Jepang Menciptakan Sel Buatan yang Bisa Menghasilkan Energi Sendiri

Diperbarui oleh Voni Wijayanti ∙ September 14, 2022 ∙ 4 menit membaca

Kemajuan teknologi rasanya sudah tak terbendung lagi. Apa yang ditemukan ilmuwan Jepang membuat sungguh diluar nalar manusia. Saat ini para ilmuwan Jepang sedang melakukan pengembangan sel buatan.  Salah satunya adalah Jepang menciptakan sel buatan yang bisa menghasilkan energi.Uniknya, sel buatan tersebut mampu menghasilkan energi kimia dan mensintesis bagian dari konstruksi mereka sendiri.
 
 
Sel buatan ilustrasi. (iStockphoto)
Ketika Jepang menciptakan sel buatan yang bisa menghasilkan energi ini. Sel-sel buatan ini mampu memfungsikan dirinya layaknya sel biologis asli, sel yang dapat membangun dan mengatur jaringan mereka sendiri secara alami.
 
Baca Juga:

Diprediksi Mampu Membantu Manusia

Jepang menciptakan sel buatan yang bisa menghasilkan energi
Temuan ilmuwan Jepang tersebut tidak hanya dianggap sanggup membantu manusia dalam memahami cara sel-sel asli bekerja, tetapi juga dinilai sangat penting untuk referensi sejumlah bidang penelitian lain. Misalnya seperti upaya berkelanjutan untuk memproduksi organ buatan dan jaringan tubuh untuk melawan suatu penyakit.
 
Ketua peneliti Tokyo Institute of Technology Yutetsu Kuruma mengatakan: \”Saya telah lama mencoba untuk menciptakan sel buatan yang hidup, terutama berfokus pada membran\”.
 
\”Dalam pekerjaan kami, sel-sel buatan dibungkus dengan membran lipid. Struktur membran kecil dienkapsulasi di dalamnya. Dengan cara ini, membran sel adalah aspek terpenting dari pembentukan sel,\” lanjutnya, sebagaimana dikutip dari Science Alert, Kamis (27/3/2019).
 
Baca Juga:
 
Membran lipid (senyawa non-polar yang larut dalam pelarut organik) mengandung protein ATP synthase (molekul energi kimia yang digunakan sel untuk memenuhi kebutuhan bahan bakarnya) dan bacteriorhodopsin (protein yang digunakan oleh Archaea satu domain atau kerajaan mikroorganisme bersel satu untuk menangkap energi cahaya), dimurnikan dari sel hidup.
 
Kedua elemen tersebut dirancang untuk saling bahu-membahu agar bisa menggunakan kekuatan cahaya guna menciptakan perbedaan energi di dalam sel, dan kemudian mengaplikasikan perbedaan tersebut untuk membangun lebih banyak molekul dan lebih banyak protein.
 
\”Selama masa percobaan, proses fotosintesis terjadi seperti yang diharapkan para ilmuwan. Sel-sel buatan meniru sel nyata dengan membuat messenger RNA (mRNA) dari DNA, dan kemudian memproduksi protein dari mRNA,\” kata ilmuwan dari Jepang itu.
 
Fitur utama di sini adalah kemampuan sel untuk menghasilkan energi itu dan melakukan sintesis mereka sendiri, yang berpotensi mengarah pada penciptaan sel buatan independen yang dapat dipertahankan sendiri.
 
Baca Juga:

Kelemahan

Akan tetapi, dalam riset tersebut ilmuwan tidak sanggup menduplikasi berbagai protein yang bisa dilakukan oleh sel pada umumnya.
 
Para ilmuwan mengatakan, pekerjaan mereka juga bisa menjadi penting dalam studi sel-sel proto, yang diperkirakan datang sebelum sel-sel modern.
 
Lalu, bagaimana sel-sel proto menghasilkan energi untuk membuat metabolisme mereka sendiri?
 
Jika dua protein membran dapat menghasilkan energi yang cukup untuk mendorong pembentukan gen, seperti yang ditunjukkan dalam penelitian ini, maka sel proto mungkin bisa menggunakan sinar matahari untuk berevolusi menjadi apa yang kita kenal sebagai sel modern.
 
Ketika penelitian berlanjut, kita mungkin dapat mencapai dan mengamati titik kritis perkembangan sel yang terjadi di Bumi pada zaman purba.
 
\”Sistem sel fotosintesis buatan kami membuka jalan untuk membangun sel buatan yang bebas energi,\” tulis para peneliti.
 
Sementara itu, penelitian ini sekarang telah dipublikasikan di Nature Communications.
 
Baca Juga:
 

Featured Image Source: Detik.com

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Finansial
Finansial Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ket

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Desain rumah etnik adalah hunian dengan unsur budaya di sebuah negara. Desain arsitekturnya bisa di

Finansial
Finansial 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Aset digital dengan basis blockchain yang dikenal dengan NFT (Non-Fungible Token), kini semakin men

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia