Pinhome

Tentang Grafologi, Ilmu Membaca Tanda Tangan

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 8 January 2021 ∙ 7 menit membaca

Siapa yang menyangka bahwa tanda tangan ternyata bisa untuk membaca karakter orang lain hanya dengan melihat dan sedikit membaca pola tanda tanganya saja. Tanda tangan sendiri merupakan suatu produk yang unik. Dan sisi lain tanda tangan juga merupakan salah satu bentuk identitas tertulis dari seseorang.

Dan dalam hal lain tanda tangan juga merupakan suatu hasil perpaduan pembelajaran (disebut potensi kecerdasa), pola afeksi (emosional), dan kecenderungan respon.

Disini kita akan sedikit mempelajari tentang ilmu membaca tanda tangan atau bisa disebut grafoligi. Grafologi ini pertama di temukan sekitar 1000 masehi di daratan Cina dan kemudian di sempurnakan oleh seseorang berkebangsaan Perancis bernama Abbe Jean Hyppolyte Michon pada tahun 1875.

Grafologi sendiri merupakan suatu metode ilmiah yang digunakan untuk mengenali, mengetahui, dan mengevaluasi kepribaian seseorang. Metode yang digunakan melalui proses penarikan dan pola yang di tampilkan oleh tulisan tangan kita.

Secara tidak sadar ketika kamu menulis, kamu bisa mengindikasikan banyak kondisi mengenai kepribadianmu. Lebih-lebih bisa dikatakan hanya dari satu tulisan bisa di ketahui hampir 5000 kepribadian yang berbeda.

Yang jarang banyak orang ketahui ketika gerak otot halus jari jemari kita ketika saat menulis. Merupakan perwujudan dari gerak refleks otot halus atas stimulus alam bawah sadar kita, atau bisa di sebut dengan Ideo Motor Responses (IMR).

Oleh sebab itu gerakan spontan atau otomatis dari tulisan tangan kita akan mengungkapkan secara jujur tentang apa yang sedang dalam pikiran bawah sadar. Tanpa sadar apa yang kita pikirkan.

Dalam dunia medis juga penggunaan tulisan tangan sangatlah membantu untuk mengalisa diagnosa dan mengetahui penyakit apa yang di derita seseorang.

Nggak nyangka kan? Nah sekarang kali ini saya akan membahas dan mengajak kalian untuk menulusuri tentang kepribadian dan karakter kamu dengan melihat dan menganalisa tanda tangan.

Berikut ini merupakan cara-caranya! Simak terus ya!

1. Membaca Tanda Tangan dengan Keterangan Nama yang Jelas

Tanda tangan seperti ini bisa menjadi tanda jika kamu ternyata mempunyai tingkat percaya diri yang tinggi. Dan lebih-lebih kamu menunjukan sifat ekspresif kamu dengan menonjolkan nama depanmu.

2. Dilihat dari Ukuranya

Cara yang kedua kamu bisa melihat besar ukuran tanda tanganmu. Jika goresan tintamu tintamu lebih besar dari pada hasil tulisan di atasnya, itu menunjukan bahwa kamu memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Dan jika goresan tanda tanganmu lebih besar lagi makan dapat diartikan bahwa kamu merupakan orang yang egois, terlalu percaya diri, manipulatif, dan suka mencari perhatian orang lain.

3. Peletakan Tanda Tangan dengan Tulisan

tanda tangan
(pixabay.com)

Lihatlah peletakan tanda tanganmu dengan tulisan. Jika kamu menempatkanya di atas tulisan, itu bisa menandakan bahwa informasi yang kamu sampaikan tidak semuanya benar. Bahkan kamu sendiri merasa ragu atas informasi yang kamu tuliskan sendiri.

Atau bisa juga kamu mengatakan info yang tidak benar atau bohong. Nah looh ! Sekarang mungkin kalian harus berhati-hati ya jika ingin berbohongt ternyata bisa di lihat dengan gampang.

Namun sebaliknya jika tanda tanganmu berada di dekat tulisan. Itu berarti bahwa informasi yang kamu tulis di dalamnya sangat dekat denganmu atau malah semua benar.

Semakin tanda tangan dekat dengan tulisan semakin juga kamu yakin terhadap apa yang kamu berikan berikan merupakan hal yang benar dan jujur.

5. Posisi Tanda Tangan Berada di Kanan

Mungkin jika kamu adalah orang yang menggoreskan tanda tangan di posisi kanan dan jarak yang ideal baik dengan kalimat terakhir, itu menandakan bahwa kamu adalah seorang sosok yang mudah bersosialisai dan seorang yang berinisiatif yang bagus.

6. Poisi Tanda Tangan Terlalu Kanan

Sedikit berbeda dengan keterangan di atas, bilamana torehan tintamu berada di posisi terlalu kanan hingga sejajar dengan batas akhir tulisan. Itu menunjukan bahwa kamu adalah seseorang yang hiper aktif, tidak sabaran, dan lebih tidak suka dengan peraturan yang berlaku

Baca Juga: Jenis Ukuran Pintu Kamar Mandi

7. Posisi Tanda Tangan Berada di Kiri

tanda tangan
(notepam.com)

Posisi torehan tinta terletak terlalu kiri, itu berarti jika kamu adalah termasuk orang yang kurang percaya diri. Wiiih ! Mulai sekarng buat kalian bisa mengevaluasi diri. Apakah itu benar-benar fakta, jika benar tenang aja masih ada waktu untuk merubahnya.

8. Di Akhiri oleh Titik

Jika di akhir tanda tanganmu kamu beri titik dan juga tanda tangan tersebut bukan kependekan dari nama kamu. Itu menunjukan bahwa pribadi kamu yang mudah curiga kepada orang lain.

Tapi jika kamu sudah percaya dengan seseorang, aku akan menaruh kepercayaan yang tinggi kepada orang lain, dari situ biasanya kamu sering dimanfaatkan oleh orang lain.

9. Tanda Tangan yang Tidak Terbaca

Tanda tangan yang tdak terbaca atau abstrak mengartikan bahwa kamu mempunyai kepribadian yang tertutup, sehingga orang lain tidak mudah mengerti apa yang kamu pikirkan.

10. Tanda Tangan Berbentuk Lancip atau Tajam

tanda tangan
(infospesial.net)

Kalau kamu menemukan seseorang atau bahkan kamu sendiri bertanda tangan lancip atau bisa disebut juga seperti gambar rumput. Bisa di artikan jika kamu merupakan orang yang cerdas, semangat, agresif, berani, dan kelihatan berwibawa serta berpendidikan.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Saluran Paralon Mampet

11. Tanda Tangan yang Mengarah Naik

tanda tangan
(commons.wikimedia.org)

Biasanya orang yang memiliki tanda tangan yang mengarah keatas merupakan orang yang memiliki ambisi tinggi. Selain itu juga di torehan tinta tersebut juga menandakan jika kamu merupakan orang yang tidak pantang menyerah sebelum tujuanmu tercapai.

Bukan hanya itu saja orang yang memiliki tanda tangan seperti itu juga merupakan orang yang ramah, hangat, dan peduli dengan orang lain.

Baca Juga: Kenali Rumah Adat NTT

12. Tanda Tangan yang Cenderung Menurun

Torehan tinta yang menurun adalah sebuah tanda jika kamu sedang mengalami depresi dan merasa lelah dengan hasil yang kamu capai, bahkan kamu juga bisa di bilang putus asa dalam hidup.

13. Tanda Tangan Bergaris Bawah

tanda tangan
(bagiinfo.com)

Kalo kamu termasuk orang orang yang menggunakan garis dibawah tulisanmu itu mengartikan jika kamu adalah orang yang penuh akan keyakinan. Ulet dan tidak mudah menyerah.

Bahkan ketika kamu memulai dari awal lagi semangat membara tetap berada dalam dirimu. Selain itu kamu juga memiliki sifat kepemimpinan yang membuat orang di sekitarmu selalu berfokus kepadamu.

Tapi ada yang perlu diperhatikan lagi, bilamana garis bawah yang kamu torehkan adalah pendek maka kamu adalah orang yang bersifat bossy atau suka menyuruh, dan cenderung diktator.

Baca Juga: Kenali dari Keunikan Rumah Batang Uluk Palin

14. Tanda Tangan Disertai Penekanan Kuat

Bila kamu memiliki kebiasaan dengan menggunakan penekanan yang kuat di dalam tulisan maupun tanda tangan. Itu menjadi sebuah tanda bahwa kamu adalah orang yang memiliki sebuah komitmen yang tinggi, perfectionis, dan memiliki kecenderungan yang serius dalam beberapa hal.

Tapi jika terkanan tersebut terlihat terlalu kuat, itu bisa menjadi tanda bahwa kamu adalah orang yang cenderung sensitif dan tidak begitu rileks.

Baca Juga: 17 Manfaat Gas Alam untuk Makhluk Hidup

15. Penekanan Ringan pada Tanda Tangan

tanda tangan
(pixabay)

Ini adalah kebalikan dari keterangan di atas, andaikata kau termasuk orang yang memiliki gaya tulisan atau tanda tangan yang penulisanya ringan dan tipis, itu dapat mendiskripsikan bahwa kamu adalah orang yang sangat berempati dan sensitif.

Tetapi juga tidak suka menghabiskan tenaga dan waktu yang percuma dalam hidupmu.

Baca Juga: Kenali Macam-macam Lem untuk Kerajinan

Tips Membuat Sebuah Tanda Tangan Menurut Grafologi

tanda tangan
(pixabay)

Untuk kamu yang ingin membuat sebuah tanda tangan yang baru, ada beberapa aspek yang harus di perhatikan.

Tips pertama tulis tanda tanganmu yang jelas dan mudah terbaca. Memiliki konsisten dan seirama dengan tulisan tangan. Usahakan Tanda tanganmu sedikit lebih besar daripada tulisan tanganmu.

Di awal mulai huruf pertama 2-3 kali lebih besar dari huruf-huruf berikutnya. Dan yang penting jangan sampai kamu mencoret nama kamu apabila kamu ingin menambah garis bawah dari kiri ke kanan.

Dari beberapa poin yang kita bahas diatas apakah kamu sudah bisa mengetahui kepribadianmu ? atau karakter dirimu ? Ada banyak cara mengetahui dan melihat karakter seseorang salah satunya adalah menggunakan tulisan tangan seperti ini.

Dan perlu di ingat setiap orang memliki keunikan sendiri-sendiri, dan penilaian diatas mungkin hanya dapat melihat secara persepektif general saja, dan mungkin juga tidak benar dan valid menunjukan karakter orang secara detail.

Sekian pembahasan dari tanda tangan ini semoga bermaanfaat !

Baca Juga: Apa Akibatnya Jika Masyarakat Kekurangan Air Bersih

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Lifestyle
Lifestyle Luas dan Mewah, Rumah Andre Taulany yang Bergaya American Modern

Pins, apa yang muncul di benak kamu jika nama Andre Taulany disebut? Wah, mungkin beberapa dari kam

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia