Alat transportasi kuno dan modern

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 15 January 2015 ∙ 3 menit membaca

Sejarah Negara Com – Tentang Alat transportasi kuno dan modern. Transportasi atau angkutan merupakan sesuatu yang sangat vital baik di zaman masa lampau maupun sekarang. Pada perkembangannya, hingga tahun 2015 ini alat transportasi berkembang pesat, Berbagai perusahaan transportasi darat, laut dan udara selalu memiliki produk terbarunya dengan berbagai fitur dan kecanggihan teknologi.

Namun demikian, meski betapa besar dan hebatnya kecanggihan teknologi saat ini, namun ternyata masih tidak mampu mengalahkan kekuatan alam yang dimiliki oleh Allah. Ini terbukti dengan yang baru saja terjadi, yaitu kecelakaan pesawat Air Asia QZ8501 yang merenggut ratusan nyawa orang karena tak mampu menahan amukan alam.

Sejak zaman dahulu, manusia telah mengenal yang namanya transportasi. Meskipun dahulu masih sangat sederhana, namun dengan adanya perkembangan pengetahuan dan teknologi alat transportasi mengalami perubahan yang sangat pesat. Mari kita bandingkan antara alat transportasi zaman dahulu dan sekarang.

Alat transportasi darat kuno dan modern

Transportasi darat merupakan sarana pengangkutan yang menghubungkan dua tempat melalui jalan darat. Alat transportasi darat di Indonesia zaman dahulu belum bermesin.

Untuk menggerakannya menggunakan tenaga hewan, seperti sapi, kerbau, kuda, keledai dan sebagainya. Alat transportasi Indonesia zaman dahulu bernama kereta, delman, gerobak, dan pedati. Bahkan seorang raja pun naik kereta yang ditarik oleh beberapa kuda.

Kemampuan jelajah angkutan tersebut masih sangat terbatas dan membutuhkan waktu yang lama. Di jaman sekarang masih ada juga yang menggunakan alat transportasi tersebut, namun hanya digunakan untuk angkutan tertentu bukan yang utama. Misalnya kuda atau delman yang digunakan pada tempat-tempat wisata.

Sejak ditemukannya mesin uap oleh James Watt pada tahun 1769 (baca selengkapnya di artikel: Sekilas tentang munculnya sistem transportasi di dunia), selanjutnya berkembang pula kendaraan bermesin lainnya, seperti sepeda motor, mobil, kereta api, dan bus. Angkutan darat yang menggunakan mesin merupakan alat transportasi yang bersifat modern.

Alat transportasi air kuno dan modern

Alat transportasi air kuno dan modern
Alat transportasi air kuno dan modern

Transportasi air adalah pengangkutan barang melalui air. yang meliputi angkutan sungai, danau, selat, dan laut.

Masyarakat pada zaman kuno menggunakan alat transportasi air seperti perahu dayung, rakit, dan perahu layar, yang kesemuanya digerakkan secara manual. Alat transportasi sederhana tersebut digunakan oleh masyarakat zaman dahulu.

Seiring ditemukannya mesin bermotor, masyarakat modern menggunakan perahu bermotor hingga kapal-kapal besar sebagai alat transportasi air. Kapal-kapal modern mampu mengangkut barang dalam jumlah yang besar, dan dapat menempuh jarak yang sangat jauh.

Alat transportasi udara kuno dan modern

balon udara zaman kuno
Balon udara zaman kuno

Alat transportasi udara adalah sarana pengangkutan barang dan manusia melalui udara. Alat transportasi udara pada awalnya (zaman dahulu) hanya mengandalkan tenaga angin seperti balon udara. Pada waktu itu, balon udara hanya mampu mengangkut tiga sampai empat orang saja. Kelemahan alat transportasi udara kuno ini adalah membutuhkan waktu yang lama.

Dengan adanya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, alat transportasi udara kini menggunakan mesin. Antara lain helikopter, pesawat terbang dan pesawat tempur.

Tentang Alat transportasi kuno dan modern
Tentang Alat transportasi kuno dan modern

Pesawat terbang merupakan alat transportasi udara yang sangat canggih. Perjalanan dengan kapal terbang menggunakan waktu jauh lebih cepat dibandingkan dengan alat transportasi lain. Tetapi, tentu saja juga membutuhkan biaya yang jauh lebih mahal.

Tetapi seperti yang telah disinggung di atas, meski sebegitu canggih teknologi ternyata masih tidak mampu menandingi kekuasaan Allah.

Itulah sekilas tentang Tentang Alat transportasi kuno dan modern, semoga menjadikan tambahan pengetahuan. Dan yang terpenting adalah bahwa kita sebagai manusia jangan pernah melupakan sejarah yang telah ada, karena mau tidak mau kita adalah perkembangan dari masa lalu.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Lifestyle
Lifestyle Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil, Simak Cara Membuatnya!

Ingin membeli mobil? Atau malah sedang ingin menjual mobil yang kamu miliki? Eits, jangan sampai ke

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia