Pinhome

Tips Properti

Tips dan Trik Menata Taman Depan Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 4 menit membaca

Pinhome – Berkebun di taman pribadi belakangan ini menjadi kegiatan yang marak dilakukan. Maka dari itu banyak teras rumah disulap menjadi taman. Taman depan rumah membuat Pins jadi lebih leluasa dalam berkebun lho. Menata taman depan rumah sederhana agar sedap dipandang mata yuk!

Terbesit untuk merombak taman depan rumah? Nah mungkin beberapa model taman minimalis depan rumah dan tips dalam menatanya ini bisa Pins ikuti.

Taman Minimalis Depan Rumah Bentuk Vertikal

(Pinterest)

Tak punya lahan luas untuk membuat taman? Jangan sedih, Pins tetap bisa memiliki taman dengan mengaplikasikan taman dalam bentuk vertikal. Nah, taman ini tidak memakan banyak space pada lahan depan rumah. Model taman ini bisa dibuat dengan dua cara. Pertama dengan membuat lahan buatan yang ditempel pada dinding. Dinding depan rumah Pins menjadi lebih cantik dipandang mata. Namun taman vertikal yang menempel di dinding ini perlu mengeluarkan biaya dan tenaga lebih dalam pembuatan serta perawatannya.

Kedua, taman vertikal dengan meletakkan rak tinggi yang mampu menampung banyak pok tanaman. Cara ini juga bisa memanfaatkan space yang mungil namun tetap bisa membuat Pins memiliki taman minimalis depan rumah. Walaupun daya tampungnya tidak sebanyak taman vertikal yang menempel di dinding, taman dengan rak jauh perawatannya jauh lebih mudah dilakukan.

Taman Kering Minimalis dengan Dominan Batu Kerikil

(Flamboyan Asri)

Taman kering jadi opsi terbaik bagi Pins yang lebih rapi. Disebut taman kering karena sebagian besar permukaan taman bukanlah tanah melainkan kerikil, kayu, batu alam ataupun pasir. Nilai plus dari taman kering adalah taman akan terlihat lebih bersih, rapi, minimalis dan modern.

Hal yang harus benar-benar dipikirkan adalah tanaman jenis apa yang akan ditanam pada taman kering ini. Pada umumnya tanaman yang tidak memerlukan banyak air seperti kaktus dan palem jadi pilihan tepat untuk ditanam pada taman kering.

Menata Taman Depan Rumah Sederhana dengan Batu Pijakan

(anekabanguna.com)

Beri tempat pijakan untuk taman depan rumah agar rumput yang telah Pins tanam tidak mati karena terinjak. Pijakan di taman biasanya terbuat dari batu alam. Selain melindungi rumput dari injakan, batu pijakan yang dialihfungsikan sebagai jalan setapak bagus untuk menambah nilai estetik dari taman depan rumah lho Pins.

Pilihlah batu pijakan yang sesuai dengan luas taman. Jika taman tidak terlalu luas, Pins bisa memilih batu pijakan bulat dengan ukuran yang relatif lebih kecil. Namun, jika taman depan rumah cukup luas, batu dengan bentuk persegi panjang bisa jadi pilihan yang tepat. Kemudian satu hal yang harus diperhatikan adalah pastikan batu pijakan mempunyai tekstur sehingga tidak licin saat Pins menginjaknya.

Baca Juga: 4 Cara Unik Mempercantik Halaman Rumah

Taman Depan Rumah Menggunakan Pot Gantung

(Kompas)

Sudah tidak ada lahan untuk membuat taman depan rumah? Pins bisa mengakalinya dengan menggantung pot tanaman di langit-langit rumah. Caranya ini tidak perlu lahan untuk berkebun. Rumah akan tambah eye-catching dengan berbagai jenis tanaman yang digantung ini.

Tips saat memilih menggantung tanaman adalah hati-hati dalam memilih tali dan pengait untuk menggantung. Make sure bahwa bahan yang kamu pakai untuk menggantung pot tanaman merupakan bahan yang kokoh. Bahan yang direkomendasikan untuk menggantung adalah kawat besi. Hindari menggantung pot besar. Jangan sampai tanaman jatuh dan mencelakai anggota keluarga ya Pins! Lalu, pastikan juga Pins menggantungnya dengan ketingginan yang tepat. Jika terlalu pendek sangat berpotensi menabrak kepala penghuni rumah.

Tambahkan Bird Feeder untuk Membuat Suasana Lebih Hidup

(Scottish Wildlife Trust)

Kicauan burung serasi sekali dengan suasana taman yang hijau. Untuk memancing datangnya burung-burung, letakkan bird feeder di tepi atau tengah taman. Jangan lupa untuk rutin menyetok makanan burung di dalam bird feeder ya Pins. Burung dengan beragam warna akan gemar mampir ke taman depan rumah dan mempercantik suasana.

Pot Tanaman di Atas Anak Tangga Pintu Masuk

(Pinterest)

Ide menarik lainnya adalah dengan meletakkan pot tanaman pada anak tangga pintu masuk. Daripada sepi, lebih baik tambahkan pot-pot tanaman di sepanjang sisi kanan atau kiri. Sesuaikan ukuran pot dengan space pada tangga ya. Tujuannya adalah mempercantik tangga, jangan malah membuat tangga terlihat penuh sesak.

Dengan pot tanaman di sisi anak tangga pintu masuk, mata siapapun yang hendak memasuki rumah akan dimanjakan dengan hijaunya tanaman-tanaman tersebut.

Baca Juga: Tips Membuat Taman Di Dalam Rumah

Itu dia beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat hendak membuat atau menata taman depan rumah sederhana. Pasti saat taman depan sudah dirombak, Pins akan selalu happy ketika memandangnya. Semoga informasi di atas berguna ya!


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel