Pinhome

  • Blog
  • Properti
  • Tak Perlu Ragu, Ini Keuntungan Rumah Tipe 36 yang Jarang Diketahui

Tak Perlu Ragu, Ini Keuntungan Rumah Tipe 36 yang Jarang Diketahui

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 16 November 2020 ∙ 6 menit membaca

Meski kelihatannya mungil, ternyata ada banyak banget keuntungan rumah tipe 36 yang bisa didapatkan, Pins. Belum lagi, ada banyak banget cara untuk bisa mendapatkan rumah tipe 36 minimalis dengan estetika yang pas.

Pinhome – Biasanya, tipe rumah yang ada pada suatu perumahan diberi nama berdasarkan luas tanah dan bangunan rumah; walaupun saat ini sudah ada beberapa pengembang perumahan yang memberi nama yang diambil dari nama bunga, nama benda, nama planet ataupun nama cantik lainnya yang sesuai dengan selera dan trik pemasaran yang mereka jalani.

Lebih dalam tentang rumah tipe 36

Sudah bisa ditebak, perumahan type 36 berarti rumah-rumahnya mempunyai luas 36 meter persegi. Tipe rumah 36 sendiri termasuk rumah sederhana, yang berarti tempat tinggal lantai satu yang berfungsi sebagai tempat berlindung dan bernaung dari berbagai keadaan alam di sekitarnya. Meski tidak mengandung unsur-unsur kemewahan, tipe rumah 36 tetap tidak mengesampingkan estetika lho, Pins!

Dengan luas bangunan 36 meter persegi, rumah tipe 36 biasanya memiliki ukuran bangunan rumah seluas 6m x 6m = 36 meter persegi yang dibangun diatas tanah seluas 60 meter persegi ataupun 72 meter persegi sehingga penyebutnya menjadi rumah tipe 36/60 atau bisa juga rumah tipe 36/72. Umumnya, tipe rumah 36 memiliki 2 kamar tidur, 1 ruang tamu yang dijadikan satu dengan ruang keluarga, dapur dan kamar mandi. Sangat cocok apabila Pins memiliki anak namun menginginkan rumah yang kecil dan praktis.

Keterbatasan lahan pada rumah type 36 menuntut pemiliknya pintar menata ruang dan mampu menambahkan beberapa ornamen dan dekorasi yang membuat suasana rumah menjadi tidak sesak. Hal ini tidak mustahil dilakukan kok, Pins hanya perlu memilih barang-barang yang akan diletakkan pada suatu ruangan. Misal, berangkat dari pemilihan kursi. Untuk tipe rumah 36, sebaiknya Pins memilih kursi yang tidak membuat ruangan malah terasa semakin sempit.

Tipe rumah 36 biasanya memiliki pondasi dari batu kali sedangkan dindingnya terbuat dari batu bata plester, batako ataupun beton. Lantai keramik atau granit berukuran 60 x 60 cm dan kalau ada tempat parkir kendaraan biasanya terbuat dari batu alam ataupun cor beton. Rangka bangunan terbuat dari baja ringan sedangkan gentengnya tersusun dari genteng beton, genteng keramik ataupun tanah liat dengan plafon yang terbuat dari rangka hollow penutup gypsum board ataupun gypsum list. Kusen dan pintu biasa terbuat dari kayu, aluminium ataupun UPVC.

Untuk kamar mandi, biasanya berupa kloset duduk meski ada beberapa yang masih menggunakan kloset jongkok. Instalasi listrik 900 watt dan instalasi air berasal dari sumur bor ataupun PDAM.

Baca Juga: Cara Menabung Untuk Beli Rumah Impian Yang Mudah

Untuk rumah ukuran 36, tren minimalis sedang kembali ngehits nih Pins. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi sang penghuni karena rumah tipe 36 minimalis akan membantu menciptakan kesan yang luas di dalam rumah, sedangkan di sisi lain ada beberapa pengembang yang menawarkan desain type rumah 36 dengan konsep interior open space dimana ruang tamu, ruang makan dan dapur berada dalam satu area tanpa sekat-sekat yang membatasi. Hal ini membuka kemungkinan bagi sang penghuni agar menggunakan sisa lahan untuk memperluas bangunan.

Keuntungan rumah tipe 36

Tidak hanya itu saja, berikut beberapa keuntungan yang bisa Pins dapatkan jika menempati rumah tipe 36 :

1. Hemat listrik

Rumah tipe 36 cenderung lebih hemat listrik karena rumah ini mempunyai lahan yang lebih kecil untuk menampung hawa panas dan dingin. Selain itu, karena keterbatasan tempat, biasanya peralatan listrik menjadi lebih sedikit dan secara otomatis pemakaian listrik pun menjadi minim.

2. Mudah dibersihkan

Ruang yang lebih sempit berarti lebih sedikit ruang yang harus dibersihkan. Waktu yang dikeluarkan Pins untuk bebersih dan mengurus rumah pun menjadi lebih efisien. Sisi baiknya, kita bisa menggunakan waktu yang dimiliki untuk bermain di luar dan melakukan berbagai kegiatan yang disenangi sebagai keluarga.

Baca juga: 9 Ciri Rumah yang Bersih Untuk Hunian yang Sehat

3. Lebih nyaman dan akrab

Tidak seperti rumah gedongan lainnya, rumah tipe 36 hanya mempunyai ruangan-ruangan kecil. Setiap ruangan pasti lebih terasa akrab dan membuat kecenderungan untuk berkumpul menjadi lebih meningkat, Pins.

4. Lebih murah

Biaya hidup di rumah type 36 pastinya akan jauh lebih murah. Contohnya, bisa saja di rumah yang kecil ini Pins tidak membutuhkan AC karena memang sudah sejuk, dan merasa sudah cukup dengan hanya menggunakan kipas angin. Otomatis, biaya yang  dikeluarkan Pins untuk listrik rumah menjadi lebih sedikit sehingga Pins bisa berhemat.

5. Unik

Percaya atau tidak, para penghuni perumahan type 36 biasanya lebih akrab antara satu penghuni dengan penghuni lainnya. Banyak tempat untuk bercengkrama bersama yang membuat keakraban para penghuninya terjalin dengan lebih erat.

Kekurangan rumah tipe 36

Setelah kita membahas berbagai keuntungannya tinggal di tipe rumah 36, sekarang saatnya menyiapkan diri dengan berbagai tantangan yang juga datang berbarengan saat Pins memutuskan tinggal di tipe rumah 36 :

1. Tak bisa seenaknya membawa barang baru

Salah satu tantangan untuk hidup di rumah sederhana, kita harus memikirkan banyak hal sebelum bisa membawa barang baru ke rumah. Untuk Pins yang memiliki rumah kecil, akan jauh lebih baik kalau mempergunakan barang-barang yang mempunyai banyak guna. Saat ini banyak banget kok furniture ataupun peralatan rumah tangga yang mengamini prinsip ini.

2. Menyimpan barang menjadi kebiasaan tak baik

Jika pada akhirnya Pins memutuskan untuk membawa barang baru ke rumah, disiplinkan diri bahwa barang yang sejenis dan berukuran sama harus disingkirkan. Menimbun dan menyimpan barang berlama-lama menjadi kebiasaan tidak baik jika Pins tinggal di rumah sederhana. Akan lebih baik kalau barang lama milikimu dijual kembali atau malah didonasikan untuk membahagiakan sesama.

3. Usahakan selalu rapi setiap waktu

Kebayang dong, apa jadinya kalau rumah yang terbatas lahannya malah berantakan? Pastinya rumah semakin terasa lebih kecil, pikiran kita pun jadi lebih mudah pusing. Jika Pins tidak bisa mengatasi rasa malas setiap waktu, sediakanlah tempat penyimpanan yang agak besar untuk menyimpan dan merapikan barang-barang dalam jangka waktu singkat. Tapi harus diingat, Pins pada akhirnya harus merapikan barang-barang dengan disiplin agar rumah terasa lebih menyenangkan dan lapang.

4. Bermainlah dengan warna

Selalu mengira warna cerah dan netral membuat rumah terasa lebih luas? Eits, nyatanya jika pemilihan warnanya benar, warna dinding yang berwarna dapat memberikan kesan lebih luas. Tidak hanya itu saja, bermain dengan warna dapat menghadirkan nuansa elegan, ceria dan tentram di rumah lho!

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel