Taman Hijau SLG Kediri

Dipublikasikan oleh Pinhome dan Diperbarui oleh ∙ 29 December 2018 ∙ 5 menit membaca

Kediri belum lama ini menghadirkan tempat wisata baru yang menjadi buruan bagi warga Kediri dan sekitarnya, yaitu Wisata Taman Hijau Simpang Lima Gumul atau disebut juga Taman Hijau SLG Kediri. 

Lokasinya tak jauh dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. Wisata Taman Hijau yang sering disingkat SLG ini menawarkan pesona keindahan taman. Ada pula fasilitas pendukung lainnya yang tersedia yang bisa kamu simak dibawah ini!

Sekilas Tentang Taman Hijau SLG

(travelspromo.com)

Jika ke Kediri memang tak lengkap bila tidak mengunjungi Monumen Simpang Lima Gumul. Kini di sekitar monumen juga dibangun kawasan hijau berupa taman SLG.

Di sana kamu bisa bersantai sambil memandangi hijaunya paromana taman. Selain itu, tentunya aktivitas berburu foto selfie menjadi favorit banget bagi para pengunjung.

Pengelola taman cukup kreatif dan tertata rapi. Taman Hijau didesain sedemikian rupa dengan beragam keunikan. Inilah yang bikin kamu tak bosan-bosan untuk liburan di sana. 

Wisata taman seperti inilah yang cocok banget untuk wisata keluarga. Kamu bisa mengajak keluargamu untuk jalan-jalan menikmati pemandangan taman yang hijau dan memanjakan mata.

Dari sini juga terlihat jelas monumen Simpang Lima Gumul tersebut. Tinggi monumen sekitar 25 meter dan luas bangunan 804 meter persegi. Taman ini sendiri baru dioperasikan sejak 2017 silam.

Pada hari libur, taman ini ramai pengunjung. Ya, tak perlu biaya mahal untuk bisa bahagia. Cukup liburan di wisata taman ini bersama orang terdekat itu sudah sangat menyenangkan.

Baca Juga :

Sejarah Singkat Simpang Lima Gumul

(Wikimedia Commons)

Bila berkunjung ke taman hijau SLG tentu wajib hukumnya mengunjungi monumen Simpang Lima Gumul sekalian. Apalagi masih dalam satu komplek kawasan wisata.

Seperti diungkap sebelumnya bahwa monumen ini cukup besar. Bentuknya mirip sekali dengan Arc de Triompe yang ada di Paris, Perancis. Bangunan terdiri atas 6 lantai dan memiliki tangga berukuran 3 meter dari lantai dasarnya.

Luas dan tinggi bangunan disesuaikan dengan hari jadi kota Kediri yang jatuh pada 25 Maret 804 Masehi. Pada depan monumen terdapat dua patung Ganesha yang dikena; sebagai dewa pengetahuan.

Simpang Gumul sendiri dibangun pada 2003 oleh bupati Kediri yakni Sutrisno. Pembangunannya bahkan menghabiskan dana sebesar Rp. 300 miliar selama 5 tahun.

Bupati Sutrisno membangun monumen ini te[at di pusat pertemuan lima jalan utama. Diantaranya yang menghubungkan kota Kediri, Pagu, Pare, Plosoklaten dan Pesantren.

Saat malam tiba area bangunan dikelilingi lampu temaram yang mempercantik arsitekturnya. Tempat ini sering pula digunakan untuk jogging. Lahan parkirnya lumayan luas dan terdapat warung jajan di pinggir jalannya.

Suasana dan Fasilitas Taman Hijau SLG

(Radar Kediri Jawapos)

Ada beragam spot yang cakep banget dengan hiasan warna-warni, mulai dari bebatuan warna-warni, kolam ikan, jembatan mini, hingga kereta api lokomotif jadul. 

Pokoknya aktifitas swafoto di sana benar-benar asyik. Coba deh buat kamu yang berada di Kediri untuk datang di wisata baru ini, pasti menghibur banget.

Apalagi kawasan Gumul memiliki luas 37 hektar dengan porsi 3 hektar untuk taman ini. Konsep dari taman ini sendiri adalah Go Green. Sekeliling taman dikelilingi pohon yang begitu rindang.

Tidak hanya ramah anak namun juga terdapat fasilitas pendukung untuk pengunjung disabilitas. Ada jalur untuk pengunjung berkebutuhan khusus. 

Taman hijau SLG memiliki toilet yang bersih. Semakin sore, taman ini tidak pernah sepi pengunjung. Ditambah lagi saat malam tiba area taman dipenuhi lampu yang menyemarakan suasana malam. 

Di sekitar taman disediakan tempat duduk untuk beristirahat. Para pedagang kaki lima juga suka datang kesini. Aneka snack ringan bahkan makanan berat layaknya bakso juga turut dijajakan.

Ada gardu pandang yang dibangun dekat taman. Dari gardu ini kamu bisa menyaksikan pemandangan taman secara keseluruhan.

Jika ingin menaiki gardu pandang sebaiknya di sore hari. Bagian atapnya cenderung terbuka sehingga sinar matahari langsung mampu menusuk kulit. Di samping tempat duduk dibuat selokan berisi ikan koi yang asyik hilir mudik.

Baca Juga :

Lokasi dan Rute Taman Hijau SLG Kediri

Pada dasarnya area taman ini tidak terlalu jauh dari pusat kota. Lokasinya berada tepat di Jalan Karanglo No. 324, Dadapan, Sukorejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Bila mengambil rute dari Malang bisa melewati Pare, kemudian mengarah ke Simpang Lima Gumul.

Rute dari Surabaya bisa melewati Jombang, kemudian menuju Kediri, dan berlanjut ke Simpang Lima Gumul.

Kamu bisa mengikuti arahan Google Maps dibawah ini bila masih bingung untuk mencapai lokasinya!

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk

Pada dasarnya tempat wisata ini buka 24 jam. Hanya saja umumnya Wisata Taman Hijau Kediri ini mulai ramai pukul 06.00 hingga 21.00 WIB. 

Adapun tiket masuknya gartis, kamu hanya bayar biaya parkir kendaraan Rp 3.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

Selain mengunjungi monumen Simpang Lima Gumul kamu bisa pula bersantai di taman hijau SLG Kediri. Tempatnya lumayan rindang walau belum banyak pepohonan besar. Tiket masuknya gratis dan ramah dengan anak-anak dan disabilitas.


Temukan pilihan rumah baru di Klaten terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Shutterstock