BlogPemilik PropertiDesain Hunian20 Tips dan Inspirasi Desain Kamar Tidur, Atur Sesuai Selera!
0
0

20 Tips dan Inspirasi Desain Kamar Tidur, Atur Sesuai Selera!

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 13, 2023

17 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mempercantik desain kamar tidur menjadi hal yang bisa dilakukan agar Pins nyaman beristirahat. Hal ini terutama ketika kamu baru saja membeli rumah seken di Surabaya dengan Take Over KPR atau rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Griya Parama. Namun, ada banyak tips desain kamar tidur yang bisa kamu lakukan untuk menghemat pengeluaran renovasi kamar.

Salah satunya adalah menentukan desain kamar sejak awal agar proses renovasi rumah berjalan lancar. Selain itu, memilih cat dinding kamar utama merupakan kunci utama agar kamar terlihat indah. Bagi kamu yang bingung memilih desain mana yang cocok, simak daftar rekomendasinya di sini!

Ragam Desain Kamar Tidur

Tips desain interior kamar tidur dimulai dengan mengukur luas kamar lalu memilih perabot yang pas dan fungsional. Jika kamar terlalu banyak barang, akan terasa pengap. Namun bila minim furnitur maka kamar tidur terasa kurang menarik. Ragam desain kamar tidur berikut mungkin mampu menjadi inspirasimu!

1. Desain Kamar Tidur Minimalis

Source : Hipwee

Desain kamar tidur aestethic telah lama menjadi pandangan populer untuk area sosial di rumah, tetapi meningkatnya popularitas tempat tidur berprofil rendah dan palet warna abu-abu menunjukkan bahwa kamar tidur minimalis sedang berkembang dengan cepat.

Sementara dinding-dinding yang dihiasi dengan poster atau pernak-pernik memiliki pesona kenyamanan tertentu, memungkinkan ruangan untuk mencerminkan suasana yang nyaman pada malam atau pagi hari.

Baca juga: 14 Dekorasi Kamar Tidur Sempit Agar Nyaman dan Menarik

2. Desain Kamar Tidur Sederhana

Source : Idntimes

Mencari inspirasi tentang cara mendekorasi kamar tidur kecil? Berikut adalah beberapa ide dan tips desain kamar tidur kontemporer, kamar tidur Swedia modern, dan kamar tidur pemandangan laut yang menakjubkan.

Kamar yang kecil dan sederhana ini sangat cocok dengan tipe desain rumah minimalis, sebab tidak memerlukan ruangan yang besar. Beberapa tips yang harus diketahui adalah :

  • Warna-warna terang meningkatkan perasaan ruang, sementara warna yang lebih gelap cenderung meningkatkan pencahayaan pada ruangan anda dan perabotan kamar memiliki visual tersendiri.
  • Ini mungkin terlihat jelas, tetapi tutup tempat tidur dan gunakan furnitur yang menghemat ruang. Jika ruang penyimpanan merupakan masalah, tempat penyimpanan di bawah tempat tidur seperti ini dapat membebaskan banyak ruang.
  • Visual memperluas ruangan dengan menggunakan cermin.

3. Desain Kamar Tidur Ranjang Pohon

Source : Pinterest

Desain kamar tidur seperti di atas memang sangat terlihat unik, khas gaya pedesaan. Meskipun terlihat sepele, tetapi desain kamar tidur aesthetic ini bisa jadi pilihan terbaik.

Ini juga merupakan salah satu penampilan yang dapat digunakan dengan dekorasi apapun dan di ruang warna apa saja. Belum lagi, kamu mungkin bisa juga melukis cabang-cabang ranting pohonnya.

4. Desain Kamar dengan Tampilan Lego Block

desain kamar tidur
Source : Decatour

Desain ini tidak sekompleks seperti yang dilihat sejauh ini, tetapi bisa tampil cukup keren. Nightstands dapat ditumpuk seperti balok lego dan kepala tempat tidur kulit tipis memberikan sedikit sentuhan keanggunan.

Paduan warna yang dipilih juga akan menambah keindahan tampilan kamar tidur. Jika kamu mencari lebih banyak gaya modern, ini mungkin bisa jadi alternatifnya. Memang tidak murah, tetapi jika memang ingin mencontek desain seperti di atas, kamu bisa memulainya sendiri.

