Pinhome

Tanaman Toga | Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Dipublikasikan oleh Devi Nuraini Amalia ∙ 18 September 2021 ∙ 13 menit membaca

Tanaman Toga atau Tanaman Obat Keluarga – Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa banyak tumbuhan yang kita kira sering tumbuh secara liar tidak punya manfaat. Padahal jika di telusuri setiap tumbuhan tersebut memiliki khasiat yang sangat tinggi.

Bahkan sejak zaman dahulu sudah di olah untuk di jadikan pengobatan tradisional. Tanaman- tanaman ini masuk di kategorikan sebagai tanaman obat keluarga atau bisa juga disebut toga. Pins pasti banyak yang bertanya apa yang dinamakan toga dan apa saja jenisnya. Berikut ini akan kami jelas secara lengkap.

Pengertian Tanaman Toga

Tanaman obat keluarga

Tanaman obat keluarga adalah sebutan kepanjangan dari Toga sendiri. Toga adalah tanaman obat yang memiliki berbagai khasiat sebagai obat untuk memenuhi kebutuhan obat-obatan keluarga. Pada dasarnya tanaman ini di tanam di sebidang tanah yang berada di lingkungan sekitar rumah.

Tak hanya untuk keluarga obat-obatan tersebut juga bisa di salurkan ke masyarakat guna untuk menekan angka penggunaan obat kimia yang sekarang sedang marak digunakan oleh masyarakat.

Sejarah Tanaman Toga

Pada zaman dulu seperti ketika zaman Mesir Kuno, Yunani Kuno, Cina, dan Inggris sudah mengenal manfaat tanaman-tanaman ini sejak dulu. Di zaman ini obat-obatan dari tumbuhan digunakan oleh tabib sebagai penyembuh penyakit masyarakat.

Bahkan, ketika zaman Mesir kuno tanaman-tanaman ini digunakan untuk menyembuhkan budak ketika sedang sakit. Karena dulu pengobatan ini sangatlah di segani oleh masyarakat, bangsawan Cina pada masa itu pun juga memiliki tabib pribadi untuk pengolahan obat-obatan dari tumbuhan.

Di Indonesia sendiri, pemanfaatan dari tanaman obat keluarga ini mulai dilakukan ketika abad 17. Salah seorang ahli botani Jacobus Rontius mulai memperkenalkan sebuah buku yang berisi tentang ilmu pengobatan dengan menggunakan tanaman.

Buku tersebut berjudul De Indiae Untriusquere Naturali et Medica. Dalam buku tersebut ia menjelaskan manfaat dari sekitar 60 jenis tanaman obat yang bisa dimanfaatkan. Berawal dari itu mulai berkembangnya penelitian tentang obat-obatan dari tanaman dengan sebagai dasar buku tersebut.

Pada tahun 1888 di Kebun Raya Bogor di bangun sebuah tempat penelitian tentang tanaman obat oleh soarang peneliti yang bernama N.A. van Rheede tot Draakestein untuk dijadikan sebagai salah satu wilayah dari kebun tersebut. Jadi, tak ayal jika sampai sekarang obat-obatan dari tumbuhan masih saja tetap ada dan banyak peminatnya.

Manfaat Tanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga)

Banyak sekali pemanfaatan dari tanaman-tanaman obat ini. Pada hakikatnya tanaman ini digunakan untuk memenuhi masalah kesehatan dengan cara tradisional. Peranan dari tumbuhan ini pun juga sangat membantu untuk pemenuhan upaya-upaya kesehatan masyarakat selain menggunakan obat kimia.

Pemanfaatan tumbuhan ini biasaya kebanyakan digunakan untuk mengobati penyakit ringan seperti demam, panas, sakit perut, gatal-gatal, batuk, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain penyakit-penyakit yang ringan seperti itu banyak juga orang yang memanfaatkan toga sebagai sarana mengobati penyakit yang di anggap sedikit berbahaya sperti stroke dan diabetes. 

Karena dianggap tidak begitu beresiko besar sekarang mulai banyak penanaman tumbuhan obat di lingkungan masyarakat. Tak hanya itu juga tanaman obat ini juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis jika pemanfaatanya secara maksimal.

