BlogPemilik PropertiDesain Hunian25 Inspirasi Taman Depan Rumah yang Eye Catching
0
0

25 Inspirasi Taman Depan Rumah yang Eye Catching

Dipublikasikan oleh Voni Wijayanti dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Apr 4, 2024

8 menit membaca

Copied to clipboard
inspirasi taman depan rumahtop-right-banner

Taman kecil yang berada di rumah berfungsi sebagai penambah estetika pada hunian. Tidak heran banyak dari hunian dengan lahan yang terbatas saat ini, tetap memiliki taman depan rumah lahan sempit yang kecil sederhana di pekarangan depannya. Berbagai inspirasi taman depan rumah digunakan untuk menciptakan suasana yang menyegarkan.

Berbagai macam tanaman hingga perabot pendukung untuk taman saat ini mulai banyak tersebar dengan beragam variasi menarik. Dengan begitu, Pins yang memiliki hunian dengan lahan yang terbatas tetap bisa memiliki inspirasi taman depan rumah sederhana.

Kamu dapat memiliki rumah yang elegan dan menarik beserta dengan kelengkapan surat-suratnya di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Selain itu, kamu dapat menemukan rumah idamanmu dengan hunian versi terbaik edisi Pinhome di Rumah Ekslusif.

Baca juga:

Fungsi Taman Di Depan Rumah

Source : Sunset Magazine

Apa saja fungsi taman di depan rumah? Tentu saja sangat banyak sekali, oleh karena itu mari kita bahas di sini. Berikut beberapa di antaranya:

  • Memperindah halaman rumah, dengan aneka macam bentuk tanaman hias dengan warna-warni bunga.
  • Sebagai area resapan air hujan sehingga bisa masuk ke dalam tanah.
  • Menyegarkan pikiran dari aktivitas kelelahan ketika pulang kerja.
  • Menyalurkan hobi bagi yang suka bercocok tanam di halaman rumah.
  • Sebagai bisnis rumahan bagi yang hendak melakukan usaha jual beli tanaman hias.
  • Sebagai sarana bermain anak-anak di halaman rumah.
  • Pelengkap model arsitektur rumah.
  • Sebagai penyuplai udara bersih dan segar ke dalam rumah.
  • Untuk memelihara ikan di kolam yang diletakan di taman rumah.

Baca juga:

Inspirasi Taman Depan Rumah yang Eye Catching

Tips menarik di bawah ini dapat Pins ikuti sebagai inspirasi taman depan rumah yang menarik. Semuanya bisa Pins adaptasi sebagai cara menata taman depan rumah yang menyenangkan. Siapa sih yang tidak menginginkan taman indah berada di rumah? 

1. Menaruh Tanaman Hias Gantung

Source : Unsplash

Salah satu cara utama menyiasati penggunaan inspirasi taman depan rumah adalah dengan penggunaan tanaman hias gantung. Menjadi salah satu upaya menarik dalam menghias bagian depan rumah bila Pins tidak memiliki lahan yang cukup untuk pembuatan taman. Buatlah susunan dengan jarak yang telah diperhitungkan agar tampilan depan rumah tetap terlihat menarik.

Baca juga:

2. Penambahan Jalan Setapak

Source : Bocook

Tips selanjutnya dalam inspirasi taman depan rumah adalah dengan penggunaan jalan setapak agar taman tidak terlihat monoton. Pins bisa menggunakan material yang tahan terhadap cuaca seperti keramik lantai, ubin karet maupun material berbahan kayu. Hal yang harus diperhatikan adalah ketahanannya dan juga teksturnya yang dibuat tidak licin, dikarenakan dapat membahayakan penghuninya.

3. Menambahkan Furniture Menarik Pada Taman Depan Rumah

Source : Aspicyboy

Untuk taman yang lebih unik dan sedap dipandang mata, Pins bisa menambahkan furniture. Kursi rotan maupun ayunan dapat digunakan pada tampilannya. Jangan pernah ragu menambahkan dekorasi lainnya yang selaras, agar memaksimalkan fungsi taman itu sendiri. Pins, harus tetap memperhatikan material perabot yang digunakan ya!

Baca juga:

4. Taman Dengan Sarana Budidaya Tanaman

Source : Handymantips

Bila budidaya tanaman di hunian dilakukan di lahan yang cukup besar dan mayoritas berada di belakang rumah, Pins bisa melakukannya unik dengan menghadirkan pada taman depan rumah. Tidak perlu menyajikan berbagai macam tumbuhan, satu tumbuhan pun bisa dibuat di sana. Ini akan menjadi spot menarik dalam hunian. Terkadang sesuatu yang berbeda dari biasanya itu bisa menimbulkan mood baik lho Pins!

5. Taman Dengan Air Mancur yang Menarik

Source : Rumahkuunik

Bila Pins masih saja bingung memilih dekorasi yang tepat untuk taman depan rumah, Pins bisa menambahkan air mancur. Air mancur dengan model beragam pun kini sudah tersedia. Dijamin taman yang sebelumnya terlihat biasa, kini akan semakin menarik dan menjadi tempat favorit pada hunian. Menata taman depan rumah sederhana dengan menggunakan air mancur juga dapat menambah ketenangan suasana pada hunian lho!

Baca juga:

6. Taman Dengan Kolam Ikan Minimalis

Source : Nqsurvey

Untuk inspirasi taman depan rumah, selain gemercik air ketenangan yang dimunculkan dari air mancur, Pins pun dapat membuat pilihan lainnya dalam menata taman dengan kolam ikan. Kolam ikan pada taman depan rumah dapat memperkaya unsur dekorasi pada taman. Apalagi bila koleksi ikan hiasnya sangat beragam, taman akan semakin berwarna dan menyenangkan. Hal yang perlu diperhatikan dalam menaruh kolam ikan depan rumah adalah kebersihan yang harus selalu dijaga.

7. Tanaman dengan Vertical Garden

Source : YouTube: TV Home Garden

Pembuatan tanaman vertical garden pada inspirasi taman depan rumah juga bisa dijadikan salah satu ide menarik. Lebih menarik lagi jika budidayanya dilakukan secara unik menggunakan bahan-bahan bekas pakai. Ini akan menambah kesan artistik yang tidak berlebih pada hunian. Untuk membuatnya terlihat sempurna memang memerlukan proses yang cukup panjang, namun pada akhirnya pasti lebih memuaskan bila dibuat oleh tangan sendiri.

Baca juga:

8. Batu Alam Sebagai Penghias Dekorasi Taman

Source : Linetoday

Selanjutnya, yang tidak kalah menarik dari unsur penghias taman adalah pemakaian batu pada sebagian lahan. Taman yang cenderung memiliki mayoritas tanaman pada sebagian besar bagian, bisa dibuat menarik dengan penambahan batu disekitarnya. Batu-batu tersebut selain mudah dibersihkan juga tahan terhadap cuaca ekstrim. Lihat contohnya pada taman di atas, sungguh cantik bukan?

9. Pemakaian Rumput Sintetis

Source : Shopee

Untuk Pins yang simpel dan tidak ingin melakukan perawatan berlebih pada taman. Pins bisa menggunakan rumput sintetis pada keseluruhan lahan taman. Ini akan meminimalisir tumbuhan yang layu atau pun mati karena minim perawatan. Kelebihan penggunaan rumput sintetis pada taman adalah taman akan lebih terlihat rapi, teratur dan minim biaya perawatan. Apa Pins ingin mencobanya?

Baca juga:

10. Menggunakan Rak Tanaman

Source : Ghomemart

Bila Pins belum memiliki lahan untuk membuat sebuah taman sederhana, Pins bisa mengatasinya dengan penggunaan rak tanaman hias pada bagian depan rumah. Teras minimalis milik Pins pun bisa dibuat menarik namun tetap terlihat sisi penghijauannya. Sesuaikan dengan luas teras untuk hasil yang lebih maksimal.

11. Taman Dengan Patung-Patung Estetik

Source : Bukalapak

Selanjutnya, cara menata taman yang baik agar terlihat menarik adalah penambahan dekorasi patung estetik. Pins bisa memulainya dari figur hewan maupun bentuk abstrak pada taman. Cara ini akan menaikkan estetika dari taman milikmu. Cobalah untuk menyesuaikan dengan tema taman yang dibuat agar lebih selaras dan menarik. 

Baca juga:

12. Menata Taman Depan Rumah Sederhana dengan Batu Pijakan

Source : Anekabangunan

Beri tempat pijakan untuk taman depan rumah agar rumput yang telah Pins tanam tidak mati karena terinjak. Pijakan di taman biasanya terbuat dari batu alam. Cara ini selain melindungi rumput dari injakan, batu pijakan yang dialihfungsikan sebagai jalan setapak bagus untuk menambah nilai estetik dari taman depan rumah lho Pins.

Pilihlah batu pijakan yang sesuai dengan luas taman. Jika taman tidak terlalu luas, Pins bisa memilih batu pijakan bulat dengan ukuran yang relatif lebih kecil. Namun, jika taman depan rumah cukup luas, batu dengan bentuk persegi panjang bisa jadi pilihan yang tepat. Kemudian satu hal yang harus diperhatikan adalah pastikan batu pijakan mempunyai tekstur sehingga tidak licin saat Pins menginjaknya.

13. Menambahkan Bird Feeder untuk Membuat Suasana Lebih Hidup

Source : Scottich Wildlife Trust

Kicauan burung serasi sekali dengan suasana taman yang hijau. Untuk memancing datangnya burung-burung, letakkan bird feeder di tepi atau tengah taman. Jangan lupa untuk rutin menyetok makanan burung di dalam bird feeder ya Pins. Burung dengan beragam warna akan gemar mampir ke taman depan rumah dan mempercantik suasana.

Baca juga:

14. Taman Dengan Paving Block

Source : Gardening ETC

Desain paving block pada inspirasi taman depan rumah memang menjadi pilihan terbaik Pins dalam membuat tampilannya menarik dan tidak membosankan. Dekorasi seperti ini juga mampu membuat taman lebih rapi dan terlihat bersih. Desainnya banyak dan bisa dipilih, salah satunya dengan penerapan desain simetris seperti di atas. Jalan menuju rumah juga jadi terlihat jelas bukan?

15. Menambahkan Point of Interest

Source : Outdoor Creation

Untuk taman unik yang selalu mencuri perhatian, Pins bisa menempatkan tanaman dengan warna menarik pada bagian depan rumah. Tanaman tersebut usahakan selalu dirawat dan berpenampilan indah. Pins bisa memilih ragam tanaman dengan warna menarik seperti tanaman kembang sepatu, bunga matahari, bunga pentas dan masih banyak lagi. 

Baca juga:

16. Membuat Taman Tanpa Rumput

Source : HGTV

Tidak semua taman harus memiliki rumput Pins, taman tanpa rumput pun bisa dibuat menarik dengan tampilan yang indah. Pins bisa menggunakan batu-batu koral, kayu, maupun hanya dibiarkan tanpa adanya tanaman. Dengan begitu lebih bebas menata dekorasi taman dengan mudah. Seperti diberi lampu cantik yang membuat taman semakin indah saat malam hari datang.

17. Taman Tanpa Pagar Dengan Gaya Modern

Source : Madreview.net

Lain hal lagi untuk desain taman satu ini Pins. Penggunaan rumput pada taman sederhana ini sangat penting. Arsitektur bangunan dibuat modern dengan tampilan taman dengan desain persegi yang sengaja dibuat menurun. Selebihnya area taman tanpa pagar ini hanya ditumbuhi rumput saja tanpa adanya tanaman hias di sana.

Baca juga:

18. Taman Minimalis Ala Jepang

Source : Peacefullandscape

Ciri khas utama desain taman Jepang adalah mengadaptasi penggunaan taman kering yang cenderung menggunakan banyak bebatuan. Pins pun bisa menggunakan dekorasi batang pohon besar sebagai pemanis selayaknya sebuah jembatan. Hal yang paling penting adalah penghuni mampu menciptakan ketenangan dalam desain taman tersebut.

19. Taman Dengan Tanaman Hias yang Beragam

Source : Shutterstock

Berbeda lagi untuk Pins yang senang mengoleksi tanaman hias! Penataannya bisa dilakukan sebagai inspirasi taman depan rumah sebagai penambah estetika tampilan depan rumah. Selain ditempatkan di sudut-sudut teras rumah, juga bisa menggunakan rak khusus tanaman sebagai pemanis. Dijamin taman akan menarik perhatian.

Baca juga:

20. Menambahkan Rumput Sintetis yang Luas

Source : Pinterest

Untuk Pins yang menyukai penghijauan namun tidak senang dalam hal perawatan. Pins bisa menggunakan rumput sintetis taman sebagai penghias. Rumput satu ini memang sudah terkenal di kalangan hunian minimalis dan tentunya dapat membuat tampilan hunian menjadi lebih kekinian.

Pins hanya perlu membersihkannya secara berkala dan jauhkan dari kotoran-kotoran hewan. Tidak perlu banyak menanam tanaman, dengan penempatan satu tempat duduk taman sudah cukup memberikan kenyamanan.

21. Taman Dengan Ornamen yang Colorful

Source : Kurio

Desain dan inspirasi taman depan rumah sebenarnya memberikan keleluasaan desain kepada penghuni. Tidak ada batasan yang jelas yang dapat membuat tampilannya menjadi terbatas. Penempatan perabotan unik berwarna-warni maupun ayunan pada taman juga merupakan salah satu ide yang menarik untuk membuat taman tidak membosankan. Pins dan keluarga bisa bersantai di sana sore hari sambil bercengkrama.

Baca juga:

22. Menambahkan Kolam Ikan

Source : Kibrispbdr

Taman depan rumah juga bisa Pins tambahkan kolam kecil sebagai pemanis. Kolam ikan yang ditempatkan tepat dekat pintu masuk rumah akan menambahkan ketenangan tersendiri. Gemericik air dari kolam ikan dan indahnya panorama luar membuat penghuni semakin betah berlama-lama di rumah. Pins bisa menggunakan model kolam ikan minimalis dengan tampilan yang simpel.

23. Taman Ala Farmhouse

Source : Ilmutekniksipil

Pins bisa membuat desain taman sederhana yang berguna sebagai pemanis tampilan depan. Tidak perlu banyak menempatkan ragam tanaman. Pilihlah tanaman yang cenderung mudah dalam perawatan. Tanaman yang mudah dirawat sangat cocok untuk pemula dalam berkebun. 

Baca juga:

24. Taman dengan Tambahan Hammock

Source : Pinterest

Inspirasi unik dari pembuatan taman depan rumah adalah desainnya yang menghadirkan hammock di antara batang pohon yang kamu tanam. Desain ini masih tetap cocok digunakan pada taman kamu yang tidak terlalu luas, karena adanya hammock dapat memanfaatkan ruang tersebut.

25. Taman dengan Gaya Asia Oriental

Source : JurnalFlores

Inspirasi terakhir Pins dapat membuat desain taman dengan mengikuti gaya khas Asia Oriental. Gaya khas Asia Oriental ini merujuk pada gaya yang digunakan arsitektur bangunan khas negara Tirai Bambu. Gaya yang mengikuti elemen Feng Shui, penggunaaan material kayu, dan pemanfaatan ruang yang maksimal.

Seperti pada gambar di atas, letak taman dimaksimalkan berada pada balkon rumah. Terdapat ornamen kayu khas buatan Tirai Bambu dan ditambahkan unsur air mengalir pada danau mini buatan sebagai lambang aliran chi.

Bagaimana inspirasi taman depan rumah di atas Pins? Cara menata taman depan rumah sederhana di atas bisa dimiliki di rumah dan diadaptasi sebagai taman impian sederhana. Ingat semuanya tidak perlu berlebihan, selalu sesuaikan dengan budget yang dimiliki ya Pins!

Baca juga:

Feature Source Image: Homedit


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cikarang Griya Pratama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download