5. Desain Kamar Berbahan Kayu

Source : Pinterest

Ini adalah konsep umum, mirip dengan desain kamar tidur ranting yang dibahas sebelumnya. Namun, memiliki sedikit perbedaan. Desain ini menggunakan kanopi cabang polos, tetapi dengan beberapa cabang dan tongkat ditempatkan di seluruh kamar. Masing-masing melekat pada tempat tidur platform sederhana di atas lempengan beton.

Seluruh kamar tidur agak kasar dan indah menyala. Lantai beton bisa diterapkan pada desain kamar tidur ini dengan dilengkapi dengan beberapa karpet kecil untuk menutupi lantainya.

6. Desain Kamar Tidur dengan Konsep Open Sky

Source : Lifehack

Ingin berkemah, tetapi tidak mau meninggalkan kenyamanan tempat tidur? Desain kamar tidur ini memungkinkan kamu untuk melihat langit terbuka tanpa jendela. Langit-langit terbuka lebar ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan udara segar ketika kamu tertidur.

Saat hujan turun atau sedikit terlalu dingin, cukup tutup ruangan saja. Udara segar sangat sehat yang membuat ide kamar tidur unik ini bahkan lebih menarik dan mengagumkan.

Baca juga: 12 Desain Kamar Tidur Remaja Simple dan Menarik

7. Desain Kamar dengan Pola Berbeda

Source : Godygo

Kamar tidur yang berangin ini penuh dengan pola dan warna yang unik. Dinding dibuat agar terlihat seperti lempengan batu sabak dengan platform yang cocok untuk boot. Dinding di setiap sisi sedikit berbeda, satu blok semen dan yang lainnya adalah pola bergelombang yang terang benderang dari langit-langit.

Di tengah ruangan, ada tempat duduk. Meskipun kecil, tetapi memberikan tempat untuk duduk dan membaca buku tanpa harus mengganggu rutinitas untuk tidur. Sentuhan karpet klasik akan menambah keindahan ruangan.

8. Desain Kamar dengan Loteng Indah

desain kamar tidur
Source : Pinterest

Ini adalah salah satu cara untuk mendesain ulang loteng. Lihat bagaimana jendela raksasa memberikan pemandangan indah di luar, bahkan di loteng itu sendiri.

Tempat tidur hanya diletakkan di lantai, meninggalkan ruang terbuka untuk sampai ke tungku kayu atau melihat ke luar jendela. Sisa loteng kamar kasar dan menyenangkan, sementara tetap sederhana.

Baca juga:

9. Hidden Temple

Source : Tripadvisor

Kamar tidur di atas memiliki tema kuil tersembunyi. Tema intinya sendiri adalah Aztec yang sangat memukai. Desain kamar menggunakan ukiran kayu yang diaplikasikan pada tempat tidur.

Ruangan juga bisa didesain dengan tambahan tanaman hias indoor palsu agar membuatnya terlihat lebih segar dan nyaman. Pengaplikasian tema ini tentunya akan sangat menarik dan memiliki keunikan tersendiri.

10. Desain Kamar Tidur dengan Lights Galore

Source : Nimvo

Ini adalah salah satu desain kamar tidur yang tampaknya agak rumit untuk dibuat, tetapi sebenarnya bisa saja dilakukan dengan mudah bila tahu beberapa triknya.

Sederhananya dengan menggunakan beberapa pencahayaan di dalam dinding, misalnya lampu LED. Setiap kontraktor ahli dapat melakukannya dan bahkan kamu juga dapat melakukannya sendiri.

Ruangannya sangat futuristik, tetapi masih cukup elegan. Ini memberi kesan romantis, ditambah pencahayaannya semakin sempurna untuk membaca di malam hari.

11. Desain Kamar Treehouse Bunk

desain kamar tidur
Source : Patvin

Apakah anak-anak menginginkan rumah pohon, tetapi tidak ada pohon untuk dibangun? Tidak masalah, desain ini akan memberikan anak-anak kesempatan untuk tidur di rumah pohon atau bermain tanpa benar-benar harus pergi keluar.