Baca juga: 7 Panduan Cara Menanam Anggrek yang Efektif (Cepat Berbunga)

Fungsi Tanaman Tanaman Obat Keluarga

Fungsi-fungsi yang kita dapat dengan membudidayakan tumbuhan ini adalah salah satu seperti yang di jelaskan di atas untuk membantu upaya-upaya kesehatan masyarakat. Kesehatan masyarakat tersebut meliputi :

  • Upaya pencegahan.
  • Usaha meningkatkan dan menjaga kesehatan.
  • Cara penyembuhan penyakit.
  • Sarana pelestarian alam.
  • Penghijauan lingkunga.
  • Menambah keindahan lingkungan.

Macam-Macam Tanaman Obat Keluarga (Toga)

1. Manfaat Buah Alpukat

Alpukat mungkin semua orang sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Rasanya yang lezat dan banyak mengandung vitamin. Siapa yang menyangka dalam buah ini terkandung banyak manfaat yang tersembunyi. Buah ini ternyata banyak mengandung lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolestrol pada tubuh, dan juga mempunyai zat yang dapat meningkatkan hormon insulin untuk mengatur gula darah.

Baca juga: Cara Menanam Alpukat agar Hasilnya Berkualitas

2. Manfaat Daun Sambi Loto

Mungkin banyak orang kurang mengerti tumbuhan ini, padahal mungkin di lingkungan rumah sering tumbuh. Manfaat yang banyak dari tanaman sambi loto ini adalah sebagai penurun demam, sakit perut, dan kembung. Selain itu tanaman sambi loto ini juga dipercaya bisa menurunkan tekanan gula darah dalam tubuh.

Baca juga: 5 Tips dan Cara Menanam Rumput Gajah Mudah Untuk Hiasan di Rumah

3. Khasiat Temu Lawak

Tumbuhan temu lawak adalah salah satu rempah yang hidup di Indonesia, tumbahan ini sangat banyak mengandung manfaat bagi kesehatan. Di antara penyakit yang bisa disembuhkan oleh tanaman ini yaitu masuk angin, memperlancar pencernaan, menjaga kesehatan hati, mengatasi penyakit ginjal, dan masih banyak khasiat yang lainnya.

4. Buah Ceplukan

Cepuklan adalah tanaman yang sudah femiliar bagi sebagian orang. Tanaman yang mempunyai rasa yang enak dan di sukai anak-anak ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Siapa sangka tumbuhan yang sering tumbuh di sawah ini bisa mengobati penyakit yang kebanyakan orang tidak menganggap remeh penyakit ini. Seperti penyakit asma, radang tenggorokan, dan kanker paru-paru.

5. Khasiat Ampuh Daun Kelor

Banyak orang mengenal daun kelor hanya untuk sebagai peluntur barang gaib, tepi ternyata segudang manfaat yang terkandung dalam daun ini banyak orang yang tidak tahu. Manfaat dari daun ini sendiri bermacam-macam mulai bisa menyembuhkan demam, menjaga metabolisme tubuh, membuat awet muda, dan bahkan juga bisa digunakan sebagai obat panyakit jantung.

Baca juga: Apa saja Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Kecantikan? Yuk simak

6. Tanaman Obat – Khasiat kunyit

Pasti semua orang sudah mengenal tumbuhan toga yang satu ini. Kunyit merupakan adalah sejenis akar yang mungkin bagi orang yang senang memasak biasanya dijadikan sebagai bumbu tambahan untuk menambah warna cantik. Selain itu, manfaat kunyit juga bisa untuk mencegah kanker, mencegah penyakit leukimia, menambah nafsu makan, dan bahkan mencegah penyakit jantung.

Baca juga: 5 Trik Mudah Cara Menanam Kunyit dalam Pot (Praktis Dan Sederhana)

7. Manfaat Daun Kumis Kucing untuk Pengobatan

Kumis kucing adalah tanaman obat keluarga selanjutnya. Mungkin sebagian orang sudah mengerti tentang tanaman ini. Karena tanaman ini sering tumbuh di sekitar kita. Banyak khasiat yang di dapat ketika kita mengonsumsi tanaman ini dengan rutin seperti tanaman ini bisa mengobati kencing batu, meredakan rematik, masuk angin, dan mengurangi resiko terkenanya penyakit diabetes.

Baca juga: Sejuta Manfaat Daun Sirsak untuk Menyembuhkan Berbagai Jenis Penyakit Mematikan

8. Tanaman Obat – Daun Andong

tanaman toga
Infokyai.com

Siapa yang tau tanaman andong yang biasanya hanya dibuat untuk hiasan pekarangan rumah ternyata memiliki manfaat yang banyak untuk kesehatan. Zat-zat yang terkandung dalam tanaman andong ini dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti diare, nyeri haid, wasir, dan juga radang gusi.

9. Manfaat Biji Mahoni

tumbuhan toga
SolusiSehatku.com

Tanaman mahoni adalah tanaman yang biasanya kayunya digunakan untuk industri meubel. kayu ini banyak tumbuh Pulau Jawa, Biji dari tanaman ini yang biasanya oleh masyarakat zaman dulu di percaya memiliki banyak manfaat. Beberapa manfaat dari biji mahoni ini adalah mencegah kolestrol, rematik, mengendalikan gula darah, dan masih banyak lagi yang lain.

10. Tanaman Toga – Seledri

Tanaman seledri adalah tanaman yang tidak asing bagi kita. Biasanya tanaman ini digunakan sebagai penyedap makanan. Tapi jangan salah sangka dulu ternyata tanaman ini juga menjadi salah satu obat alami. Seledri banyak mengandung vitamin, mineral, kalium, dan zat besi yang bagus untuk tubuh.

Selain itu, seledri juga bisa mengobati kekurangan darah atau anemia, untuk kecantikan kulit, memerangi kanker, dan masih banyak lagi yang lainya.

Baca juga: 5 Tips Mudah Cara Menanam Seledri Paling Sederhana (Petani Pemula)

11. Khasiat Daun Bayam Duri

tanaman toga

Tanaman toga yang satu ini biasanya tumbuh liar di sekitar rumah, semua orang mesti sudah mengetahuinya yaitu bayam duri. Terkadang orang menganggapnya sebagai tumbuhan yang tidak memiliki manfaat karena dari segi penampilan kurang meyakinkan. Padahal fungsi yang luar biasa jika bisa memanfaatkan tumbuhan ini.

Tanaman ini bisa menjadi penawar dari bisa ular, bisa juga sebagai pelancar ASI, sebagai pengobat bisul, dan juga masih banyak lagi yang lainya. Jadi jangan salah sangka kepada tanaman ini karena manfaatnya banyak sekali untuk kehidupan.

12. Tanaman Toga – Lidah Buaya

Lidah buaya adalah tanaman toga yang manfaatnya sudah teruji dari zaman nenek moyang. Khasiat yang di dapat dari tanaman ini adalah bisa menjaga kesehatan rambut, menjadi sarana peremajaan kulit, menghindarkan dari sembelit karena lidah buaya memiliki banyak serat, dan masih banyak lagi penyakit yang bisa di sembuhkan oleh lidah buaya.

13. Manfaat Daun Beluntas

Daun beluntas biasanya sering di manfaatkan untuk menjadi pagar rumah. Selain manfaat guna tanaman ini ternyata memiliki banyak manfaat, berbagai macam penyakit bisa di sembuhkan oleh tanaman ini.

Beberapa macam penyakit yang bisa disembuhkan dari daun beluntas diantaranya seperti keputihan, kembung, rematik, panas dan bahkan daun ini juga bisa menjadi solusi bagi orang yang bermasalah dengan bau badan. Dengan cara mengonsumsi dengan rutin daun ini.

14. Tanaman Obat Keluarga – Akar Alang-alang

Kebanyakan orang menganggap alang-alang sebagai gulma karena sering tumbuh liar di pekarangan rumah ataupun di kebun. Padahal banyak manfaat yang bisa kita jumpai untuk menunjang kesehatan kita. Alang-alang bisa mengobati penyakit keputihan dan kencing batu, tatapi selain itu juga alang-alang sering digunakan sebagai campuran minuman untuk mengatasi panas dalam.

15. Tanaman Toga – Daun Tempuyung

Daun tembuyung adalah daun yang biasanya tumbuh liar.. Tapi kini para produsen obar pabrikan sudh mulai menggunakan daun yang kaya akan manfaat ini sebagai obat. Pada dasarnya daun ini memang berasa pahit tapi kaya akan manfaat, beberpa manfaat dari daun tempuyung sendiri seperti mengobati bisul, kencing batu, wasir, dan juga darah tinggi.

16. Khasiat Daun Benalu

tanaman toga

Kita sering menjumpai beberapa tumbuhan di sekitar rumah kita di tempeli tumbuhan lain sebagai parasit. Biasanya kita secara tidak sadar kita yang sering membuangnya, ternyata tumbuhan ini memiliki banyak khasiat bagi tubuh dan juga mengobati beberapa penyakit.

Penyakit-penyakit yang bisa diobati oleh benalu ini adalah amandel, gangguan usus bahkan daun benalu ini juga di gunakan untuk mengobati penyakit yang sedikit berat seperti kanker dan tumor.

Baca juga: Manfaat Daun Binahong Untuk Lovebird

14. Bunga Cempaka Putih

tanaman toga

Buat kalian pasti bunga ini tidaklah asing karena baunya yang khas. Ternyata daun ini bukan hanya digunakan untuk pewangi tapi juga bisa menjadi obat. Tapi bungan ini juga bisa dioalah menjadi obat-obatan yang bosa kita gunakan sehari-hari seperti mengobati batuk, bau badan, sakit perut, dan juga keputihan. Banyak orang yang tidak tahu jika tanaman ini memiliki banyak manfaat.

15. Manfaat Bunga Turi atau Bunga Santan

Pasti sudah mengenal tanaman ini, biasanya banyak yang menanam di pekarangan rumah. Bunga dengan warna putih dan ungu ini selain digunakan untuk mempercantik pekarangan ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Salah satunya adalah bisa mengobati rabun senja, memabantu mempercepat penyembuhan luka, mengobati disentri, dan masih banyak lagi yang lainnya.

16. Khasiat Daun Dewa

tanaman toga
(Ilmu Kesehatan)

Dalam kalangan orang Jawa daun ini juga disebut sebagai daun sambung nyowo atau bisa di artikan sebagai daun penyambung nyawa. Tentu saja namanya dengan khasiatnya tidak jauh beda, beberapa manfaat dari daun ini adalah mengobati penyakit wasir, mencegah pertumbuhan sel kanker, tekanan darah tinggi, dan juga bisa menetralkan racun yang berada dalam tubuh.

17. Manfaat Daun Landep

tanaman toga

Tanaman ini sama halnya dengan tanaman beluntas, sejenis perdu yang digunakan untuk pagar di pekarangan rumah. Sebenarnya daun landep sendiri memiliki beberapa khasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Daun ini biasanya digunakan sebagai obat sakit pinggang, rematik, sakit perit, kudis, dan juga bisa mencegah cacingan. Tanaman yang tak terduga khasiatnya kan.

18. Tanaman Obat Keluarga – Daun Adem Ati

Mungkin sebagian orang sedikit asing dengan tumbuhan toga yang satu ini, tumbuhan adem ati biasanya di tanam di pekarangan rumah maupun sawah. Dari pohon yang bisa mencapa tinggi sekitar 10 meter ini kita bisa memanfaatkan menjadi obat untuk beberapa penyakit. Dengan mengolahnya tanaman ini bisa digunakan sebagai obat kencing manis dan radang usus, dan juga menyehatkan kulit.

19. Daun Adas

Selain di jadikan sebagai bumbu masakan tanaman ini juga termasuk tanaman toga. Tanaman yang banyak mengandung vitamin C ini biasanya digunakan untuk mengobati sakit mata, sesak nafas, diare, jantung lemah, dan juga sebagai pencegah pertumbuhan kanker.

20. Manfaat Jambu Biji

naaaah ! Ini dia tumbuhan yang sering kita jumpai di sekitar kita. Tanaman dengan buah yang sangat lezatini selain buahnya yang kaya akan vitamin tapi juga dipercya sebagai penyembuh demam berdarah. Selain itu juga daun dari tanaman ini juga bisa digunakan untuk mengatasi diare.

21. Daun Sirih

Siapa yang tak mengenal tanaman ini?. Pasti semua orang sudah mengenalnya, tanaman ini dipercaya sebagai obat untuk menjaga area kewanitaan. Selain itu juga khasiat daun sirih juga digunakan untuk menghilangkan bau tubuh dan sariawan.

22. Khasiat Temu Ireng

tanaman toga

Yang satu ini adalah tanaman yang tergolong tanaman rempah-rempah. Tanaman temu ireng biasaya digunakan sebagai obat penyembuh beberapa penyakit. Banyak orang menggunakan temu ireng sebagai obat rematik, pegal linu, encon dan juga digunakan sebagai obat penambah stamina.

24. Khasiat Jahe untuk Kesehatan

Jahe adalah salah satu tanaman toga yang tidak asing dan bahkan sangat kenal. Selain sebagai bumbu penyedap ternyata terdapat fungsi lain dari jahe yaitu sebagai tumbuhan obat keluarga. Manfaat yang dapat kita ambil adalah jahe bisa menyembuhkan penyakit asma, sakit tenggorokan, dan juga masuk angin bahkan jahe juga bisa mengatasi alergi terhadap makanan.

25. Khasiat Tanaman Lempuyang

Ini adalah salah satu tanaman yang digunakan sebagai obat pelangsing tubuh. Karena banyak manfaatnya tak jarang jika orang memanfaatkanya sebagai jamu. Lempuyang dipercaya sebagai obat kanker, diare, dan juga menambah nafsu makan. Tak ayal banyak orang yang mulai menanam tumbuhan ini sebagai konsumsi sehari-hari.

26. Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Biasanya di Jawa tanaman ini adalah favorit jika dibuat sebagai minuman. Termasuk rempah-rempah umbi, kencur memiliki banyak manfaat yang sangat luar biasa. Kencur biasanya digunakan untuk obat sakit kepala, batuk, dan biasanya digunakan untuk merileksan otot yang tegang setelah kecelakaan.

27. Tamanan Toga – Belimbing Wuluh

Blimbing wuluh adalah blimbing yang berbentuk kecil, biasanya digunakan menjadi bahan campuran untuk membuat makanan. Siapa sangka ternyata blimbing wuluh memiliki banyak manfaat. Karena kandungan vitamin C yang tinggi dan juga masih banyak kandungan lain. Khasiat dari blimbing wuluh adalah sebagai obat sakit gigi, sariawan, dan juga diabetes. Selain itu blimbing wuluh juga bisa untuk perawatan kecantikan kulit, dan masih banyak lagi.

28. Khasiat Daun Pacar Cina

Tanaman toga ini sangat sering di tanam di kebun dan pekarang rumah ini banyak terdapat di pulau Jawa. Pacar cina memiliki banyak manfaat seperti menyembuhkan batuk, bisul, dan perut kembung, selain itu pacar cina juga digunakan sebagai bahan campuran untuk menabah aroma pada teh.

29. Tanaman Obat Keluarga – Daun Cincau

Tanaman yang sering digunakan untuk membuat minuman cincau ini ternyata tidak hanya memiliki rasa yang segar tapi juga memiliki segudang manfaat. Manfaat cincau ini memiliki banyak manfaat seperti menjadi obat sakit diabetes, demam, dan tipes. Selain itu juga karena daun ini memiliki banyak kandungan serat menjadikan daun cincau bisa menjadi sarana untuk memperlancar pencernaan.

30. Khasiat Butrowali

Tanaman toga yang satu ini sangat berasa pahit. Namun dibalik rasa yang pahit ini tersembunyi banyak manfaat. Batang butrowali ini digunakan untuk mengobati penyakit malaria, kencing manis, rematik, dan juga bisa mengobati luka.

Kesimpulan

Masih banyak contoh tanaman toga yang berada di sekitar kita, dan juga banyak orang yang  masih jarang mengetahui tentang tananman-tanaman ini. Pengobatan yang menggunakan bahan alami adalah salah satu cara menjaga cara untuk mengurangi bahan kimia yang masuk dalam tubuh. Karena banyak dampak buruk jika kita mengkonsumsi banyak bahan kimia.

Baca juga:

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan Golden East Menganti dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Uncategorized
Uncategorized Bosan dengan dinding yang polos di bagian depan rumah? Keramik dinding teras rumah minimalis bisa jadi alternatif menarik.

Memasang keramik di dinding teras akan memberi wajah baru pada desain rumahmu. Alhasil, rumah minim

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia