Pinhome

  • Blog
  • Tips Properti
  • Tak Hanya Bahan Bangunan Rumah, Inilah Manfaat Tak Terduga dari Pasir!

Tips Properti

Tak Hanya Bahan Bangunan Rumah, Inilah Manfaat Tak Terduga dari Pasir!

Dipublikasikan oleh Jay ∙ 17 July 2020 ∙ 6 menit membaca

Pasir selalu hadir dalam setiap proses pembangunan suatu bangunan atau rumah. Tidak diragukan lagi, pasir menjadi salah satu bahan bangunan yang paling populer dan paling sering digunakan ada setiap konstruksi di berbagai dunia.

Pinhome – Manfaat pasir tidak hanya berhenti di bidang konstruksi saja. Ada beberapa kegunaan dan manfaat pasir yang bisa membantu kita dalam kehidupan sehari-hari.

Peran pasir pada bidang konstruksi pembangunan

Fungsi pasir pada setiap segi pembangunan sendiri sifatnya sangat fleksibel. Pasir dengan mudah diterapkan pada komponen-komponen bahan bangunan yang berbeda-beda seperti konkrit ataupun semen. Pasir juga bisa digunakan sebagai bahan pengisi ruang kosong seperti lubang pada dinding, tempat terselubung di rumah ataupun sekedar menjadi pelapis di bawah lantai di rumah kita. Tanpa kita sadari sebelumnya, pasir sudah marak digunakan di berbagai sendi pembangunan gedung, rumah tinggal, jalan tempat kita melangkah hingga ke bangunan kantor tempat kita bekerja setiap harinya.

Karakteristik pasir yang sangat mudah dikompres dan dibentuk menjadi alasan utama kenapa ia cocok untuk mengkokohkan dinding dan melapisi berbagai permukaan dan lantai. Namun, ketika dicampur dalam kuantitas besar, pasir menjadi sangat berat sehingga sifatnya berubah jadi tidak stabil sehingga mungkin akan sedikit berbeda dengan hasil akhir yang Pins inginkan. Meskipun begitu, pasir tetap menjadi primadona bahan bangunan pencampuran semen, kapur dan air. Komposisi perbandingan dan jenis pasir yang dimasukkan ke campuran menjadi penentu utama hasil akhirnya.

Contohnya saja, pasir yang berasal dari pantai ataupun sungai tidak cocok untuk konstruksi bangunan. Kenapa? Karena ada berbagai macam puing kecil ataupun bahan kasar lainnya yang tidak mungkin dipisahkan dari campuran tersebut. Pasir yang diambil dari pantai contohnya, didalamnya akan membawa batu, pecahan rumah kerang, butiran garam atau zat mineral lainnya dari sepanjang pantai. Ketika digabungkan untuk pembuatan bangunan, pasir tipe ini akan membuat hasil adukan menjadi tidak sempurna, fondasinya akan lebih lemah hingga lebih lama keringnya.

Di satu sisi, ketika semen, pasir dan air dicampur menjadi adukan yang seimbang, bahan campuran ini akan meningkatkan daya tahan dan tingkat fleksibilitas bahan bangunan. Jadi, sangat penting untuk Pins mendapatkan tingkat proporsi perbandingan yang pas diantara ketiganya. Ketika campuran ini dibuat dengan pas, Pins bisa menutup retak kecil pada dinding, menghubungkan sendi-sendi bangunan dengan lebih efektif lagi dan merekatkan berbagai lapisan dengan kokoh.

Dari berbagai tipe pasir yang tersedia, jenis pasir yang paling direkomendasikan adalah tipe pasir halus yang diambil langsung dari tambang penggalian pasir. Pasir yang sebelumnya telah tercampur dengan tanah liat biasanya kurang efektif untuk digunakan pada konstruksi bangunan karena tidak akan tercampur sempurna dengan semen. Dalam hal penyimpanan pasir pun membutuhkan perhatian khusus, Pins. Karena, tempat penyimpanan yang agak lembab akan membuat pasir bergumpal dan kehilangan tekstur dan kandungan aslinya.

Baca juga: Bangun Rumah Sendiri? Pelajari Harga Pasir Per Kubik

Kegunaan dan manfaat pasir dalam kehidupan sehari-hari

Ternyata, kegunaan pasir tidak hanya berhenti sebagai bahan bangunan konstruksi saja. Ada banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari bahan bangunan alami serba guna ini loh.

Sebagai penyaring air
Sifat abrasif dari pasir ternyata dapat menyaring bahan – bahan yang tak diperlukan dan dapat menjernihkan air, Pins.

Pembuatan kertas pasir
Pasir menjadi bahan utama pembuatan kertas pasir dengan mengelem sejumlah pasir jenis khusus pada kertas.

Penambal kebocoran
Pasir dapat membersihkan kebocoran minyak atau bensin dengan cara langsung menuangkannya ke lokasi kebocoran, tak lama kemudian bentuk lubangnya akan terhambat sehingga kebocorannya bisa tertangani dengan lebih baik.

Pelapis jalan
Pasir digunakan secara luas sebagai pelapis pelindung bagian bawah hampir di setiap jalanan.

Mengangkat sel-sel kulit mati
Sadar tidak, seringkali permukaan kaki kita terasa lebih halus setelah berlama-lama main di pasir? Penyebabnya adalah pasir halus dan alami di pantai yang juga bekerja sebagai pengangkat sel-sel kulit mati. Terapi pasir ini juga sudah banyak digunakan oleh warga Jepang loh, Pins. Tapi, karena teksturnya yang masih dianggap terlalu kasar untuk wajah, pasir sebagai pengangkat sel-sel kulit mati sebaiknya digunakan pada daerah tangan, kaki dan badan saja ya. Bukan hanya kandungan kaya mineralnya saja, pasir menjadi bahan alami bebas bahan kimia berbahaya yang akan merawat kehalusan kulitmu.  Dengan terangkatnya sel-sel kulit mati, otomatis pori-pori kulit akan lebih terbuka sehingga kulit Pins akan lebih tahan terhadap break out.

Manfaat pasir untuk kesehatan
Jika diperhatikan, berjalan dan berlari di atas pasir jauh lebih sulit daripada berjalan di jalanan biasa kan? Hal ini bisa terjadi dikarenakan adanya bukit pasir kecil tersebar dan terus berubah-ubah posisinya sehingga memberikan daya resistensi yang lebih kepada tubuh kita. Berkat hal ini, tanpa sadar kita mengeluarkan kalori lima puluh persen lebih banyak saat kita berjalan ataupun berlari di pasir. Kegiatan berjalan dan berlari di pasir juga lebih banyak menstimulus otot-otot badan kita sehingga mereka dapat terlatih lebih baik lagi. Inilah salah satu alasan kenapa banyak atlet yang berlatih dengan berjalan dan berlari di atas pasir, Pins.

Berjalan di atas pasir juga dapat membuat kita menyerap elektron-elektron baik yang sangat berguna untuk mengatasi radikal bebas yang ada di dalam tubuh karena polusi. Hal inilah yang akan membuat kesehatan kita meningkat dan lebih awet muda. Karena suasananya yang damai dan tenang, biasanya kita akan berjalan lebih jauh saat berada di pantai daripada latihan di treadmill atau jogging sekalipun. Secara otomatis kesehatan kita menjadi lebih terjaga.

Meredakan stress
Berbagai praktisi kesehatan seringkali menyarankan kita untuk berjalan kaki tanpa alas kan. Alasannya tak lain dan tak bukan adalah agar tubuh kita lebih terhubung langsung ke keindahan alam dan pada akhirnya menenangkan prespektif kita dan pada akhirnya mengurangi stress yang sedang hinggap di kepala kita.

Meningkatkan mood
Saat relaksasi, pasir menjadi penghubung antara tubuh kita dengan energi bumi yang sesungguhnya. Akibat kehidupan modern, elektron positif dan radikal bebas banyak yang masuk dan bertahan di tubuh kita. Dengan berhubungan langsung pada elemen alam seperti pasir, elektron-elektron dalam tubuh pun menjadi seimbang dan mengeluarkan sisi negatif dalam diri kita sehingga mood kita semakin jauh membaik.

Penstimulus syaraf pada kaki
Butiran pasir yang kaya tekstur secara otomatis menstimulus syaraf-syaraf pada kaki kita. Hal ini biasanya tidak terjadi saat kita memakai sepatu biasa.

Sumber magnesium
Perlu Pins ketahui, setiap sel dalam tubuh kita memerlukan magnesium untuk bisa berfungsi dengan baik. Magnesium juga menjadi sumber dari tulang dan gigi yang kuat, hormon yang seimbang hingga sistem kardiovaskular yang sehat. Saat kita berjalan dan berinteraksi dengan pasir, otomatis kandungan magnesium yang ada dalam pasir akan tertansfer langsung ke tubuh kita.

Menyoal harga pasir, untuk pasir putih Bangka, per meter kubiknya dijual dengan harga Rp 250.000 sedangkan harga pasir 1 truk untuk jenis pasir putih Bangka dibandrol dengan harga Rp 1.330.000. Sementara untuk jenis pasir Mundu, harga pasi per kubik nya adalah Rp 225.000, sedangkan untuk harga pasir 1 truknya adalah Rp 1.150.000.


Gak nyangka ternyata pasir punya banyak banget manfaat ya, Pins! Semoga informasi ini berguna dan membuka wawasan Pins tentang salah satu bahan pokok untuk bangunan ini.

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel