BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Cara Membuat Tempat Cuci Piring Sederhana dari Kayu
0
0

7 Cara Membuat Tempat Cuci Piring Sederhana dari Kayu

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Des 16, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Keinginan semua orang memiliki dapur yang nyaman dan rapi karena akan sangat memudahkan ketika memasak. Begitu juga dengan tempat cuci piring, ketika piring kotor sedang menumpuk maka akan sangat merepotkan, betul? Tapi tenang saja, Pins sendiri juga bisa membuat tempat cuci piring sederhana dari kayu. 

Manfaatkan juga layanan Pengajuan KPR dari Pinhome yang membantumu mewujudkan rumah impian. Kamu bisa membeli rumah second di Kab Mojokerto untuk direnovasi kembali. Aplikasi Pinhome juga menyediakan informasi perumahan baru di Kabupaten Bekasi seperti Mutiara Gading City atau dekat dengan Universitas Pelita Bangsa.

Ide Tempat Cuci Piring Sederhana dari Kayu

Dengan membuat tempat cuci piring sendiri, Pins dapat menentukan seperti apa konsep dan desain yang terbaik. Namun jika Pins masih bingung bagaimana cara membuat tempat cuci piring yang sederhana dengan kayu, yuk mari simak tujuh cara membuat tempat cuci piring sederhana dari kayu di bawah ini.

1. Tempat Cuci Piring Konsep Modern

Source : Pinterest

Konsep tempat cuci piring modern dengan bahan dasar kayu akan menghasilkan bentuk dan kerangka yang solid. Dengan begitu Pins dapat mencuci piring dengan mudah dan nyaman. Dalam mengaplikasikannya Pins perlu menyiapkan beberapa perkakas yang biasa digunakan untuk kayu. 

Langkah pertama Pins perlu melubangi kayu yang sudah diukur sesuai dengan keinginan dan kebutuhan ruang. Setelah itu perlu membuat lubang pembuangan pada bagian bawah tempat cuci piring.

Jika semua proses sudah selesai, gunakan amplas kayu agar kayu tempat cuci piring supaya terlihat lebih cantik. Rekomendasi kayu untuk tempat cuci piring ini Pins dapat gunakan kayu jati yang kualitasnya nomor satu. 

Baca juga: 9 Ide Tempat Cuci Piring Buatan Sendiri Dari Barang Bekas

2. Tempat Cuci Piring dengan Kabinet Kayu

Source : Pinterest

Dalam membuat tempat cuci piring model yang satu ini membutuhkan kayu kuat yang tebal. Dengan begitu Pins dapat membuat tempat cuci piring yang lengkap dengan kabinet untuk menyimpan piring dan peralatan masak. 

Untuk memulai proses pembuatannya perlu mengukur kayu dan ruang supaya mendapatkan sisi yang pas. Ukur juga bagian yang akan dijadikan tempat piring kotor dan sisi untuk mencuci piring. Untuk menghemat tempat Pins dapat membuat keran yang menempel dengan dinding dapur

3. Tempat Cuci Piring Kayu dan Keramik

Source : Pinterest

Tempat cuci piring sederhana dari kayu selanjutnya yang dapat Pins buat di rumah adalah dengan desain paduan kayu dan keramik. Ide yang satu ini sangat menarik dan cantik karena perpaduan kayu dan keramik. 

Untuk mengaplikasikan konsep ini pada dapur, Kamu perlu melapisi sebagian besar tempat cuci piring dengan kayu yang berkualitas. Lalu untuk bagian tempat mencuci piring dapat Pins gunakan wastafel berbahan keramik. 

4. Tempat Cuci Piring Kayu dan Stainless Steel

Source : Pinterest

Tidak hanya dengan keramik, perpaduan kayu dan stainless juga sangat cocok untuk dijadikan konsep tempat cuci piring. Tempat cuci piring yang menggunakan bahan stainless mungkin sudah sangat mainstream.

Tetapi kehadiran kayu akan sangat memberi perbedaan yang signifikan pada desain tempat cuci piring. Gunakan bahan stainless steel pada bagian tempat mencuci piring yang kotor karena lebih tahan terhadap air.

Lalu bagian sisanya dapat memakai kayu sebagai bahan dasarnya. Selain itu Pins juga bisa membuat kabinet untuk menyimpan peralatan masak dengan bahan dasar kayu pula agar terlihat estetik. 

Baca juga: Rekomendasi Sekat Dapur Minimalis Cantik & Murah Meriah

5. Tempat Cuci Piring Konsep Abstrak

Source : Pinterest

Bahan dasar kayu untuk furniture memang sangat indah dan elegan. Terlebih kayu juga dapat dibentuk sedemikian rupa sesuai keinginan Pins.

Begitu pula untuk tempat cuci piring yang juga bisa menggunakan kayu sebagai bahan dasarnya. Supaya mendapatkan wastafel kayu abstrak Pins dapat memesannya di toko mebel. 

Sesuaikan pelubangan bagian tempat cuci piring pada kayu abstrak tersebut. Pada bagian bawah Pins dapat menggunakan batang kayu yang kuat sebagai penyangga. Setelah itu hanya perlu memoles permukaan kayu dengan amplas dan plitur. 

6. Tempat Cuci Piring Bermotif

Source : Pinterest

Jika Pins ingin membuat tempat cuci piring dari bahan dasar kayu, Pins perlu memastikan bahwa kayu yang digunakan memiliki ketahanan yang kuat akan air.

Pilih juga kayu yang tebal dan kuat untuk menahan beban cucian piring yang menumpuk dan supaya tidak mudah bocor. Kamu bisa mendapatkan kayu bermotif untuk tempat cuci piring di toko mebel terbaik.

Pilihlah kayu dengan proses pengerjaannya mengikuti alur motif kayu agar mendapatkan hasil yang cantik. Setelah itu Pins ukur bagian yang akan dilubangi dan pasang juga bagian untuk tempat pembuangan air. Jika sudah, tempat cuci piring sudah siap untuk dipasang di dapur dan digunakan. 

7. Tempat Cuci Piring Renovasi’

Source : Pinterest

Ide tempat cuci piring sederhana dari kayu selanjutnya ini diperuntukkan bagi Pins yang sudah memiliki tempat cuci namun tidak suka dan ingin merombaknya kembali. Biasanya tempat cuci piring sudah terpasang dengan bahan keramik atau stainless steel.

Selain itu juga sudah tersedia tempat penyimpanan peralatan masak. Oleh karena itu, cukup menambahkan lapisan kayu pada bagian tempat menyimpan piring kotor.

Lubangi bagian yang diinginkan untuk memasang lapisan kayu dengan bor. Pins tidak perlu merombak bagian lengkungan tempat cuci piring, cukup gunakan keramik atau stainless yang sudah terpasang. Jangan lupa gunakan kayu berkualitas yang tahan terhadap air. 

Itulah tujuh cara membuat tempat cuci piring sederhana dari kayu yang dapat diaplikasikan pada dapur rumah. Menggunakan kayu memang pilihan yang tepat karena menambah kecantikan dan kesan klasik. Namun jangan lupa pastikan kayu yang digunakan berkualitas dan tahan air. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Ini Dia Inspirasi Desain Tempat Cuci Piring Dan Kompor Yang Simple

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cimanggis Golf Estate dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download