Tentang Teori Rasionalitas Terbatas Herbert Simon

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ December 27, 2021 ∙ 3 menit membaca

Tentang Teori Rasionalitas Terbatas Herbert Simon – Karya-karya Herbert Simon banyak menyinggung persoalan rasionalitas terbatas. Simon menggunakan istilah rasionalitas terbatas maze tempat yang penuh dengan jalan dan lorong berliku-liku serta simpang siur. Pada kenyataannya, ketika orang berada di maze, ia akan sulit melihatnya dari atas helikopter untuk menyurvei semua pilihan dari sudut pandang seorang pemain olimpiade.

Orang tidak dapat membaca kemungkinan atau sulit mengetahui tingkat probabilitas hasil yang diberikan dari pilihan orang lain. Setiap orang tidak memiliki kapasitas komputasional untuk menentukan suatu hasil yang optimal, bahkan bila ia memiliki informasi mengenai hal ini. Oleh karenanya, kapasitas seseorang untuk perilaku rasional sangatlah terbatas dalam banyak dimensi.

Herbert Simon
Herbert Simon

Teori Rasional Terbatas seolah menyangkal pendapat James Buchanan tentang Teori Pilihan Rasional. Menurut Teori Pilihan Rasional adalah sebuah pilihan yang rasional jika seseorang terjun ke dunia politik, terutama untuk memperjuangkan kepentingan pribadinya.

Sementara, Simon dalam Teori Rasional Terbatas menyatakan bahwa pilihan rasional para politikus yang memperjuangkan kepentingan pribadi atau golongan lebih utama daripada kepentingan masyarakat, akan secara otomatis atau alamiah dibatasi.

Simon menuangkan pemikirannya dalam Administrative Behavior; A Study of Decision-Making Processes in Adminintrative Organization, yang tak lain merupakan disertasi doktoralnya.

Sebuah buku yang mengkaji tentang pengambilan keputusan berdasarkan pilihan rasional dan sesuai dengan tujuan dari sebuah organisasi, di mana pilihan tersebut akan memiliki konsekuensi logis terhadap tindakan perseorangan dalam sebuah kelompok atau organisasi.

Proses pembuatan keputusan administrasi dipengaruhi oleh tingkat koordinasi, keahlian dan tanggung jawab pemangku jabatan, serta pelatihan yang mempengaruhi kualitas pembuatan keputusan. Oleh karena itu, perlu keseimbangan antara kepentingan individu dan tujuan yang ingin dicapai organisasi.

Beberapa prinsip administrasi yang diakui antara lain sebagai berikut :

  • Efisiensi administrasi ditingkatkan melalui spesialisasi.
  • Efisiensi ditingkatkan dengan membagi anggota kelompok dalam suatu hierarki wwenang yang pasti.
  • Efisiensi administrasi ditingkatkan dengan mempersempit rentang kendali.
  • Efisiensi ditingkatkan dengan pengelompokan pekerjaan dan maksud pengawasan berdasarkan tujuan, proses, pelanggan, atau tempat.

Simon mengajukan gagasan mempertimbangkan rasionalitas dalam perilaku administratif. Idealnya, Simon menunjukkan bahwa semua pengambilan keputusan akan mengikuti proses seperti mata rantai. Namun, sistem di lapangan jarang sesederhana ini, dan orang tidak selalu berakhir dengan mempertimbangkan perilaku alternatif.

Waktu, pengetahuan, dan kelompok mempengaruhi perilaku. Sementara, rasionalitas secara kasar didefinisikan sebagai perhatian atau keberpihakan pada pemilihan perilaku tertentu dari suatu sistem nilai yang dapat dievaluasi.

Secara ringkas, Simon menjelaskan bahwa banyak keputusan dibuat dengan mengabaikan aspek rasionalitas yang diperhatikan dalam dunia ekonomi. Hal ini berbeda dengan rasionalitas dalam administrasi publik yang disebutnya sebagai rasionalitas terbatas (bounded rationality).

Pengambilan keputusan dengan rasionalitas yang terbatas ini terjadi karena keterbatasn dalam memperoleh informasi yang valid dan sifat yang kompleks dari informasi itu sendiri.

Teori keputusan adalah konsep rasionalitas administrasi yang efisien. Dalam konteks ini, Simon menjelaskan “Ketetapan keputusan administrasi adalah persoalan yang relatif tepat, jika memilih cara-cara untuk tujuan yang ditentukan.

Administrator rasional berkenaan dengan seleksi cara-cara efektif ini. Dalam proses pembuatan keputusan, alternatif dipilih yang dianggap sebagai cara yang tepat untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Namun, tujuan itu sendiri sering hanya instrumental bagi tujuan yang lebih final.

Ingin tahu lebih jauh siapa Simon? Silahkan baca artikel sejarah Biografi singkat Herbert Alexander Simon. Semoga menjadi catatan penting tokoh-tokoh penemu di dunia.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Rarity Tools NFT? Begini Cara Cek Kelangkaan NFT!

Sama dengan mata uang crypto atau cryptocurrency, nilai NFT secara garis besar terpengaruh oleh rar

Gadget
Gadget 8 Cara Cek IMEI HP Xiaomi, Mudah Tanpa Ribet!

Walaupun jarang dilirik, namun IMEI merupakan salah satu komponen penting pada smartphone android.

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Finansial
Finansial Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Produk investasi memiliki jenis yang sangat beragam. Tentunya, agar tidak salah memilih, kamu harus

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia