BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Cara Menata Rumah Kecil Agar Rapi dan Nyaman
0
0

10 Cara Menata Rumah Kecil Agar Rapi dan Nyaman

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 21, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
rumah kecil nyamantop-right-banner

Penulis: Wedya Permana Putri

Siapa yang tahu cara menata rumah kecil agar terlihat rapi dan bersih? Tidak semua orang tahu caranya tapi dapat dipastikan bahwa semua orang ingin memiliki rumah rapi dan bersih. Dengan memiliki rumah yang rapi dan bersih akan membuat jiwa penghuni rumah merasa tenang dan nyaman. Hal ini tentu berlaku ketika tinggal di rumah seken di Jakarta Selatan, seperti di Bukit Golf Indah.

Namun, seringkali menjaga rumah agar tetap nyaman malah menjadi tugas yang sulit. Terutama di tengah padatnya kesibukan sehari-hari. Padahal, memiliki rumah yang rapi dan bersih ini sangat berpengaruh pada mood dan kenyamanan kita. Nah, pada artikel ini kita akan membahas 10 cara menata rumah agar terlihat rapi dan bersih. 

Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Rumah yang rapi dan bersih juga dapat membuat Pins lebih semangat dan produktif. Ketika melihat rumah rapi, Pins jadi lebih termotivasi untuk menyelesaikan tugas sehari-hari. Selain itu, suasana yang bersih juga memberikan kesan positif kepada tamu yang datang. Pins pasti senang kan, ketika ada teman atau keluarga yang memuji rumah mu rapi. Nah, itu dia salah satu manfaat lainnya. Rumah yang terlihat rapi juga membuat kita lebih bangga dan bahagia tinggal di dalamnya.

Tak hanya itu, rumah yang rapi juga bisa membantu mengurangi stres. Ketika segala sesuatu ada di tempatnya dan terlihat bersih, Pins merasa lebih damai dan tenang. Tak ada lagi rasa khawatir kehilangan barang atau ketidaknyamanan karena rumah yang berantakan. Jadi, menata rumah kecil bukan hanya soal estetik, tapi juga memberikan dampak positif pada keseimbangan mental dan emosional kita. Gimana, tertarik untuk mulai menata rumah agar terlihat rapi dan bersih?

Berikut ini cara menata rumah agar terlihat rapi dan bersih:

1. Perhatikan Letak Furnitur

background ruang tamu

Perhatikan bentuk dan desain furnitur serta penempatannya. Sesuaikan dengan ruangan yang ada. Pilih furnitur yang tidak hanya estetik, tetapi juga memiliki manfaat dan ukurannya tidak membuat ruangan terasa penuh. Misalnya, ketika Pins memiliki rumah kecil dengan ukuran kamar tidur 3×3 meter persegi. Usahakan tidak meletakan lemari lebih dari 2 pintu karena ini akan membuat kamar Pins telihat sesak dan membatasi pergerakan di dalam kamar.

Baca juga: 5 Inspirasi Desain Rumah Mini dan Tips Menatanya Agar Terlihat Luas

2. Manfaatkan Media Penyimpanan Seefisien Mungkin

Manfaatkan rak, laci dan wadah penyimpanan untuk mengatur barang-barang. Dengan adanya sistem penyimpanan yang baik dapat membantu menghindari tumpukan barang yang dapat membuat rumah terlihat berantakan. Sesuaikan juga media penyimpanan dengan barang yang dibutuhkan. Gunakan fungsi drawer di dalam kamar tidur hanya jika ada barang yang memang Pins butuhkan.

3. Rutin Membersihkan dan Menyusun Barang-Barang

Jadwalkan waktu secara rutin untuk membersihkan rumah dan menyusun barang-barang sehari-hari. Membersihkan rumah secara teratur membantu mencegah barang berantakan dan debu yang menumpuk. Dengan rutin menyusun barang-barang membuat barang kita selalu tersusun rapi.

4. Pilih Warna Netral dan Harmonis

Gunakan warna yang netral dan harmonis untuk furnitur atau cat rumah. Warna-warna seperti putih, coklat atau abu-abu dapat memberikan kesan bersih dan elegan. Pemilihan warna yang netral juga menciptakan kesan estetik di seluruh ruangan.

Baca juga : 8 Jenis Warna Netral yang Menenangkan Bisa Jadi Inspirasi!

5. Minimalisir Penggunaan Dekor yang Berlebihan

Kurangi jumlah dekorasi untuk menghindari tampilan yang berlebihan. Utamakan tampilan yang memiliki makna dan memberikan sentuhan estetis tanpa membuat ruangan terlihat penuh. Atau, bisa juga dengan mengurangi partisi. Dengan meminimalisir sekat/partisi dapat membuat ruangan terlihat lebih lega dan luas.

6. Rapikan Ruang Kerja dan Ruang Tidur

Jaga kerapian di ruang kerja dengan menyusun dokumen dan peralatan kerja secara urut. Di ruang tidur, pastikan juga merapikan tempat tidur kamu dengan mengurangi bantal dan selimut berlebihan. Seringkali, banyaknya aksesoris di atas kasur membuat kita malas atau bahkan tidak sempat untuk membereskannya.

Jadi, biarpun ruang kerja dan ruang tidur merupakan area privat yang jarang orang lain lihat tetap pastikan cara menata rumah agar terlihat rapi dan bersih ini juga diterapkan.

7. Manfaatkan Penerangan dan Sirkulasi Udara yang Baik

Pastikan seluruh rumah mendapat pencahayaan yang baik. Cahaya yang cukup membuat ruangan terlihat lebih rapi dan bersih. Manfaatkan penerangan dari sumber alami sebanyak mungkin dengan menggunakan tirai atau gorden yang transparan. Ini juga dapat menghemat listrik. Serta upayakan kelancaran sirkulasi udara agar penghuni selalu merasa nyaman.

8. Rutin Membuang Barang Tidak Terpakai

Lakukan decluttering barang secara berkala terhadap barang-barang di rumah. Membuang atau mendaur ulang barang yang tidak terpakai membantu menjaga ruangan tetap bersih dan membuat barang menjadi tidak menumpuk.

Baca juga : Panduan Membersihkan Rumah dengan Decluttering dalam 7 Hari

9. Susun Buku dan Peralatan dengan Rapi

Jika Pins memiliki pojok bacaan atau rak buku, susun dengan rapi dan urutkan sesuai kategori. Cara ini tidak hanya membuat ruangan terlihat rapi, tetapi juga memudahkan kamu dalam mencari barang. Jangan lupa untuk merapikan dan membersihkan rak buku beberapa kali dalam satu bulan, ya!

10. Libatkan Seluruh Anggota Keluarga

Jika kamu sudah menikah, ajak pasangan atau anggota keluarga yang lain untuk ikut menjaga kebersihan dan kerapian rumah. Berbagi tanggung jawab dalam merawat ruangan dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan harmonis untuk semua penghuni. Serta dapat membantu penghuni lain terbiasa dengan cara menata rumah agar terlihat rapi dan bersih.

Baca juga : 8 Manfaat Menjaga Kebersihan Rumah untuk Penghuninya

Mudah Rawat Rumah dengan Pinhome Service

Pins juga dapat mencoba fitur terbaik dari Pinhome Service #PintarUrusanHunian untuk mempermudah urusan membersihkan rumah. Contohnya fitur apa saja?

Deep Cleaning

Digunakan untuk pencucian furnitur dan pembersihan ruangan dengan peralatan dan perlengkapan khusus. Contohnya, cuci jok mobil, cuci kasur, cuci tirai atau gorden, cuci kursi makan, cuci sofa, cuci karpet, cuci perlengkapan bayi serta pembersihan kamar mandi.

Home Cleaning

Jasa kebersihan sehari-hari yang menyediakan pilihan pembersihan secara umum dan pembersihan area khusus. Mulai dari daily cleaning, pembersihan dapur, setrika, pembersihan kulkas dan juga jasa cuci piring.

Baca juga: Pinhome Service Jadi Solusi Ibu Rumah Tangga Bagi Rizkya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download