Pinhome

Lifestyle

Tempat Wisata Malam di Bandung

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 17 November 2017 ∙ 5 menit membaca

Pesona wisata Kota Bandung memang tak perlu diragukan lagi. Beragam jenis destinasi wisata, mulai dari wisata alam, budaya, edukasi, kuliner, hingga belanja dapat dinikmati di kota yang berjuluk Paris Van Java ini.

Tak berhenti di situ, ibu kota Provinsi Jawa Barat ini juga menawarkan eksotisme wisata malam yang memesona.

Mulai dari tempat yang romantis, instagrammable, asyik untuk nongkrong, hingga tempat yang murah meriah. Yang jelas, tempat-tempat wisata malam ini akan menampilkan sisi kecantikan lain dari kota Parahyangan, Bandung.

Berikut beberapa tempat wisata malam di Bandung yang sayang jika Anda lewatkan.

1. Caringin Tilu

tempat wisata malam di bandung
bandungevents

Caringin Tilu (Cartil) adalah sebuah bukit yang berada di kawasan Bukit Moko, tepatnya berada di daerah Padasuka, Cibeunying Kidul, Bandung. Di bukit yang letaknya tak jauh dari Saung Angklung Udjo ini Anda bisa menikmati pemandangan kota dari ketinggian.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di sore hingga malam hari. Di sore hari, Anda bisa menikmati pesona sunset yang berpadu dengan kerlap-kerlip lampu yang mulai bertaburan.

Hingga ketika malam menjelang, Anda pun akan disuguhi pemandangan “City Light” layaknya langit yang bertabur bintang.

Sebuah panorama yang tidak hanya mengagumkan, tetapi juga sebuah spot fotogenik yang wajib diabadikan.

2. Bukit Bintang

tempat wisata malam di bandung
objek_wisata_bandung

Hampir serupa dengan Caringin Tilu, Bukit Bintang adalah bukit yang berada di kawasan Bukit Moko dan juga menawarkan pemandangan malam Kota Bandung yang menakjubkan.

Posisinya yang berada di ketinggian 1442 mdpl menjadikan tempat ini sering berselimut kabut dan berhawa dingin.

Tak heran, jika di tempat wisata ini Anda akan menemukan banyak penjual jagung bakar dan minuman hangat.

Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, Bukit Bintang ini berlokasi di Jl. Dago Pakar Permai VI No 29, Mekarsaluyu, Cimenyan, Bandung.

3. Puncak Ciumbuleuit

tempat wisata malam di bandung
addieroll

Dataran tinggi lain yang juga menampilkan eksotisme kota kembang di malam hari adalah Puncak Ciumbuleuit atau yang biasa disebut Punclut.

Puncak Ciumbuleuit ini sendiri merupakan perbukitan yang berada di sisi utara Kota Bandung, sekitar 7 km dari pusat kota. Tepatnya berada di Jalan Rereongan Sarupi, Ciumbuleuit, Bandung.

Berbeda dengan Caringin Tilu dan Bukit Bintang yang hanya menawarkan pemandangan “City Light”, bukit yang satu ini juga menawarkan panorama pegunungan seperti Patuha, Malabar, dan Waringin.

Pemandangan landmark khas Kota Bandung seperti Masjid Raya dan Jembatan Pasupati juga bisa Anda saksikan utamanya ketika cuaca cerah.

Lebih dari itu, puncak bukit ini juga menyediakan beragam sajian kuliner dan pusat oleh-oleh.

4. Wisata Malam Dago

tempat wisata malam di bandung
travelingyuk.com

Kunjungan Anda ke kota ini tak akan lengkap jika belum merasakan suasana khas destinasi favorit anak muda Bandung yaitu Jalan Dago.

Di jalan ini, Anda bisa nongkrong hingga tengah malam sembari berwisata kuliner khas kota ini.

Tersedia beragam makanan dan jajanan, mulai dari pedagang kaki lima hingga kafe-kafe dengan dekorasi yang instagenic.

5. Jalan braga

tempat wisata malam di bandung
maggiemaggiiee

Layaknya Kota Jogjakarta yang terkenal dengan Jalan Malioboro-nya, Bandung juga memiliki jalan ikonik yaitu Jalan Braga. Bahkan, popularitas jalan yang satu ini telah ada sejak zaman pemerintahan Hindia Belanda.

Tak heran jika kemudian, tempat wisata yang satu ini acapkali dijuluki “Bandoeng Tempo Doeloe di Jalan Braga ”.

Di sepanjang jalan ini, Anda akan disuguhi bangunan-bangunan khas arsitektur kolonial Belanda yang tampak semakin eksotis dengan temaram lampu jalanan. Anda pun bisa nongkrong di kawasan ini, mengingat banyak sekali kafe dan resto dengan dekorasi yang sangat instagenic.

Tempat wisata malam di Bandung ini juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan asing, lo. Terlebih di momen-momen tertentu seperti Braga Culinary Night.

6. Gedung sate

tempat wisata malam di bandung
kuelapinc

Landmark utama Kota Bandung yang satu ini juga menawarkan pesona yang tak kalah menakjubkan di malam hari.

Gedung bersejarah yang terletak di Jl. Diponegoro No.22, Citarum, Bandung Wetan ini tampak semakin cantik dalam balutan sinar lampu yang berwarna-warni.

Keberadaan air mancur yang menyala indah di sisi depan bangunan, juga menambah kesan elegan gedung yang telah berdiri sejak tahun 1920-an. Karenanya, jangan lupa untuk mengabadikan momen di ikon Kota Bandung yang satu ini, ya.

7. Dago Tea House

tempat wisata malam di bandung
ishamsiah05

Bagi Anda para pencinta seni, Dago Tea House wajib Anda kunjungi.

Taman budaya yang terletak di Jl. Bukit Dago Sel. No.53A, Dago, Bandung ini menyajikan beragam pertunjukan seni yang bisa memeriahkan malam-malam Anda selama berada di Kota Paris Van Java.

Beragam hiburan tersebut di antaranya galeri seni, sanggar tari, pagelaran seni para seniman  Jawa Barat, hingga konser musik.

8. Cikapundung River Spot

tempat wisata malam di bandung
aboutbdgcom

Tempat nongkrong lain yang juga sangat direkomendasikan adalah Cikapundung River Spot. Tempat ini pada dasarnya adalah sebuah taman dengan penataan bergaya Eropa, yang tampak semakin cantik ketika malam menjelang.

Kecantikan utama dari taman ini terletak pada adanya air mancur yang berhiaskan lampu warna-warni, sehingga seolah tampak menyala.

Tidak hanya itu, gerakan air mancur ini juga disertai dengan alunan musik yang menambah kesan romantis pada suasana taman.

Tak heran jika kemudian taman ini menjadi taman favorit bagi masyarakat Kota Bandung, utamanya bagi muda-mudinya.

Jika Anda juga tertarik untuk menikmati keindahannya, silahkan berkunjung ke Jl. Cikapundung Timur, Braga, Sumur Bandung.

9. Alun – Alun Kota Bandung

tempat wisata malam di bandung
gallerytiana

Ikon Kota Bandung yang juga tak boleh Anda lewatkan adalah Alun-Alun. Area pusat kota yang berada di Jl. Asia Afrika ini telah disulap menjadi area publik yang tidak hanya nyaman dikunjungi di siang hari, tetapi juga sangat menarik di malam hari.

Anda bisa bersantai menikmati suasana khas kota sembari berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat.

Wisata kuliner juga bisa Anda nikmati, mengingat alun-alun ini juga dilengkapi dengan pusat jajanan dan aneka makanan.

Tak jauh dari alun-alun, Anda juga bisa mengunjungi Masjid Raya Bandung, Museum Pos Indonesia, dan Museum Konferensi Asia Afrika.

10. Cihampelas Walk

tempat wisata malam di bandung
afifahrch

Suasana malam khas Kota Bandung lainnya yang bisa Anda nikmati adalah kawasan Cihampelas Walk (Ciwalk).

Di kawasan yang berlokasi di Jl. Cihampelas No. 160 ini Anda bisa menikmati beragam aktivitas, seperti berbelanja, bermain game, nonton bioskop, karaoke, hingga nongkrong dan berwisata kuliner.

Itulah beberapa tempat wisata malam di Bandung yang wajib dikunjungi ketika tengah berada di Kota Paris Van Java. Selamat berwisata, ya.

Anda masih bingung untuk mencari penginapan terbaik di Kota Bandung? Berikut Kami sajikan:

10 Hotel Unik Menjadi Penginapan Terbaik untuk Anda

Tags :

Bagikan Artikel