Teori ekonomi Friedman

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ December 27, 2021 ∙ 3 menit membaca

Teori ekonomi Friedman – Disertasi doktoral Friedman yang berjudul Income from Independent Professional Practice merupakan sebuah buku yang berisi tentang penggunaan teori ekonomi dalam distribusi pendapatan untuk menjelaskan dan menginterpretasikan data pendapatan menurut klasifikasi pekerjaan.

Buku tersebut mengemukakan sebuah hasil temuan berupa adanya pengaruh posisi monopolistik American Medical Association terhadap pendapatan para dokter yang tidak diperhitungkan selama hampir empat puluh tahun.

Karya dan pemikiran Friedman banyak didapatkan dari penelitiannya selama Perang Dunia II. Hal ini sesuai dengan pengakuan Friedman sebagai berikut:

“Pengalaman saya selama Perang Dunia II juga berpengaruh kuat terhadap karya-karya ilmiah saya. Dua tahun pertama sejak dimulainya Perang Dunia, saya bekerja sebagai ekonom yang menangani masalah perpajakan di Departemen Keuangan AS.”

Ada 3 aspek pemikiran Friedman dalam ranah ekonomi, yaitu studi tentang fungsi konsumsi, argumentasi tentang kesulitan dan permasalahan dalam penerapan pajak stabilitas, serta kontribusinya pada teori dan sejarah moneter. Teori konsumsi, menurut Keynes adalah pengeluaran konsumsi yang terutama dipengaruhi oleh penghasilan saat sekarang.

Sedangkan menurut teori Friedman yang kemudian dikenal dengan Hipnotis Pendapatan Permanen, konsumsi menyesuaikan pengeluaran dengan harapan memperoleh pendapatan selama periode yang lebih lama.

Berlawanan dengan penekanan kebijakan fiskal yang dilakukan oleh ahli ekonomi Keynesian, Friedman menyatakan bahwa uang dan kebijakan moneter berperan penting dalam menentukan aktivitas ekonomi.

Argumen Friedman tentang pentingnya arti uang berasal dari Teori Uang Kuantitatif (MV=PQ), yang berarti bahwa jumlah uang dalam perekonomian (M) dikalikan jumlah waktu yang digunakan tiap dolar dalam satu tahun untuk membeli barang (V) harus sama dengan output ekonomi yang terjual tahun itu (PQ).

Friedman berpendapat bahwa kecepatan ini tergantung pada faktor ekonomi, seperti suku bunga dan perkiraan inflasi. Friedman mengakui, daripada membeli barang orang-orang lebih suka memegang uang karena alasan lain, yaitu faktor keamanan atau mereka berfikir bahwa harga persediaan dan harga aset-aset yang lain mungkin akan turun.

Studi empiris yang dilakukan Friedman menemukan bahwa faktor-faktor ekonomi ini hanya berdampak kecil pada kecepatan, dan dampaknya cenderung menurun dari waktu ke waktu. Karena kecepatan uang relatif stabil, maka jumlah uanglah yang terutama berdampak pada tingkat aktivitas ekonomi.

Friedman menyatakan bahwa ketika mungkin uang berpengaruh pada aktivitas ekonomi dalam jangka pendek, dalam jangka panjang uang bisa netral dan tidak memiliki dampak ekonomis.

Disaat ahli ekonomi secara tradisional membedakan inflasi karena dorongan biaya dengan inflasi karena dorongan permintaan, Friedman justru menyatakan bahwa semua inflasi berasal dari terlalu banyaknya permintaan barang ketika terlalu banyak uang yang diciptakan.

Sebab, inflasi menurutnya adalah semata-mata fenomena moneter, sehingga satu-satunya solusi masalah inflasi adalah harus mengendalikan persediaan uang. Friedman menunjukkan bahwa otoritas moneter dapat menciptakan depresi, inflasi, dan hasil-hasil ekonomi yang tidak diharapkan melalui kesalahan mereka dalam mengelola persediaan uang.

Menurut Friedman, karena bank sentral tidak dapat dipercaya untuk mengambil kebijakan yang tepat, maka bank sentral seharusnya dipaksa mengikuti aturan moneter daripada dibiarkan melakukan menajemen yang salah dalam persediaan uang.

Dalam pandangan Friedman, kebijakan moneter sering salah karena panjangnya variabel penundaan atau kelambanan antarmasalah ekonomi saat ini dan ketika perubahan persediaan uang mempengaruhi persediaan uang.

Friedman mengidentifikasikan ketiga penundaan tersebut. Ia juga menyatakan bahwa otoritas moneter terlalu dipengaruhi oleh otoritas fiskal dan Departemen Keuangan Negara.

Ingin tahu lebih jauh siapa Friedman? Silahkan baca Biografi singkat Milton Friedman. Semoga menjadi tambahan pengetahuan sejarah para ahli maupun penemu-penemu ilmu pengetahuan dunia. 

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Gadget
Gadget 8 Cara Screenshot HP Xiaomi, Tangkap Momen Penting Kamu!

Aktivitas mengambil tangkapan layar atau screenshot dari layar HP yang sedang Pins lihat entah itu

Finansial
Finansial Apa Itu Sideways? Tips untuk Meminimalisir Risiko dalam Kondisi Ini

Trading menjadi salah satu cara yang dilakukan banyak orang untuk mendapatkan keuntungan dalam wakt

Finansial
Finansial CAPM adalah Sebuah Indikator dalam Investasi, Ini Manfaatnya!

Penanaman modal atau aset dengan tujuan memperoleh keuntungan, atau yang kita kenal dengan nama inv

Finansial
Finansial Apa itu Rarity Tools NFT? Begini Cara Cek Kelangkaan NFT!

Sama dengan mata uang crypto atau cryptocurrency, nilai NFT secara garis besar terpengaruh oleh rar

Gadget
Gadget 8 Cara Cek IMEI HP Xiaomi, Mudah Tanpa Ribet!

Walaupun jarang dilirik, namun IMEI merupakan salah satu komponen penting pada smartphone android.

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia