Pinhome

Finansial

Tips Hemat Membangun Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Saat berencana membangun rumah biasanya akan selalu diikuti dengan menganggarkan biaya bangun rumah meliputi biaya jasa desain, material bangunan, peralatan, ongkos tukang, izin membangun bangunan ke pemerintah setempat, kontraktor, instalasi listrik, air, gas, pembuangan aliran air kotor serta pajak. Sungguh anggaran yang banyak dan memusingkan. Untuk membantu perencanaan itu  akan kami beri beberapa  tips bangun rumah yang hemat. Sebelumnya, hal yang perlu diperhatikan adalah desain rumah yang harus sudah fix sebelum membangun agar tidak ada perubahan di tengah pembangunan, sehingga dana membengkak dari asal rencana anggaran awal. Salah satu cara penghematan  yang bisa dilakukan dengan menggunakan kecerdikan mendapatkan material bangunan.

Tips bangun rumah pertama, manfaatkanlah diskon. Cobalah sekali-kali datang ke hypermarket khusus barang-barang bangunan karena mereka cukup sering memberikan diskon, walau hanya 10% namun pasti terasa bila membeli dalam partai besar. Kedua, cerdik memanfaatkan strategi eliminasi dan substitusi. Tidak semua barang diskon dijual dalam jumlah yang cukup banyak. Untuk ini bisa diakali dengan cara-cara yang kreatif.

Ketiga, ambillah harga terbaik dan pas di kantong, tapi bukan berarti selalu mengambil harga yang murah karena kualitas juga tetap perlu diperhatikan. Harga terbaik bisa berarti keseluruhan biaya yang perlu kita keluarkan. Harga terbaik juga bisa berlaku untuk jasa yang digunakan. Misalnya menggunakan jasa desain rumah kenalan sendiri atau rekomendasi teman yang cukup profesional namun bersedia memberikan ‘harga teman’. Jadi tips bangun rumah ini dapat diaplikasikan secara efektif dengan bermodalkan kreatifitas.

bangun rumah

Kemudian, gunakan jasa desain rumah atau arsitek agar desain rumah lebih tepat guna sehingga tidak boros karena berakhir dengan ‘tambal sulam’. Proses membangun bisa dilakukan sendiri juga bila memungkinkan, tapi sebaiknya pilihan ini dihindari karena kadangkala biaya malah membengkak akibat ketidaktahuan.

Selain itu masih ada beberapa tips bangun rumah lainnya yang mungkin bisa membantu. Cari bahan material berkesan alami yang terdapat banyak di lokasi terdekat sehingga harganya lebih murah dengan mencarinya sendiri ke daerah tersebut.  Untuk bahan finishing dapat memilih material seperti cat, keramik, handle pintu, dan sebagainya yang berkualitas menengah, namun usahakan memilih yang terlihat tidak murahan dan tidak gampang rusak.

Tags :

Bagikan Artikel