Pinhome

Lifestyle

Tempat Wisata di Pacet

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 3 June 2021 ∙ 14 menit membaca

Kecamatan Pacet di Kabupaten Mojokerto, terkenal sebagai kawasan wisata yang terus berkembang. Letaknya yang ada di kaki Gunung Welirang, menjadikan tempat wisata di Pacet sangat kental dengan nuansa alam. Makanya, kurang lengkap jika berkunjung ke daerah ini tanpa berwisata.

Anda penasaran apa saja tempat wisata terbaik di kecamatan yang pernah menjadi sentra bawang putih tersebut?

Tempat Wisata di Pacet Mojokerto

Dari sekian banyak tempat wisata yang ada di Kecamatan Pacet, 13 diantaranya paling menarik dan jadi tujuan wisatawan. Anda dijamin akan puas menikmati suguhan berbagai keunikan yang ada disana. Berikut ini daftarnya.

1. Wisata Air Panas Padusan Pacet

wisata air panas padusan pacet
Foto: @fantirachmawati

Mendengar kata wisata air panas, yang terbayang pasti hanya kolam air panas untuk berendam. Beda dengan objek wisata di Pacet ini, yang bisa dibilang punya paket komplit wisata. Pantas saja disebut sebagai salah satu tempat populer di Mojokerto.

Terletak di ketinggian 800 meter dari permukaan laut, lokasi ini terbilang cukup dingin dengan suhu berkisar 20 derajat Celcius. Jadi, sangat cocok berada disana sambil berendam air panas. Apalagi, pemandangan pegunungan di sekitarnya juga menambah waktu relaksasi Anda.

Kalau Anda mau mengunjungi kawasan ini, bisa datang antara pukul 08.00 – 22.00 pada hari Minggu sampai Kamis. Tapi, jika ingin menikmati pemandangan sambil menginap disana bisa datang hari Jumat dan Sabtu karena pemandian air panasnya buka 24 jam. Jaraknya juga cukup dekat dari pusat Mojokerto, yaitu 58 menit saja.

Di lokasi pemandian air panas ini, terdapat beberapa spot menarik. Mulai dari kolam renang biasa, kolam air panas umum, hingga kolam air panas privat bagi Anda yang ingin quality time bersama orang-orang tersayang. Soal nuansa alamnya tetap maksimal bisa Anda rasakan.

2. Air Terjun Cuban Canggu

air terjun cuban canggu
Foto: @letter_fachry_adv

Bukan sekedar air terjun, Cuban Canggu juga memiliki pemandangan yang super indah. Dengan perpaduan batu cadas aneka warna dipadu berbagai jenis pepohonan hijau di sekelilingnya. Memang, untuk mencapainya butuh perjuangan menaiki sekitar 200 anak tangga namun semua terobati setelah melihat keindahan objek wisata itu.

Dari pusat Kabupaten Mojokerto Anda bisa melewati Jalan Raya Gondang untuk mencapai lokasi, dengan jarak sekitar 30,6 km dengan lama perjalanan sekitar 55 menit.

Dengan ketinggian 70 meter, air terjun dari aliran sungai ini memang sangat tergantung dengan aliran sungai di atasnya. Ketika kondisi aman, maka aliran air terjun akan indah berkilauan terkena cahaya matahari. Tapi, ketika air di hulu sungai deras maka bisa membuat air terjun keruh bahkan meluap.

Makanya, beberapa meter dari pusat air terjun diberi pagar besi, supaya pengujung tetap aman menikmati pemandangan disana tanpa cemas terkena aliran deras dari sungai di atasnya.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama berada di air terjun Cuban Canggu, diantaranya adalah mandi air terjun, mengabadikan momen di beberapa spot terbaik kawasan wisata ini.

Untuk menambah kenyamanan, tersedia juga fasilitas pendukung bagi pengunjung. Ada lahan parkir yang luas, tempat makan, tempat istirahat berupa gazebo, juga kamar ganti yang bisa dimanfaatkan untuk ganti pakaian sehabis bermain di sekitar air terjun.

Bagi Anda yang membawa anak-anak, juga tersedia arena permainan anak dengan sejumlah wahana pendukung. Pastinya buah hati Anda akan puas bermain disana, setelah bermain air terjun yang menakjubkan.

3. Panorama Petung Sewu

panorama petung sewu
Foto: @denyerwanda

Suka fotografi dan mencari lokasi wisata yang instagramable, sangat cocok jika Anda datang ke Petung Sewu. Banyak pilihan spot fotografi yang akan menghasilkan foto spektakuler dan membuat orang berdecak kagum ketika melihatnya.

Ada spot titanic yang cocok untuk memberikan suasana romantis bagi Anda dan pasangan. Kemudian ada spot sayap kupu-kupu dengan background pegunungan dan lereng Gunung Arjuno. Selanjutnya ada spot gardu berbentuk segi enam dan ruang tamu alam terbuka yang memberikan nuansa alam luar biasa.

Pengelolaan yang maksimal, membuat wisatawan tak henti datang ke Petung Sewu. Mulai dari yang ingin uji adrenalin, dengan rute perjalanan yang butuh keberanian Anda juga perlu menyeberangi sungai dan mendaki bukit, untuk melihat panorama terbaiknya.

Selain itu untuk yang suka camping juga tersedia area berkemah yang bisa dimanfaatkan. Cocok untuk para pecinta alam atau Anda yang ingin menikmati suasana malam di alam terbuka bersama keluarga, dijamin menyenangkan dan memberi kesan mendalam. Anda bisa bawa perlengkapan sendiri atau menyewanya.

Penasaran untuk datang kesana? Tenang saja, panorama Petung Sewu buka pukul 08.00-16.00 WIB untuk hari Senin hingga Jumat. Sedangkan untuk hari Sabtu dan Minggu buka lebih lama yaitu hingga pukul 16.30 WIB.

4. Pacet Mini Park

pacet mini park
Foto: mojokertokuindah.blogspot.com

Untuk liburan bersama keluarga besar, atau gathering kantor, destinasi yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Sebab menawarkan sejumlah wahana yang bisa dijajal bersama, seru, menegangkan, dan pastinya aman untuk semua usia.

Buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB, Anda bisa membawa buah hati untuk berenang di area waterboom yang cukup luas. Ada beberapa arena permainan air yang tersedia dan siap menyempurnakan sensasi berenang Anda. Mulai dari perosotan, jembatan khusus yang langsung terhubung dengan kolam renang.

Buat yang hanya menunggu buah hatinya berenang, tersedia ruang tunggu di sepanjang pinggir kolam renang, dengan berbagai fasilitas menyenangkan dan pastinya nyaman.

Puas berenang, Anda bisa melanjutkan keseruan wisata dengan mencoba kegiatan outbound yang menguji adrenalin Anda. Seperti flying fox, melalui rute perjalanan penuh tantangan dengan kendaraan ATV, panjat jaring yang dibuat khusus untuk dewasa dan anak-anak.

Masih belum puas? Tenang, masih ada wahana lain di penghujung waktu wisata Anda nanti yaitu relaksasi dengan terapi ikan. Konon katanya bisa membuat tubuh rileks akibat pijatan ikan, juga membuat kulit jadi lebih sehat.

Ketika badan sudah lelah dan relaksasi selesai, saatnya untuk recharge energi dengan mencoba kuliner khas Pacet yang tersedia di restoran terdekat. Banyak pilihan menu yang bisa dipilih, cocok untuk anak-anak dan banyak juga pilihan bagi yang suka pedas maksimal.

5. Claket Adventure Park

claket adventure park
Foto: wanimbambung.blogspot.com

Back to nature dengan sejumlah konsep menarik, tersaji di Claket Adventure Park. Area wisata yang dibuka tahun 2017 ini memberikan kepuasan menikmati pemandangan alam dengan berbagai cara.

Mau yang romantis bersama pujaan hati? Anda bisa duduk di lembah cinta, yang berada di atas jurang sedalam 20 meter. Di sana terdapat panggung yang sengaja dibuat dengan nuansa romantis bertuliskan I LOVE U, walaupun untuk mencapai posisi terbaik di tengah panggung butuh perjuangan luar biasa.

Anda harus dilengkapi tali pengaman, untuk melangkah menuju panggung kemudian biarkan pengelola membantu mengabadikan momen terbaik disana. Ada juga wahana yang tak kalah mendebarkan, yaitu bermain ayunan yang letaknya di tepi jurang. Sekali ayun Anda bisa melihat langsung jurang yang ada di bawah.

Tapi, jangan khawatir karena Anda dilengkapi alat pengaman yang lengkap dan ditemani tenaga profesional. Ayunan yang dipakai juga terbuat dari besi khusus yang diikatkan super kuat pada pepohonan di pinggir jurang. Lalu ada hammock untuk bersantai di ketinggian tak biasa, disusun bertingkat sehingga terlihat cantik.

Penasaran ingin datang langsung ke Claket Adventure Park? Anda bisa memilih hari apa saja antara pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Kemudian puaskan hasrat Anda berwisata dan lebih dekat dengan alam.

6. Sendi Adventure

sendi adventure
Foto: @aaisyahhh_nr

Masih bertema petualangan, ada pula yang namanya Sendi Adventure namun sangat berbeda dengan lokasi adventure lainnya. Mengusung tema unik dan instagramable, lokasi ini memiliki banyak spot kekinian yang disukai kaum milenial.

Mau berfoto di gardu pandang? Backgroundnya adalah, perbukitan di sekitar lokasi yang sangat hijau. Sama halnya dengan sarang burung raksasa, yang memberikan kesan etnik dan menarik tentunya tetap dengan pemandangan luar biasa di sekitar spot tersebut.

Bagi Anda yang punya mimpi datang ke Prancis dan berswafoto di Menara Eiffel tapi belum terwujud, mampir dulu ke spot foto menara tiruan Eiffel. Dibuat dari bambu dan sangat mirip dengan aslinya, Anda bisa berfoto dengan berbagai gaya disana karena ada taman bunga yang ditata menyempurnakannya.

Banyak lagi spot menarik lain yang patut Anda jadikan lokasi foto, seperti perahu terbang, rumah Hobbit, dan berbagai foto berlatar pigura unik dan pastinya instagramable.

Sebagai pelengkap kenyamanan Anda di lokasi Sendi Adventure, beberapa fasilitas pendukung siap Anda gunakan. Ada toilet, gazebo untuk beristirahat, juga parkir kendaraan yang muat puluhan kendaraan roda dua dan empat.

7. Ubalan Water Park

ubalan water park
Foto: suarasurabaya.net

Semua orang butuh refreshing dari aktivitas harian yang mungkin terlalu sibuk dan membosankan, ubalan water park merupakan salah satu pilihan ketika berada di Pacet. Apalagi buat Anda yang sangat suka berenang, disini banyak pilihan kolam renang yang cocok untuk wisata air bersama keluarga tercinta.

Mau menggunakan wahana kolam dilengkapi bak air tumpah? Ada disana, begitu juga dengan mandi busa bagi anak-anak yang juga dihiasi beberapa alat permainan yang sangat disukai anak-anak seperti seluncuran dan roda berputar. Untuk dewasa juga tersedia kolam khusus untuk relaksasi dan menguji kemampuan renang Anda.

Masih seputar air, Anda juga bisa mencoba kolam bebek dimana pengunjung bisa mengelilingi kolam menggunakan bebek kayuh ala film romantis. Kemudian ada juga panorama air terjun buatan yang tak kalah indahnya, bagus dijadikan wahana relaksasi sambil melihat pemandangan di sekitarnya.

Buat yang suka fotografi, juga tersedia tempat foto dengan background menarik. Salah satunya kapal yang didesain khusus bagi Anda untuk sesi pemotretan dan mengabadikan momen indah di ubalan water park.

Jangan lupa mampir ke miniatur rumah Hobbityang sangat terkenal setelah film Lord of The Ring. Yaitu rumah mungil yang di luarnya terdapat patung kurcaci yang lucu, sedangkan di dalamnya dibuat sangat mirip dengan nuansa Hobbitdalam film yang terkenal itu.

Selain wahana di atas, banyak juga sekolah setingkat PAUD hingga SD memanfaatkan destinasi wisata ini sebagai tempat kegiatan outbound siswa, karena terdapat aula luas yang bisa digunakan plus sejumlah paket wisata outbound spesial yang bisa dipilih.

Soal fasilitas yang tersedia, cukup lengkap. Dari mushola bagi yang ingin beribadah, toilet dan kamar mandi, pendopo untuk mengadakan acara skala besar, gazebo sebagai lokasi istirahat usai puas menjajal semua wisata air, dan parkir yang cukup luas.

8. Air Terjun Grenjengan

air terjun grenjengan
Foto: travel.kompas.com

Di Kecamatan Pacet terdapat setidaknya lima wisata air terjun yang punya karakteristiknya masing-masing. Salah satu yang menjadi tujuan pelancong untuk merasakan ketenangan alam adalah air terjun grenjengan. Dulunya, air terjun ini kembar, namun akibat longsor yang cukup parah maka tinggal satu air terjun tersisa.

Memang, untuk mencapai lokasi dibutuhkan perjalanan yang cukup panjang dengan medan yang mendebarkan. Tapi, semua akan terbayar lunas setelah tiba di lokasi air terjun dengan kedalaman air mencapai satu meter dan tinggi air terjun 40 meter lebih itu.

Jika Anda datang di waktu yang tepat, yaitu selain akhir pekan dan di pagi hari maka ketenangan luar biasa akan didapat. Hanya perpaduan suara air terjun yang mengalir indah dan binatang alam sebagai teman Anda.

Lokasi yang terbilang cukup tersembunyi, juga sering dijadikan lokasi berkemah bagi yang suka petualangan. Hal itu terlihat dari ketersediaan lahan yang luas untuk berkemah, dekat dengan air terjun dan akses yang cukup baik ke berbagai lokasi lainnya di sekitar air terjun.

Jadi, jika Anda tergoda untuk berkemah bisa mencoba dan membawa perlengkapan sendiri atau menyewa kepada masyarakat lokal yang siap menyediakannya untuk Anda. Tentunya dengan harga sewa terjangkau dan fasilitas lengkap. Kalau beruntung, Anda bisa ketemu rusa liar yang jadi salah satu hewan asli disana.

Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan berfoto di gerbang masuk air terjun, ada panggung dan tulisan warna-warni sebagai penanda lokasi. Hitung-hitung sebagai bukti bahwa Anda pernah melancong ke air terjun tersebut, saat berbagi cerita dengan siapa saja.

9. Joglo Park

joglo park
Foto: @joglopark

Banyak orang yang pernah ke Joglo Park mengatakan, lokasi ini adalah objek wisata paling lengkap di Kecamatan Pacet, Mojokerto. Tersedia wahana lengkap wisata air, outbound, hingga berbagai fasilitas pendukung yang beda dari tempat lain.

Wisata airnya, terdiri dari kolam renang yang bisa dipakai oleh berbagai usia, karena sengaja dibagi menjadi tiga lokasi dengan kedalaman berbeda. Lalu ada wahana boomerang air yang bisa Anda coba bersama buah hati tercinta, dijamin seru! Ditambah wahana seluncur air dengan panjang lebih dari lima meter.

Satu lagi yang tak kalah seru adalah kolam air tumpah, sering dijadikan lokasi pemberian hukuman peserta gathering keluarga atau kantor.  Ada pipa besar siap mengeluarkan air langsung dari moncongnya ke arah siapapun yang ada di depannya.

Wahana outbound di lokasi ini juga sangat lengkap, ada wahana khusus anak-anak dengan pilihan permainan yang bisa membantu anak jadi lebih berani. Ada juga wahana outbound dewasa yang cocok untuk dicoba secara beregu dalam berbagai acara outbound kelompok. Serta wahana ATV dengan rute cukup terjal dan penuh tantangan.

Menyoal fasilitasnya, cukup lengkap bahkan terdapat ruang pertemuan yang bisa digunakan untuk acara meeting hingga pernikahan. Bagi yang ingin berwisata kuliner juga terdapat tempat makan yang menyediakan berbagai menu khas nusantara, khususnya Jawa Timur.

10. Petik Strawberry Padusan Pacet

petik strawberry padusan pacet
Foto: klikjatim.com

Wilayah Pacet yang masuk kategori dingin, menyebabkan stroberi bisa tumbuh dengan sempurna. Disana Anda juga bisa berwisata di kebun stroberi yang super luas. Cocok sebagai destinasi wisata keluarga, sambil memperkenalkan cara bercocok tanam kepada buah hati tercinta.

Jangan lupa untuk memakai perlengkapan berkebun stroberi yang disediakan pengelola, mulai dari topi keranjang petik, kacamata, dan payung jika cuaca mendung atau gerimis.

Disana Anda bisa langsung memetik buah stroberi yang sudah matang langsung dari pohonnya, kemudian cuci dan konsumsi. Akan terasa bedanya sebab rasa manis dan asamnya lebih segar karena langsung dari batangnya. Petik sepuasnya, makan sepuasnya adalah keistemewaan wisata di kebun ini.

Anda juga bisa menikmati wahana lainnya yang ada disana, seperti naik perahu kertas mengelilingi kolam ikan dengan pemandangan alam menakjubkan. Buat yang ingin mencoba kuliner khas Pacet, juga tersedia beberapa gerai makanan di lokasi tersebut, ada bakso, jus segar, hingga cemilan.

Tak hanya itu, ada arena untuk berlatih dan menunggang kuda dengan rute mengelilingi kebun stroberi. Jika sudah lelah, tinggal duduk di gazebo unik yang sengaja dibuat untuk tempat istirahat pengunjung.

11. Air Terjun Watu Lumpang

air terjun watu lumpang
Foto: kabarmojokerto.com

Kalau biasanya air terjun mengalir satu arah ke arah bawah, Anda akan melihat perbedaan ketika berkunjung ke air terjun Watu Lumpang. Ada dua air terjun yang mengalir ke arah bawah namun membentuk berbagai aliran unik karena mengalir melalui tebing batu cadas.

Letak air terjun ini berhadapan, satu memiliki tinggi sekitar 30 meter dan satunya 20 meter. Anda akan dibuat kagum dengan suara air mengalir tiada henti, dari kedua air terjun yang bermuara pada aliran sungai di bawahnya.

Aktivitas yang bisa dilakukan di kawasan air terjun Watu Lumpang ini adalah, menikmati pemandangan air terjun sambil bermain air. Juga beristirahat dan menikmati ketenangan alam terbuka di gazebo yang sudah disediakan oleh pengelola.

Anda bisa datang setiap hari dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, tapi disarankan untuk datang selain hari libur dan akhir pekan. Agar pesona air terjun bisa dinikmati maksimal tanpa gangguan banyak orang.

12. Taman Kelinci Padusan

taman kelinci padusan pacet
Foto: travpackerindonesia.com

Mendekatkan buah hati Anda dengan alam memang sangat penting, agar dia bisa hidup berdampingan dengan semua yang ada di alam dengan baik. Taman Kelinci Padusan, bisa jadi sarana untuk mengajarkan hal tersebut.

Disana Anda bisa membiarkan si kecil bertemu dengan aneka jenis kelinci yang dibiarkan hidup bebas. Dengan desain taman yang sangat unik, si kecil bisa bermain sepuasnya dengan kelinci dan memberinya makan. Lengkap pula dengan beberapa spot foto menarik yang tak kalah menakjubkan dari lokasi wisata lain di Pacet.

Bukan hanya makan kelinci, ada juga kebun bunga yang menawarkan sensasi keharuman alami yang semerbak. Anda dapat memperkenalkan berbagai jenis bunga kepada si kecil, sambil mengabadikannya dalam jepretan kamera.

Lokasinya yang masih satu kompleks dengan petik stroberi, membuat Anda bisa juga memanfaatkan arena tunggang kuda dan berbagai wahana wisata lainnya. Seharian rasanya tak cukup untuk mengeksplorasi tempat ini, karena ditunjang fasilitas lengkap yang semakin membuat Anda betah berlama-lama di sana.

13. Puthuk Panggang Welut

puthuk panggang welut
Foto: tentangmojokerto

Satu destinasi wisata alam lagi yang tak kalah seru untuk Anda kunjungi adalah Puthuk Panggang Welut. Buka setiap hari pukul 08.00 sampai 16.30 WIB, Anda akan langsung disuguhi oleh pemandangan gerbang masuk yang dibuat mirip dengan topi suku Apache. Bulat dengan cahaya warna warni di sekelilingnya.

Jika dilihat sepintas, lokasi ini mirip dengan beberapa lokasi Drama Korea dengan latar pohon pinus yang menjulang tinggi. Rugi rasanya jika Anda tidak berfoto di lokasi ini. Apalagi di spot tunggak ketemu jodoh, yang berupa batu-batu besar yang ditata secara artistik dengan warna-warna nyentrik yang memukau.

Aktivitas lain yang juga bisa dilakukan adalah, melihat langsung pemandangan Gunung Penanggungan yang berada di samping objek wisata ini. Tersedia panggung khusus untuk menikmati suasana alam tersebut, pastinya akan membuat takjub dan enggan beranjak.

Buat yang hobi berkemah, juga disediakan area berkemah yang family friendly. Letaknya dekat dengan air terjun alami yang juga ada di sekitar lokasi wisata.

Itulah deretan tempat wisata di Pacet yang wajib dikunjungi, ketika Anda melancong ke salah satu Kabupaten terbesar di Kabupaten Mojokerto tersebut. Siapkan perlengkapan wisata alam yang lengkap, lalu nikmati setiap destinasi bersama orang-orang tercinta. Happy holiday!

Tags :

Bagikan Artikel