Tentang patahan dan lipatan bumi

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ December 27, 2021 ∙ 3 menit membaca

Geografi. Tentang patahan dan lipatan bumi. Permukaan bumi seperti yang kita lihat tidaklah rata, melainkan ada yang tinggi dan ada yang rendah. Hal ini memperlihatkan relief yang bermacam-macam, diantaranya ada dataran rendah, dataran tinggi, bergelombang, berbukit-bukit, pegunungan, cekungan, lereng yang curam dan bentuk-bentuk lain.

Bentukan permukaan bumi ini adalah hasil dari tenaga geologi yang dapat dibedakan atas dua macam, yaitu tenaga asal dalam (endogen), dan tenaga asal luar (eksogen).

Untuk mengetahui lebih jauh tentang eksogen silahkan baca di artikel geografi 4 jenis tenaga eksogen dan akibatnya. Selanjutnya akan kita bahas terlebih dahulu mengenai tenaga endogen.

Tektonisme: patahan dan lipatan

Jika sekiranya asal permukaan bumi ini rata, maka yang mulai mengubah bentuk itu adalah tenaga endogen. Tenaga endogen yang vertikal menghasilkan bentuk tonjolan berbentuk kubah yang karena mengalami retakan-retakan bagian tengahnya merosot, terbentuklah lembah patahan (slenk, Graben) berdampingan dengan puncak patahan (horst).

Patahan dapat juga terjadi karena pengurangan isi lapisan dalam kerak bumi, misalnya karena letusan vulkanisme, sehingga satu bagian kulit bumi merosot terhadap bagian di sebelahnya. Patahan Lembang di sebelah Utara Bandung merupakan salah satu contoh yang baik tentang patahan ini.

Patahan yang besar terdapat di sepanjang pantai timur dan tenggara Afrika, bersambung ke Laut Merah (dasar Laut Merah merupakan Graben) sampai ke daerah Yordania. Danau-danau besar di Afrika Tenggara pada umumnya terletak di daerah patahan ini.

Tenaga endogen yang vertikal tanpa patahan, dapat menghasilkan bentuk kubah (dome). Bentuk ini biasanya ditandai dengan pola aliran sungai yang melingkar dan sentrifugal (menyebar).

Kubah sebagai hasil tenaga endogen yang naik. Jika tenaga endogen itu ke bawah, akan terbentuklah sebuah ledok yang bercirikan pola aliran yang sentripetal (memusat).

Lipatan adalah bentuk lain dari pengerjaan tenaga endogen. Karena arah tenaga endogen yang mendatar, terbentuklah bentukan yang dinamakan lipatan, mulai dari lipatan yang lemah, meningkat menjadi lipatan tegak, lipatan isoklin sampai dapat menjadi lipatan kelopak atau lipatan menutup.

Macam-macam Patahan

Macam-macam Patahan
Macam-macam Patahan

Bagian yang menonjol pada lipatan itu dinamakan antiklin dan bagian yang lekuk itu dinamakan sinkiln atau lembah lipatan. Sinkiln dan antiklin merupakan bentukan yang memanjang. Kadang-kadang sebuah lipatan membentuk jalur deretan pegunungan yang sangat panjang. Perhatikan pada peta, betapa panjang sistem pegunungan mediterania dan Sirkum Pasifik.

Orogenesa dan Epirogenesa

Dilihat dari ukuran luas areal dan kecepatan relatif gerakannya dapat dibedakan dua jenis gerakan tektonisme, yaitu Orogenesa dan Epirogenesa.

Orogenesa berarti juga pembentukan pegunungan (oros = pegunungan), yaitu gerakan litosfera yang relatif cepat dan meliputi areal yang relatif tidak luas seperti pada pembentukan pegunungan lipatan dan pegunungan patahan yang telah dibicarakan di atas.

Epirogenesa merupakan gerakan pengangkatan atau penurunan benua, jadi meliputi areal yang sangat luas dengan kecepatan gerakan yang relatif lambat.

Dalam teori lama dikemukakan bahwa di belahan bumi selatan telah terjadi penurunan sebuah daratan luas, yaitu benua Gondwana tenggelam menjadi dasar Samudera India yang sekarang. Gerakan penurunan benua Gondwana ini merupakan contoh Epirogenesa.

Demikian sedikit pembahasan tentang patahan dan lipatan bumi, semoga menambah pengetahuan pembaca.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi Aplikasi Belanja Online Terbaik

Seiring berkembangnya teknologi, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi sangat mudah. Saat ini banya

Finansial
Finansial Mau Tahu Perbandingan Bunga KPR di 10 Bank Ternama Ini?

Per Januari 2023, banyak bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah. Setidaknya, terdapat 10 b

Finansial
Finansial Masa Berlaku BI Checking Hanya 5 Tahun? Apa Benar?

BI checking adalah salah satu hal yang dipertimbangkan lembaga keuangan bank pada saat nasabah meng

Gadget
Gadget 12 Rekomendasi HP Xiaomi 3 Jutaan Terbaik di Kelasnya

Menyiapkan anggaran Rp3 jutaan untuk membeli handphone merupakan budget yang cukup. Paling tidak, P

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 5 Desain Rumah Kayu Ulin yang Mewah

Memiliki rumah dengan nuansa alami yang sejuk dan segar sepertinya terlihat sangat menyenangkan, ya

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia