Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 10 Tempat Wisata Trawas Mojokerto, Terbaru dan Terpopuler

Lifestyle

10 Tempat Wisata Trawas Mojokerto, Terbaru dan Terpopuler

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 2 June 2021 ∙ 14 menit membaca

Ada cukup banyak tempat wisata di Trawas yang menjadi destinasi wisata bagi banyak orang. Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang bahwa Kota Mojokerto Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang menyimpan banyak keindahan alam. Potensi wisata di daerah tersebut sangatlah beragam sehingga bisa menarik perhatian para wisatawan dari luar daerah. Untuk info wisata Mojokerto dan Trawas Lainnya cek disini! Jangan Lupa untuk update info lifestyle dari Pinhome.

Wilayah Trawas masih memiliki udara yang sangat sejuk, tidak heran apabila banyak penduduk kota yang ingin mengeksplor objek wisata yang ada di Trawas.  Bagi yang sedang membuat rencana liburan bersama keluarga atau teman, maka Trawas Mojokerto ini menjadi pilihan yang sangat tepat. Kecamatan Trawas ini memang menjadi di wilayah objek wisata andalan, bahkan pemerintah setempat bersama dengan warganya berupaya untuk terus mengembangkan pariwisata di wilayah tersebut.

Setiap destinasi wisata yang ada di kecamatan Trawas tentunya mempunyai keunikan tersendiri yang membuat setiap wisatawan tertarik untuk berkunjung. Perlu diketahui bahwa salah satu daya tarik di Trawas adalah terkait dengan sejarah kejayaan pada masa kerajaan Majapahit sehingga tempat ini Tentunya sangat berbeda dengan tempat wisata lainnya. Masih ada berbagai potensi wisata yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi di Trawas.

Daftar Tempat Wisata Trawas Mojokerto

Sebenarnya tidak harus menunggu waktu libur panjang untuk bisa berkunjung ke Trawas, karena berkunjung di akhir pekan juga sangat menyenangkan. Udara yang sejuk di tempat ini dikarenakan tempatnya yang ada pada 700 mdpl. Wilayah Trawas juga sangat strategis dan mudah dijangkau sehingga bagi orang-orang Jawa Timur sendiri, Trawas menjadi tempat tujuan wisata yang banyak dikunjungi. Bagi yang ingin bermalam untuk bisa lebih puas menikmati berbagai objek wisata yang ada di Trawas, maka tidak perlu khawatir karena ada banyak sekali villa yang dapat di sewa untuk menginap.

Baca Juga: Claket Adventure Park Mojokerto

Tidak hanya itu, karena berlibur ke Trawas tidak membutuhkan banyak budget. Biaya hidup terjangkau, harga penginapan yang ekonomis, dan tiket masuk wisata yang murah, tentu menjadi alasan berkunjung ke sini. Kapan lagi bisa liburan hemat bersama orang-orang terkasih?

Untuk masyarakat yang ingin berwisata bersama keluarga, teman, atau pasangan, maka berikut ini merupakan beberapa tempat wisata Trawas yang menjadi rekomendasi. Tidak perlu khawatir, karena Trawas tidak akan kehabisan objek wisata, sehingga ada banyak pilihan yang dapat dipilih untuk dikunjungi.

1. Duyung Trawas Hill

duyung trawas hill
Foto: travelspromo.com

Setiap orang pasti sangat bahagia apabila berwisata bersama keluarga bukan? Apabila sudah merencanakan perjalanan wisata bersama keluarga ke Jawa Timur maka wisata duyung Trawas Hill menjadi salah satu destinasi wisata yang harus dikunjungi. Pasalnya, tempat wisata ini menawarkan berbagai hal yang sangat seru sehingga bisa memberikan pengalaman yang sangat mengesankan selama liburan.

Ternyata fasilitas yang ada di tempat wisata ini juga cukup lengkap sehingga para pengunjung pun akan lebih merasa nyaman. Beberapa fasilitas yang ada antara lain adalah tempat parkir yang cukup luas mushola, taman bermain, kolam renang, wahana permainan untuk anak, area outbound, mini zoo, dan lain sebagainya. Tidak heran apabila tempat wisata ini sangat cocok untuk dijadikan tempat piknik bersama keluarga.

Baca Juga: Kolam Renang UTC Trawas

Selain menyediakan fasilitas yang lengkap rumah ternyata Duyung Trawas Hill juga menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Diselimuti dengan udara yang sejuk para wisatawan yang berada di kawasan objek wisata tersebut tentu akan merasa nyaman. Pasti sangat menyenangkan ketika bisa berlibur bersama keluarga sembari melihat pemandangan yang indah ah di tempat yang sejuk.

Tidak heran apabila banyak orang yang memperbincangkan objek wisata Duyung Trawas Hill. Beberapa spot di tempat wisata ini juga sangat instagramable sehingga sangat tepat untuk berfoto-foto.

2. Wisata Trawas Air Terjun Dlundung

air terjun dlundung
Foto: @nurullmaaa

Di kecamatan Trawas ini juga terdapat objek wisata Air Terjun Dlundung. Objek wisata ini berada di kawasan Gunung Penanggungan di mana lokasi ini menyimpan pesona keindahan sehingga para wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini adalah orang yang berpasang pasangan karena memang tempatnya sangat romantis. Apabila mengunjungi objek wisata ini mulai dari pagi hari maka akan menyaksikan kabut yang perlahan-lahan turun dari gunung menuju kawasan itu. Hal ini pun terjadi ketika sore hari dimana para wisatawan akan menyaksikan pemandangan kabut.

Baca Juga: Bukit Kayu Putih Mojokerto

Karena berada di kawasan gunung, tidak heran apabila udara di objek wisata Air Terjun Dlundung ini sangat sejuk dan masih segar. Kawasan objek wisata ini sangat cocok dikunjungi oleh penduduk kota yang jarang menikmati udara yang segar.

Ketinggian air terjun yaitu berkisar 50 m dan memiliki air yang sangat jernih. Karena debit airnya tidak begitu kuat dan ukurannya pun tidak begitu dalam, banyak para wisatawan yang kemudian berenang dan bermain air di area tersebut. Air terjun ini dikelilingi oleh pemandangan yang sangat indah dan benar-benar masih alami. Karena kawasan ini memang dibangun sebagai objek wisata, maka perjalanan menuju air terjun pun sudah lebih mudah bisa melewati jalan setapak.

3. Bumi Perkemahan Dlundung

bumi perkemahan dlundung
Foto: @egigaleryphoto

Tempat wisata selanjutnya yang ada di Trawas adalah Bumi Perkemahan Dlundung. Perlu diketahui bahwa Bumi Perkemahan ini menjadi salah satu wisata favorit bagi keluarga sehingga banyak sekali masyarakat Jawa Timur yang menghabiskan waktu liburan bersama keluarga di tempat ini. Ketika kemping di kawasan ini, maka para pengunjung dapat menikmati udara yang segar karena masih dipenuhi oleh tumbuhan hijau. Di kawasan ini juga terdapat air terjun sehingga para pengunjung pun bisa lebih luas untuk menikmati keindahan alam yang ada.

Baca Juga: Waduk Tanjungan Mojokerto

Biasanya Bumi Perkemahan ini cukup ramai ketika akhir pekan di mana banyak sekali masyarakat yang datang ke lokasi tersebut untuk berkemah dengan keluarga. Akan sangat menyenangkan apabila menikmati kebersamaan bersama keluarga dengan cara camping di bumi perkemahan ini.

Suasana di lokasi tersebut juga masih tergolong sunyi karena jauh dari pemukiman dan juga jalan raya sehingga ketika malam hari pun tidak terdengar adanya suara motor. Banyak sekali masyarakat Surabaya yang menjadikan tempat tersebut sebagai tempat favorit keluarga. Kapan lagi bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan budget yang minim dan bisa menikmati berbagai keindahan alam. Jika ingin mengajak si kecil pun tentunya sangat aman apabila didampingi oleh orangtua. Si kecil bisa mulai belajar mengenal alam dan mengenal hal-hal baru lainnya.

4. Wisata Trawas Candi Jolotundo

candi jolotundo
Foto: @panji_trengginas

Tidak hanya kaya akan objek wisata alam, ternyata di Trawas juga terdapat wisata sejarah yang cukup populer, yaitu Candi Jolotundo. Masyarakat Surabaya umumnya sudah mengetahui bahwa monumen sejarah di Candi Jolotundo tersebut merupakan cocok peninggalan Kerajaan Majapahit yang pada dasarnya merupakan simbol kebahagiaan raja Udayana ketika anaknya, Prabu Airlangga lahir. Tempat ini yang sangat bersejarah sehingga tidak jarang orang-orang menganggap tempat ini sebagai salah satu tempat yang sakral dan sangat dihormati sebagai tempat keramat.

Baca Juga: Keunikan Rumah Adat Baileo Asal Maluku

Ketika memilih liburan ke kawasan Mojokerto, maka salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi adalah Candi Jolotundo. Saat tiba di kawasan candi tersebut para wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai keindahan alam yang sangat mempesona. Udaranya masih sangat segar karena ada banyak sekali pepohonan hijau. Jadi ketika awal kali datang ke kawasan candi ini pengunjung akan langsung merasa nyaman karena udaranya yang sangat sejuk. Pengunjung Candi Jolotundo berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, bahkan banyak sekali orang yang sudah lanjut usia datang ke kawasan ini.

Baca Juga: Pangupon Camp Coban Talun Batu

Pasalnya, Candi ini menjadi salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit yang populer disebut dengan nama Candi Jalatunda. Bangunan candi ini sangat menarik karena konsep arsitekturnya terlihat megah. Untuk bisa sampai ke lokasi candi, memang tidak mudah, karena perjalanannya lumayan jauh. Namun tidak perlu khawatir karena sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan yang indah dan diselimuti udara yang sejuk sehingga rasa lelah pun tidak begitu terasa.

Kebanyakan orang berkunjung ke kawasan candi yaitu untuk mendapatkan air langsung dari sumber mata air terbaik yang konon memiliki banyak sekali manfaat. Bahkan tidak sedikit para pengunjung yang membawa jerigen untuk diisi air sehingga bisa digunakan kapanpun. Pasalnya, mata air di Candi Jolotundo merupakan terbaik ketiga di dunia karena masih terjaga kebersihannya serta kandungan mineralnya pun cukup tinggi.

5. Wisata Trawas PPLH Seloliman

pplh seloliman
Foto: pplhselo.or.id

Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup (PPLH) Seloliman pada dasarnya merupakan sebuah lembaga swadaya masyarakat yang berdiri independen dan bergerak dalam bidang pendidikan. Berdirinya PPLH ini didasari oleh sesuatu, di mana seiring berjalannya waktu, kerusakan hutan semakin sering terjadi sehingga banyak hewan yang terganggu habitatnya. Hal tersebut tentu memunculkan keprihatinan bagi para aktivis lingkungan hidup, sehingga dibuatlah proyek rehabilitasi untuk hutan Gunung Leuser. PPLH ini kerjasama dengan World Wildlife Fund dan Direktorat Jenderal Kehutanan.

Baca Juga: Cimory Dailyland Prigen

Biasanya PPLH Seloliman ini dijadikan sebagai tempat rekreasi sekaligus edukasi. Salah satu alasan untuk mengunjungi kawasan ini yaitu karena lokasinya sangat sunyi sehingga membuat hati tenang. Kawasan ini juga sangat luas dengan pemandangan hijau yang sempurna. Di kawasan tersebut akan dijumpai berbagai hal baru yang dapat menjadi edukasi bagi para pengunjung.

Perlu diketahui bahwa di PPLH Seloliman ini terdapat lahan pertanian organik. Masyarakat sekitar pada umumnya bermata pencaharian sebagai petani. Oleh karenanya, penduduk lokal juga diajak bekerja sama untuk mengembangkan hasil pertanian mereka dengan mengolah lahan pertanian organik. Tidak sampai di situ, karena hasil pertanian kemudian disuplai untuk memenuhi berbagai kebutuhan di restoran, bungalow, dan kantin. Hasil pertaniannya juga banyak dijual belikan di pasar sehingga dapat membantu ekonomi penduduk setempat.

Baca Juga: Ranu Manduro Mojokerto

Di kawasan tersebut juga terdapat pengolahan sampah organik dan anorganik. Sebenarnya hal tersebut menjadi salah satu program dari PPLH sendiri sehingga sampah-sampah yang ada bisa dimanfaatkan dengan optimal. Pengolahan sampah ini dilakukan dengan sistem yang ramah lingkungan dan masih tradisional.

Lokasi ini sebenarnya berada di lereng gunung, sehingga udaranya pun cukup dingin. Uniknya, disini terdapat pemanas air tenaga surya yang bisa menghasilkan air hangat sehingga di penginapan atau bungalow para pengunjung dapat menikmati air hangat tersebut. Adanya pemanas air tenaga surya maka tidak membutuhkan mesin pemanas air di penginapan.

6. Taman Ghanjaran Trawas

taman ghanjaran trawas
Foto: @rizahimawan

Bagi masyarakat Jawa Timur maupun luar Jawa Timur jika ingin menikmati berbagai Wahana saat liburan, maka Taman Ghanjaran menjadi salah satu pilihan yang sangat tepat. Tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Mojokerto. Biasanya, taman umumnya berada di wilayah perkotaan yang panas. Namun berbeda halnya dengan taman yang satu ini, karena Taman Ghanjaran memiliki udara yang sangat sejuk sehingga menjadi daya tarik tersendiri.

Meskipun masih sangat asri, taman ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas sehingga dapat dikatakan modern. Bahkan Taman Ghanjaran juga memiliki desain yang sangat cantik sehingga ada cukup banyak spot foto yang instagramable. Bahkan mayoritas orang lebih mengenal taman tersebut dibandingkan alun-alun Trawas.

Baca Juga: Taman Montok Ngoro Mojokerto

Untuk menjangkau lokasi ini bisa terbilang sangat mudah karena sangat strategis dan dekat dengan jalan raya. Taman ini juga tidak jauh dari objek wisata Air Terjun Dlundung sehingga bisa sekaligus berwisata ke tempat lainnya. Hal yang mengejutkannya lagi, ternyata untuk bisa masuk ke Taman Ghanjaran tidak perlu membeli tiket, karena gratis. Hanya saja ketika ingin menikmati wahana yang ada harus tetap membayar. Jadi tidak perlu khawatir karena harga tiket untuk menikmati wahana di taman ini sangatlah terjangkau. Selain itu juga ada berbagai camilan dan kuliner yang menggiurkan dengan harga bersahabat.

Tidak sedikit keluarga yang berkunjung ke taman ini untuk piknik dan menikmati kebersamaan. Dengan udara yang sejuk dan fasilitas modern, tentu bisa menarik perhatian para wisatawan. Areanya juga cukup luas, yaitu sekitar 2,8 hektar sehingga para pengunjung pun bisa lebih leluasa untuk menghabiskan waktu di tempat ini. Jika ingin berkunjung ke taman ini, maka bisa kapan saja karena terbuka 24 jam, hanya saja waktu operasi wahana sudah ada jadwalnya.

7. Blessing Hills Trawas

blessing hills trawas
Foto: @blessinghillsofficial

Seperti yang telah diketahui bahwa Trawas Mojokerto menyimpan banyak sekali keindahan dan tempat wisata alam yang sangat menarik. Namun ternyata tidak hanya objek wisata alam saja yang menjadi tujuan favorit bagi para wisatawan ketika liburan, karena ada berbagai tempat lainnya yang mengesankan. Ternyata di Trawas terdapat kolam renang Blessing Hills yang lengkap dengan fasilitas. Pada dasarnya, kolam renang ini merupakan salah satu properti fasilitas dari Blessing Hills Family Resort and Hotel. Tentu akan sangat menyenangkan ketika menginap di penginapan ini ketika liburan ke Trawas.

Udara di penginapan blessing Hills ini sangatlah sejuk karena berada pada ketinggian kurang lebih 700 mdpl. Udara yang sejuk dan segar, ditambah dengan pepohonan yang asri, membuat suasana menjadi lebih syahdu. Ketika berlibur ke tempat ini, maka bisa mendapatkan pengalaman yang sangat mengesankan.

Baca Juga: Wisata Pacet

Akan sangat cocok ketika mengajak keluarga untuk berlibur ke Trawas dan menginap di Blessing Hills. Kamu sebenarnya ketika pengunjung hanya ingin menikmati kolam renang Blessing Hills saja sangat diperbolehkan, karena memang kolam renang Blessing Hills memiliki keindahan tersendiri.

Sebenarnya tempat ini memiliki banyak sekali fasilitas yang memadai mulai dari taman berkemah, jogging track, playground, berkuda dan lain sebagainya. Jadi tinggal pilih saja fasilitas mana yang ingin dicoba. Kolam renang blessing Hills menjadi favorit para pengunjung karena memiliki spot foto yang sangat indah. Jika berenang di kolam renang tersebut, maka jangan lupa untuk mengambil foto yang sangat instagramable.

8. Kolam Renang UTC Trawas

kolam renang utc trawas
Foto: @mujieb92

Salah satu tempat wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi adalah kolam renang UTC. Sebenarnya, Universitas Training Center (UTC) adalah kampus 3 Universitas Surabaya. Uniknya dari kampus ini, pembelajarannya sangat mengutamakan alam dan pemanfaatannya. Di lokasi ini juga terdapat kolam renang yang bisa dinikmati oleh para pengunjung.

Baca Juga: Garten Hutte Mojokerto

Ternyata masih ada berbagai fasilitas lainnya yang sangat menarik untuk dikunjungi. Kolam renang UTC sebenarnya tidak begitu besar, tetapi arsitektur bangunannya sangat artistik dan menarik. Bagi orang-orang yang suka hal-hal artistik pasti suka dengan tempat yang satu ini. Ketika berada di sini, maka akan menikmati keindahan pegunungan di area kolam. Masih banyak pepohonan rindang di lokasi kolam renang, sehingga banyak orang yang tertarik untuk berkunjung.

9. Villa HMD Trawas

villa hmd trawas
Foto: @villahmdtrawas

Jika ingin menghabiskan waktu di Trawas Mojokerto untuk beberapa hari, maka bisa menginap di penginapan atau villa. Salah satu villa yang sangat direkomendasikan adalah Villa HMD Trawas. Salah satu yang menentukan kenyamanan dalam berwisata yaitu penginapannya. Perlu diketahui bahwa villa ini memiliki fasilitas properti yang cukup lengkap antara lain adalah balkon, taman, kolam, dapur, genset, dan air hangat. Villa ini memiliki pemandangan dan sifat yang sangat keren, terutama terasering sawah. Jadi ketika menginap di villa ini tidak hanya mendapat penginapan dan fasilitasnya saja tetapi juga akan menikmati pemandangan yang sangat asri.

Umumnya, penginapan yang menyediakan fasilitas lengkap biasanya terdapat kolam renang. Begitu pula di villa ini di mana terdapat kolam renang dengan desain yang modern dan menarik. Apalagi di sekitar kolam renang tersebut terdapat bunga yang indah bermekaran sehingga membuat tampak indah. Tidak sampai di situ saja, ternyata mata air yang ada di kolam renang tersebut merupakan mata air pegunungan Trawas yang sangat jernih. Jadi sudah pasti airnya sangat segar dan membuat betah untuk berenang seharian.

Baca Juga: Ngopi Wenk Jurang Prigen

Ternyata villa ini juga dikelola dengan baik, di mana pengelola villa menyediakan spot foto yang keren, yaitu dapat berfoto menghadap tanaman padi yang hijau dan terasering sawah. Sekarang tidak perlu lagi susah payah untuk menghabiskan banyak uang kembali untuk bisa menikmati pemandangan yang sangat keren karena di Trawas Mojokerto juga sudah banyak sekali view yang menarik.

Selain itu, bangunan villa ini merupakan gabungan antara model klasik, modern, dan minimalis. Fasilitas kamarnya pun sangat nyaman di mana villa ini terdapat dua lantai, ada tiga ruangan kamar di lantai bawah dan 2 ruangan kamar di lantai atas. Lokasi villa ini juga sangat strategis sehingga untuk menjangkau berbagai tempat wisata pun akan lebih mudah.

10. Villa Puncak Trawas

villa puncak trawas
Foto: penginapan.net

Banyak orang yang suka hunting foto di Puncak Trawas karena menjadi salah satu tempat yang memiliki spot foto bagus. Seperti yang telah diketahui bahwa Trawas merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Mojokerto di mana Puncak Trawas mempunyai banyak sekali tempat favorit bagi para pengunjung untuk berlibur. Ketika ingin berkunjung ke berbagai tempat wisata di puncak Trawas, maka perlu untuk menyewa villa. Ada cukup banyak pilihan villa puncak Trawas di mana setiap penginapan tentu memiliki fasilitas dan harga yang berbeda-beda.

Ketika menginap di penginapan tersebut maka bisa menikmati panorama pegunungan yang sejuk dan hijau. Banyak para wisatawan yang tertarik untuk mengeksplorasi Puncak Trawas untuk beberapa hari. Destinasi wisata ini belum tentu didapatkan di tempat lain, sehingga sangat disayangkan jika sudah mengunjungi Trawas tetapi tidak optimal ketika mau explore tempat wisatanya.

Baca Juga: Jungle Cafe Trawas

Bahkan dari balkon villa pun bisa menikmati keindahan Trawas yang sangat mempesona. Tidak perlu khawatir masalah fasilitas villa puncak Trawas, karena tentunya pengelola villa sudah menyediakan fasilitas yang lengkap dan memadai. Itulah beberapa tempat wisata di Trawas yang sangat menarik. Perlu diketahui bahwa berbagai tempat wisata Trawas ini dapat dinikmati dengan biaya yang terjangkau. Jadi bagi yang ingin berlibur ke Trawas, maka tidak perlu mengkhawatirkan anggaran.


Ingin Tahu Info Wisata Lainnya?

Mengunjungi Wisata Trawas memang menyenangkan untuk dijadikan opsi destinasi wisata keluarga. Tetapi, untuk kamu yang ingin mencari referensi wisata di daerah Indonesia lainnya, bisa mengunjungi Blog Wisata Pinhome. Terdapat banyak sekali referensi rekreasi dan destinasi terpopuler untuk rencana berlibur keluarga. Juga untuk menemukan info menarik lainnya seputar property.

Tags :

Bagikan Artikel