Tipe iklim dan bentang budaya Indonesia

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ December 27, 2021 ∙ 2 menit membaca

Iklim berpengaruh terhadap budaya manusia terutama bagi masyarakat dengan teknologi sederhana. Aktivitas mereka banyak dipengaruhi oleh iklim ini, seperti aktivitas ekonomi. Iklim mempengaruhi jenis mata pencaharian, misalnya masyarakat dengan teknologi mengumpul dan berburu terutama terdapat di daerah hutan hujan.

Kegiatan bertani berpindah-pindah hanya mungkin dilakukan di daerah hutan hujan yang curah hujannya cukup untuk memungkinkan tumbuh kembali hutan sekunder. Masyarakat yang tinggal di daerah stepa bermata pencaharian peternakan.

Banyak hutan hujan di Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi dijadikan ladang. Mereka bertani berpindah-pindah. Hal ini mungkin dilakukan di daerah yang suhunya cukup tinggi curah hujannya cukup banyak dan jatuh merata sepanjang tahun serta di daerah yang berpenduduk jarang.

Sawah juga tersebar di daerah yang mendapat cukup hujan. Beberapa jenis tanaman yang diperdagangkan bergantung kepada iklim di samping ketinggian dari permukaan laut (yang sebenarnya juga merupakan indikasi iklim), kecuali dengan teknologi tinggi manusia bisa menanam tumbuhan dari daerah iklim lainnya, misalnya di daerah sedang bisa menanam sayuran yang bukan habitat daerah sedang, dengan menanam di rumah kaca (greenhouse).

Di sini dapat dijelaskan jenis-jenis tanaman tropik yang dibudidayakan tebu, karet, teh, kopi, cengkeh, kina, kapas, sayur-sayuran, jati dan sebagainya.

Setiap jenis tanaman mempunyai habitat tertentu sesuai dengan suhu dan curah hujan, misalnya ; tebu dan t*mbakau akan baik ditanam di daerah yang memiliki bulan kering, yaitu Aw, jati akan menghasilkan kayu yag baik jika ditanam di daerah iklim Am di samping syarat jenis tanah tertentu.

Teh merlukan tingkat kelembabpan tertentu agar tunas selalu tumbuh (karena teh diambil daunnya), maka jenis tanaman ini harus ditanam di daerah iklim Af.

Jenis sayuran tertentu yaitu yang habitatnya daerah sedang, akan tumbuh baik di daerah sekitar khatulistiwa yang letaknya pada ketinggian tertentu di atas permukaan laut, yaitu yang beriklim Cf dan Cw.

Mungkin anda belum mengerti tentang istilah Af, Aw dll di atas? Silahkan baca kembali Pembagian wilayah iklim menurut Koppen

Manusia telah banyak mengubah bentang alam Indonesia ini. Hutan hujan banyak yang telah rusak, karena dijadikan ladang berpindah-pindah, di sana sini daerah yang baru ditinggalkan berubah menjadi padang alang-alang, dan jika sudah lama ditinggalkan akan berubah menjadi hutan sekunder.

Daerah-daerah yang tadinya hutan telah berubah menjadi perkebunan, sedangkan hutan hutan dataran rendah dan hutan rawa air tawar bahkan di beberapa tempat hutan payau telah diubah menjadi daerah persawahan. Hutan di beberapa daerah yang letaknya di ketinggian tertentu telah diubah menjadi perkebunan teh, sayuran, kina, dan hutan pinus.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 11 Perbedaan iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max yang Wajib Dipahami

Jajaran seri iPhone 11 saat ini masih memiliki penggemar. Bila enggan untuk membeli base model-nya,

Berita Pinhome
Berita Pinhome Kehadiran CMO Baru, Pinhome Makin Optimis Garap Property Tech di Indonesia

Pinhome, pionir property technology Indonesia mengumumkan penunjukan Fibriyani Elastria sebagai Chi

Lifestyle
Lifestyle 14 Aplikasi Crypto Terbaik Yang Patut Dicoba

Menawarkan keuntungan besar, itu membuat berbagai kelompok usaha atau berdagang dengan aplikasi cry

Edukasi
Edukasi 6 Rumah Adat Suku Dayak Kalimantan

Ada banyak sekali rumah adat di Indonesia, masing-masing memiliki model dan daya tarik yang berbeda

Lifestyle
Lifestyle 11 Rekomendasi Aplikasi Dompet Digital Terbaik

Hidup di era teknologi saat ini membuat segalanya terasa mudah, termasuk dalam hal finansial. Pins

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia