Ternak Ayam

Dipublikasikan oleh Harsanto Maulana Ibrahim dan Diperbarui oleh Nirmalasari ∙ December 20, 2021 ∙ 10 menit membaca

Beternak seolah menjadi hobi dan pekerjaan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Dengan beternak, seseorang bisa merasakan kepuasan tersendiri.

Selain menyalurkan kesenangan terhadap hewan, seseorang yang beternak hewan penghasil seperti sapi, kambing, maupun ayam bisa mendapatkan penghasilan dari hewan yang ada.

Banyak hewan ternak yang bisa menjadi pilihan untuk Anda, salah satunya ayam. Ternak ayam seakan menjadi sumber penghasilan tambahan untuk sebagian keluarga.

Lantas apa saja jenis ayam yang bisa dijadikan pilihan untuk beternak? Ini dia beberapa jenis ayam yang bisa menjadi pilihan untuk Anda sebagai hewan ternak.

Jenis Ayam

1. Kalkun

Ayam kalkun bisa dijadikan hewan hias maupun hewan untuk dipotong. Berat kalkun dewasa bisa mencapai 5 sampai 11 kg. Umur hidup hewan yang satu ini juga terbilang cukup lama.

Kalkun Black Spanish

Kalkun dapat hidup 3 hingga 10 tahun. Tergantung perawatan yang diberikan dan jenis kalkun yang dipilih. Dalam satu kali bertelur, kalkun bisa menghasilkan 8 hingga 15 butir telur.

Untuk seekor anak kalkun berusia kurang lebih 2 minggu, Anda bisa merogoh kocek mulai dari Rp50.000,00. Harga yang cukup murah untuk seekor kalkun yang bisa tumbuh besar.

Biaya makannya pun terbilang murah karena kalkun bisa makan apa saja. Sedangkan kalkun dewasa dapat Anda jual dengan harga Rp350.000,00 hingga jutaan rupiah.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/kalkun/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ternak Ayam Kalkun
[/powerkit_button]

 

2. Hutan Hijau

Ayam hutan hijau terkenal memiliki corak bulu yang indah. Selain itu, ayam hutan hijau bisa menjadi ayam hias atau peliharaan yang unik.

Ayam Hutan Hijau

Ayam hutan hijau dapat tumbuh hingga mencapai ukuran 60 cm untuk jantan, dan 42 cm untuk betina. Ukuran tersebut dihitung mulai dari paruh hingga ujung ekor.

Sudah bukan menjadi rahasia bahwa harga jual ayam hias sangatlah tinggi. Begitu pula dengan jenis yang satu ini. Untuk satu butir telur ayam hutan hijau, Anda perlu merogoh kocek Rp75.000,00.

Jika Anda ingin ternak ayam sejak kecil, Anda bisa membelinya dengan harga seratus ribuan.

Jika usianya sudah beranjak dewasa dan Anda ingin mulai menjualnya, siapa sangka bahwa seekor ayam jenis ini dapat dibandrol hingga jutaan rupiah.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/hutan-hijau/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ternak Ayam Hutan Hijau
[/powerkit_button]

 

3. Mutiara

Jenis ayam yang satu ini memang terdengar asing bagi sebagian orang. Namun ayam ini menjadi salah satu incaran untuk pecinta ayam hias. Corak bulunya yang indah layaknya mutiara membuat siapa saja terpikat.

Ayam Mutiara Plangkok

Ayam mutiara dapat tumbuh hingga berukuran besar. Dengan warna dasar hitam atau abu-abu, siapa sangka ayam ini dikelilingi oleh bintik putih yang memikat hati. Jika sudah tumbuh besar, ayam ini bisa berukuran serupa dengan ayam kalkun.

Untuk harganya, ayam yang satu ini dibanderol mulai dari Rp20.000,00 untuk sebutir telur hingga ratusan ribu untuk seekor ayam dewasa.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/mutiara/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ternak Ayam Mutiara
[/powerkit_button]

 

4. Bangkok

Ayam Bangkok terkenal sebagai salah satu jenis peliharaan untuk ayam petarung. Ayam ini terlihat gagah ketika berdiri dan berjalan. Tak heran jika ayam ini kerap dijadikan sebuah hiburan dengan mengadunya dengan ayam lain.

Ciri Ayam Bangkok Berkualitas

Coraknya yang beragam membuat calon pembeli memiliki banyak pilihan. Anda bisa memilih ayam dengan corak warna yang cerah seperti coklat, bisa juga memilih warna gelap seperti hitam yang berpadu dengan warna hijau tua.

Siapa sangka bahwa untuk sebuah ayam jenis ini memiliki harga yang cukup fantastis. Untuk seekor anak ayam Bangkok harganya bisa mencapai ratusan ribu. Sedangkan untuk ayam dewasa harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/bangkok/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ternak Ayam Bangkok
[/powerkit_button]

 

5. Joper

Ayam joper atau juga dikenal dengan ayam Jawa super sangat cocok untuk dipelihara.

ayam joper

Terlebih jenis ayam yang satu ini dapat menghasilkan daging yang bisa dimasak untuk berbagai hidangan. Anda tentu bisa memeliharanya dalam jumlah yang banyak sehingga Anda bisa dikenal sebagai supplier pemasok ayam Jawa super.

Untuk waktu panen ayam yang satu ini terbilang lumayan lama. Anda memerlukan waktu 45 hingga 60 hari untuk memanen ayam.

Untuk seekor ayam joper siap panen, harganya mulai dari Rp30.000,00. Cukup terjangkau bukan.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/joper/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ternak Ayam Joper
[/powerkit_button]

 

6. Petelur

Jenis ayam yang satu ini kerap kali dijadikan pilihan oleh beberapa peternak untuk mengembangkan usaha.

Ayam Petelur Coklat

Tidak bisa dipungkiri bahwa kita selalu membutuhkan telur. Tak hanya untuk makan, namun juga untuk membuat kue dan lainnya.

Untuk mengembangkan ayam ini, Anda bisa mengeluarkan uang Rp10.000,00. Jika Anda memelihara setidaknya 100 ekor, maka modal awal yang perlu dikeluarkan setidaknya Rp1.000.000,00.

Dua bulan kemudian ayam akan mengeluarkan telur yang tentunya akan menghasilkan.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/petelur/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ternak Ayam Petelur
[/powerkit_button]

 

7. Potong

Jenis ayam ini kerap kita jumpai di pasar hingga supermarket. Inilah jenis ayam yang dagingnya kerap kita konsumsi. Peternakan ayam potong menjadi salah satu jenis bisnis yang menguntungkan.

Cornish Cross

Pasti ada saja kebutuhan ayam potong untuk setiap keluarga. Jadi tak ada salahnya jika Anda mulai mencoba peruntungan yang satu ini.

Untuk seekor anak ayam potong harganya kurang dari Rp10.000,00. Untuk harga jual ayam siap panen tergantung permintaan dan pasarannya. Harganya kerap naik dan turun.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/potong/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ternak Ayam Potong
[/powerkit_button]

8. Kate

Ayam yang satu ini sudah banyak dikenal masyarakat sebagai ayam hias. Warna bulunya yang beragam, ukurannya yang kecil, dan ekornya yang panjang membuat banyak orang terpikat dengan pesonanya.

Ayam Kate

Jika Anda ingin beternak ayam hias yang satu ini, sebelumnya pahami dulu jenis ayam yang ada di peternakan. Karena harga tiap jenis ayam Kate beragam. Harga jualnya mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/kate/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ternak Ayam Kate
[/powerkit_button]

 

9. Kampung

Ayam kampung sangat cocok pula untuk dijadikan hewan ternak. Selain dagingnya yang kerap dicari masyarakat, telur ayam kampung juga memiliki banyak peminat karena rasanya yang gurih.

Kandang Umbaran Ayam Jawa

Bibit ayam kampung biasanya dihargai Rp13.000,00. Untuk seekor ayam kampung dewasa, anda bisa menjualnya dengan harga puluhan ribu hingga ratusan ribu. Sedangkan untuk telur ayam kampung dihargai Rp2.500,00 untuk tiap butirnya.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/kampung/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ternak Ayam Kampung
[/powerkit_button]

 

10. Ayam Arab

Cara Membedakan Ayam Arab Jantan Dan Betina

Ciri khas yang terlihat secara fisik oleh jenis ayam ini adalah memiliki corak kombinasi warna putih dan titik merah.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/arab/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ayam Arab
[/powerkit_button]

 

11. Ayam Aseel

Madras Aseel (1)

Memiliki postur tubuh dan struktur tulang yang besar, cocok sebagai ayam pedaging atau pejantan.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/aseel/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ayam Aseel
[/powerkit_button]

 

12. Ayam Birma

Karakteristik Kaki Ayam Birma Ori

Jenis ini paling banyak diminati dan masuk kategori ayam populer. Ukuran kaki ramping lebih kecil dari ayam jago lainnya sehingga lebih lincah.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/birma/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ayam Birma
[/powerkit_button]

 

13. Ayam Brahma

Ayam Brahma Asli

Secara langsung jenis ayam ini bisa dapat disimpulkan bahwa ayam brahma memiliki bulu yang lebat sampai kaki dada montok dan terlihat berisi.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/brahma/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ayam Brahma
[/powerkit_button]

 

14. Ayam Cemani

Ayam Cemani Jantan

Ayam ini sering dikaitkan dengan hal mistis, banyak yang menganggap ayam cemani memiliki manfaat khusus untuk tujuan yang menjadi misteri.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/cemani/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ayam Cemani
[/powerkit_button]

 

15. Ayam Cochin

Ayam Cochin

Cocok sebagi hewan peliharaan sebab ayam jenis ini bisa dimanfaatkan sebagai ayam hias. Memiliki bentuk bulu yang unik.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/cochin/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ayam Cochin
[/powerkit_button]

 

16. Ayam Ganoi

Ayam Ganoi

Bentuk kepala dan leher mempunyai ciri fisik yang besar dan makin lama bulunya makin jarang.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/ganoi/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ayam Ganoi
[/powerkit_button]

 

17. Ayam Magon

Ayam Magon Original

Ayam jenis ini berasal dari perkawinan silang ayam pama dengan ayam saigon bertelur dan menetas menghasilkan ayam magon.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/magon/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ayam Magon
[/powerkit_button]

 

18. Ayam Onagadori

Ciri Ciri Ayam Onagadori Ekor Panjang

Tak hanya manusia yang bisa memiliki rambut yang panjang, akan tetapi ekor ayam onagadori juga dapat memanjang.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/onagadori/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ayam Onagadori
[/powerkit_button]

 

19. Ayam Pama

Pama Ori

Ukuran ayam pama tidak terlalu besar seperti ayam jago pada umumnya, memiliki karakter kaki kering dan bulat.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/pama/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ayam Pama
[/powerkit_button]

 

20. Ayam Poland

Ayam Poland Ori (2)

Bentuk fisik bulu dan warna beda dengan ayam pada umumnya, termasuk jenis ayam hias. Ciri khas pada bulu jambul diatas kepala seperti rambut berkonde atau mahkota.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/poland/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ayam Poland
[/powerkit_button]

 

21. Ayam Pheasant

Gambar golden pheasant

Warna bulu yang mencolok dan berwarna indah. Corak motif yang menghiasai seluruh badan ayam pheasant sangat cantik termasuk dalam kategori ayam hias.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/pheasant/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ayam Pheasant
[/powerkit_button]

 

22. Ayam Shamo

Ayam Shamo Ori

Secara fisik hampir mirip dengan ayam bangkok, postur tubuh yang berdiri tegap dan tulangnya besar.

[powerkit_button size=”md” style=”primary” block=”false” url=”https://zonaternak.com/ternak-ayam/shamo/” target=”_self” nofollow=”false”]
Ayam Shamo
[/powerkit_button]

 

Ternak Ayam Dengan Modal Kecil

Setelah mengetahui informasi di atas, siapa sangka bahwa Anda bisa memulai usaha peternakan dengan modal yang kecil. Dengan menyiapkan dana mulai dari 1 juta, usaha ternak Anda bisa berkembang.

• Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah minat pasar dan jenis ayam yang paling banyak dicari.

Dengan begitu Anda bisa tahu jenis ayam yang akan dipelihara. Anda juga bisa memperkirakan jumlah ayam yang akan dibeli dan biaya makan per harinya.

• Hal berikutnya adalah menyediakan kandang.

Anda bisa memanfaatkan lahan yang ada di rumah untuk menghemat biaya. Anda bisa juga membuat kandang kecil untuk meletakkan ayam.

Kandang Umbaran Ayam

Kandang bisa Anda buat sendiri dengan memanfaatkan bambu atau kayu yang ada di dekat rumah.

• Proses beternak pun siap dilakukan.

Cara Merawat Ayam

Setelah Anda memiliki peternakan ayam, jangan lupa untuk terus melakukan perawatan. Anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk merawat ayam

1. Vitamin untuk ayam. Pastikan anda memberi vitamin ayam setidaknya seminggu sekali agar kesehatan tetap terjaga.

2. Cara mengatasi ayam sakit kuning.

Selalu memperhatikan agar ayam tetap dalam keadaan sehat dengan pengecekan terhadap penyakit kuning. Caranya bisa dengan menggunakan vaksin.

3. Cara mengobati ayam sakit pilek. Jika ayam sudah mulai pilek, Anda bisa vitamin khusus, di toko perternakan terdekat.

4. Cara membersihkan kandang ayam dari kotoran serta sisa makanan dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandang dengan penyemprotan cairan khusus.

5. Mengatasi babon susah bertelur. sediakan tempat khusus sendiri sarang ayam supaya nyaman bertelur.

Hal terakhir adalah memastikan segala kebutuhan ayam terpenuhi agar babon tidak sulit untuk bertelur.

Itu dia beberapa informasi mengenai ternak ayam. Semoga informasinya bermanfaat.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Uncategorized
Uncategorized 12 Aplikasi Ganti Wajah Terbaik 2023

Aplikasi ganti wajah semakin populer seiring dengan berkembangnya teknologi. Aplikasi ini digunakan

Lifestyle
Lifestyle 10 Aplikasi Pendeteksi Lagu Terbaik 2023

Pernahkah Pins kesulitan menemukan lagu? Misalnya, kamu sedang berada di sebuah kafe dan tiba-tiba

Berita Pinhome
Berita Pinhome Listing Properti Eksklusif Pinhome, Garansi Bebas Biaya Tersembunyi Sejak Awal

Memiliki rumah idaman adalah impian sejuta umat. Pinhome sebagai pioneer platform properti end-to-e

Finansial
Finansial Ini 6 Cara dan Tips Membuka Bisnis atau Usaha Sendiri di Rumah

Sekarang ini banyak cara membuka usaha sendiri di rumah yang bisa Pins coba. Membangun bisnis sekar

Berita Pinhome
Berita Pinhome Ananta Homes Tenjo, Hunian Minimalis di Kawasan Strategis

Membeli rumah idaman memang bukan persoalan mudah. Pins harus menentukan apakah lokasi rumah terseb

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia