Pinhome

Uncategorized

Tips Desain Rumah Green Living Terbaru 2016

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Konsep tentang rumah yang bernuansa hijau dan sehat telah banyak digunakan oleh masyarakat modern. Rumah dengan nuansa hijau juga mampu mempengaruhi sebagian bahkan seluruh aspek kehidupan masyarakat. Rumah dengan konsep green living akan membantu masyarakat dalam menciptakan lingkungan yang lebh sehat dan segar.

Konsep green living membuat rumah menyatu dengan alam sehingga rumah menjadi lebih sehat untuk ditinggali. Selain sehat, rumah dengan konsep green living tetap menjaga kenyamanan bagi penghuninya dan rumah ini tidak hanya dapat dibangun di lingkungan pedesaan saja. Bagi Anda yang berada di kota, konsep green living juga dapat Anda terapkan. Berikut beberapa tips untuk menciptakan hunian dengan konsep green living.

rumah green ramah lingkungan

Gunakan Sistem Yang Ramah Lingkungan

Sistem ramah lingkungan tidak harus selalu dengan memasang panel surya pada rumah Anda sehingga sama sekali tiding menggunakan listrik. Konsep ramah lingkungan dapat Anda mulai dengan menggunakan barang-barang elektronik yang hemat listrik. System ini tentu harus berkelanjutan tidak hanya dalam hal penggunaan barang elektronik saja namun dengan konsep rumah yang menyatu dengan alam.

Terapkan konsep Minimalis

Banyak orang yang saat ini mementingkan kesan glamour dengan memasukkan berbagai macam furniture ke dalam rumah. Namun, saat ini bukan lagi jamannya hunian yang serba wah. Justru para trendsetter modern lebih focus pada konsep rumah yang minimalis secara estetika. Dalam konsep minimalis, penggunaan perabotan dan furniture dianjurkan untuk sesuai dengan fungsinya saja. Jika berlebihan maka rumah Anda tidak bisa dikatakan menjadi rumah yang minimalis lagi. Namun bukan berarti Anda tidak bisa memasang pernak-pernik pada rumah Anda. Anda hanya perlu mengurangi barang-barang yang menguras tempat.

Gunakan Produk Daur Ulang

Sebagai hunian green living, Anda harus bersahabat dengan alam. Tidak hanya dengan dalam hal sampah dan penghijauan, namun Anda dapat memulai untuk menggunakan produk daur ulang. Saat ini, produk daur ulang tidak lagi identik dengan sampah. Banyak orang yang mulai menggunakan barang-barang bekas sebagai hiasan dari rumah mereka bahkan menggunakannya sebagai perabot rumah dengan fungsi yang baru. Untuk mendapatkan inspirasi, Anda dapat browsing melalui internet bagaimana orang-orang memanfaatkan barang-barang bekas dalam rumah mereka.

Gunakan Bahan-bahan Alam

Dalam urusan desain interior, pilihlah bahan-bahan dari alam. Memang harganya lebih mahal dari bahan fabrikasi, namun Anda dapat mengakalinya dengan membeli di toko yang menjual barang second hand. Jika Anda teliti dalam memilih, maka Anda akan mendapatkan barang yang bagus dengan harga yang murah.

Biarkan Hunian Anda Menyatu Dengan Dunia Luar

Bawalah dunia luar ke dalam rumah Anda. Artinya, Anda dapat memadukan dunia luar dengan bagian dalam dari rumah Anda. misalnya dengan memasang jendela dengan ukuran yang besar agar cahaya dapat masuk ke dalam rumah sehingga menhurangi penggunaan listrik. Selain itu ventilasi-ventilasi diperlukan agar udara luar dapat masuk dan sirkulasi udara di dalam rumah menjadi lebih baik. Hal ini juga dapat mengurangi penggunaan pendingin ataupun kipas angin sehingga konsumsi listrik Anda menjadi berkurang.

Tags :

Bagikan Artikel