Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Teknis Melakukan Fogging Rumah yang Wajib Diketahui

Kesehatan

Teknis Melakukan Fogging Rumah yang Wajib Diketahui

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Demam berdarah menjadi penyakit yang paling rawan akhir-akhir ini. Terlebih lagi musim pancaroba, penyakit ini menyerang dari usia bayi hingga dewasa. Perlu diketahui bahwa ada beberapa cara yang sedang tren dilakukan sebagian orang untuk mencegah nyamuk demam berdarah, yaitu dengan melakukan fogging. Fogging ramai diperbincangan masyarakat karena dianggap efektif memberantas jentik nyamuk. Namun, sebagian orang juga beranggapan kalau asap fogging membahayakan diri karena dianggap beracun.

Meski demikian, cara ini sudah sering dilakukan banyak orang dan terbukti memberantas nyamuk. Tak ada salahnya jika melakukan fogging di dalam rumah, karena nyamuk cenderung lebih suka berada di dalam rumah apalagi tempat-tempat lembap seperti kolong tempat tidur dan lemari pakaian. Ada beberapa langkah jika ingin melakukan fogging, berikut adalah langkah-langkah sebelum melakukan fogging:

Pertama, tutup lemari pakaian rapat-rapat jangan sampai ada pakaian yang berada diluar. Taruh pakaian bayi dan anak ke dalam plastik laundry lalu simpan di lemari.

Kemudian, untuk makanan, letakkan makanan ke dalam kulkas atau lemari makanan. Pastikan bahwa lemari dan kulkas tak memiliki celah yang bisa membuat asap fogging masuk. Bungkus makanan dengan alumunium foil jika memang ada celah di lemari atau kulkas.

Jangan lupa menaruh peralatan makan dan mandi ke dalam lemari. Terutama sikat gigi, jika perlu bungkus sikat gigi agar tak terpapar asap. Masukkan ke dalam tas jika perlu dan taruh di dalam lemari.  Jika memiliki hewan peliharaan, keluarkan mereka beserta peralatan makannya. Sebaiknya jangan ada tanaman hias di dalam rumah karena jika terpapar asap akan merusak tanaman.

obat nyamuk bakar
obat nyamuk bakar

Selanjutnya, ada beberapa hal yang diperhatikan ketika melakukan fogging. Diantaranya yaitu:

  • Gunakan masker wajah dan rambut supaya tidak terkena asap.
  • Jika sudah melakukan fogging, menjaulah dulu dari ruangan tersebut.  Tunggu kurang lebih satu jam, setelah asap sudah tidak terlihat lagi, silakan masuk kembali ke rumah.
  • Setelah melakukan fogging, buka jendela dan nyalakan kipas angin untuk menghilangkan asap dari dalam rumah.
  • Jangan lupa untuk segera mengganti pakaian yang digunakan saat fogging. Setelah itu, cuci bersih pakaian tersebut. Ketika mencuci sebaiknya jangan mencampur pakaian yang digunakan saat fogging dengan pakaian kotor lainnya.
  • Segera mandi setelah selesai fogging. Asap fogging bisa menempel di kulit sehingga harus segera dibersihkan.
  • Jika telah selesai fogging sebaiknya lakukan pembersihan rumah, misalnya menyapu dan mengepel lantai. Meja, cermin dan kaca jendela juga perlu dibasuh karena mungkin saja terkena asap.

Barang-barang yang disimpan dalam plastik pastikan tidak terkontaminasi oleh asap. Jika tak yakin akan hal itu, segera cuci hingga bersih barang-barang tersebut.

Bagikan Artikel