Pinhome

Tips Properti

Tips Desain Kamar Bayi Baru Lahir yang Aman dan Nyaman

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 8 October 2021 ∙ 3 menit membaca

Sedang menunggu kelahiran buah hati tercinta? Persiapan apa saja yang sudah kamu lakukan? Pastinya selain kebutuhan pakaian bayi, kamu juga harus memikirkan bahkan merancang sebuah desain kamar bayi yang spesial bagi kelahiran buah hati.

Tak bisa dipungkiri, mendesain kamar bayi memang identik dengan tampilannya yang lucu dan menarik. Namun, bukan sekedar tampilannya saja yang harus diperhatikan. Aspek keamanan dan kenyamanan ternyata jauh lebih penting dalam desain kamar bayi baru lahir. Karena di sanalah tempat penting bagi proses tumbuh kembang si kecil dimulai.

Baca Juga: Kamar yang Aman Untuk Bayi

Desain Kamar Bayi Baru Lahir

Untuk mendesain kamar bayi yang bisa memberikan kenyamanan sekaligus rasa aman,  ada sejumlah hal penting yang harus kamu perhatikan. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Aspek Keamanan

desain kamar bayi baru lahir

Pertama, aspek keamanan. Untuk mewujudkan keamanan pada kamar bayi Anda, faktor-faktor yang harus dipenuhi antara lain:

1. Posisi Kamar

Kamar bayi hendaknya ditempatkan di bagian rumah yang tenang. Hindari meletakkan kamar bayi di bagian rumah yang berdekatan dengan jalan raya atau yang rentan terkena polusi, misalkan bersebelahan dengan dapur. Pastikan posisi kamar menghadap ke timur atau setidaknya bisa mendapatkan sinar matahari yang cukup.

2. Pemilihan Furnitur

Pemilihan furnitur dan aksesoris kamar. Pastikan furnitur dan aksesoris yang terdapat di kamar bayi bebas toksin, tidak memiliki tepi atau ujung yang tajam, tidak terdapat unsur logam maupun senyawa aromatik dengan kadar yang berlebihan.

Aspek Kenyamanan

desain kamar bayi baru lahir

Kedua, aspek kenyamanan. Untuk menciptakan suasana nyaman pada kamar bayi Anda, perhatikan sejumlah hal penting berikut ini:

1. Jenis Furnitur

Beberapa furnitur yang harus tersedia di kamar bayi antara lain: boks bayi, meja ganti, dan lemari bayi. Bila luas kamar memungkinkan, yakni minimal berukuran 2,5 m x 2,5 m, Anda bisa menambahkan tempat tidur ibu. Lengkapi pula dengan sofa sebagai tempat ibu ketika menyusui si kecil.

2. Pemilihan Warna

Pilihlah warna-warna yang bisa menciptakan kelembutan dan suasana ceria, misalkan biru atau hijau. Hindari menggunakan warna-warna yang gelap. Pastikan cat yang dipakai bebas toksin;

3. Pemilihan Aksesoris

Hindari penggunaan karpet karena karpet bersifat menyerap debu. Hindari juga beberapa aksesoris yang mungkin saja membahayakan bayi, seperti halnya benda-benda tajam dan sebagainya.

Nah, itu dia Pins, beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk membuat desain kamar bayi baru lahir. Bagaimanapun desainnya, yang pasti kamu harus mengutamakan 2 aspek keamanan dan kenyamanan untuk bayi. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel