BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Inspirasi Denah Rumah 4 Kamar dengan 1 Mushola
0
0

8 Inspirasi Denah Rumah 4 Kamar dengan 1 Mushola

Dipublikasikan oleh Bryan Dharmanta dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Agu 30, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
3 Inspirasi Denah rumah 4 Kamar dengan 1 Musholatop-right-banner

Bagi Pins yang beragama islam, tentu perlu untuk melaksanakan kewajiban keagamaannya seperti sholat. Biasanya, sholat akan dilakukan pada area-area yang penuh privasi agar lebih khusyuk, atau bisa pergi ke mushola terdekat.

Jika Pins memiliki lahan lebih saat membangun rumah, mungkin bisa mempertimbangkan untuk membangun mushola. Adanya mushola di rumah juga dapat berfungsi sebagai pengingat ibadah.

Namun, seperti apa model denah mushola yang cocok dibangun dalam atau di sekitar area rumah? Simak di ulasan berikut ini, ya!

Baca juga:

3 Inspirasi Denah rumah 4 Kamar dengan 1 Mushola

Tidak harus besar, mushola hendaknya memiliki nuansa yang sakral, khusyuk, dan tentunya nyaman. Beberapa contoh inspirasi denah rumah 4 kamar 1 mushola antara lain:

Denah Rumah 4 Kamar dengan 1 Mushola – Mezzanine

(

Apakah Pins tahu apa itu mezzanine? Mezzanine sejatinya merupakan ruangan tambahan yang terletak diantara lantai dasar dan atap. Bentuknya menyerupai balkon namun berada dalam ruangan atau indoor.

Siapa sangka bahwa ternyata mezzanine dapat dimanfaatkan menjadi mushola kecil? Hal ini digunakan lantaran memanfaatkan ruangan-ruangan yang tidak terpakai agar tidak ada dead space.

Namun, tidak sembarangan mezzanine dapat diubah menjadi mushola ya, Pins!

Pastikan mezzanine kamu tepat menghadap kiblat dulu dan pastikan ruangan ini agar sirkulasinya tidak tergabung dengan sirkulasi biasa.

Kenapa? Hal ini diantisipasi agar menjaga suasana tenang dan khusyuk saat beribadah dan tidak terdistraksi oleh kegiatan yang terjadi di luas mushola.

Denah Rumah 4 Kamar 1 Mushola – Alfresco

(

Alfresco merupakan sebuah bangunan yang merupakan perpanjangan dari rumah dan biasanya terletak dibawah atap utama. Tujuannya adalah untuk meningkatkan estetika pada rumah.

Selain itu, alfresco juga dapat digunakan sebagai tambahan untuk ruang tamu sehingga sebenarnya sangat berpotensi jika akan diubah menjadi mushola.

Hal yang perlu diperhatikan adalah sumber air untuk wudhu. Cara mengatasinya adalah dengan dapat memasang kran air di dekat alfresco.

Denah Rumah 4 Kamar 1 Mushola di Ruang Khusus

(

Jika memiliki ruangan yang berlebih namun bingung mau dijadikan apa, mungkin bisa dijadikan mushola kecil. Biasanya rumah ini memiliki ukuran tipe 70.

Lokasi yang biasanya terdapat ruang lebih terletak antara dapur dan kamar mandi.

Luasannya juga perlu diperhatikan, minimal untuk satu orang bisa berukuran sekitar 70 cm x 140 cm. Sekiranya membutuhkan ruangan untuk sholat 3 orang, dapat menggunakan konfigurasi 3 barisan dengan luas ideal 2,5 m x 4 m dengan jarak plafon sekitar 2,7 meter agar lebih luas.

Baca juga: 7 Model Ornamen Kaligrafi yang Bagus untuk Mushola di Rumah

Desain Rumah 4 Kamar 1 Mushola dekat Garasi

Source : Pinterest

Salah satu alternatif peletakan mushola di rumah adalah di dekat garasi. Hal ini bisa diterapkan dikarenakan garasi merupakan tempat yang jarang sekali digunakan sehingga cenderung lebih sepi. Tempat ini cocok untuk dibuat sebagai mushola. Kamu bisa beribadah dengan tenang tanpa gangguan, deh!

Desain Rumah 4 Kamar 1 Mushola Tipe 45

Source : Interior Era

Rumah Tipe 45 rupanya dapat didesain dengan efektif sehingga terdapat 4 kamar tidur dan 1 mushola. Meskipun ruangan yang terbatas, dengan perencanaan ruangan yang tepat, rumah dijamin tidak akan merasa sempit dan sesak,

Desain Rumah 4 Kamar Mushola Tipe 36

Tidak hanya tipe 45, rumah tipe 36 juga dapat didesain dengan 4 kamar tidur. Pengelolaan ruang yang efektif dan baik, malah bisa menyisakan tempat lebih yang dapat dimanfaatkan sebagai mushola kecil. Kamu bisa meletakkan mushola di bagian belakang rumah dekat dengan kamar agar privasinya lebih tinggi dan kamu bisa beribadah dengan khusyuk.

Desain Rumah 4 Kamar 1 Mushola yang Mewah

Source : Pinterest

Jika kamu memiliki rumah yang besar dengan konsep yang mewah, tidak ada salahnya untuk mencoba menerapkan konsep ini ke mushola kamu. Biasanya, rumah ini memiliki garasi besar yang bisa memuat 2 mobil serta teras dan tempat cuci baju yang luas.

Desain Rumah 4 Kamar 1 Mushola – Rumah 2 Lantai

Source : Mushola

Rumah 2 lantai merupakan desain rumah yang cocok untuk dibangun mushola kecil. Dengan rumah 2 lantai, kamu akan lebih mudah untuk menetapkan mana area publik dan privat sehingga ruang mushola lebih cocok untuk diletakkan di lantai 2/

Tips Menyediakan Mushola di Rumah

Perhatikan Ukuran

Seperti yang sudah dijelaskan, mushola di rumah tidak haruslah besar, namun yang penting nyaman dan dapat mengakomodasi penggunanya agar beribadah semakin khusyuk dan tenang.

Kapasitas yang diperlukan untuk satu orang dalam mushola kira-kira sebesar 70 cm x 140 cm. Dari ukuran itu, Pins bisa menduga kira-kira berapa kebutuhan luasan dari mushola yang diperlukan, ya!

Arah Kiblat

Seperti yang sudah diketahui, dalam sholat, pasti harus mengarah ke kiblat. Fungsi kiblat adalah sebuah arah yang digunakan untuk menyatukan semua umat Islam ketika sholat.

Carilah bagian dalam ruang yang sekiranya pas menghadap kiblat sehingga ruang mushola dapat dirancang sedemikian rupa agar beribadah menjadi lebih nyaman.

Perabotan

Perhatikan juga terkait perabotan. Sesuaikan ukuran perabotan agar pas dalam ruangan namun masih menyediakan ruang untuk melakukan ibadah.

Hendaknya, perabotan dalam mushola dapat digapai dengan mudah. Seperti rak untuk menyimpan perlengkapan ibadah dan lain sebagainya.

Pilihlah model yang sederhana namun masih satu tema dengan warna bangunan agar menampilkan visual ruangan yang bagus.

Warna Ruangan

Mushola meskipun dalam rumah, juga merupakan ruangan yang perlu ditata. Layaknya ruangan lain, perlu juga ada penataan interior baik dari segi warna, tema, dan perabotan.

Rekomendasi warna bagi ruangan mushola hendaknya warna-warna yang dingin. Warna itu antara lain seperti biru, hijau, abu-abu, atau putih. 

Memilih warna dingin akan memberi kesan ruangan yang kalem dan tenang, cocok dengan kondisi saat beribadah yang tenang dan khusyuk.

Perhatikan Karpet

(

Saat melakukan ibadah sholat, Pins dapat menggelar karpet terlebih dahulu sebelum meletakkan sajadah. Karpet yang dipilih pun tidak boleh sembarangan.

Pastikan karpet tebal dan lembut agar saat melakukan ibadah lutut tidak sakit.

Jangan lupa untuk membersihkan karpet secara berkala agar terhindar dari tungau atau gatal-gatal yang dapat mengganggu proses selama ibadah.

Warna atau motif karpet sebaiknya yang polos dan tidak heboh agar konsentrasi tetap terpusat pada beribadah. Namun, semua kembali lagi ke selera kamu ya, Pins!

Tata Cahaya

(

Mushola dalam rumah merupakan sebuah ruangan, hendaknya ruangan tersebut diberi jendela agar dapat asupan cahaya matahari. 

Ruangan yang tidak mendapat sinar matahari berpotensi menjadi apek dan lembab mengingat iklim tropis di Indonesia. Jika sudah lembab, maka akan berpotensi untuk berjamur dan bau, lho!

Jadi itu dia beberapa inspirasi denah rumah 4 kamar dengan 1 mushola yang bisa menginspirasi Pins jika ingin membangun mushola dalam rumah. 

Yuk, mulai aplikasikan tips diatas agar mushola kamu bisa menjadi ruangan yang nyaman sehingga ibadah bisa berjalan tenang dan lancar, ya!

Baca juga: Desain Mushola dalam Rumah yang Membawa Suasana Tenang dan Nyaman


Temukan berbagai informasi seputar bergabung bersama Pinhome Home Service jadi Rekan Jasa atau Business Partner di sini. Atau, gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Jasa Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Nikmati pula layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, serta massage dari Pinhome Home Service hanya dalam satu kali klik. 

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download