Pinhome

Tips Desain Rumah Ramah Lingkungan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 16 September 2021 ∙ 2 menit membaca

Dampak pemanasan global akibat kerusakan lingkungan yang semakin buruk telah menyadarkan sejumlah kalangan. Mereka lalu berusaha menumbuhkan kesadaran tersebut kepada komunitas masyarakat lainnya melalui kampanye go green.

Konsep go green yang teraplikasi dalam program ramah lingkungan saat ini semakin gencar di kampanyekan di sejumlah daerah. Hal ini sebagai langkah strategis untuk mewujudkan kepedulian masyarakat terhadap nasib lingkungan yang harus diselamatkan dari kerusakan.

Selasin itu, masyarakat akhirnya sadar bahwa mereka mempunyai tanggung jawab besar dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dan mencegah segala sesuatu yang bisa merusak kelestariannya.

Program ramah lingkungan ditargetkan bisa teraplikasi dalam setiap aspek kehidupan. Termasuk pula dalam mendesain rumah tinggal. Agar kerusakan lingkungan bisa diminimalisasi, desain rumah pun diharapkan bisa mengadopsi konsep ramah lingkungan.  

Bagi kamu yang ingin berpartisipasi dalam mewujudkan program tersebut, tips desain rumah ramah lingkungan berikut ini bisa kamu aplikasikan ke dalam rumah tinggalmu.

Desain Rumah Ramah Lingkungan

desain rumah ramah lingkungan

Meminimalisir Penggunaan AC

Pertama, meminimalisir penggunaan AC, kipas angin, dan lampu. Agar rumah tidak boros energi listrik, pastikan sirkulasi udara dan pencahayaan bisa terpenuhi secara optimal.

Sebaiknya, lengkapi setiap ruangan dengan ventilasi yang cukup. Lengkapi pula dengan jendela yang memiliki bukaan besar sehingga sinar matahari bisa menjangkau bagian dalam rumah. Bisa pula dengan menambahkan sky light pada bagian tertentu plafond.

Pemilihan Material

Kedua, pemilihan material. Material yang digunakan hendaknya memenuhi kriteria berikut ini:

  1. Menggunakan peralatan elektronik yang bebas freon, karena freon bisa merusak lapisan ozon. Pilihlan kulkas yang tidak mengandung freon. Sebaiknya minimalisasi penggunaan AC karena AC termasuk salah satu peralatan elektronik yang mengandung freon.
  2. Menggunakan rangka atap yang terbuat dari baja ringan. Hal ini sebagai langkah alternatif untuk menghemat penggunaan kayu. Sekarang ini ketersediaan kayu semakin menipis seiring dengan laju kerusakan hutan yang semakin luar biasa;
  3. Pilihlah bahan PVC/UPVC atau aluminium untuk membuat kusen, jendela dan pintu.
  4. Memiliki taman yang dipenuhi dengan tanaman-tanaman hijau.

Sekian ulasan tentang tips membuat desain rumah ramah lingkungan. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel