Pinhome

Tips Properti

Tips Desain Rumah Mungil

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Keterbatasan lahan maupun anggaran kini bukan lagi kendala bagi Anda untuk mewujudkan rumah idaman yang tetap elegan dan anggun. Dengan bentuk yang mungil, Anda bisa mengkreasikan desain rumah yang menarik dan juga indah. Untuk mensiasati keterbatasan lahan, Anda bisa meminimalisasi keberadaan dinding pembatas sehingga ruangan tetap terasa lapang. Oleh karena itu Anda bisa menggunakan partisi berupa bufet, rak buku, ataupun sofa untuk memisahkan bagian ruang yang satu dengan lainnya. Pembatas dinding permanen bisa Anda aplikasikan pada kamar mandi. Anda bisa juga mensiasatinya dengan meletakkan cermin besar untuk memberikan kesan yang luas pada ruangan. Cermin tersebut bisa ditempatkan di ruang keluarga ataupun ruang makan.

desain rumah autocad

Kesan yang luas bisa pula diwujudkan dengan membuat desain built in. Dengan desain built in, Anda bisa menghemat tempat. Untuk lemari, Anda cukup membuatkan ambalan dan pintunya saja. Jadi lebih praktis dan menghemat biaya. Perhatikan pula ukuran furnitur yang dipajang. Pilihlah yang berukuran kecil dan simpel. Demikian halnya dengan pemilihan warna. Pada ruangan yang luas cocok diaplikasikan warna – warna yang muda sehingga memberikan kesan lebih terang dan membuat ruangan terasa luas.

Ada baiknya Anda juga menggabungkan fungsi ruang. Misalkan memfungsikan teras, taman depan, maupun carport sebagai ruang tamu. Bisa juga digunakan sebagai ruang bermain anak, tempat parkir, atau ruang pertemuan. Ruangan di bagian dalam bisa dipakai untuk ruang keluarga sekaligus ruang makan. Begitu pula dengan ruang makan, bisa digabungkan dengan dapur atau didesain terbuka yang menyatu dengan teras belakang. Maksimalkan bagian – bagian rumah yang tersisa. Jadikan halaman kecil Anda sebagai tempat resapan air. Untuk taman depan rumah optimalkan sebagai paru – paru rumah.

Untuk menghemat pemakaian listrik, pastikan ruangan mendapatkan cahaya matahari yang cukup pada siang hari hingga sore hari. Perhatikan pula sirkulasi udaranya bisa berjalan dengan optimal. Oleh karena itu Anda bisa membuat bukaan jendela yang panjangnya hingga menyentuh lantai.

Agar ruangan tetap rapi, Anda harus memaksimalkan tempat penyimpanan. Ubah kolong tempat tidur menjadi rak atau laci untuk menyimpan aneka barang semisal bed cover, buku, bahkan mainan anak – anak. Manfaatkan credenza yang bisa menyimpan majalah, meja makan dan meja tamu yang dilengkapi dengan laci penyimpanan. Jangan lupa memanfaatkan kolong di bawah tangga  atau di bagian bawah wastafel sebagai tempat penyimpanan juga.

Yang terakhir, perhatikan penempatan septic tank. Upayakan letak septic tank berjauhan dari pompa air agar air tanah tidak tercemar. Ada baiknya septic tank dibuat secara kolektif dan dibuatkan area tersendiri. Begitu pula dengan masalah pengelolaan sampah. Apakah Anda mengolah sendiri ataukah di tempat pembuangan sampah umum.

Dengan desain rumah seperti di atas, rumah mungil Anda akan terlihat menarik sekaligus elegan. Yang tidak kalah pentingnya, setiap penghuni akan merasa nyaman dan betah tinggal di dalamnya.

Tags :

Bagikan Artikel