BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Cara Membuat Desain Rumah Mungil Tetap Asri
0
0

5 Cara Membuat Desain Rumah Mungil Tetap Asri

Dipublikasikan oleh Putra  dan Diperbarui oleh Putra

Nov 14, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Ketebatasan lahan dan finansial sering kali membuat Pins harus berpikir keras ketika ingin mendesain rumah tinggal. Sebab dengan keterbatasan tersebut, rumah tetap harus mampu menghadirkan kenyamanan bagi para penghuninya. Kenyamanan memang menjadi prioritas utama ketika seseorang mendesain rumah tinggal. 

Meskipun demikian, kenyamanan sebuah rumah tidak harus mensyaratkan rumah yang berukuran luas dan mewah. Rumah mungil pun akan menjadi asri dan nyaman ditempati bila Pins mampu mendesainnya dengan baik.

Tentunya, setelah tahu bagaimana mendesain rumah mungil yang asri akan membuat kamu semakin ingin punya rumah yang nyaman. Seperti rumah yang ada di perumahan Orchard Village, di perumahan ini terdapat banyak rumah yang nyaman untuk kamu. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Tips Membuat Desain Rumah Mungil yang Asri

Keterbatasan lahan maupun anggaran kini bukan lagi kendala bagi Pins untuk mewujudkan rumah idaman yang tetap elegan dan anggun. Dengan bentuk yang mungil, Pins bisa mengkreasikan desain rumah yang menarik dan juga indah.

1. Minimalisasi Keberadaan Dinding Pembatas

rumah mungil asri
Source : Intiland

Gunakanlah berbagai strategi untuk mengurangi keberadaan sekat ruangan dan memberikan kesan lapang pada ruangan. Salah satunya, Pins dapat menggantikan dinding permanen dengan menggunakan partisi berupa bufet, rak buku, atau sofa sebagai pemisah antarbagian ruang. 

Sebagai alternatif, Pins dapat mempertimbangkan penggunaan cermin besar dalam ruang seperti ruang keluarga atau ruang makan. Sehingga menciptakan ilusi ruang yang lebih luas. Dengan cara ini, keterbatasan lahan bisa diatasi tanpa mengorbankan kenyamanan dan estetika ruangan. 

Sebagai tambahan, penggunaan elemen-elemen fungsional dan dekoratif dapat memberikan sentuhan personal pada desain interior. Ini menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan menarik.

2. Buat Desain Built In

rumah mungil asri
Source : Arsitag

Untuk menciptakan kesan luas dalam ruangan, salah satu solusi yang efektif adalah dengan membuat desain built in. Melalui desain ini, Pins dapat mengoptimalkan penggunaan ruang dengan lebih efisien. Misalnya, untuk lemari, Pins hanya perlu membuat ambalan dan pintunya saja, menghasilkan solusi yang praktis dan ekonomis. Penting juga untuk memperhatikan ukuran furnitur yang dipilih, sebaiknya memilih yang berukuran kecil dan simpel. 

Selain itu, dalam pemilihan warna, disarankan untuk memilih warna-warna yang cerah pada ruangan yang luas. Guna menciptakan kesan terang dan memperluas tampilan ruangan. Dengan demikian, desain built in tidak hanya memperindah ruangan, tetapi juga menghemat tempat dan biaya.

Baca juga:

3. Ruang Multifungsi

rumah mungil asri
Source : Jawara Corporation

Pins dapat meningkatkan efisiensi ruang dengan menggabungkan berbagai fungsi di dalamnya. Di bagian dalam, ruangan dapat difungsikan sebagai ruang keluarga yang hangat sekaligus ruang makan yang nyaman.

Penggabungan ruang makan dengan dapur atau desain terbuka yang menyatu dengan teras belakang akan menciptakan kesan luas dan terhubung secara fungsional. Selain itu, pemanfaatan ruang yang tersisa dapat dioptimalkan, seperti mengubah halaman kecil Pins menjadi tempat resapan air yang ramah lingkungan dan menyegarkan.

Untuk meningkatkan efisiensi energi, sebaiknya pastikan setiap ruangan mendapatkan pencahayaan matahari yang cukup selama siang hingga sore hari. Selain itu, perhatikan sirkulasi udara agar berjalan optimal dengan membuat bukaan jendela yang panjang hingga menyentuh lantai. 

Dengan mempertimbangkan aspek-aspek ini, Pins dapat menciptakan ruang multifungsi yang ideal. Juga menggabungkan kepraktisan dengan keindahan, sambil tetap memperhatikan keberlanjutan lingkungan.

Baca juga: Game Membangun Rumah – Buat Desain Impian

4. Maksimalkan Tempat Penyimpanan

Source : Lentera Rumah

Agar ruangan tetap rapi, Pins harus maksimalkan tempat penyimpanan. Ubah kolong tempat tidur menjadi rak atau laci untuk menyimpan aneka barang semisal bed cover, buku, bahkan mainan anak-anak. 

Manfaatkan credenza yang bisa menyimpan majalah, meja makan dan meja tamu yang dilengkapi dengan laci penyimpanan. Jangan lupa memanfaatkan kolong di bawah tangga  atau di bagian bawah wastafel sebagai tempat penyimpanan juga.

Baca juga: Tujuan Membeli Rumah Tinggal

5. Perhatikan Penempatan Septic Tank

Source : sedotwcprofesional

Upayakan letak septic tank berjauhan dari pompa air agar air tanah tidak tercemar. Ada baiknya septic tank dibuat secara kolektif dan dibuatkan area tersendiri. Begitu pula dengan masalah pengelolaan sampah. Apakah Pins mengolah sendiri ataukah di tempat pembuangan sampah umum.

Dengan desain rumah seperti di atas, rumah mungil Pins akan terlihat menarik sekaligus elegan. Yang tidak kalah pentingnya, setiap penghuni akan merasa nyaman dan betah tinggal di dalamnya.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Avoria Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download