BlogPemilik PropertiDesain Hunian15 Inspirasi Membuat Taman Kering Ala Jepang
0
0

15 Inspirasi Membuat Taman Kering Ala Jepang

Dipublikasikan oleh Nabila Azmi dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 5, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
taman-kering-ala-jepangtop-right-banner

Sudah bukan rahasia lagi bila gaya arsitektur Jepang menarik perhatian banyak orang, termasuk desain taman kering. Taman kering merupakan salah satu jenis taman yang membuat tampilan rumah lebih segar dengan nuansa natural.

Jenis taman yang merujuk pada zen garden Jepang ini cukup populer. Bagaimana tidak, kamu bisa membuat taman sederhana ini, baik di dalam maupun luar ruangan. Penasaran apa saja ide taman kering minimalis yang bisa jadi inspirasi Pins? Simak selengkapnya di sini!

Baca juga:

Taman Kering dengan Bonsai

Source : Pinterest

Bonsai adalah tanaman yang berasal dari China. Dalam bahasa Jepang, bon memiliki arti pot dan sai berarti tanaman. Di China sendiri, bonsai memiliki nama lain, yaitu Penjing atau Penzai yang berarti miniatur tanaman.

Bonsai ini telah hadir sejak 2000 tahun lalu. Penggunaan bonsai pada taman kering akan membuat taman kamu terasa lebih natural. Terlebih jika taman tidak memiliki luas terlalu besar, bonsai ini mampu menghiasi taman tanpa memakan tempat.

Pins juga bisa meletakkan pohon bonsai di antara pasir dan batu-batuan. Ini akan membuat bonsai terlihat menarik dan apik. Tidak heran bila taman kering dengan bonsai menjadi pilihan yang paling banyak dicari karena menciptakan nuansa natural tanpa banyak ornamen.

Baca juga:

Taman Kering dengan Unsur Bambu

(Pinterest)

Desain taman kering ala Jepang selanjutnya yang bisa menjadi pilihan kamu adalah menggunakan unsur bambu. Penggunaan bambu ini bisa Pins letakkan pada dinding taman. Unsur bambu ini akan membuat taman kamu memiliki nuansa natural dan fresh.

Pins juga dapat menyebarkan kerikil-kerikil kecil sebagai penutup tanah. Hal ini bertujuan menghasilkan tekstur yang kasar dan alami. Bahkan, ornamen-ornamen ala Jepang, seperti lampu taman atau air mancur minimalis bisa kamu taruh untuk mendukung suasana taman menjadi lebih harmonis.

Batu Koral Pada Taman Kering

(Pinterest)

Batu koral pada taman kering akan membuat taman terasa semakin natural. Peletakkan batu koral ini bisa kamu letakkan di pinggir-pinggir taman atau sesuai dengan selera kamu. Pins pun bisa menggunakan batu koral sebagai keseluruhan penutup permukaan tanah taman.

Untuk mendukung tampilan batu koral, kamu bisa menuangkan pasir bergelombang dan menata rumput hias sebagai dekorasi penunjang taman kering.

Tanaman Hias Di Sekeliling Taman Kering

(Pinterest)

Siapa bilang desain taman kering hanya identik dengan tanaman bonsai? Faktanya, kamu bis amempercantik desain taman minimalis satu ini dengan tanaman hias, entah itu menggunakan pot atau langsung ditanam ke tanah.Jenis tanaman yang ingin ditaruh pun bisa disesuaikan, kok.

Jika kamu tinggal di rumah dengan lahan terbatas, coba pilih pot berwarna putih atau warna netral lainnya. Ini bertujuan menciptakan taman yang tampak asri meskipun berada di lahan yang sempit.

Baca juga:

Taman Kering dengan Batu Alam Buatan

(Pinterest)

Batu alam buatan menjadi benda yang sering digunakan pada taman maupun kolam. Biasanya batu alam ini dibentuk dengan warna hijau tua atau abu-abu kehitaman yang mirip sekali dengan warna batu alam asli.

Batu ini bisa kamu letakkan di sudut-sudut taman kering untuk membuat suasana natural semakin terasa pada taman. Sandingkan pula batu alam ini dengan batu-batu bata yang tersusun rapi melingkari kolam dan tanaman hias.

Pot Batu Alam untuk Taman Kering yang Cantik

(Pinterest)

Desain taman kering ala Jepang yang bisa membuat taman kamu semakin cantik adalah menggunakan pot dari batu alam untuk tanaman hias di taman.

Pot ini biasanya memiliki bobot yang sangat berat. Pins bisa menggunakan pot dengan beragam bentuk, mulai dari bulat, maupun berbentuk balok yang panjang. Umumnya, pot yang cocok untuk taman kering adalah pot raksasa yang berisi berbagai macam kaktus atau pot yang terbuat dari tanah liat. Namun, semuanya kembali ke selera kamu, ya!

Jalan Setapak dari Batu

(Pinterest)

Jalan setapak pada taman memang biasa. Namun jalan setapak yang dibentuk dari potongan batu tentu akan membuat taman semakin cantik dan natural. Tidak hanya batu berukuran besar, jalan setapak ini bisa kamu buat dari batu koral yang dibentuk menjadi sebuah jalan kecil.

Bila bingung harus menaruh batu berwarna apa, kamu bisa memilih kerikil berwarna abu-abu atau serpihan batu tulis. Salah satu dari kedua jenis batu ini akan tampak bagus di tamakn kering bergaya modern milik kamu!

Potongan Kayu sebagai Tempat Duduk

(Pinterest)

Potongan kayu sebagai tempat duduk bisa menjadi ide brilian untuk mempercantik taman kering kamu. Desain taman kering ala Jepang ini akan menghadirkan suasana natural yang menyejukkan mata dan membuat kegiatan bersantai di taman terasa lebih asik.

Baca juga: Tips Membuat Taman Hidroponik di Rumah

Patung Hewan Pada Taman Kering

(Pinterest)

Pada desain ini, Pins seperti memelihara hewan sungguhan di taman kering. Dengan patung hewan ini akan membuat nuansa natural semakin terasa. Hal ini juga membuat taman semakin terasa sejuk di pandangan mata.

Bila memungkinkan, pilihlah patung binatang yang dekat dengan alam dan keseharian kamu, seperti angsa, burung, atau bebek.

Taman Kering Khas Jepang dengan Lumut

(Pinterest)

Lumut memang sering ditemukan pada taman bergaya Zen Jepang. Lumut ini bisa kamu tanam dengan wadah kecil yang diletakkan di salah satu sisi taman ataupun meja kopi untuk bersantai di taman. Lumut ini juga bisa kamu munculkan pada batu-batu yang ada di taman kering milikmu.

Tidak hanya menambah estetika, lumut memainkan peranan penting dalam menyedikana oksigen sehingga menghasilkan taman yang lebih segar. Selain itu, tanaman berwarna hijau ini merupakan tempat penyimpan air yang bisa membantu pertumbuhan tanaman hias. Kamu juga bisa mendapatkan udara yang sehat karena lumut bisa menyerap polutan, lho.

Taman Kering dengan Kolam Ikan Kecil

(Pinterest)

Jika kamu berpikiran bahwa kolam ikan akan memakan tempat pada taman, jawabannya adalah tidak. Pins bisa menggunakan kendi berukuran sedang yang difungsikan sebagai kolam ikan. Dengan tambahan kolam ikan pada taman kering juga akan menambah suasana sejuk dan natural pada taman.

Bahkan, air kolam ikan bisa dijadikan sebagai pupuk. Pasalnya, air kolam mengandung zat yang diperlukan oleh tanaman, seperti nitogren untuk hasil fotosintesis tanaman, nih. Tidak heran bila kolam ikan sering jadi pendukung yang tepat untuk taman kering luar ruangan.

Taman Kering dengan Pijakan Kayu

(Pinterest)

Taman kering memang dihadirkan untuk memberikan suasana natural pada rumah. Terlebih tambahan pijakan kayu yang akan membuat taman kering semakin terlihat alami namun tetap fresh dan modern. Pins bisa menggunakan kayu ini sebagai pijakan pada jalan setapak di taman kering ala Jepang.

Taman Kering Indoor

(Pinterest)

Jika mendengar namanya, tentu Pins sudah terbayang bahwa taman kering ini dibangun di area dalam rumah. Ya, Pins bisa membangunnya di area dalam rumah.

Demi membuat taman tetap mendapatkan cahaya matahari, Pins bisa menggunakan atap transparan atau semi transparan. Dibandingkan diletakkan di luar, taman kering dalam rumah cenderung lebih fleksibel.

Contohnya, Pins bisa mengisi lorong rumah dengan taman kering. Cobalah taruh jalan setapak dengan pijakan kayu dan tanam tanam-tanaman yang cenderung tinggi. Ini akan menciptakan lorong yang terlihat estetik dan unik untuk menjadi spot foto kamu dan tamu-tamu yang datang.

Taman Kering Indoor dengan Atap Terbuka

(Pinterest)

Taman kering indoor memang sudah banyak dibuat di rumah-rumah minimalis modern. Rumah dengan taman kering indoor biasanya dibuat dengan atap kaca atau transparan.

Tidak hanya menggunakan atap, Pins juga bisa membuat taman kering indoor ini tanpa atap. Namun, di setiap sisi taman dilapisi dengan kaca sebagai partisi untuk mencegah cipratan air yang bisa masuk ke rumah saat hujan turun. Desain ini cukup populer karena terasa alami dan hidup.

Taman Kering dengan Kursi Taman Berbahan Kayu

(Pinterest)

Kursi taman berbahan kayu memang bisa menambah kesan natural pada taman. Kursi taman ini telah tersedia dengan beragam jenis dan model yang bisa kamu tentukan sendiri sesuai selera.

Jika taman kering terletak di lahan yang terbatas alias minimalis, coba pilih kursi panjang yang bisa memuat banyak orang. Bila lahan yang digunakan cukup luas, kamu bisa leluasa menggunakan beberapa kursi dan meja kayu sebagai elemen utama.

Itulah kumpulan inspirasi desain taman kering ala Jepang yang bisa menjadi pilihan kamu. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Mudah! Ini Dia Bagaimana Cara Merawat Taman Bunga dengan Praktis


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download