BlogPemilik PropertiDesain Hunian5 Tips Membuat Desain Rumah Type 36 Beserta Keuntungannya
0
0

5 Tips Membuat Desain Rumah Type 36 Beserta Keuntungannya

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Okt 31, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
rumah type 36top-right-banner

Rumah type 36 adalah salah satu jenis desain rumah minimalis. Model rumah ini tidak begitu luas, namun sekarang banyak orang yang berminat terhadap Desain Rumah Type 36 ini. Rumah tipe 36 tidak hanya berlaku untuk bangunan rumah, tetapi bisa juga untuk kamar apartemen.

Dengan memerhatikan desain denah ruangan, bagaimana penataan interior, sirkulasi udara, serta tak lupa pencahayaan yang tepat. Maka, rumah tipe 36 akan tetap terasa nyaman untuk dihuni. Salah satunya Cikarang Griya Pratama yang merupakan perumahan di Kabupaten Bekasi dekat dengan . Rumah baru ini bisa kamu dapatkan di Pinhome. Berikut ini paduan desain, denah, dan ukuran rumah type 36 yang harus kamu ketahui.

Baca juga: Biaya Membangun Rumah Tipe 36

Tips Membuat Desain Rumah Type 36

Untuk membangun rumah type 36 diperlukan kekreatifan untuk menyiasati interior setiap ruangan yang ada agar bisa terlihat menarik walaupun kecil. Biasanya di rumah tipe 36 hanya ada satu kamar anak saja.

Namun jika kamu memiliki tanah yang cukup luas di sekitar rumah tipe 36, kamu masih bisa melakukan beberapa perubahan, tidak seperti apartemen tipe 36. Berikut, paduan interior untuk rumah tipe 36 minimalis modern.

1. Gunakan Partisi

Desain Rumah Type 36
Source : Shutterstock

Penggunaan partisi-partisi yang bisa dibongkar-pasang pun sangat dianjurkan, pemilihan interior dan cat ruangan pun akan menentukan apakah desain rumah tersebut mengesankan walau kecil.

Untuk memulai membangun rumah type 36, kamu bisa membuat daftar ruangan yang dibutuhkan dan tak luas dari masing-masing ruangan.

Kamu bisa memulai dari ruangan utama seperti ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi dan lain-lain. Kamu bisa menghitung luas masing-masing ruangan utama tersebut dan menentukan posisinya.

Baca juga: 8 Desain Interior Rumah Klasik Paling Cantik

2. Pemilihan Furniture

Desain Rumah Type 36
Source : Shutterstock

Setelah itu, kamu bisa memperkirakan perabotan apa saja yang akan dimasukkan ke dalam ruangan tersebut. Dalam hal ini, kita harus memerhatikan bahwa ada cukup sirkulasi udara setelah memasukkan perabotan tersebut.

Sedikit tips, untuk ruangan yang sering basah seperti kamar mandi, tempat mencuci dan dapur dibuat secara berdekatan atau bisa dalam satu jalur agar gampang untuk pemasangan instalasi air bersih dan air kotor. Buangan air kotor ke septiktank pun harus diupayakan lurus jangan berbelok. Pins kamu juga bisa mengikuti inspirasi design interior rumah minimalis untuk keluarga muda di lahan sempit.

3. Ruangan Multifungsi

Desain Rumah Type 36
Source : Shutterstock

Dalam rumah type 36, yang harus diutamakan adalah ruangan yang fungsional atau memang benar-benar berguna. Ruangan di rumah tipe 36 sering kali tidak bisa berfungsi tunggal tetapi multi-fungsi. 

Mengingat kondisi rumah yang memang sempit sehingga kamu harus memaksimalkan sedemikian rupa ruangan-ruangan yang ada.

Sebagai contoh, ruang tamu juga bisa dimanfaatkan sebagai ruang baca karena tamu datang hanya sekali-sekali jadi kenapa harus dibiarkan kosong kalau begitu?

Atau ruang belajar anak, kamu bisa menggunakan ruangan tersebut untuk ruang kerja juga. Sehingga tercipta kedekatan antar keluarga.

Baca juga: Denah Rumah Ukuran Tanah

4. Memperhatikan Pencahayaan Alami yang Masuk ke Dalam

Source : iStock

Tips berikutnya untuk membuat rumah type 36, kamu harus memperhatikan pencahayaan alami yang masuk ke dalam rumah. Pencahayaan yang berhasil masuk secara maksimal akan membuat ruangan kamu terlihat semakin luas.

Jika menurutmu pencahayaan yang masuk terlalu berlebihan, maka kamu dapat menggunakan gorden untuk meminimalisir panasnya. Cahaya yang merasuki ruangan tentunya akan membuat rumah kamu semakin sehat. Ikuti inspirasi interior atap rumah untuk hunian masa kini.

5. Memfungsikan Dinding Kosong

Source : iStock

Tips terakhir untuk mewujudkan rumah type 36 yang nyaman untuk disinggahi adalahan memanfaatkan fungsi dinding yang kosong sebagai tempat menyimpan barang. Kamu dapat menambahkan rak dinding dengan model minimalis agar tampilannya simpel, namun memberikan fungsi yang maksimal.

Pemanfaatan fungsi dinding kosong ini tentunya akan membuat barang atau perabotan kamu menjadi tersebar dengan rapi di berbagai tempat, hal ini dilakukan demi mencegah penumpukan barang di satu tempat. Ketahui juga contoh desain interior minimalis, untuk rumah impianmu.

Desain dan Ukuran Rumah Type 36

Desain Rumah Type 36
Source : shutterstock

Sebagai contoh, tata ruang type 36 terdiri dari ruang serba guna, 2 ruang tidur, kamar mandi, dapur dan carport atau garasi mobil. Ruang serba guna berfungsi sebagai ruang tamu, ruang keluarga dan yang lainnya dengan luas 3x4m.

Kamar tidur berada di sebelah kiri dari ruangan serba guna berukuran 3×2,5m. Ruang tidur anak terletak di bagian belakang ruang serba guna dengan ukuran 3×2,5m. Kamar mandi dengan ukuran 1,5×1,5m dan dapur 2×1,5m.

Dapur dan kamar mandi bisa diletakkan di bagian belakang karena termasuk area service. Di bagian kiri depan rumah, kamu bisa meletakkan carport dengan luar 4x3m.

Bangunan rumah tipe 36 ini bergaya modern minimalis. Bagian teras depan, diberi motif garis-garis pada kolom-kolom teras depan agar terkesan lebar.

Untuk mempertegas jendela ruang tempat tidur yang diapit oleh dinding, kamu bisa mengecat warna cerah. Untuk kusen pintu dan jendela sebaiknya pakailah yang praktis dan ringan.

Kamu juga harus memerhatikan ventilasi udara yang ada, sebaiknya di setiap ruangan diberi ventilasi udara bisa berbentuk persegi saja.

Baca juga: Cara Menabung Untuk Beli Rumah Impian Yang Mudah

Keuntungan Rumah Type 36

Hemat listrik
Source : Pixabay

Tidak hanya itu saja, berikut beberapa keuntungan yang bisa Pins dapatkan jika menempati rumah tipe 36:

1. Hemat Listrik

Rumah tipe 36 cenderung lebih hemat listrik karena rumah ini mempunyai lahan yang lebih kecil untuk menampung hawa panas dan dingin. Selain itu, karena keterbatasan tempat, biasanya peralatan listrik menjadi lebih sedikit dan secara otomatis pemakaian listrik pun menjadi minim.

Baca juga: Tagihan Naik?! Bagaimana Cara Menghemat Listrik?

2. Mudah Dibersihkan

Dengan luas rumah 36 m2 , perawatan rumah bisa dilaksanakan dengan mudah dan lebih cepat selesai, Pins. Hal ini tentu saj ajadi kelebihan rumah tipe 36 yang paling bagus. Baik dari segi kebersihan atau renovasi rumah, dengan rumah tipe 36, kita bisa melakukannya dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan rumah yang besar. Ajak keluarga dan pasangan untuk melakukan kegiatan ini. Kegiatan bersih-bersih harian seperti menyapu dan mengepel rumah bisa jadi kegiatan yang menyenangkan, lho.

Baca juga: 9 Ciri Rumah yang Bersih Untuk Hunian yang Sehat

3. Lebih Nyaman dan Akrab

Tidak seperti rumah gedongan lainnya, rumah tipe 36 hanya mempunyai ruangan-ruangan kecil. Setiap ruangan pasti lebih terasa akrab dan membuat kecenderungan untuk berkumpul menjadi lebih meningkat, Pins. Ketahui tips menata rumah kecil nyaman, gampang banget!

4. Lebih Murah

Rumah dengan tipe 36 dinamakan dari ukuran luas rumah 36 m2. Dengan ukuran panjang 6 m dan lebar 6 m, menjadikan rumah tipe 36 sebagai rumah dengan harga terjangkau dengan luas yang cukup. Rumah tipe 36 adalah pilihan yang baik untuk menjadi rumah pertama Pins karena biasanya dibangun di daerah perumahan yang aman dan nyaman.

Biaya hidup di rumah type 36 pastinya akan jauh lebih murah. Contohnya, bisa saja di rumah yang kecil ini Pins tidak membutuhkan AC karena memang sudah sejuk, dan merasa sudah cukup dengan hanya menggunakan kipas angin. Otomatis, biaya yang  dikeluarkan Pins untuk listrik rumah menjadi lebih sedikit sehingga Pins bisa berhemat.

Pins harus tahu inspirasi rumah kecil sederhana untuk hunian yang nyaman.

5. Unik

Percaya atau tidak, para penghuni perumahan type 36 biasanya lebih akrab antara satu penghuni dengan penghuni lainnya. Banyak tempat untuk bercengkrama bersama yang membuat keakraban para penghuninya terjalin dengan lebih erat.

Diusung dengan gaya rumah minimalis dengan konsep less is more, pengeluaran kita juga akan berkurang tentunya, Pins. Konsep rumah minimalis, selain diterapkan dari warna catnya, juga dari furniture dan barang-barang yang ada di dalamnya. Karena memiliki luas 36 meter, maka jumlah furniture yang dibutuhkan tentunya tidak banyak. Plus, jumlah cat yang digunakan juga bisa meminimalisir pengeluaran juga kan Pins.

Baca Juga: Desain Rumah Kos

Kekurangan Rumah Type 36

Source : Pixabay

Setelah kita membahas berbagai keuntungannya tinggal di tipe rumah 36, sekarang saatnya menyiapkan diri dengan berbagai tantangan yang juga datang berbarengan saat Pins memutuskan tinggal di tipe rumah 36:

1. Tak Bisa Seenaknya Membawa Barang Baru

Salah satu tantangan untuk hidup di rumah sederhana, kita harus memikirkan banyak hal sebelum bisa membawa barang baru ke rumah. Untuk Pins yang memiliki rumah kecil, akan jauh lebih baik kalau mempergunakan barang-barang yang mempunyai banyak guna.

Saat ini ada banyak furnitur ataupun peralatan rumah tangga yang mengamini prinsip ini. Cobalah ide model furniture multifungsi untuk rumah kecil.

2. Menyimpan Barang Menjadi Kebiasaan Tak Baik

Jika pada akhirnya Pins memutuskan untuk membawa barang baru ke rumah, disiplinkan diri bahwa barang yang sejenis dan berukuran sama harus disingkirkan.

Menimbun dan menyimpan barang berlama-lama menjadi kebiasaan tidak baik jika Pins tinggal di rumah sederhana. Akan lebih baik kalau barang lama milikimu dijual kembali atau malah didonasikan untuk membahagiakan sesama.

Itulah beberapa tips membuat rumah type 36 beserta keuntungannya, semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca Juga:

Feature Source Image: iStock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Taman Hekana Bogor dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download