Pinhome

15 Tanaman Hias Indoor yang Mudah Dirawat

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 19 October 2021 ∙ 7 menit membaca

Desain interior dalam rumah memiliki beberapa unsur sebagai pelengkap. Inilah mengapa peranan dari masing-masing komponen di dalamnya menjadi hal yang cukup diperhitungkan. Tanaman hias indoor yang dapat membuat sirkulasi udara dalam hunian lebih baik, ternyata pula dapat menambah estetika tinggi di dalam rumah.

Pinhome – Beberapa dari Pins pastinya sudah lebih memahami akan manfaat dari tanaman hias. Tanaman yang memang sedang happening ini, membantu kamu dalam mengatasi stres berlebih maupun membantu konsentrasi. Dengan merawat tanaman hias indoor maka Pins akan belajar banyak. Mulai dari bagaimana cara merawatnya dengan baik, hingga merasakan manfaatnya secara nyata. Nah, bagi Pins yang belum memiliki salah satu tanaman hias, coba simak 15 tanaman hias indoor yang mudah dirawat di bawah ini. Siapa tahu salah satunya ada yang kamu sukai.

Baca Juga: Jenis Tanaman Hias Daun Dan Gambarnya

Lidah Mertua

tanaman hias indoor
(Patch Plant)

Tanaman hias daun indoor satu ini dinamakan lidah mertua. Mempunyai ciri khas daun yang runcing dan panjang, tumbuhan satu ini berbentuk tegak lurus dan indah bila disandingkan dengan pot berwarna putih kekinian. Banyak pula yang menyebutnya sebagai snake plant, dikarenakan bentuknya yang menyerupai ular. Lidah mertua tidak mudah layu dan tergolong cukup mudah dalam perawatannya.

Peace Lily

tanaman hias indoor
(Botany Land)

Untuk Pins yang senang dengan tanaman yang berwarna cantik dan memiliki paras yang sempurna, kamu bisa memiliki peace lily di rumah. Daun berwarna hijau dengan bunga putih menghiasi, membuat ruang tamumu kian indah. Namun, untuk menghasilkan bunga yang sempurna, tumbuhan satu ini tergolong rumit. Pins perlu memperhatikan asupan sinar matahari, suhu, tanah bahkan cara memangkas daunnya. Bila terjadi kesalahan, peace lily enggan berbunga.

Monstera Deliciosa

tanaman hias indoor
(Kseniia Soloveva)

Hiasan dekoratif dari sebuah tanaman memang sangat menarik di tempatkan di dalam rumah. Salah satunya adalah tanaman hias daun indoor bernama monstera deliciosa. Daun lebar unik dengan bagian rongga pada tengah daun benar-benar sangat menarik perhatian. Hadir dari keluarga araceae, monstera masuk dalam kategori tanaman hias indoor yang mudah dirawat. Dikarenakan tidak memerlukan asupan cahaya matahari secara langsung, maka ia sangat cocok berada dalam ruangan. 

Tanaman Hias Indoor Lidah Buaya

tanaman hias indoor
(Getty Images)

Ingin rambut lebat dan indah? Tanaman lidah buaya selalu hadir sebagai penyelamat. Tidak hanya itu, tanaman hias indoor yang mudah dirawat ini juga memiliki manfaat baik lainnya bagi kecantikan. Tidak heran sering dijadikan salah satu bahan dalam masker wajah. Hal terpenting dalam merawat tanaman aloe vera ini adalah letakkan pada bagian rumah yang terkena cahaya matahari dalam area bayangan, seperti dekat jendela. Selain itu pula perhatikan asupan air dan pemberian pupuk yang teratur, agar tanaman tumbuh dengan subur.

Soleirolia

tanaman hias indoor
(Freepik)

Tanaman hias daun indoor selanjutnya hadir dari famili urticaceae atau suku jelatangan. Bila Pins lihat tanaman satu ini sangat menggemaskan dengan daun yang banyak dan cenderung berukuran kecil. Sering disebut sebagai tanaman baby tears karena terlihat sangat rapuh, namun sebenarnya soleirolia sangat tangguh. Pins hanya cukup memperhatikan kelembapan dari tanaman ini agar tumbuhan tidak mudah layu.

Tanaman Hias Indoor Dollar Plants

(My City Plants)

Dollar plants yang dipercaya membawa keberuntungan merupakan salah satu tanaman hias indoor yang mudah dirawat. Bentuk daunnya unik dan berwarna hijau pekat mirip dengan mata uang negara Amerika Serikat. Tidak heran banyak yang menyebutnya tanaman dollar. Cara merawatnya, cukup jadwalkan untuk terkena sinar matahari sekaligus melakukan penyiraman, maka tanaman dollar milikmu akan bertahan lama dan mampu menghiasi ruang baca di rumah.

Baca Juga: 10 Jenis Tanaman Pembawa Hoki Yang Mudah Dirawat

Sirih Gading

tanaman hias indoor
(Freepik)

Menaruh tanaman sirih gading dalam ruang memang dapat membuat ruang lebih cerah dan tentunya menarik. Hijau daun dengan warna yang segar dari sirih gading membuat tanaman hias daun indoor ini dicintai. Perawatannya pun tergolong mudah dan dapat bertahan pada cahaya yang cenderung redup, salah satunya bila berada menghiasi kamar mandi. Keberadaanya pun mampu menjernihkan udara di dalam rumah dan menyerap racun lho Pins!

English Ivy

(Plants)

Selain berada di dalam pot tanaman, ternyata tanaman satu ini juga dapat dijadikan tanaman pagar yang cantik. Cocok ditempatkan pada pot gantung, english ivy memiliki daun unik dan masuk dalam jenis tanaman yang merambat. Baiknya, bila Pins mempunyai tanaman satu ini di rumah untuk selalu menjaga kelembapannya dan juga rajin untuk mengelap daunnya. Debu yang menempel pada daun bila dibiarkan terlalu lama justru akan merusak daun english ivy.

Tanaman Hias Indoor Bunga Anthurium

(Pixabay)

Warna merah cerah yang dikeluarkan bunga satu ini memang sungguh menarik perhatian khalayak. Tidak heran kehadirannya dalam ruang, mampu membuat suasana kian terasa menyenangkan. Tanaman hias bunga anthurium memiliki ciri khas daun lebar berwarna hijau dengan bentuk bunga yang menyerupai daun namun memiliki mahkota menarik pada bagian tengah berwarna kuning menyerupai jagung kecil. Jenis Anthurium Andraeanum ini paling banyak dicari karena mampu menghilangkan senyawa berbahaya yang terkandung dalam udara.

Tanaman Jade

(Garden Design)

Tanaman jade hadir dari suku tanaman sukulen yang mampu bertahan dalam kekeringan. Terkenal cukup lambat dalam pertumbuhannya, tanaman hias satu ini memiliki ciri khas berdaun tebal dengan warna hijau yang pekat dan berdaging. Dalam segi ukuran, tanaman jade hadir sebagai tanaman proposional yang dapat ditaruh pada bagian manapun dalam hunian. Hal yang terpenting, jangan lupa untuk memangkas secara cepat bila ada salah satu daun yang busuk agar tidak menyebar ke yang lainnya ya!

Baca Juga: Sukulen Kaktus Bukan Tanaman Yang Sama? Ini Dia Perbedaannya!

Sri Rezeki

(instagram.com/lisnadewilara)

Aglaonema merupakan tanaman hias yang cukup populer dari suku talas-talasan. Sering disebut pula sebagai tanaman sri rezeki yang dipercaya menghadirkan sumber rezeki baik bagi pemiliknya, membuat tanaman ini disukai. Tidak hanya itu, warna dan bentuk daunnya yang khas juga bagus menjadi peneman ruang tamu maupun teras rumah. Spesiesnya banyak dan juga cukup mudah dalam perawatan. Pins hanya perlu menjaga asupan matahari dan tanam pada tanah yang subur.

Tanaman Hias Indoor Rosemary

(Semi Strani)

Rosemary menjadi salah satu tanaman dengan sejuta manfaat bagi kesehatan. Tidak heran kehadirannya dalam hunian sangat dinanti apalagi untuk para penggiat tanaman. Selain sebagai dekorasi ruang yang menarik, rosemary mampu menurunkan kadar gula dalam darah, meringankan nyeri hingga menjaga kesehatan otak. Kamu akan dengan mudah mengetahuinya dari harum yang dikeluarkan tumbuhan ini.

Bunga Anggrek

(Jhosua Ivan Sudrajat)

Siapa yang tidak suka bunga satu ini? Nilainya yang cukup tinggi dalam kalangan pecinta tanaman membuat bunga Angrek cukup laku dipasaran. Bunga Anggrek tergolong mudah dalam perawatan, bila Pins mengerti bagaimana merawatnya dengan baik. Sinar matahari salah satunya, sebagai penentu pertumbuhan bunga ini. Maka dari itu ada baiknya Pins menjaganya agar terkena sinar matahari secara teratur.

Calathea Rufibarba

tanaman hias indoor
(Living 4 Media)

Namanya yang sulit diingat membuat tanaman hias daun indoor ini tenggelam. Namun Calathea Rufibarba dapat menjadi pilihan dekorasi menarik dalam hunian. Daunnya yang panjang, bergelombang dan kurus membuatnya seperti tanaman semak. Tanaman ini sangat cocok dimiliki oleh para pemula karena mudah dalam perawatan hingga harganya yang cenderung terjangkau. Masuk dalam jenis tumbuhan rumpun, calathea dapat hidup dalam tanah yang lembab tanpa adanya genangan air.

Tanaman Hias Indoor Karet

(Pinterest)

Rubber plant atau tanaman karet menjadi tanaman menarik dalam ruangan yang patut diperhitungkan. Walaupun warnanya cenderung gelap, tanaman karet mampu bertahan dengan baik dengan cara menyiraminya secara teratur sekaligus memperhatikan asupan cahaya matahari. Bila Pins padukan dengan pot berwarna terang seperti warna putih, maka tanaman ini akan sangat mencolok.

Itulah beberapa rekomendasi tanaman hias indoor yang dapat Pins pilih sebagai penghias ruang dalam hunian. Warna-warnanya cantik dan pastinya membuat hunianmu semakin menarik dan menenangkan. Jangan lupa untuk selalu mempelajari cara perawatan terbaik untuk tanaman kesayanganmu ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel