Pinhome

Tempat Wisata di Jogja yang Hits dan Kekinian

Dipublikasikan oleh Budi Darmawan Kusuma ∙ 7 July 2017 ∙ 18 menit membaca

Masih bingung mencari tempat wisata di Jogja yang hits dan kekinian? Tidak usah khawatir, saat ini terdapat beberapa destinasi baru yang bisa dikunjungi bersama teman atau keluarga.

Pinhome – Tidak usah bingung! Dibawah ini terdapat beberapa referensi tempat wisata di Jogja yang cukup terkenal, baru, dan kekinian. Selengkapnya!

Baca Juga:

Tempat Wisata di Jogja yang Hits dan Kekinian

Ingin menemukan tempat wisata di Jogja yang seru untuk menghabiskan waktu bersama teman atau keluarga? Ini listnya!

1. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

tempat wisata di jogja
(djogjatrans.com)

Kalau kamu tertarik menjadikan Yogjakarta sebagai tujuan liburan, kamu harus mampir ke salah satu tempat wisata Jogja paling populer saat ini yaitu Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark. Yang cocok dijadikan sebagai tujuan berlibur segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tempat wisata ini berdiri di sebuah area dengan luas kurang lebih 11 hektar dan menawarkan lebih dari dari 20 wahana permainan air yang seru dan menantang.

Diantara beberapa wahana permainan menarik yang ditawarkan adalah: Waterpark dengan tema Pirate. Disini kita bisa bermain air sepuasnya dengan konsep dunia bajak laut yang terlihat unik dan seru. Ada juga berbagai macam slider dengan beragam ketinggian dan ukuran (panjang). Diantara beberapa contoh slider terkenal yang ada di tempat ini adalah: Volcano Coaster, Timo Timo Rider (memiliki 3 putaran pada lintasannya membuat kita merasa seolah terombang-ambing), Brando Bumeranggo, Bekti Adventure, Joilie Raft Rive, dll.

Alamat: Jl. Utara Stadion, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman

Baca Juga:

2. De Mata Trick Eye Museum

(wonderfulisland.id)

Ini adalah destinasi wisata baru di Jogja yang cukup instagrammable dilengkapi dengan setidaknya 120 gambar 3 dimensi yang memenuhi area dinding dan basement gedung Umar Kayam Jogja. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang suka mengambil foto-foto keren yang mungkin selama ini tidak bisa kamu lakukan di dunia nyata.

Disini kamu bisa melakukan hal-hal yang mustahil kamu lakukan seperti bermain-main dengan Panda yang lucu, tidur di atas paku tanpa terluka, kamu juga bahkan bisa berfoto di tembok besar China tanpa pergi ke Cina, atau berpose di depan Menara Eiffel tanpa pergi ke Paris. Sebagian besar gambar-gambar 3 dimensi tersebut adalah hasil karya Petrus Kusuma yang mulai dilukis sejak tahun 2013, tepatnya di bulan Desember.

Alamat: XT Square, Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta

3. Upside Down World

tempat wisata di jogja
(jogjahits.com)

Objek wisata yang berupa berbagai gambar latar belakang terbalik sebenarnya sudah tidak asing lagi karena beberapa negara telah terlebih dahulu mempopulerkan hal semacam ini. Di Indonesia sendiri, salah satu tempat di mana kita bisa menjumpai dunia terbalik (Upside Down World) adalah di Yogyakarta. Tempat seperti ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk mengambil foto-foto unik untuk di-upload ke sosial media seperti Instagram, Facebook, dan lain-lain.

Alamat: Jl. Ring Road Utara Jl. Utama, Puyeran, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman

4. Kebun Buah Mangunan

(harianbernas.com)

Kalau kamu bosan berwisata ke Kaliurang-Jogja, kamu bisa mencoba pergi ke “Negeri Atas Awan” julukan yang paling tepat untuk sebuah destinasi wisata alam dan wisata petik buah di Bantul Yogyakarta yang lebih dikenal dengan nama Kebun Buah Mangunan. Setiap hari tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan baik muda maupun tua karena menawarkan pemandangan yang cukup spektakuler berupa perbukitan, lembah, plus sungai dan kabut yang menggantung.

Jika ingin menikmati suasana yang dramatis dengan pemandangan alam yang berkabut, ada baiknya kamu datang di pagi hari atau ketika musim hujan tiba. Obyek wisata alam ini bisa dijangkau dari pusat Kota Jogja dalam waktu kurang lebih 1-1,5 jam berkendara.

Alamat: Jl. Imogiri – Dlingo, Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul

Baca Juga:

5. Hutan Pinus Mangunan

tempat wisata di jogja
(travelspromo.com)

Selain Berkunjung ke Kebun Buah Mangunan, Kita juga bisa menikmati keindahan alam di Jogja dengan mengunjungi Hutan Pinus Mangunan. Ini adalah destinasi wisata baru lainnya yang cukup populer dan banyak diminati. Tempat ini buka setiap hari. Berlokasi di kawasan Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan Yogyakarta dan menempati tanah seluas 500 hektar.

Ada banyak jenis pohon yang tumbuh subur membuat suasana sangat teduh dan menyenangkan. Diantara beberapa pohon yang terdapat di tempat ini adalah: pohon mahoni, pohon pinus, akasia, kemiri, dan pohon kayu putih. Selain suasana hutan yang menenangkan, tidak sedikit juga wisatawan yang sengaja datang ke tempat ini untuk mendatangi Sumber Mata Air Bengkung.

Alamat: Sukorame, Mangunan, Dlingo, Bantul

6. Taman Tebing Breksi

(atmosferku.com)

Kalau kamu tertarik untuk menemukan sebuah spot unik berupa objek wisata di Jogja, kamu bisa berkunjung ke Tebing Breksi Jogja. Objek wisata ini baru dibuka pada tanggal 30 Mei tahun 2015. Namun tidak butuh waktu lama bagi obyek wisata ini untuk meraih popularitas di antara wisatawan lokal yang ingin menyaksikan keindahan alam serta keunikannya.

Alamat: Gunung Sari, Sambirejo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman

Baca Juga:

7. Candi Prambanan

tempat wisata di jogja
(dejogja.com)

Saat berkunjung ke objek wisata Taman Tebing Breksi, kamu juga bisa menyempatkan diri mampir ke Candi Prambanan. Sebuah objek wisata yang cukup terkenal dan dianggap sebagai salah satu ikon wisata Jogja. Ini merupakan Komplek candi yang oleh UNESCO ditetapkan sebagai satu dari sekian situs warisan dunia selain Candi Borobudur.

Sekedar informasi, Candi Prambanan merupakan candi Hindu, bukan candi Budha seperti Candi Borobudur. Di tempat ini terdapat kurang lebih 240 candi yang beberapa diantaranya belum dipugar kembali karena masih roboh akibat gempa beberapa tahun yang lalu. Namun jangan khawatir, karena masih ada banyak candi yang berdiri tegak menawarkan pemandangan yang spektakuler, memberikan sebuah gambaran bagaimana kondisi dan budaya di Indonesia beberapa ratus tahun yang lalu. Candi Prambanan yang menempati tanah seluas 39,8 hektar ini bisa dikunjungi mulai dari pagi hari pukul 06.00 hingga pukul 17.00. Selain menikmati keindahan Candi, wisatawan juga bisa datang berkunjung pada malam bulan purnama dimana biasanya akan dipertunjukkan sebuah atraksi budaya berupa Sendratari Ramayana mulai pukul 20.00 – 22.00 WIB. Obyek wisata Candi Prambanan Buka setiap hari.

Alamat: Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman

Baca Juga:

8. Jalan Malioboro

(detik.com)

Malioboro dikenal sebagai ikon wisata Jogja. Ini adalah destinasi wisata yang tidak pernah sepi pengunjung karena menawarkan banyak hal mulai dari wisata belanja, wisata kuliner wisata budaya, dan bahkan tidak sedikit dari penginapan-penginapan yang ada di Jogja sebenarnya berlokasi di sekitar Jalan Malioboro itu sendiri. Jalan Malioboro adalah destinasi wisata belanja yang cukup lengkap.

Disini akan dengan mudah kita temukan pedagang kaki lima yang menawarkan beraneka ragam benda mulai dari kaos Jogja, baju batik, aneka buah tangan, makanan khas Jogja seperti gudeg atau bakpia, dan lain-lain. Jalan Malioboro sebenarnya sudah buka mulai pagi hari (sekitar jam 10.00 WIB), Namun akan terasa lebih ramai jika kita berkunjung setelah ashar. Puncak keramaian akan terjadi pada malam hari. Di malam hari, selain menemukan pedagang kaki lima, kita juga biasanya akan disuguhkan berbagai atraksi budaya yang dilakukan oleh para pencinta seni dan pengamen.

Alamat: Jl. Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta

9. Pantai Parangtritis

tempat wisata di jogja
(phinemo.com)

Jogja tidak hanya dikenal sebagai destinasi wisata budaya dan kuliner, melainkan juga memiliki banyak wisata alam yang menarik. Salah satu objek wisata menarik di Jogja yang ramai dikunjungi setiap hari adalah Pantai Parangtritis (paris) yang dikenal sebagai pantai paling populer di Jogja. Pantai yang identik dengan Nyai Roro Kidul ini menawarkan keindahan pemandangan bahari yang mempesona.

Selain menikmati keindahan pantai, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai kegiatan menarik seperti bermain ATV, menyaksikan sunset di sore hari, jalan-jalan naik kuda, atau, wisatawan juga bisa menikmati pemandangan lain berupa Candi Gembirawati yang berada di tebing sebelah timur. Candi tersebut bisa disaksikan apabila kamu mau naik sedikit ke jalan menanjak dekat Resort Hotel Queen of The South, sejauh kurang lebih 100 meter saja.

Alamat: Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul

Baca Juga:

10. Tempat Wisata di Jogja: Pantai Drini

(mytrip123.com)

Pantai Drini dikenal memiliki dua karakter yang dipisahkan oleh batu karang. Di sebelah barat pantai ini dikenal memiliki ombak yang cukup besar khas ombak dari Samudra. Sebaliknya, di sisi sebelah timur cenderung lebih tenang dengan pantai yang luas dan lebar. Pantai ini dinamakan Pantai Drini karena di tengah-tengah pantai terdapat sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Drini.

Pulau kecil tersebut diberikan nama “Drini” karena di sana terdapat pohon santigi yang dalam istilah setempat disebut “drini.” Selain menikmati suasana dari pantai, sebenarnya wisatawan juga bisa naik ke atas pulau kecil tersebut. Sudah tersedia tangga yang terbuat dari beton sehingga cukup mudah untuk mencapai bagian atas. Karakter Pantai Drini cukup garang dengan ombak yang besar serta air laut berwarna jernih (hijau kebiru-biruan). Pasir pantai di tempat ini berwarna hitam kecoklatan.

Alamat: Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul

Baca Juga:

11. Pantai Nglambor

tempat wisata di jogja
(limakaki.com)

Pantai di Jogja yang banyak dikunjungi oleh para diver atau pencinta keindahan bawah laut adalah Pantai Nglambor. Pantai ini dikenal sebagai akuarium semesta yang memiliki koleksi biota laut yang cukup banyak sehingga banyak wisatawan yang tertarik untuk snorkeling atau diving di tempat ini.

Walaupun memiliki ombak khas Samudra Hindia yang ganas dan besar, namun pengunjung tidak perlu khawatir karena sudah ada 2 buah batu karang berukuran raksasa yang diberi nama Watu Kalong dan Watu Kumpul yang akan mem-block ombak sehingga kita bisa menikmati suasana dengan lebih tenang dan nyaman. Untuk bisa sampai di pantai, kita harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari pusat Kota Jogja.

Alamat: Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul

Baca Juga:

12. Pantai Ngandong

(jogjamotor.net)

Masih di wilayah Tepus Gunung Kidul, disini juga terdapat pantai lainnya yang cukup cantik dan mempesona dengan pemandangan alam yang indah serta air laut dan pasir yang bersih. Pantai ini lebih dikenal dengan nama Pantai Ngandong oleh masyarakat sekitar. Karena belum terlalu terkenal di kalangan wisatawan, tidak heran apabila masih jarang orang yang datang ke tempat ini.

Walaupun tidak terlalu terkenal, bukan berarti pantai ini tidak menarik. Hanya saja karena lokasinya yang sedikit tersembunyi dan membutuhkan usaha untuk bisa sampai di sana, membuat pantai ini jarang didatangi. Pantai Ngandong dikenal sebagai destinasi wisata pantai untuk menyaksikan sunset yang spektakuler. Seperti yang telah diungkapkan di atas, untuk bisa sampai di pantai, kita akan melewati jalan berbatu dan hutan dengan pohon-pohon yang lumayan besar di kiri dan kanan.