Pencahayaan di dalamnya mereplikasi warna yang akan mencerminkan jika ada pohon di sekitar. Di zaman sekarang, membuat kamar tidur seperti itu memang bukanlah hal yang sulit.

Baca juga: 6 Tips Memilih Wallpaper untuk Kamar Tidur Sempit

12. Desain Kamar Pakai Dinding Beton

Source : Rethority

Tembok ini cukup mengagumkan. Seluruh ruangan adalah pola hitam dan putih. Kamar putih hitam di dinding tampaknya gelap dan putih mungkin terlalu terang untuk beberapa orang, mereka memilih menggunakan beton yang lebih unik. Tepat di tengah-tengah cahaya dan kegelapan, tercipta ruangan dengan tampilan yang sangat retro.

13. Desain Kamar Tidur Mewah Multi-Colored Wall

Source : Thesleepjudge

Dindingnya memiliki pola kayu yang sangat unik yang muncul dalam pola. Di mana kepala tempat tidur berada di belakang tempat tidur, itu warna yang berbeda, menciptakan ilusi bahwa sebenarnya hanya ada satu di sana.

14. Desain Kamar dengan Banyak Kaca

Source : Pinterest

Tembok menjadi terlihat cukup cantik dengan desain seperti di atas. Cermin yang digabungkan dengan elemen kayu di dinding pada belakang tempat tidur. Sisa ruangan sangat sederhana dan elegan.

Penggunaan cermin adalah cara yang bagus untuk memperluas pencahayaan alami di ruangan dengan memantulkannya. Perhatikan bagaimana tidak ada lampu buatan di dalam ruangan, hanya jendela dan pintu. Ini cara yang murah dan indah untuk menciptakan cahaya.

15. Desain Kamar dengan Kontemporer Mewah

desain kamar tidur
Source : Ofdesign

Desain kamar mewah pada gambar di atas cukup menggambarkan kemewahan. Dinding di belakang tempat tidur benar-benar menarik perhatian. Pola geometris yang terbentuk membawa banyak gaya ke dalam ruangan.

Desainnya sendiri cukup sederhana untuk diaplikasikan, tetapi cukup memunculkan kesan mewah yang mumpuni. Bila kamu memilih untuk hanya menggunakan potongan-potongan yang sangat mengkilap dan tipis akan semakin tepat.

16. Desain Kamar Tidur Berbunga

Source : Vitex

Dalam hal ini, pemilihan beberapa bunga merah muda pada dinding justru menampilkan kesan kemewahan yang sebenarnya. Memang tidak terlihat terlalu kuat, tetapi sangat elegan dan sedap dipandang. Ada juga beberapa lampu kamar yang dapat menyala di langit-langit, benar-benar menghadirkan pencahayaan yang indah.

Baca juga: 15 Desain Kamar Tidur Unik dan Kreatif untuk Ditiru

17. Desain Kamar dengan Hidden Lighting

Source : Pinterest

Pencahayaan di ruangan tersebut agak unik karena tersembunyi. Ini adalah jenis pencahayaan yang tersembunyi ke langit-langit dan ke dinding, memberikan rona biru samar di seluruh ruangan. Satu-satunya hal yang bisa membuat ini lebih baik adalah jika warnanya berubah dari hijau menjadi biru menjadi ungu dan seterusnya.

18. Desain Kamar Tidur Anak Perempuan

desain kamar tidur

Bagi Pins yang punya anak perempuan dan ingin memiliki kamar mereka sendiri, tetapi lahannya sempit, tidak perlu khawatir! Kamu bisa mencoba beberapa desain kamar tidur anak perempuan yang bisa dicoba di rumah minimalis, seperti:

  • Menggunakan perabotan yang tidak banyak mengonsumsi ruang, seperti lemari dengan pintu geser, meja lipat, dan lainnya.
  • Memakai cat warna putih untuk menciptakan kesan luas dan tinggi.
  • Kombinasi warna cat dinding desain kamar minimalis.

19. Desain Kamar Anak Laki-laki

tips desain kamar tidur untuk anak kembar
Source : Medium.com

Bila punya anak laki-laki, kamu bisa mencoba desain kamar yang sempit. Beberapa tips di bawah ini bisa Pins coba untuk mendekorasi kamar anak laki-laki.

  • Memakai model loft, kasur berada di bagian atas, sementara bagian bawah untuk meja belajar.
  • Memilih kombinasi cat warna putih, coklat, abu-abu, dan biru pada meja belajar, lemari, dan cermin.
  • Menggunakan desain kamar polos yang bisa dihias sesuai selera anak.

20. Desain Kamar Tidur Zen

Source : Pinterest

Desain ini diadaptasi dari konsep Zen yang ada di Jepang. Zen mampu memberikan keseimbangan antara tubuh, jiwa dan pikiran. Pemilihan warnanya cenderung memakai warna bumi dan natural serta tambahan tanaman indoor.

Baca juga: 11 Desain Kamar Tidur yang Bikin Makin Nyaman

Tips Mengubah Desain Kamar Tidur

Bisa dibilang, sepertiga hidup kita dihabiskan di kamar tidur, meski itu bukanlah untuk tidur saja, tapi juga untuk berkreasi, bekerja, mencurahkan isi hati, menonton dan menghabiskan waktu luang. Jadi sudah sewajarnya Pins memerlukan desain kamar tidur yang terbaik agar nyaman dan istirahatnya baik.

Untuk mewujudkan keinginan tersebut, kamu perlu mempelajari berbagai tips dan trik yang bisa diterapkan di kamar tidurmu. Goal sejati dari kamar tidur yang sempurna adalah menyeimbangkan fungsi sekaligus gaya desain dari kamar itu sendiri. Apa saja?

1. Pemilihan Warna Cat

Source : Housing

Pemilihan warna cat juga harus diperhatikan. Pemilihan warna cat harus disesuaikan dengan konsep ruangan. Kita dapat memilih warna cat yang cerah agar mempunyai kesan ceria dan nyaman. Fungsinya ketika masuk ruangan dan ingin beristirahat akan merasakan energi positif dan juga rasa nyaman.

Baca juga: 12 Model Desain Kamar Hotel Minimalis Paling Nyaman

2. Menggunakan Wallpaper

desain kamar tidur
Source : Bluebell Baby Monitor

Saat ini motif dan desain dari wallpaper sudah semakin keren lho, Pins. Kalau Pins termasuk orang yang mudah bosan atau ingin tekstur dan desain baru pada kamarmu, memakai wallpaper sebagai pengganti cat bisa dijadikan pilihan cermat untuk merombak kamar tidur lamamu.

Pemilihan wallpaper yang tepat akan lebih memanjakan mata, menambah tekstur dan meningkatkan kesan nyaman pada desain kamar tidur milikmu. Apalagi kalau Pins menyukai gaya kamar tidur minimalis, pemakaian wallpaper akan menghias kamar dengan cantiknya tanpa harus menambah detail dekorasi apapun. Pins hanya perlu memilih pola sederhana dan minimalis, sekedar cukup untuk menambahkan tekstur pada dinding.

3. Merencanakan Layout Desain Kamar Tidur

makeover kamar tidur
Source : VOI

Nah, saat akan menata layout kamar tidur, penting untuk menjadikan tempat tidur sebagai posisi sentral dari keseluruhan ruang. Jika Pins mempunyai kamar tidur yang luas, bisa memulai menata peletakan tempat tidur di posisi tengah sehingga Pins bisa memaksimalkan ruang dan membebaskan kreativitas.

Namun, apabila ruangan kamar tidur Pins terbatas, tak usah berkecil hati, cukup memposisikan tempat tidur ke posisi pojok, maka Pins akan memiliki ruang lebih untuk menaruh furnitur ataupun mendekorasi kamar.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan tinggi langit-langit kamar ya, Pins. Kalau langit-langit Pins tidak terlalu tinggi, hindari furnitur berukuran besar dan tinggi, agar tidak terlalu terlihat penuh.ang tua sementara kamar tidur yang lainnya digunakan untuk anak atau anggota keluarga yang lain.

Nah, jadi itu adalah beberapa tips desain kamar tidur yang cocok kamu aplikasikan di rumah. Semoga dapat menjadi inspirasi buat kamu yang sedang ingin mendekorasi kamar tidur ya!

Baca juga: 15 Inspirasi Desain Kamar Tidur Pink Aesthetic

Featured Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Dewe Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download