengubah suara asli kamu untuk membuat efek gema seperti robot, atau

Lifestyle
Lifestyle 15 Aplikasi Karaoke Terbaik Untuk Hobi Menyanyi

Karaoke merupakan salah satu hiburan menyenangkan yang menghilangkan penat setelah bekerja atau akt

Lifestyle
Lifestyle 18 Aplikasi Baca Manga Terbaik Untukmu

Ingin baca manga untuk mengisi waktu luangmu? Atau memang kamu hobi membaca manga? Selain berbentuk

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi Aplikasi Font Android Menarik

Melihat tampilan HP Android yang begitu-begitu saja setiap harinya cukup membosankan bagi setiap or

Finansial
Finansial BI Checking Kol 2 Artinya? Simak Yuk!

Sebelum mengajukan kredit atau pinjaman baru pada suatu lembaga keuangan atau pembiayaan, kamu perl

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia