Pinhome


Deprecated: Elementor\Scheme_Color is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Color instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

Deprecated: Elementor\Scheme_Typography is deprecated since version 2.8.0! Use Elementor\Core\Schemes\Typography instead. in /var/www/www.pinhome.id/blog/wp-includes/functions.php on line 5412

+1001 Teknik Aquarel Terlengkap

Dipublikasikan oleh Nur Afika Cahya ∙ 24 January 2022 ∙ 10 menit membaca

Teknik Aquarel merupakan sebuah teknik yang biasa digunakan dalam melukis, selain juga menggunakan cat cair atau yang disebutnya aquarel dengan sapuan warna yang tipis sehingga hasil yang di dapat terlihat berkesan transparan atau tembus pandang. Teknik menggambar dengan menggunakan cat air lebih cenderung encer, tujuan ini agar hasil yang didapat bisa memiliki tekstur yang tipis dan ringan.

Dalam menggambar dengan teknik aquarel, bahan yang digunakanya yakni bahan kertas lukis. Selain itu pada teknik aquarel ini lebih banyak aplikasikan di sekolah-sekolah. Biasanya dalam sekolah lebih banyak menggunakan cat air dan media kertas gambar sebagai wadah kanvasnya.

Pengetian Teknik Aquarel

Pengertian teknik aquarel merupakan suatu teknik yang digunakan untuk melakukan penggambaran dengan cara menggunakan cat air. Teknik aquarel tersebut dilakukan dengan cara sapuan warna yang tipis sehingga dari hal tersebut akan tercipta hasil transparan dan tembus pandang pada suatu gambar. Selain itu teknik aquarel dapat digunakan di bahan lain yakni seperti bahan kertas, kain, dan bahan lainya.

Teknik Seni Lukis Secara Umum

Perlu untuk ketahui, bahwa ada banyak teknik dalam melukis dan setiap orang tentunya akan memilih teknik yang sesuai dengan kemampuannya.

Teknik seni melukis memang sangatlah penting guna untuk menciptakan sebuah lukisan yang bagus dan menarik. Dan secara umum teknik lukis terbagi menjadi lima macam yang bisa digunakannya secara luas diantaranya.

1. Cara Melukis dengan Teknik Aquarel

Teknik aqurel merupakan sebuah teknik untuk membuat lukisan, bahan yang digunakanya yakni cat air dengan sapuan warna yang tipis, sehingga hasil lukisan yang didapat bisa terlihat lebih bernuansa dan bertransparan.

Untuk menghasilkan sapuan warna yang tipis dan ringan, sebaiknya gunakan cat yang sedikit encer.

Tips Melukis Aquarel

  • Pilih cat air yang berkualitas.
  • Pilih kertas yang sesuai yakni kertas aquarel.
  • Pilih kertas yang cocok. Agar nantinya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan keinginan, utamakan gunakanlah kertas aquarel. Meski harga mahal tidak masalah asal hasil yang didapat bisa memuaskan.
  • Pilih kuas yang bagus dan sesuai. Ada banyak merek kuas, maka pilihlah kuas yang sesuai budgetnya.

2. Cara Melukis dengan Teknik Plakat dan Contohnya

Mungkin berbeda dengan teknik seni lukis aquarel yang memang terkesan akan transparanya. Teknik plakat merupakan salah satu teknik untuk membuat melukisan yang juga menggunakan bahan cat air seperti cat akrilik atau cat minyak dengan sapuan tebal serta sedikit kental. Sehingga dengan begitu akan bisa memberi kesan yang colorfull pada setiap karyanya.

Teknik seni lukis biasa sering digunakan oleh para pelukis professional guna menghasilkan lukisan yang dapat menarik perhatian, bahkan bisa mempesona dan tentunya memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

3. Cara Melukis dengan Teknik Spray

Teknik spray merupakan salah satu teknik untuk melukis dengan cara menyemprotkan cat air ke dalam media lukis. Tujuan teknik ini yakni guna menghasilkan sebuah lukisan yang lebih halus dan lebih tampak visual. Tentunya kalian mungkin sering melihat graffiti yang biasa ada di tembok-tembok jalan. Nah, itulah contoh melukisan dengan menggunkan teknik spray.

4. Cara Melukis dengan Teknik Pointilis

Teknik pointilis memang pada dasarnya sangat memerlukan kesabaran ketimbang menggunakan teknik lain, karena dalam hal ini kerjanya pun menggunakan titik-titik guna menghasilkan sebuah lukisan yang indah dan menawan.

Bahkan selain itu sering kali para pelukis menggunakan gradasi warna guna untuk mengatur warna gelap atau terangnya pada sebuah lukisan. Lebih menariknya lagi, hasil lukisan dengan menggunakan teknik pointilis dapat di implementasikan juga pada kaos, namun dalam hal itu, tentunya butuh konveksi kaos yang terpercaya.

5. Cara Melukis dengan Teknik Tempera

Teknik tempera merupakan salah satu teknik untuk melukis, cara melakukanya yakni dengan cara mencampurkan kuning telur ke dalam cat yakni nantinya sebagai bahan perekatnya. Selain itu, sebagian dari lukisan itu juga menggunakan kayu, hal tersebut sebagai bahan kanvasnya dan terkadang ada juga yang langsung melukiskan ke tembok.

Teknik tempera pernah mengalami masa jayanya di eropa yakni di tahun 1200 – 1500an. Duccio dan Simone Martini adalah seseorang seniman dari italia yang pada masa itu sangat terkenal dengan menggunakan teknik tempera.

Baca juga: Teknik Pointilis: Definisi, Sejarah, Ciri-ciri Hingga Cara Menggambarnya

Teknik Seni Lukis Cat Minyak

Teknik Seni Lukis Cat Minyak

Seni lukis dengan cat minyak merupakan proses dalam membuta lukisan dengan menggunakan bahan pigmen yang terikat dengan bahan media minyak pengering. Minyak pengering yang umum digunakanya yakni seperti minyak biji rami, minyak kenari, dan minyak poppyseed.

Seorang seniman bisa saja menggunakan minyak yang mungkin juga berbeda-beda dalam setiap lukisan, semua itu tergantung pada efek yang diinginkannya. Secara umum teknik seni lukis cat minyak dibagi menjadi beberapa teknik diantaranya adalah :

1. Teknik Basah

Teknik basah adalah salah satu teknik untuk melukis dengan cara mengencerkan cat minyak dengan menggunakan minyak cat. Setelah cat dapat diencerkan dengan kekentalan tertentu, maka barulah bisa poleskan di atas permukaan kanvas. Kuas yang dapat digunakan dalam teknik basah ini adalah kuas dengan bulu yang panjang.

Kelebihan:

  • Membutuhkan cat minyak yang relatif sedikit
  • Cat minyak yang menempel di palet masih dapat digunakan
  • Lukisan juga dapat terlihat bersih dan proses memblok lebih cepat

2. Teknik Kering

Teknik kering adalah teknik melukis, namun pada teknik kering ini tidak menggunakan minyak cat. Untuk kuas yang digunakanya harus dalam keadaan kering dan bebas dari minyak. Untuk teknik kering ini sangat disarankan dapat menggunakan cat yang baru keluar dari dalam tube.

Selain itu teknik kering ini sangat bagus digunakan untuk melukis dengan kesan volume serta keruangan, seperti halnya dengan naturalism, realism dan surelism.

Kelebihan:

  • Lebih gampang menghapus warna dengan menumpuk warna lain
  • Lebih gampang mengontrol pada detil lukisan
  • Lebih gampang membentuk objek, kesan, ruang, serta volume
  • Cat lebih cepat kering

3. Teknik Campuran

Teknik campuran merupakan teknik kombinasi antara teknik basah dan teknik kering. Dengan adanya teknik campuran ini, kita akan dapat saling menutupi kekurangan-kekurangan yang ada pada teknik basah dan teknik kering.

Teknik campuran ini dulunya diawali dengan menggunakan teknik kering, namun baru kemudian disusul dengan teknik basah. Cara melakukanya yakni dengan cara memblok warna dan ditambah intensitas pada minyak cat secara perlahan hingga pada tahap akhir lukisan.

Kelebihan:

  • Pewarnaan lebih cepat
  • Lebih gampang membentuk objek (dengan teknik kering)
  • Detil dapat terlihat lebih bagus

Dari sekian banyaknya teknik seni lukis yang ada, intinya melukis itu adalah untuk menuangkan suatu cita rasa ke dalam media yang nantinya dapat menghasilkan sebuah karya seni.

Teknik Aquarel

Teknik Aquarel menggambar

Teknik aquarel merupakan jenis teknik untuk melukis yang yang menggunkan bahan dari cat air sebagai salah satu bahan utama dalam melukis. Untuk cara melakukanya yakni dengan cara mengoleskan pada warna secara tipis-tipis.

Hal tersebut bertujuan agar hasil yang didapat bisa terlihat lebih transparan. Untuk menghasilkan suatu sapuan yang tipis dan ringan, sebaiknya gunakan cat yang sedikit lebih encer.

Baca juga: +1001 Teknik Pencampuran Warna Terlengkap

Macam–macam Teknik Aquarel

Teknik aquarel terbagi menjadi dua macam diantaranya adalah:

  1. Wet on wet

Wet on wet adalah suatu teknik melukis dengan menggunakan teknik aquarel dengan cara menumpuk cat yang basah dengan warna cat lain seperti warna yang sedikit lebih gelap, sehingga dengan demikian warna yang di dapat bisa bernuansa.

  1. Wet on Dry

Wet on dry adalah salah satu teknik melukis aquarel dengan cara menumpuk cat yang sudah kering dengan cat warna yang sedikit lebih gelap, sehingga dengan demikian dapat menghasilkan tepi kuasan cat yang lebih tajam.

Media dan Peralatan Teknik Aquarel

Alat dan media lukis di sini meliputi:

  • Cat air
  • Kertas gambar
  • Kuas cat
  • Palet cat air
  • Air dan kain lap

Langkah–langkah Melukis Teknik Aquarel

langkah Melukis Teknik Aquarel

Tentukan Tema Gambar

Pilih dan tentukan konsep gambar yang akan kalian inginkan untuk dilukis. Pastikan objek gambar yang akan kalian lukis sudah ada dipikiran dan didepan mata yang berupa model, sehingga jelas apa yang harus dilukis.

Sebenarnya untuk objek gambar kalian tidak harus yang muluk-muluk, objek yang sederhana jika diberikan warna dan teknis yang benar pasti juga akan memberikan hasil lukisan yang indah.

Membuat Sketsa Gambar

Buatlah sketsa objek dengan pensil secara tipis-tipis pada kertas. Hal ini dilakukan agar  dapat memperbaiki jika terjadi ketidaktepatan dalam menggambar sketsa.

Membasahi Kertas dengan Air

Pada teknik aquarel, sebelum mewarnai sebaiknya basahi terlebih dahulu pada media gambar seperti kertas atau kanvas dengan menggunakan kuas yang sudah di basahi air. Hal ini bertujuan untuk memberikan efek yang tipis pada pewarnaan lukisan, dan ketika membasahi jangan sampai terlalu basah.

Pewarnaan

  • Oleskan cat air yang telah disiapkan dengan cara meratakan pada media kertas yang sudah dibasahi dengan kuas cat air.
  • Untuk arah sapuan kuas, mulailah dari arah kiri ke kanan, atau bisa juga dari atas ke bawah dan sesuaikankanlah pada bidang gambar yang akan diwarnai.
  • Usahakan jangan sampai menyapukan kuas secara menyilang. Karena pada hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada media gambar.

Drying (Pengeringan)

Terakhir yakni dengan menjemurakan pada media gambar di bawah terik matahari, agar cat dapat kering dengan sempurna. Untuk menghasilkan hasil yang lebih baik, sebaiknya tidak menggunakan alat-alat pengering lainya, karena dalam hal ini dapat dikhawatirkan bisa merusak pada media gambar misal seperti cat tercecer, menggulung, dan lain sebagainya.

Baca juga: 1001 Teknik Arsir Mudah Terlengkap Beserta Penjelasanya

Contoh Lukisan Teknik Aquarel

Contoh Lukisan Teknik Aquarel

Contoh Lukisan Aquarel Rumah

Contoh Lukisan Aquarel Rumah

Pada gambar aquarel di atas memang dapat di katakana ada tingkat kesulitan tersendiri. Dari susunan berbagai objek gambar yang tentunya masing-masing memiliki ukuran yangb berbeda-beda. Sebagian besar terdiri dari sebuah objek gambar yang berukuran kecil dan serta warna yang banyak variasinya.

Contoh Lukisan Aquarel Hewan

Contoh Lukisan Aquarel Hewan

Bagi pemula yang ingin membuat lukisan dengan teknik aquarel, mungkin beberapa gambar di atas dapat dijadikan sebagai referensi bahwa objek gambar tidak harus semuanya rumit. Gambar yang sederhana dengan goresan warna yang tidak begitu banyak. Namun pada gambar di atas tetap saja dapat menunjukkan nilai yang estetika tinggi.

Contoh Lukisan Aquarel Sederhana

Contoh Lukisan Aquarel sederhana

Gambar aquarel di atas dapat dikatakan cukup sederhana. Namun dengan perpaduan warna yang cocok membuat hasil lukisan lebih indah. Dan membuat sebuah gambar sederhana menjadi sebuah lukisan yang memiliki nilai seni yang tinggi.

Contoh Lukisan Aquarel Bunga

Contoh Lukisan Aquarel Bunga

Meskipun dengan satu objek gambar, namun pada gambar aquarel di atas tetap saja memerlukan keahlian yang professiona. Dengan gradasi warna yang tepat membuat bunga di atas dapat terlihat hidup. Selain itu pelukis juga sudah memperhitungkan pencahayaan yang tepat sehingga pelukis mampu menggoreskan kuas hingga dapat menghasilkan bunga yang sanagt terlihat nyata.

Contoh Lukisan Aquarel Buah–buahan

Lukisan Aquarel Buah

Gambar aquarel yang tidak kalah bagusnya dengan gambar lain. Berbagai buah lengkap dengan keranjang dan teko, sehingga gambar tersebut dapat tersusun dari objek yang banyak dengan beragam warna. Di tambah lagi pelukis memberikan efek 3 dimensi sehingga membuat lukisan tersebut lebih menawan dan lebih hidup. Warna yang tepat dan kesan bayangan pada setiap objek turut memperindah lukisan di atas.

Contoh Lukisan Aquarel 6

Contoh Lukisan Aquarel 6

Untuk menghasilkan lukisan di atas, dibutuhkan pelukis yang profesional. Lukisan di atas juga melibatkan banyak objek dengan tingkat kerumitan yang lumayan cukup. Warna yang tepat turut serta membuat lukisan tersebut berhasil memberikan nilai-nalai seni.

Contoh Lukisan Aquarel Pemandangan

Contoh Lukisan Aquarel Pemandangan

Demikian penjelasan teknik aquarel yang dapat kalian coba. Janganlah gampang putus asa dan teruslah berlatih karena untuk mendapatkan suatu hasil karya lukisan yang menawan. Tentunya membutuhkan kerja keras dan ketrampilan yang tinggi. Gunakanlah yang sekiranya kalian bisa dan nyaman. Selamat Mencoba.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel