BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Tips Desain Ruang Makan Sehat dan Nyaman
0
0

10 Tips Desain Ruang Makan Sehat dan Nyaman

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 16, 2023

2 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Desain ruang makan menjadi hal yang cukup penting untuk makan bersama seluruh anggota keluarga. Meski sebagian orang tak suka makan dengan posisi yang teratur atau lebih suka makan di ruang lain, tentunya tips desain ruang makan bisa membantumu agar ruang makan berfungsi sebagaimana mestinya.

Selera makan bisa saja dipengaruhi oleh bentuk desain ruang makan yang indah atau sebaliknya. Jika desain ruang makan yang disajikan cukup indah dan menawan, tak mustahil kita betah berlama-lama di ruang makan. Begitupun sebaliknya, jika desain ruang makan yang ada tidak nyaman, maka bisa mengganggu selera makanmu. Desain ruang makan yang nyaman akan semakin didukung dengan penataan desain ruang makan yang sehat sekaligus nyaman untuk digunakan. Untuk mewujudkannya, kamu bisa lihat tips berikut ini.

Tentunya, setelah tahu bagaimana desain ruang makan yang nyaman akan membuat kamu semakin ingin punya rumah yang nyaman juga. Senyaman rumah yang ada di perumahan Orchard Village atau di perumahan Villa Gading Harapan. Kamu bahkan bisa cek dulu harga estimasi rumah di Cipayung. Kamu juga bisa cek estimasi harga rumah bekas di Bekasi yang ada daerah lainnya menggunakan fitur PinValue di aplikasi Pinhome.

Baca juga:

Tips Desain Ruang Makan Sehat dan Nyaman

desain ruang makan sehat
Source : Pexels

Merancang desain ruang makan sangat penting untuk menjaga selera makan. Meskipun rumah Pins bukan restoran, setidaknya dengan desain yang menarik, kamu akan lebih betah berada di ruangan tersebut. Berikut ini beberapa tips desain ruang makan yang perlu kamu perhatikan:

1. Perhatikan Kebersihan Ruang Makan

tips desain ruang makan
Source : Kompas

Kebersihan pada desain ruang makan menjadi hal yang cukup penting untuk menjaga selera makan di meja makan. Jangan letakkan hal-hal yang kotor di ruang makan, misalnya tong sampah. Kehadiran tong sampah di ruang makan akan sangat mengganggu mata yang memandang, juga indra penciuman kita turut terganggu. Jika ruang makan terhubung langsung dengan dapur, pastikan dapur tersebut juga selalu dalam kondisi bersih. Sebab bisa jadi para tamu yang berkunjung untuk makan di rumahmu akan melirik kondisi dapur.

Jika berantakan dan tampak tak bersih, tentu ini akan mengurangi selera orang yang akan makan. Pasalnya, saat ini desain ruang makan mewah dan modern, banyak yang dihubungkan langsung dengan ruang keluarga tanpa sekat dinding pembatas.

2. Perhatikan Jarak Dapur dan Ruang Makan

Source : Pexels

Perhatikan jarak antara dapur dan ruang makan. Usahakan ada sedikit ruang pembatas. Hal ini bertujuan untuk menjaga selera orang yang makan apabila kondisi dapur masih berantakan.

Senikmat apapun hidangan yang ada di meja makan, jika orang menyaksikan ruangan dapur yang digunakan untuk memasak makanan tersebut ternyata dalam kondisi jorok dan kotor, maka kemungkinan besar orang-orang akan hilang selera. Tips yang satu ini cukup sederhana, namun sangat beresiko jika kamu mengabaikannya.

3. Jangan Meletakkan Barang Kotor di Ruang Makan

tips desain ruang makan
Source : Kompas

Hindari barang-barang kotor dari ruang makan, seperti halnya piring kotor. Piring kotor akan sangat berpengaruh pada selera makan karena akan menimbulkan bau dan sebagainya. Jika kebetulan ada sampah-sampah sisa makanan yang harus dibuang, tempatkan lah terlebih dahulu pada wadah khusus, selanjutnya buang jauh-jauh dari ruang makan.

Baca juga: Cara Membuat Rumah Bersih dan Rapi Setiap Saat

4. Tambahkan Pengharum Ruangan

Source : Halodoc

Untuk menjaga aroma dan suasana yang nyaman pada ruang makan, kamu bisa menambahkan pengharum ruangan beraroma buah-buahan segar. Kamu juga bisa langsung menambahkan tanaman segar untuk menambah kesegaran ruangan. Nuansa natural justru akan membangkitkan selera makan.

Baca juga: Desain Ruang Makan Sederhana untuk Keluarga Kecil

5. Bersihkan Ruang Makan Secara Berkala

Source : Unsplash

Tips yang terakhir adalah bersihkan ruang makan secara berkala. Jangan tinggalkan sisa makanan, ataupun piring kotor di ruang makan. Karena hal ini tentu akan menyebabkan bau tak sedap, serta mengurangi selera makan orang lain. Dengan membersihkan meja makan berkala, bercak noda maupun minyak yang menempel bisa segera teratasi dan tidak menimbulkan kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Baca juga: Cara Mengubah Ruang Makan Terlihat Lebih Indah

6. Tentukan Kombinasi Warna Cat Dinding

renovasi ruang makan
Source : Pixabay

Jika ruangan makan Pins hanya memiliki satu warna saja, mungkin hal tersebut yang membuat bosan pada ruangan tersebut. Sebaiknya Pins mencoba untuk mengkombinasikan warna-warna pada cat untuk membuat ruang makan di rumah Pins menjadi lebih cerah dan menyenangkan.

Jangan takut untuk berkreasi dengan menggunakan berbagai warna yang cerah karena dapat menghasilkan kesan kontras yang menarik. Pilihlah beberapa warna pada cat dinding untuk diaplikasikan pada ruang makan Pins.

Namun, untuk menghemat anggaran sebaiknya manfaatkan cat sisa dari beberapa ruangan lain yang ada di rumah. Pilih cat dinding yang menjadi daya tarik pada ruang makan. Selain itu Pins juga dapat memberi beberapa pola pada dinding ruang makan, seperti pola garis-garis.

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Dapur Minimalis dan Manis

7. Tambahkan Sedikit Dekorasi Ruangan

renovasi ruang makan
Source : Pixabay

Tips desain selanjutnya adalah menambah beberapa dekorasi di ruang makan. Tujuannya agar ruang makan menjadi lebih menarik dan lebih indah. Pins bisa memberikan tambahan koleksi seperti koleksi piring-piring antik, koleksi keramik hias atau perlengkapan makan yang lainnya.

Hal tersebut akan membuat ruang makan menjadi lebih indah. Jika bosan dengan motif pada kursi di ruang makan, Pins bisa menyiasatinya dengan mengganti sarung bantal yang ada pada kursi tentunya yang sesuai dengan dekorasi ruang makan di rumah.

Baca juga: Rekomendasi Model Lantai Keramik Minimalis

8. Gunakan Pencahayaan yang Maksimal

Source : Unsplash

Lampu pada ruang makan Pins juga bisa dikombinasikan dengan furnitur dan juga warna dinding. Pins juga dapat menggunakan lampu yang memiliki gaya dapur industrial, agar ruangan makan terlihat elegan dan modern.

Apabila ingin membuat ruang makan terlihat mewah, Pins dapat menambahkan lampu gantung kristal. Selain terlihat mewah, lampu gantung kristal tersebut juga dapat menjadi aksesoris yang menarik di ruang makan Pins.

Baca juga: Mana yang Lebih Awet? Rolling Door Besi atau Rolling Door Alumunium

9. Pilih Wallpaper yang Tepat

Source : Mybest

Gantilah wallpaper yang ada di ruang makan agar tidak membuat bosan dan monoton. Hal tersebut juga dapat membuat Pins tidak mudah jenuh dengan suasana ruang makan yang itu-itu saja. Pilih motif wallpaper seperti bunga atau garis.

10. Desain Kitchen Island yang Luas

Source : Unsplash

Pengembangan konsep Kitchen Island yang luas menandai era baru dalam desain dapur kontemporer. Memahami pentingnya ruang fungsional dan estetika, desainer kini fokus pada menciptakan area yang tidak hanya memfasilitasi kegiatan memasak tetapi juga menyediakan ruang sosial yang nyaman.

Kitchen Island menjadi pusat perhatian, tidak hanya sebagai tempat memasak tetapi juga sebagai ruang interaktif. Dengan penekanan pada penggunaan bahan-bahan berkualitas tinggi dan pemilihan warna yang cerdas, desain ini menghadirkan harmoni dalam estetika ruang dapur.

Demikianlah tips desain ruang makan yang sehat dan nyaman. Bila Pins ingin mencobanya, lakukanlah sekarang juga agar suasana rumah semakin indah. Semoga bermanfaat.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download