Pinhome

Cara Merawat Tanaman Bambu Air dengan Baik dan Benar

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya ∙ 23 August 2021 ∙ 5 menit membaca

Memiliki hunian yang indah merupakaan dambaan hampir setiap orang. Hunian yang indah dan nyaman merupakan poin yang sangat penting untuk dipenuhi oleh si empunya rumah. Dengan keadaan fisik rumah yang menawan akan membuat betah semua orang yang menempatinya. Supaya dapat menghasilkan rumah yang indah, Pins perlu melakukan penghiasan pada beberapa sisi bagian rumah. Salah satu cara yang paling tepat adalah dengan menanam tanaman hias seperti tanaman bambu air yang dapat memberikan keindahan serta kesan alami pada rumah. 

Pinhome – Banyak tanaman hias yang dapat Pins gunakan pada taman atau sisi sudut rumah sebagai pajangan. Salah satu jenis tanaman hias yang ampuh untuk memperindah rumah Pins adalah tanaman bambu air. Tanaman ini tentunya berbeda dengan jenis bambu lainnya yang dibudidayakan di kebun. Mari simak informasi di bawah ini yang akan mengulas tentang tanaman hias bambu air beserta cara merawat tanaman bambu air yang tepat. 

Mengenal Tanaman Bambu Air

Bambu air merupakan salah satu tanaman berukuran kecil yang tergolong sebagai tanaman hias. Dengan bentuknya yang menarik membuat tanaman ini sangat cocok untuk menghiasi rumah, terlebih lagi tanaman hias ini juga cukup mudah untuk ditanam. Dalam Feng Shui Cina, dengan menanam tanaman hias jenis ini dapat membawa keberuntungan bagi si empu yang merawatnya. 

Tanaman hias bambu air adalah tanaman yang berasal dari keluarga tanaman paku atau Equisetaceae. Untuk menemukannya dengan mudah Pins dapat mencarinya di daerah dataran tinggi, karena tanaman ini biasa tumbuh di sana. 

Bambu air biasanya dapat tumbuh tinggi hingga tiga meter. Bambu air memiliki warna hijau yang cerah ketimbang warna pohon bambu lainnya. Namun karena tergolong tanaman hias, bambu air hanya memiliki diameter 2 cm. 

Dengan daun ramping yang tumbuh pada bagian cincin batangnya, membuat tanaman ini terkesan indah dan unik. Oleh karena itu tanaman ini populer digunakan pecinta tanaman hias dan marak dibudidayakan. 

Selain itu, bambu air juga merupakan tanaman yang tumbuh dengan kuat. Bambu air dapat tahan terhadap penyakit tanaman atau hama yang menyerang. Maka dari itu, perawatan untuk bambu air ini terbilang cukup mudah. 

Baca juga: Tanaman Hias yang Cocok Ditanam Oleh Pemula

Cara Merawat Tanaman Bambu Air

(Pinterest)

Dengan memilih bambu air sebagai hiasan rumah Pins merupakan pilihan yang tepat. Namun, jika Pins benar-benar tertarik untuk menanam bambu air di rumah ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Paling utama adalah cara menanam dan merawat bambu air ini. 

Pada dasarnya, bambu air dapat dibudidayakan dengan metode stek. Media yang digunakan dapat berupa tanah ataupun media air. Untuk informasi yang lebih rinci, perhatikan beberapa poin di bawah ini tentang cara budidaya bambu air. 

Dengan Metode Stek

Menanam bambu air di rumah bukanlah hal yang sulit untuk Pins terapkan. Pins dapat menggunakan metode stek untuk membudidayakan tanaman hias yang satu ini. Hal pertama yang Pins perlu lakukan adalah mencari bibit bambu air yang memiliki kualitas baik. 

Bambu air yang baru berumur kurang lebih satu tahun dapat dengan mudah Pins potong bagian atasnya. Setelah itu, Pins runcingkan bagian bawah bambu air yang akan berfungsi untuk menancapkannya pada permukaan tanah. 

Jika Pins ingin membuahkan hasil penampilan yang maksimal, pilih dengan tepat wadah atau pot unik yang akan menjadi tempat tanam tanaman tersebut. Jika sudah, Pins dapat isi pot tersebut dengan tanah lumpur dan tambahkan air hingga melebihi permukaan tanah. 

Setelah itu, Pins dapat tancapkan bambu air yang sudah diruncingkan ke dalam pot yang sudah berisikan tanah. Pastikan bambu tenggelam ke tanah hingga kedalaman 3 cm dan berikan jarak antar bambu yang ditancapkan sekitar 2 cm supaya bambu air dapat tumbuh dengan sempurna. Proses tersebut dapat Pins tunggu hingga beberapa minggu dan bambu air akan menghasilkan tunas baru yang menjadi cikal bakal tumbuhnya bambu air yang baru. 

Dengan Media Air

Bagi Pins yang tidak ingin mengotori tangan dengan tanah atau lumpur, mari coba metode budidaya bambu air yang satu ini. Langkah pertama Pins perlu sediakan wadah untuk tanaman bambu, batu kerikil dengan warna menarik sebagai subtitutor tanah, dan pastinya bambu air yang telah diproses dengan metode stek. 

Setelah semua bahan terkumpul, Pins masukkan kerikil ke dalam wadah yang sudah disediakan, namun pastikan kerikil tidak terlalu banyak menimbun wadah. Bersihkan sisa akar dari tanah pada bambu air yang sudah di stek sebelumnya. Pastikan akar yang dibersihkan jangan sampai putus. 

Selanjutnya masukkan bambu ke dalam wadah yang sudah berisi kerikil hingga tertancap ke dalam. Lalu tambahkan kembali batu kerikil hingga menutupi batang bambu air dan hingga permukaan wadah untuk menahan tumbuhnya bambu air. 

Satu tips, tambahkan air yang mengandung vitamin ke dalam bambu yang tertanam supaya dapat menghasilkan bambu air yang sehat. 

Baca juga: 10 Jenis Tanaman Pembawa Hoki yang Mudah Dirawat

Dengan Media Tanah

Proses budidaya yang satu ini merupakan lanjutan dari metode tanam dengan stek sebelumnya. Jika sudah lihai dengan metode stek, Pins dapat melakukan metode dengan media tanah satu ini untuk proses pembesaran bambu air. Supaya mendapat hasil yang sempurna, Pins perlu menggunakan tanah yang subur sebagai media tanam. 

Pertama, Pins sediakan pot sebagai wadah bambu air yang akan ditanam. Selanjutnya masukkan tanah subur tersebut ke dalam pot hingga memenuhi setengah pot. Jika sudah, tancapkan bambu air yang sudah disiapkan dan tambahkan kembali tanah hingga memenuhi wadah. Langkah terakhir dan perlu dilakukan secara kontinu, siram secara rutin bambu air tersebut hingga tumbuh dengan sempurna. 

Itulah informasi mengenai tanaman hias bambu air yang dapat Pins gunakan sebagai penghias rumah. Perhatikan dengan seksama cara membudidayakan bambu air supaya mendapat hasil yang didambakan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Pins yang ingin menghias rumah dengan indah. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Uncategorized
Edukasi
Edukasi Surat Kepemilikan Tanah yang Resmi & Sah

Surat kepemilikan tanah (SKT) adalah berkas yang wajib dimiliki jika kamu memiliki niat untuk membe

Edukasi
Edukasi Format dan Contoh Surat Lamaran Kerja di Toko

contoh surat lamaran kerja di toko tulis tangan contoh surat lamaran pekerjaan di toko cont

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Niaga, Lengkap Beserta Penjelasannya!

Dalam dunia bisnis, surat niaga sangat umum digunakan untuk kebutuhan bisnis sehari-hari. Biasanya

Uncategorized
Uncategorized Bosan dengan dinding yang polos di bagian depan rumah? Keramik dinding teras rumah minimalis bisa jadi alternatif menarik.

Memasang keramik di dinding teras akan memberi wajah baru pada desain rumahmu. Alhasil, rumah minim

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia