Tanaman yang Ditakuti Ular dan Bisa Mengusirnya

Pinhome

10 Tanaman yang Ditakuti Ular dan Bisa Mengusirnya!

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 17 December 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins pernah mendengar mengenai ular yang ditemukan dalam kompleks perumahan? Hewan melata satu ini memang sering ditemukan di hutan ataupun kebun yang mempunyai tanaman yang lebat. Namun, kehadirannya di rumah bisa terjadi kapan pun. Hal tersebut bisa dikarenakan oleh banyak faktor. Mulai dari banjir, pekerjaan proyek galian, hingga rumah di daerah dekat gunung. Tapi Pins tidak perlu khawatir, Pins bisa mencegahnya dengan menanam jenis tanaman yang ditakuti ular.

Pinhome – Hobi mengoleksi ragam tanaman di rumah memang tidak hanya bermanfaat pada unsur estetika rumah. Tanaman dapat membuat sirkulasi udara di rumah lebih baik dan beberapa tanaman mempunyai manfaat yang menarik. Tanaman yang ditakuti ular salah satunya. Jenis tanaman ini bisa sekaligus melindungi penghuni dari bahaya hewan melata satu ini. Apa saja jenis tanaman yang ditakuti ular, simak langsung yuk ke-10 jenisnya.

Baca Juga: Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Ular Masuk Ke Rumah

Tanaman Serai

(Wikimedia)

Pertama adalah tanaman serai. Sering disebut pula dengan sereh, tanaman satu ini biasa digunakan untuk bumbu dapur. Namun, khasiatnya tidak hanya sebagai penambah rasa dalam masakan, serai juga bisa mengusir hewan-hewan yang tidak diinginkan berada di rumah. Salah satunya adalah ular. Salah satu jenis tanaman yang ditakuti ular ini mengeluarkan bau yang menyengat yang tidak disukai oleh ular.

Tanaman yang Ditakuti Ular Jenis Kaktus

(Unsplash)

Mengenal ragam tanaman kaktus memang sangat menarik untuk diulas. Salah satu jenis tanaman hias ini berpenampilan menarik dan tentunya selalu menambah estetika dari ruang. Tidak heran banyak yang menggemarinya sebagai tanaman yang dapat menghiasi hunian. Nah, yang tak kalah menarik, kaktus juga menjadi salah satu tanaman yang ditakuti ular. Tanaman satu ini memiliki ciri fisik yang tajam dan berduri. Hal tersebut membuat ular pergi jauh-jauh.

Bunga Marigold

(Unsplash)

Keindahan bunga marigold memang tidak ada duanya. Bunga cantik berwarna kuning ini sangat menarik perhatian manusia. Walaupun sangat indah dan menawan, ternyata ular enggan mendekatinya. Aroma kuat yang timbul dari bunga marigold ternyata tidak disukai oleh ular. Tidak hanya itu Pins, aroma kuat tersebut juga dapat mengusir serangga yang mengganggu kenyamanan.

Tanaman Lidah Mertua

tanaman yang ditakuti ular
(Lazada)

Jenis tanaman yang ditakuti ular selanjutnya adalah tanaman lidah mertua. Tanaman lidah mertua mempunyai karakter yang keras dengan ujung yang meruncing. Dari jauh akan terlihat menarik tetapi justru ditakuti oleh ular. Dengan menanam tanaman lidah mertua di rumah, ular dan serangga akan menjauh. Lidah mertua mengeluarkan oksigen dalam jumlah tinggi yang tidak disenangi oleh ular. Jangan lupa tempatkan pada area taman, sudut-sudut ruang lembap hingga teras.

Kecubung Pendek

tanaman yang ditakuti ular
(Greeners)

Tanaman satu ini memang merupakan jenis tanaman yang cukup berbahaya. Hal tersebut dikarenakan tanaman ini mengandung beberapa zat yang termasuk dalam kategori narkotika. Aroma kuat yang cenderung dikeluarkan tanaman menyimpan zat halusinogen, skopolamin hingga atropine. Walaupun begitu, tanaman tersebut dapat mengusir ular dengan bau busuk yang ular tidak sukai.

Tanaman yang Ditakuti Ular Jenis Bawang-Bawangan

tanaman yang ditakuti ular
(Gettyimages)

Jenis tanaman yang ditakuti ular berikutnya hadir dari jenis bawang-bawangan. Kamu bisa menanam bawang putih maupun bawang merah di rumah. Tanaman satu ini selain bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, bawang juga sangat ditakuti oleh ular. Baunya yang cukup menyengat membuat ular enggan mendekati. 

Baca Juga: Cara Menanam Bawang Putih di Polybag

Agapanthus

tanaman yang ditakuti ular
(drboomslang)

Bunga agapanthus berasal dari bahasa Yunani. Tanaman ini juga sering disebut sebagai bunga lily yang berasal dari Afrika. Bunga dengan warna cantik biru keunguan dan putih ini masuk dalam jenis tanaman yang ditakuti ular. Bunga Agapanthus mengeluarkan bau yang cukup menyengat yang ular tidak sukai. Meski demikian, bunga ini bisa membantu menyembuhkan penyakit sinusitis pada manusia lho!

Selasih

tanaman yang ditakuti ular
(Bibit Online)

Tanaman selasih terkenal dengan bijinya yang bisa Pins konsumsi. Biasa berada dalam minuman ini, tanaman selasih ternyata juga ditakuti oleh ular. Selasih mengeluarkan aroma kuat mirip dengan kemangi. Coba taruh tanaman ini pada beberapa sudut maupun sarang ular, dijamin ular akan menjauhinya dan mencari tempat lain. 

Jeruk Purut

tanaman yang ditakuti ular
(Kampus Tani)

Ternyata tanaman satu ini bukan hanya menjadi salah satu nama tempat peristirahatan terakhir Pins. Tanaman Jeruk Purut justru mempunyai khasiat menarik dalam mengusir ular yang berada di sekitar lingkungan rumah. Bila Pins menanam di lingkungan rumah, ular akan menjauhinya dari bau yang keluar. Namun, tetap perhatikan cara merawatnya ya Pins, yaitu dengan bantuan sinar matahari. Dengan cahaya sinar matahari yang cukup, tanaman ini akan tumbuh dengan baik.

Lavender

tanaman yang ditakuti ular
(Southernliving)

Terakhir adalah tanaman Lavender. Tanaman lavender memang memiliki manfaat ganda yang dapat membuat tubuh lebih baik. Aroma dari lavender dapat membuat tubuh rileks dan tenang. Tidak heran banyak yang menggunakannya sebagai salah satu bahan alami dalam minyak atsiri. Meskipun begitu, bunga lavender juga termasuk dalam jenis tanaman yang ditakuti ular. Wangi yang dianggap harum oleh manusia justru tidak disukai oleh ular.

Itulah beberapa jenis tanaman yang ditakuti oleh ular. Mayoritas mengeluarkan bau yang tidak sedap dan menyengat. Walaupun untuk manusia tergolong dalam jenis tanaman yang harum, namun bagi ular adalah hal yang perlu dijauhi. Semoga bermanfaat dan tetap berhati-hati ya Pins!

Baca Juga: Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Tuntas


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel