Pinhome

Lifestyle

Tempat Unik di Bandung

Dipublikasikan oleh Yusuf Ammar Ilman ∙ 10 November 2017 ∙ 6 menit membaca

Bandung memang memiliki segudang alasan untuk selalu dikunjungi. Letaknya yang berada di antara tiga pegunungan, menjadikan ibu kota Provinsi Jawa Barat ini kaya akan pesona wisata alam serta udara yang sejuk dan nyaman.

Belum lagi kota ini memiliki kekayaan seni dan budaya yang menarik dan khas.

Tak berhenti di situ, Kota dengan sebutan Paris Van Java ini senantiasa berbenah untuk memberikan kepuasan bagi setiap orang yang mengunjunginya.

Selalu ada hal baru dan tempat-tempat unik di Bandung, yang kian menegaskan posisi kota ini dalam deretan kota wisata terbaik di Indonesia.

Nah, berikut ulasan mengenai tempat-tempat unik yang ada Bandung:

1. Rumah Hobbit di Farmhouse Susu Lembang

tempat unik di bandung
photo by: dinimadhani

Jika dulu kita hanya bisa melihat rumah kurcaci (Hobbit) di negara New Zealand, maka kini rumah mini tersebut bisa dinikmati di Indonesia, tepatnya di Lembang Bandung.

Rumah Hobbit ini merupakan salah satu daya tarik utama yang ditonjolkan oleh Farmhouse Lembang.

Sebuah tempat wisata keluarga dengan konsep peternakan, pertanian, dan perkebunan yang berlokasi di Jl. Raya Lembang No. 108, Bandung.

2. Kebun Binatang Rooftop di Mal Paris Van Java

tempat unik di bandung
photo by: bandung_zoo

Jika biasanya Anda mengunjungi kebun binatang di lahan terbuka bebas, kini Anda wajib mencoba mengunjungi kebun binatang mini yang letaknya berada di atap sebuah bangunan.

Ya, Lactasari Mini Farm dan Bird Park bisa Anda kunjungi di area rooftop Mal Paris Van Java. Pusat perbelanjaan ini sendiri berlokasi di Jl. Sukajadi No. 131-139, Bandung.

Di area Lactasari Mini Farm Anda akan disuguhi sebuah peternakan mini dengan 5 jenis hewan utama, yaitu sapi, kelinci, domba, kambing, dan anjing Siberian Huskies.

Sementara ketika Anda memasuki area Bird Park, beragam jenis burung tropis hingga burung langka akan menyambut Anda dengan kicauan-kicauan khasnya.

3. Danau Di Atas Awan ‘Kawah Putih’

Danau yang satu ini terbilang cukup unik mengingat proses terbentuknya yang berasal dari letusan Gunung Patuha. Karenanya, tak heran jika posisinya berada di ketinggian hingga seolah berada di atas awan.

Tak berhenti di situ, keunikan danau ini juga terletak pada airnya yang bisa berubah warna sesuai dengan kondisi cuaca.

Adanya pasir putih di sekeliling danau juga menambah kecantikan dan keunikan tempat ini, hingga kemudian terkenal dengan sebutan ‘kawah putih’.

Beragam jenis tanaman/tumbuhan unik juga dapat Anda temukan di sekitar area kawah putih ini.

Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati keunikan danau yang satu ini, bisa segera berkunjung ke Jl. Raya Soreang, Ciwidey, Bandung.

4. Berkuda Ala Koboi di De’Ranch, Lembang – Bandung

Tempat unik di Bandung yang juga tak boleh dilewatkan adalah De’Ranch. De’Ranch sendiri merupakan sebuah kawasan peternakan yang sejak tahun 2007 telah dialihfungsikan menjadi sebuah tempat wisata keluarga.

Di lahan seluas 5 Ha ini Anda bisa melakukan beragam aktivitas menarik, utamanya menunggang kuda ala koboi sembari menikmati pemandangan khas Lembang.

Tidak hanya itu,  tempat wisata yang berlokasi di Jl. Maribaya No.17 Lembang ini juga menyediakan sekitar 22 aktivitas lain yang juga bisa Anda lakukan.

Di antaranya flying fox, panahan, memancing, mengunjungi peternakan, hingga memerah susu.

Anda pun bisa langsung membeli susu segar dan daging sapi di tempat ini, lo. Jadi, lebih terjamin keasliannya, bukan?

5. Wisata Kuliner Di Floating Market – Lembang

tempat unik di bandung
photo by: jelajahi_nusantara

Wisata pasar terapung layaknya di negeri Thailand dan Pulau Kalimantan kini juga bisa Anda nikmati di Bandung. Tepatnya di Jl. Grand Hotel No. 33 E Lembang.

Di pasar terapung ini, Anda bisa mendapatkan beragam sajian makanan tradisional Indonesia sembari menikmati pemandangan danau yang cantik.

Tidak hanya itu, di kawasan ini Anda juga bisa melakukan beberapa aktivitas menarik, seperti bersepeda air, mengemudi ATV, mendayung sampan, mengunjungi taman batu dan taman kaktus, hingga mengunjungi kereta api mini dan rumah khas Eropa.

6. Nikmati Pemandangan Hujan Meteor di Bosscha Observatory

tempat unik di bandung
photo by: vita.sondari

Observatorium Bosscha adalah pusat riset antariksa yang telah berdiri sejak tahun 1923.

Bangunan yang dulu didirikan di era kolonial Belanda ini, kini berada di bawah pengelolaan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai salah satu pusat riset matematika dan ilmu pengetahuan alam.

Meski demikian, khusus di hari Sabtu, laboratorium dan observatorium ini juga dibuka untuk umum sehingga cocok untuk dijadikan destinasi wisata anak dan keluarga.

Di tempat wisata ini, pengunjung akan diajak mengenal galaksi dan tata surya secara lebih nyata, dengan menyaksikan langsung pergerakan planet serta nebula (awan antarbintang).

Bahkan, jika cuaca cerah Anda pun bisa menyaksikan langsung terjadinya hujan meteor. Menarik sekali, bukan? Yuk, segera kunjungi Observatorium Bosscha.

7. Galeri Seni Unik Sunaryo Art Space

tempat unik di bandung
photo by: wirapribadi

Bagi para pencinta dan pengagum dunia seni, tempat yang satu ini tak boleh Anda lewatkan. Di galeri seni yang telah dibangun sejak tahun 1998 ini Anda bisa menikmati karya-karya seniman kreatif tanah air, khususnya karya Drs. Sunaryo selaku pendiri galeri.

Galeri ini terbilang cukup unik, mengingat posisi letaknya yang berada di kawasan Bukit Dago. Jadi, Anda akan disuguhi indahnya mahakarya seni yang berpadu dengan eksotisme alam Bandung yang cantik.

Selasar galeri seni Sunaryo Art Space ini berlokasi di Bukit Pakar Timur No. 100 – Bandung.

8. Nonton Film di Taman Film Bandung

tempat unik di bandung
photo by: ublik_id

Jika umumnya kita bisa menonton film di bioskop, di Bandung kita bisa menonton film di sebuah taman terbuka.

Ya, Anda bisa menonton film di Taman Film Bandung, sebuah taman tematik yang dilengkapi dengan videotron raksasa berukuran 4×8 meter.

Taman yang berlokasi di bawah Jalan Layang Pasupati ini mampu menampung penonton sekitar 500 orang.

9. Kota Mini Bernuansa Eropa

tempat unik di bandung
photo by: bandung.hits9

Di tempat wisata yang baru diresmikan juni 2017 ini, Anda akan dimanjakan dengan eksotisme bangunan-bangunan berarsitektur Eropa.

Bahkan, Anda pun bisa menyewa kostum khas noni-noni Belanda, untuk menambah kesan apik dan instagenic pada foto-foto yang Anda abadikan.

Untuk lokasi, kota mini ala Eropa ini beralamat di Jl. Grand Hotel No.33, Lembang – Bandung.

10. Situ Patenggang dan Pinisi Resto

Situ Patenggang merupakan danau cantik di tengah hamparan kebun teh yang hijau. Tak jauh dari sana, terdapat sebuah resto unik berbentuk kapal pinisi yang seolah terdampar di perbukitan.

Perpaduan antara interior rumah makan yang unik dengan hamparan kebun teh dan danau, dijamin akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Anda bisa segera mengunjunginya di kawasan Rancabali, Ciwidey.

Itulah beberapa tempat unik di Bandung yang tak boleh Anda lewatkan. Selamat berlibur.

Mau Tahu Spot Foto romantis di Kota Bandung? Berikut Kami sajikan untuk Anda.

12 Tempat Wisata Romantis di Bandung ini, Jangan Terlewatkan!

Tags :

Bagikan Artikel