Pinhome

Wow, Inilah Manfaat Suara Burung Cucak Ijo Betina!

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 16 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Banyak yang menganggap bahwa suara burung Cucak Ijo betina kurang bagus jika di bandingkan dengan burung jantan. Sehingga banyak orang menganggap bahwa burung betina tersebut tidak ada manfaatnya kecuali hanya untuk ternak.

Sehingga banyak dari mereka yang menghargai burung betina tersebut dengan nilai rendah. Namun faktanya, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari burung Cucak Ijo betina yang belum banyak diketahui orang lain.

Suara burung Cucak Ijo betina masih bisa untuk di manfaatkan untuk berbagai hal. Bahkan, sebagian orang memanfaatkannya untuk menghidupkan suara-suara burung jantan yang lainnya.

Tentunya juga dengan pelatihan khusus sehingga burung betina tersebut dapat menjadi bermanfaat lebih baik suarannya. Untuk merawat Cucak Ijo, kamu juga membutuhkan skill tertentu dan juga harus mengatahui bagaimana perawatan burung Cucak Ijo tersebut.

Manfaat Suara Burung Cucak Ijo Betina

cucak ijo betina

Untuk memanfaatkan suara suara burung betina yang sudah terlatih, sebagian orang menggunakannya untuk keperluan yang lainnya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Digunakan Sebagai Masteran

Burung betina yang sudah terlaltih oleh pemiliknya biasanya akan di gunakan sebagai burung masteran untuk burung jantan. Masteran tersebut berarti burung jantan tersebut sudah berkicau, namun kicauannya tersebut perlu di benahi.

Maka disandingkanlah burung Cucak Ijo betina yang berfungsi sebagai burung masteran agar kicauannya semakin bagus sehingga memiliki nilai kualitas yang tinggi.

Baca juga: Cara Memaster Burung Cucak Ijo Agar Cepat Gacor

Memancing Burung Jantan

Sebenarnya, hampir sama dengan burung masteran tersebut. Ketika burung betina digunakan sebagai pancingan, berarti burung jantan tersebut sangat pasif sekali.

Sehingga untuk menghidupkan suaranya agar mulai untuk gacor perlu yang namanya di pancing terlebih dahulu. Nah, salah satu pancingannya inilah menggunakan burung betina yang gacorannya bagus.

Baca juga: Cara Meningkatkan Volume Suara Cucak Ijo Dengan Cepat

Diprioritaskan Untuk Dijual

Selanjutnya burung betina yang bisa memiliki kedua fungsi di atas maka memiliki prioritas untuk di jual bagi para pembisnis. Nah ini nilai jualnya bisa tinggi sama seperti burung jantan. Atau bahkan melebihi nilai jual burung Cucak Ijo jantan.

Hal tersebut tak bisa dipungkiri lagi karena dari segi fungsi dan manfaat sudah jelas banyak sekali. Maka dari itu jangan pernah untuk menyepelekan burung Cucak Ijo betina.

Karakter Cucak Ijo Betina & Jantan

cucak ijo betina tidak nopeng

Pada gambar diatas terlihat burung tersebut lehernya berwarna putih kekuningan, bagian paruh bawahnya juga berwarna putih, bulu melingkar disekitar mata juga warnanya putih kekuningan.

cucak ijo jantan nopeng

Pada gambar cucak ijo jantan tersebut terlihat jelas ada warna hitam dari mulai leher sampai wajah, paruhnya  juga berwarna hitam. penjelasan lebih lengkapnya bisa baca umur cucak ijo mulai nrotol keluar topeng hitam

Jadi jelas kan perbedaanya? ini kalau sudah dewasa lho.. kalau masih trotol akan sedikit sulit membedakanya, karena penampilanya hampir sama, bulu leher sama-sama berwarna kuning. kondisi itulah yang menyebabkan para penghobi sering menyebuk anakanya sebagai kuningan. perbedaan ini berlaku untuk semua KTP entah itu banyuwangi, jember, kalimantan, sumatera, thailand, mini atau daerah lainya.

Hati-hati! cucak ijo betina semiran bisa terlihat seperti jantan

Bagi para pemula perlu berhati-hati juga dalam membeli, jangan asal lihat ada topeng hitam lalu yakin bahwa itu jantan, bagaimana jika ternyata itu bukan warna asli tapi semiran sehingga beberapa hari kemudian akan luntur, kembali ke warna semula. meskipun dari segi suara yang betina juga bisa gacor, tapi banyak yang bilang bahwa suaranya lebih bervariatif yang jantan, rekaman suaranya lebih banyak, jadi lagu kicaunya juga lebih warna warni. agar tidak keliru, maka kita perlu mengenal ciri-ciri cucak ijo jantan yang lain biar jelas. kalaupun keliru yang cewek yang biarin saja, tetap dipelihara dengan baik, lebih bagus lagi di ternak, siapa tahu nanti anakanya jantan 🙂

Cara Merawat Suara Cucak Ijo Betina

cucak ijo betina

Banyak cara untuk membuat suara burung betina agar lebih berkualitas dan memiliki manfaat yang sebagaimana mestinya. Hal yang perlu kamu perhatikan yang pertama adalah masalah makanannya.

Pakan Cucak Ijo yang kamu berikan harus sesuai dengan gizi yang di butuhkan oleh burung Cucak Ijo betina tersebut. Selain itu juga harus variatif mulai dari buah-buahan untuk kebutuhan vitaminnya.

Kemudian untuk kebutuhan proteinnya bisa menggunakan seperti ulat bambu, jangkrik, atau kroto. Kemudian aturlah pola makannya secara konsisten.

Setelah pola makan di atur, selanjutnya berikan latihan-latihan tertentu terhadap burung betina tersebut. Seperti melatih dengan siulan-siulan sederhana dari mulutmu sendiri, maupun dengan petikan jari.

Jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan kandang dan kebersihan tubuh dari burung betina tersebut. Hal ini penting sekali karena untuk menjaga kesehatannya.

Demikianlah ulasan singkat tentang manfaat suara Cucak Ijo Betina, semoga bisa berguna bagikamu yang membutuhkannya.

Baca juga:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Somasi dan Cara Membuatnya

Apakah kamu pernah mendengar surat somasi? Surat ini kerap dikaitan dengan dunia hukum. Biasanya pe

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengaduan dan Formatnya yang Benar

Dalam transaksi, terkadang ada beberapa hal yang kurang sesuai, baik dalam pembelian barang atau pe

Edukasi
Edukasi Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Contohnya

Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) umum digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya melama

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia