Pinhome

Finansial

Tips Bangun Rumah dengan Harga Murah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Membangun sebuah rumah memang membutuhkan biaya yang cukup tinggi, apalagi jika anda menginginkan desain rumah yang menarik. Namun di dunia ini tidak ada yang mustahil dan anda pun bisa bangun rumah murah dengan desain yang indah pula. Seorang arsitek terkenal Yu Sin pernah memberikan beberapa tips simpel untuk diterapkan di rumah agar tampak membuat rumah lebih indah dan menarik.

Sebuah rumah yang terang dan tampak luas biasanya lebih banyak menarik perhatian orang dibandingkan dengan rumah gelap yang tampak sempit. Cobalah membuat rumah anda seperti ini. Jika memang kenyataannya rumah anda tidak seberapa luas, maka anda dapat mengakalinya dengan memasang jendela sebanyak mungkin. Meskipun sebanyak mungkin, namun anda tetap harus memperkirakan berapa jumlah yang pas untuk rumah anda. Dengan memasang jendela sebanyak mungkin anda tidak hanya membuat rumah anda tampak lebih luas, namun juga menghemat energi. Selanjutnya cara bangun rumah murah adalah dengan menggunakan material lokal. Salah satu penyebab biaya pembangunan yang mahal adalah penggunaan material yang mahal dan material yang berlebihan. Jika anda ingin bangun rumah murah maka sebaiknya anda menggunakan material lokal yang harganya lebih terjangkau. Mengenai kualitas, produk lokal pun banyak yang kualitasnya hampir sama dengan produk luar namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Selain itu pembelian bahan bangunan yang berlebih juga dapat menyebabkan pembengkakan biaya bangun rumah anda. Untuk menghindari hal ini terjadi, lebih baik anda merencakana dari awal dan memperkirakan berapa jumlah bahan yang dibutuhkan. Jika anda ingin lebih hemat lagi dalam bangun rumah murah maka anda bisa menggunakan bahan daur ulang untuk rumah anda. Jangan selalu berpikir negatif mengenai bahan daur ulang, karena jika anda kreatif maka anda bisa menghasilkan desain rumah yang kreatif dan menarik.

Untuk mendapatkan desain yang menarik, anda tidak selalu harus mengeluarkan biaya yang tinggi. Salah satu alternatif untuk bangun rumah murah namun dengan tetap memperhatikan desain rumah yang alami adalah dengan menggunakan metode material expose. Contoh nyata dari metode ini adalah dengan menggunakan semen expose pada lantai anda. Biasanya orang lebih memilih untuk menggunakan lantai berbahan marmer, karena memberikan kesan elegan dan indah, Daripada menggunakan marmer yang harganya sangat mahal, anda bisa mengakalinya dengan menggunakan semen. Menggunakan semen untuk lantai anda tidak hanya menghemat biaya, namun juga membuat lantai anda tidak mudah terlihat kotor meskipun belum dibersihkan.

Alternatif lain dalam bangun rumah murah adalah dengan membangun rumah tanpa harus mengecat rumah anda. Jangan kaget, namun dengan alternatif ini anda dapat menghemat energi dan juga dapat menghemat perawatan. Untuk tetap membuat desain rumah anda menarik, maka anda dapat menggunakan teknik acian expose sebagai pengganti dari cat. Jadi yang dimaksud dalam metode ini adalah pelapisan aci saja pada tembok anda tanpa menggunakan cat. Jika anda berencana membuat plafon di rumah anda, maka anda bisa mengemat biaya bangunnya dengan membiarkan beton menjadi plafon. Hal ini tentunya sangat menarik karena anda bisa menghemat bahan materialnya juga.

Dengan tips-tips diatas, anda tetap bisa bangun rumah murah namun tetap bisa mendapatkan rumah dengan desain yang indah. Namun untuk memastikan biaya bangun rumah anda tidak membengkak pada pertengahan proses pembangunan maka lebih baik anda merancang anggaran dari sekarang. Ikuti terus perkembangan pembangun rumah anda, agar anda dapat mengetahui dimana terjadinya pembengkakan.

Bagikan Artikel