Alamat: Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul

Baca Juga:

13. Gumuk Pasir Parangkusumo

tempat wisata di jogja
(twowheelx.blogspot.com)

Sesuai dengan namanya, Gumuk Pasir adalah sebuah padang pasir yang lumayan luas, lengkap dengan bukit-bukit pasirnya. Lokasi Gumuk Pasir dekat dengan muara Sungai Opak dan tidak jauh dari Parangtritis. Padang pasir yang lumayan luas ini dikenal dengan nama Gumuk Pasir Parangkusumo, dalam bahasa Jawa, “gumuk” berarti gundukan atau tumpukan.

Lalu bagaimana pasir tersebut bisa berada di tempat yang tidak biasa ini? Menurut penelitian, pasir yang ada di tempat ini datang dari beberapa gunung seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu serta Pantai Parangtritis dan dua buah kali yaitu Kali Opak dan Kali Progo. Sebagian besar pasir-pasir tersebut merupakan material yang dilepaskan oleh gunung vulkanik dan kemudian terbawa oleh aliran Sungai Opak dan Sungai Progo hingga akhirnya sampai ke Pantai Parangtritis.

Alamat: Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul

Baca Juga:

14. Hutan Pinus Pengger

(gendismanis.com)

Selain Hutan Pinus Mangunan sebenarnya kita juga bisa menikmati keindahan alam berupa hutan di hutan Pinus Pengger. Lokasi hutan pinus ini sangat dekat dengan lokasi Hutan Pinus Mangunan, masih berada di kawasan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Namun berbeda dengan Hutan Pinus Mangunan, hutan Pinus Pengger dikenal memiliki lebih banyak spot selfie sehingga pengunjung pun bisa dengan lebih leluasa mengabadikan berbagai momen menarik untuk diunggah ke sosial media atau sebagai koleksi pribadi.

Alam di tempat ini terasa begitu sejuk dan menyenangkan karena pohon-pohon pinus membuat suasana menjadi lebih teduh. Salah satu spot selfie paling diburu adalah sarang burung raksasa yang berada di salah satu sudut hutan pinus ini, dimana pada malam hari kita bisa langsung menyaksikan lampu-lampu rumah-rumah di kejauhan. Selain itu, tentu saja masih banyak spot menarik lainnya seperti rumah pohon, tangga-cinta, jembatan pohon, dan lain-lain. Pada malam hari pengunjung bisa menggelar tenda jika ingin menginap. Tempat ini juga dikenal sebagai salah satu spot menarik untuk menyaksikan sunrise.

Alamat: Dusun Sendangsari, Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Baca Juga:

15. Pantai Pulau Kalong

tempat wisata di jogja
inews.id

Pantai baru yang sedang naik daun di Yogyakarta adalah Pantai Pulau Kalong. Pantai ini cukup banyak dibahas oleh netizen karena keindahan dan keunikannya. Nama asli Pantai Pulau Kalong adalah Pantai Sinden, memiliki keunikan yang mirip dengan Pantai Timang, yang memiliki jembatan gantung dan gondola. Hanya saja, Pantai Pulau Kalong memiliki jembatan yang lebih pendek dibandingkan dengan jembatan gantung di Pantai Timang. Sehingga tidak heran apabila biaya untuk naik ke jembatan gantung ini juga lebih murah.

Sebagian besar wisatawan memang tertarik untuk mencoba menyeberang dengan menggunakan jembatan yang terbuat dari tali tambang dan kayu tersebut. Sekilas kita akan melihat sebuah jembatan yang cukup ekstrim dengan gelombang laut yang ganas di bagian bawah.

Alamat: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gungkidul.

Baca Juga:

16. Tempat Wisata di Jogja: Pantai Timang

(mytrip123.com)

Pantai Timang sudah terlebih dahulu dikenal oleh wisatawan sebagai tujuan wisata ekstrim dibandingkan dengan Pantai Pulau Kalong. Karena di tempat ini terdapat sebuah gondola (gantole) yang bisa mengantarkan kita dari bibir pantai menuju sebuah pulau kecil yang terdiri atas batu karang sejauh kurang lebih 100 meter dengan ketinggian mencapai 9-11 meter.

Untuk menuju Pantai Timang, jalan yang kita lalui lumayan sulit, walau demikian, semuanya akan terbayar setelah sampai di bibir pantai dimana pemandangan yang akan kita saksikan sangat mempesona. Pantai ini memiliki pasir berwarna putih dengan air berwarna biru jernih. Saat menjejakkan kaki di Pantai Timang, kita bisa memilih apakah ingin menikmati suasana pantai yang berpasir atau menikmati suasana bukit-bukit batu karang yang terjal di sisi yang berlawanan.

Alamat: Jl. Pantai Sel. Jawa, Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul

Baca Juga:

17. Citra Grand Mutiara Waterpark

tempat wisata di jogja
(travelingyuk.com)

Citra Grand Mutiara Waterpark adalah salah satu destinasi wisata yang cukup diminati oleh masyarakat Jogja. Ini adalah tempat wisata yang menawarkan berbagai macam wahana permainan air yang menyenangkan dan seru. Tema yang diusung oleh Waterpark Citra Grand Mutiara adalah Treasure Adventure. Tempat ini mulai dibuka pada tanggal 15 Juli tahun 2015 lalu. Konsep yang diusung adalah eduwisata sehingga para pengunjung bisa berwisata sambil belajar. Diantara beberapa fasilitas dan wahana permainan yang tersedia antara lain:

  • 2 kolam untuk anak-anak.
  • 1 kolam untuk dewasa, dan.
  • 1 kolam renang di olympic untuk dewasa
  • Terdapat lima jenis perosotan (slide) dengan ukuran dan ketinggian yang berbeda-beda baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Setiap pengunjung yang datang dilarang membawa makanan maupun minuman dari luar karena di dalamnya sudah tersedia food court yang menawarkan berbagai jenis kuliner dengan harga bersahabat. Beberapa fasilitas lain yang tersedia di tempat ini diantaranya adalah, kamar mandi atau ruang ganti, tempat ibadah, penyewaan pelampung, tempat parkir, gazebo, dan lain-lain.

Alamat: Perumahan Citra Grand Mutiara, Jl. Wates KM. 9, Balecatur, Gamping, Plawonan, Argomulyo, Sedayu, Bantul

Baca Juga:

18. Galaxy Waterpark Jogja

(bookprimera.com)

Galaxy Waterpark adalah alternatif tempat bermain air untuk keluarga di Jogja selain Citra Grand Mutiara Waterpark, Tirta Tamansari Water Byurr, dan Balong Waterpark. Galaxy Waterpark resmi dibuka untuk umum mulai bulan Desember tahun 2014, diresmikan oleh wakil bupati Bantul. Para pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai wahana permainan air di tempat ini mulai dari:

  • Kolam arus
  • Kolam renang
  • Kolam Olympic
  • Kolam untuk balita
  • Playground
  • Water slide
  • Tersedia juga sarana outbound seperti flying fox

Beberapa fasilitas penunjang yang bisa dinikmati oleh para pengunjung diantaranya adalah kafetaria, WiFi gratis, mushola, ruang ganti, dan lain-lain. Terdapat 2 slide untuk remaja dan orang dewasa yang memiliki ketinggian 10 meter di tempat ini. Bagi yang menyukai tantangan, Galaxy Waterpark juga telah menyediakan wahana menantang berupa body slider, yang bisa dimanfaatkan untuk meluncur tanpa menggunakan alat seperti ban atau pelindung.

Waterpark ini buka setiap hari termasuk pada hari-hari libur nasional. Di hari-hari biasa, pengunjung bisa masuk mulai pukul 08.30-pukul 17.00. Sedangkan pada akhir pekan pengunjung bisa datang lebih awal karena water park buka mulai pukul jam 08.00 dan tutup lebih telat, yaitu pada pukul 18.00. Jika membawa rombongan berisih 15-24 orang, biasanya akan mendapatkan diskon sebesar 15% . Namun apabila rombongan yang dibawa datang dalam jumlah yang lebih besar, misalnya 50 sampai 100 orang, maka diskonnya bisa mencapai 25%.

Alamat: Jalan Wonosari KM. 6, Potorono, Baturetno, Kec. Banguntapan, Bantul

Baca Juga:

19. Tempat Wisata di Jogja: Goa Pindul

tempat wisata di jogja
(blog.tribunjualbeli.com)

Goa Pindul atau yang dikenal dengan sebutan Cave Tubing Goa Pindul adalah destinasi wisata yang menarik dan unik di Jogja menawarkan aneka petualangan yang menantang sekaligus menyenangkan. Bagi kamu para pencinta alam, kamu wajib mencoba berwisata ke Goa Pindul jika suatu saat nanti main-main ke Jogja. Gua Pindul merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup banyak diminati karena menawarkan konsep yang berbeda dibandingkan dengan wisata alam lainnya.

Di sini, para wisatawan akan diajak menyusuri sungai bawah tanah di dalam gua dengan menggunakan ban. Di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi pemandangan yang cantik dan mempesona. Eksotisme gua adalah sajian utama yang akan dinikmati oleh para wisatawan. Panjang lintasan yang dilalui kurang lebih 300 meter.

Alamat: Gelaran 2, Bejiharjo, Kec. Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul

20. Pantai Depok

(blog.reservasi.com)

Pantai ini lokasinya kurang lebih 1,5 km dari Pantai Parangtritis. Pantai Depok ramai dikunjungi oleh wisatawan karena lokasinya yang cukup dekat sehingga cukup mudah dijangkau. Sebagian besar wisatawan yang datang ke tempat ini selain ingin menikmati suasana pantai, rata-rata juga datang karena tertarik dengan kuliner seafood-nya yang terkenal. Ya, sejak dahulu, Pantai Depok merupakan salah satu pusat kuliner makanan laut karena pantai ini memang menghasilkan cukup banyak ikan dari hasil melaut para nelayan.

Diantara beberapa hidangan seafood yang kerap diburu oleh para wisatawan adalah kakap putih, kakap merah, ikan cakalang, kepiting, udang, hingga cumi-cumi. Rata-rata aneka hidangan seafood tersebut diolah dengan cara digoreng, dibakar, atau dimasak. Selain bisa menikmati hidangan langsung di pinggir pantai, pengunjung juga bisa membeli aneka hasil tangkapan laut para nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di dekat pantai.

Alamat: Jalan Pantai Depok, Parangtritis, Kec. Bantul

Baca Juga:

21. Candi Ratu Boko

tempat wisata di jogja
(ksmtour.com)

Jogja merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang memiliki banyak situs situs peninggalan berupa candi baik itu candi Hindu maupun candi Budha. Selain Candi Prambanan, salah satu candi yang cukup populer dan banyak dikunjungi oleh Wisatawan adalah Candi Ratu Boko. Menurut penelitian, Candi Ratu Boko adalah bekas komplek istana, yang terbagi-bagi menjadi beberapa bangunan. Bagi wisatawan, Kompleks Candi Ratu Boko merupakan tempat yang sempurna untuk menyaksikan sunset yang cantik. Lokasinya yang berada di perbukitan adalah alasan mengapa tempat ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat menyaksikan sunset. Bahkan, dari ketinggian kita bisa menyaksikan langsung kota Jogja dari kejauhan. Karena ini adalah bekas istana, maka tidak heran apabila kompleks percandian ini menempati tanah yang cukup luas (kurang lebih 250.000 meter persegi). Diantara beberapa bangunan yang terdapat di dalam komplek Candi antara lain:

  • Gapura utama di bagian tengah
  • Pintu masuk Kompleks
  • Kolam
  • Lapangan
  • Candi Pembakaran, dan
  • Terdapat juga Paseban

Alamat: Jl. Raya Piyungan – Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kabupaten Sleman

Baca Juga:

22. Tempat Wisata di Jogja: Keraton Yogyakarta

(guideku.com)

Keraton Yogyakarta atau yang dikenal dengan nama Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah sebuah istana yang cukup luas dan besar, mencerminkan budaya dan cosmos Jawa. Sebagian besar arsitektur keraton masih menggunakan arsitektur tradisional Jawa. Keraton ini selesai dibangun pada tahun 1790 dan hingga saat ini masih berdiri tegak meninggalkan banyak bangunan-bangunan kuno yang masih kokoh bertahan.

Bangunan ini sepenuhnya masih menampilkan nuansa-nuansa kuno yang elegan dan menarik. Tidak jauh dari komplek istana, terdapat alun-alun yang oleh masyarakat Jogja dikenal sebagai Alun-alun Kidul atau Alun-alun Selatan. Yang unik, disana terdapat beringin kembar yang dipercaya apabila kita berjalan dari ujung utara dan bisa menembus diantara beringin kembar tersebut, maka itu mengindikasikan kita memiliki hati yang lurus dan baik.

Alamat: Jl. Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kecamatan Kraton, Kota Yogyakarta

Demikianlah informasi tentang tempat wisata di Jogja terbaru dan terpopuler. Semoga bisa menjadi referensi terbaik untuk kamu yang membutuhkannya.

Baca Juga:

Featured Image Source: Datawisata.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan Cinere Parkview dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia