Tarian Daerah Indonesia

Dipublikasikan oleh Hanif Pram ∙ 5 July 2022 ∙ 7 menit membaca

Tarian Daerah – negara Indonesia merupakan negara yang memiliki budaya yang beraneka ragam. Akan tetapi perbedaan yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia tidak lantas menjadikan mereka menjadi terpecah belah.

Berbicara mengenai keanekaragaman Indonesia, salah satu yang dimiliki ialah tari tradisional yang berasal dari tiap-tiap daerah yang ada di Indonesia, atau yang biasa disebut dengan tarian daerah.

Tarian daerah dapat dilihat atau biasa ditampilkan pada acara-acara kebudayaan atau acara-acara adat dalam suatu daerah.

Saat ini bukan hanya tarian modern saja yang sudah tersebar di berbagai wilayah bahkan sampai luar negeri, akan tetapi tarian daerah juga banyak dikenal bahkan sampai mancanegara.

Bahkan tarian-tarian daerah Indonesia telah banyak memperoleh penghargaan dari acara-acara besar baik dalam maupun luar negeri.

Tarian Daerah Indonesia dan Asal Provinsi

Berikut ini adalah daftar tari yang ada di negara Indonesia yang akan kami tampilkan dalam model tabel, antara lain.

[table id=tari /]

1. Tari Serimpi (Tarian daerah Yogyakarta)

tarian daerah indonsia

Yogyakarta merupakan salah satu kota besar yang menjadi salah satu destinasi wisata yang paling diminati oleh wisatawan mancanegara atau wisatawan lokal.

Salah satu yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan merupakan tradisi adat istiadat yang masih kental. Salah satunya merupakan tarian daerah atau tari tradisional yang dimiliki oleh Yogyakarta.

Tari serimpi merupakan tarian yang biasanya digunakan dalam acara adat atau upacara-upacara besar di Keraton.

Tari serimpi merupakan tari yang sifatnya sakral sehingga setiap penari yang ingin menarikan tari ini dan mempersembahkannya dalam upacara-upacara adat keraton merupakan orang-orang yang terpilih dan bukan merupakan orang dari kalangan sembarangan.

Biasanya orang yang menarikan tari serimpi merupakan keturunan atau kerabat dekat dari kerajaan di Keraton.

2. Tari Yapong (Tarian daerah Jakarta)

tarian daerah indonesia

Tari yapong merupakan tari yang berasal darian daerah Jakarta dimana tari ini sangat kental akan adat masyarakat Betawi.

Ciri khas dari tari yapong yang berasal dari Jakarta yaitu tariannya dengan menggunakan ekspresi keceriaan dari si penari yang menggambarkan keceriaan masyarakat Jakarta.

Tarian yapong sendiri diiringi oleh berbagai jenis musik tradisional khas Betawi yang berasal dari alat musik rebana. Musik rebana inilah yang menjadi iringan dari setiap gerakan yang dilakukan oleh penari.

Baca Juga : Tari Tradisional Indonesia

3. Tari Musroh (Tarian daerah Papua)

tarian daerah indonesia

Tari musyoh merupakan tari yang berasal darian daerah Papua, tari musyoh merupakan tarian sakral yang biasanya dipertunjukkan apabila terdapat sana saudara ataupun kerabat yang meninggal dunia dalam kecelakaan yang parah sehingga mengakibatkan arahnya tidak tenang.

Tari musyoh dilakukan dengan gerakan yang lincah dan energik, hal ini yang membuat tarian daerah Papua yang satu ini menjadi unik serta kostum yang digunakannya pun sangat khas dengan takwa seperti rok rumbai serta peralatan seperti tombak.

4. Tari gambyong (Tarian daerah Jawa Tengah)

tarian daerah indonesia

Tari gambyong merupakan tari yang berasal dari Jawa tengah. Sifat masyarakat Jawa tengah digambarkan dengan tari gambyong seperti keluwesan an yang dimiliki oleh masyarakat Jawa.

Sebenarnya Tari gambyong merupakan tari yang berasal dari Surakarta, dan menjadi tari khas provinsi Jawa tengah.

Tari gambyong dilakukan dengan menggerakkan kepala, tangan sampai kaki. Tari gambyong biasanya selalu mengarah pada lekukan jari-jari tangan dengan lembut.

Tari gambyong sendiri biasanya dilakukan atau dipertunjukkan dalam acara-acara adat yang sakral seperti acara penyambutan tamu upacara keagamaan dan dapat pula dipertunjukkan pada acara pernikahan.

Penari melakukan gerakan tari gambyong dengan diiringi oleh alunan musik gamelan, yang mana musik gamelan sendiri merupakan musik khas daerah Jawa tengah.

Ciri khas dari model Tari gambyong selain terletak pada alunan musik yang mengiringinya juga terletak pulau pada pakaian atau busana yang dikenakan oleh penari gambyong. Busana tersebut antara lain seperti selendang, kebaya kemben, jarik, dan aksesoris yang lainnya.

5. Tari Saman (Tarian daerah Aceh)

tarian daerah indonesia

Tari Saman Aceh merupakan salah satu tarian daerah yang yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia bahkan sampai dunia.

Tari ini adalah tari yang berasal darian daerah Aceh dan pada tari ini dipertunjukkan oleh banyak anggota. Biasanya tari saman dipertunjukkan dalam upacara-upacara adat dan acara keagamaan.

Cara menarikan tari saman sedikit berbeda dengan tarian daerah jenis yang lainnya, tari saman ditarikan dengan posisi duduk dan anggotanya ditata secara rapi dengan berjajar.

Tari saman merupakan tarian yang terdiri dari banyak anggota namun jumlah anggota penari saman haruslah ganjil. Itulah menjadi salah satu keunikan dari tari saman.

Selain itu tari Saman tidak diiringi dengan lantunan musik, penari Saman menari dengan diiringi musik yang dibuat sendiri yang berasal dari hari pukulan tangan yang seragam.

Baca Juga : Tari Tradisional Aceh

6. Tari Sekapur Sirih (Tarian daerah Jambi)

tarian daerah indonesia

Tari sekapur sirih merupakan tarian yang diciptakan oleh seniman yang berasal dari Jambi, hal itulah yang menjadikan tari sekapur sirih merupakan tari khas daerah Provinsi Jambi.

Tari sekapur sirih diiringi dengan alunan musik tradisional khas melayu Jambi dengan gerakan sembah tinggi, berputar, merentang kepak, bersolek dan melenggang.

Biasanya tari sekapur sirih dipertunjukkan dalam acara adat dalam penyambutan tamu yang menggambarkan akan nilai-nilai kehidupan dari masyarakat melayu.

Selain itu, setiap gerakan yang ada di dalam tari sekapur sirih juga menggambarkan budaya yang dimiliki oleh masyarakat melayu di Provinsi Jambi.

7. Tari Reog Ponorogo (Tarian daerah Jawa Timur)

tarian daerah indonesia

Tari reog Ponorogo adalah tarian daerah Jawa Timur yang telah banyak dikenal oleh masyarakat dengan nuansa yang mistis. Tarian reog Ponorogo diperankan oleh sosok warok dan gemblak. Inti dari tarian reog Ponorogo menggambarkan kisah percintaan atau kisah seorang pendekar.

Tari reog Ponorogo biasanya ditampilkan atau dipertunjukkan pada acara-acara adat masyarakat atau acara keagamaan. Biasanya tari reog Ponorogo dipertunjukkan dalam acara seperti pernikahan, khitanan atau acara-acara besar masyarakat dari Ponorogo, Jawa Timur.

Berat dari topeng yang dikenakan oleh penari reog Ponorogo atau yang lebih dikenal dengan barong ukurannya cukup besar yang memiliki tinggi kurang lebih 1-2 m dan berat badan sekitar 50-60 kg.

Baca Juga : Tari Tradisional Jawa Timur

8. Tari Kecak (Tarian daerah Bali)

tarian daerah indonesia

Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang yang populer di kalangan wisatawan mancanegara. Dan Salah satu tarian yang menjadi ciri khas dari pulau bali adalah tari kecak.

Tari kecak sendiri merupakan tarian daerah Bali yang menggambarkan cerita serta tokoh dari pewayangan Ramayana. tari kecak memadukan gerakan yang sakral dan artistik namun dipenuhi oleh makna dalam setiap gerakan.

Seperti halnya dengan tari saman, dalam melakukan gerak tari tarian kecak tidak menggunakan alunan musik. Suara yang dijadikan sebagai musik berasal dari gelang yang dikenakan oleh para penari yang diletakkan di pergelangan kaki mereka.

Tari kecak juga dipertunjukkan dengan menggunakan busana yang sesuai dengan setiap tokoh pewayangan yang diperankan.

Properti tambahan yang digunakan antara lain seperti bunga kamboja yang diletakkan pada salah satu telinga penari. Bunga kamboja dijadikan sebagai properti dikarenakan hari ini salah satu ciri khas dari pulau Bali.

Baca Juga : Tari Tradisional Bali

9. Tari Piring (Tarian daerah Sumatera Barat)

tarian daerah indonesia

Tari piring yang berasal darian daerah Sumatera Barat merupakan salah satu tarian daerah yang telah banyak diketahui oleh masyarakat Indonesia. seperti namanya tari piring di lakukan dengan menggunakan properti piring yang berasal dari Sumatera Barat.

Setiap penari tari piring diharuskan untuk membawa 2 buah piring yang diletakkan pada kedua telapak tangannya. Piring-piring yang diletakan dalam ditangan setiap penari jangan sampai jatuh, sehingga tarian ini biasa dilakukan oleh orang-orang yang sudah terlatih atau terbiasa.

Gerakan tangan yg terdapat piring-piring secara perlahan, lembut serta teratur. Tari piring video oleh alunan musik khas dari Sumatera, yang membuat tarian ini semakin kental akan adat budaya Sumatera.

Kisah nyata di piring dipertunjukkan dalam acara-acara kebudayaan masyarakat setempat.

10. Tari Tor-Tor (Tarian daerah Sumatra Utara)

tarian daerah indonesia

Tari tor-tor merupakan tarian yang diiringi oleh alunan musik Gondang. Tari ini merupakan salah satu kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat batak.

Alunan musik dalam tarian tor-tor dan pakaian yang dikenakan dalam menari tari tor-tor makanan khas tradisional dari suku Batak. Kain yang dipakai sendiri berana kain ulosm kain ulos yang biasa dipakai oleh penari tor-tor biasanya didominasi oleh warna hitam dan warna merah.

Tari tor-tor biasanya dipertunjukkan dalam acara sakral atau upacara adat. Dan biasanya juga pertunjukan untuk menghormati sang pencipta dan para leluhur dari masyarakat Sumatera Utara.

Demikian yang dapat saya sampaikan tentang tarian daerah Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya akan keragaman buadaya, suku bangsa, dan agama. Salah satu kekayaan Indonesia pada bidang budaya merupakan tari yang dimiliki oleh setiap daerah yang berbeda-beda.

Oleh karena itu kita sebagai warna negara Indonesia harusnya bangga dan menjunjung tinggi nilai budaya yang kita miliki. Semoga artikel yang saya sampaikan dapat bermanfaat. Sekian, terimakasih.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Kantor
Kantor Daftar Harga Lift Kantor Terbaru Beserta Kapasitasnya

Untuk memudahkan mobilitas biasanya gedung perkantoran dilengkapi dengan lift. Harga lift kantor ya

Kantor
Kantor Model & Jenis Pintu Kaca Kantor Serta Plus Minusnya

Pintu kaca kantor membuat interior ruangan nampak lebih bersih. Pilihan model beragam dan jenisnyap

Kamar Tidur
Kamar Tidur Posisi dan Standar Ukuran Meja TV Kamar Tidur Ideal

Di kamar tidur biasanya diletakan TV agar lebih leluasa menikmati acar TV di atas kasur. Hadirnya m

Fasad
Fasad 8 Inspirasi Rumah Atap Cor Sederhana Untuk Konsep Minimalis

Keunggulan rumah atap cor sederhana adalah memiliki atap datar dan mudah untuk perombakan bangunan.

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 10 Inspirasi Keramik Dinding Kamar Mandi Biru yang Menenangkan

Keramik dinding kamar mandi biru sering dianggap pilihan terbaik karena mendukung rasa tenang dan a

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia