Review: Wisata Alam Telaga Sunyi Purwokerto - Pinhome

Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Telaga Sunyi Purwokerto, foto, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Telaga Sunyi Purwokerto, foto, Rute, dan Harga Tiket Masuk

Dipublikasikan oleh Budi Darmawan Kusuma ∙ 29 August 2018 ∙ 3 menit membaca

Jika mengunjungi Purwokerto, jangan lupa untuk mengunjungi Telaga Sunyi. Sesuai dengan namanya, telaga ini terbilang sepi dan jauh dari keramaian, tidak seramai wisata di Purwokerto lainnya. Memiliki aliran air yang tenang dengan kondisi alam yang masih asri dan segar sehingga cocok menjadi lokasi menenangkan diri dari rutinitas.

Meski lokasinya tak terlalu jauh dari kawasan utama Baturaden, tapi telaga yang sepi dan indah ini sering terlepas dari pantauan pengunjung. Hal ini bisa dimaklumi karena lokasi telaga yang cukup tersembunyi. Telaga ini dikelilingi oleh hutan pinus yang cukup lebat sehingga tampak tertutup, namun suasananya sangat meditatif.

Baca Juga:

Suasana di Sekitar Telaga

Tak hanya dikelilingi oleh pepohonan yang rindang, tapi juga bebatuan besar yang membuat pemandangan telaga ini terlihat lebih eksotis. Di sekitar telaga ini juga terdapat air terjun berukuran kecil dengan aliran air yang cukup deras terutama di musim hujan.

telaga sunyi

Air telaga ini terbilang jernih karena berasal dari lereng pegunungan di sekitarnya. Meski telaga ini memiliki keindahan yang instagramble, tak semua aliran air yang jatuh ke telaga bisa dipakai untuk mandi pengunjung. Beberapa area telaga tidak diperkenankan dipakai untuk mandi karena aliran airnya deras dan curam.

Sebagai salah satu destinasi wisata air andalan Purwokerto, Telaga Sunyi Purwokerto menyediakan beberapa fasilitas umum standar bagi pengunjung. Di tempat ini bisa menikmati fasilitas seperti mushola, tempat parkir, warung makan, tempat ganti/bilas dan fasilitas tambahan lainnya.

Jika ingin liburan ke Telaga Sunyi, jangan lupa untuk membawa pakaian ganti. Bila ingin mengunjungi telaga ini di musim hujan, maka bawalah jas hujan dan harap berhati-hati dengan kondisi sekitar telaga yang licin. Untuk menghemat biaya, tak ada salahnya membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah.

Baca Juga: Caping Park Purwokerto

Lokasi Telaga Sunyi Purwokerto

Wisata telaga yang indah ini terletak di Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Telaga ini maish berada di kawasan pinggang Gunung Slamet dan kawasan hutan wisata Baturaden Banyumas.

Baca Juga: Air Terjun Madakaripura

Google Maps

Lokasinya hanya berjarak sekitar 2,5 km dari Lokawisata atau dari depan sebelum pintu gerbang Wanawisata Baturaden ke arah Timur Laut. Tempat wisata ini juga tak begitu jauh dari Kota Purwokerto karena hanya berjarak sekitar 25 hingga 30 menit dari kota tersebut.

Rute

Rute menuju Telaga Sunyi Baturaden Purwokerto pun mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi seperti mobil, motor maupun bus bersama rombongan. Untuk menuju Telaga Sunyi dari Lokawisata Baturaden/Terminal ke arah timur sekitar 10 hingga 15 menit perjalanan. Telaga Sunyi terletak sekitar setengah kilometer dari Baturaden Adventure Forest.

Nantinya akan melewati padang rumput milik Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul Sapi Perah yang lebarnya sekitar 425 meter. Setelah melalui padang rumput tersebut, jalan akan mulai berkelok hingga melintasi Hotel Queen Garden di sebelah kanan. Adventure Forest pun akan terlihat di sebelah kiri dan sampai di kawasan Telaga Sunyi.

Harga Tiket Masuk Telaga Sunyi Baturaden Purwokerto

Untuk bisa memasuki area Wisata Alam Telaga Sunyi Baturaden Purwokerto, harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orang dan Rp 2.000 untuk tarif parkir. Harga tiket masuk ini sewaktu-waktu bisa berubah.


Masih banyak lagi tempat wisata di Purwokerto yang menarik untuk dikunjungi untuk mengisi akhir pekan. Selain itu, memiliki pemandangan alam yang sangat eksotis dan menyegarkan.

Baca Juga:

Tags :

Bagikan Artikel