Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Tagihan Air Naik? Ini Dia Tips Bagaimana Cara Menghemat Air

Finansial

Tagihan Air Naik? Ini Dia Tips Bagaimana Cara Menghemat Air

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 19 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Air adalah kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Banyak hal yang dilakukan menggunakan air bersih. Mulai dari minum, mencuci, mandi, memasak dan masih banyak lagi. Sayangnya saat ini banyak sekali daerah yang mengalami kesulitan air bersih akibat sumber daya yang terbatas dan jumlah populasi manusia yang semakin meningkat. Tips bagaimana cara menghemat air sangat diperlukan untuk memastikan kita semua dapat berhemat.

Pinhome – Selain itu, berbagai pembangunan membuat kualitas air menurun dan membuatnya tidak dapat dikonsumsi atau bahkan digunakan. Namun terkadang banyak dari kita yang masih tidak sadar suka membuang-buang air bersih. Padahal selain banyak sekali orang yang membutuhkannya, tagihan biaya air Anda juga dapat meningkat drastis jika tidak menyiasatinya dengan baik. 

Bagi Pins yang mengalaminya, tentu Anda penasaran bagaimana menghemat air bersih agar tagihan biaya air tidak naik. Tenang! Simak cara menghemat air bersih pada ulasan di bawah ini.

Baca Juga: Daftar Harga Pompa Air Terbaik Dan Tahan Lama Untuk Kebutuhan Anda

Gunakan Shower dan Keran Hemat Air

bagaimana cara menghemat air
(Inibaru.id)

Mungkin banyak dari Pins yang masih menggunakan keran sebagai alat pancuran air. Padahal tidak semua keran dapat membantu Anda menghemat air lho! Justru sebaliknya, dengan keran Anda dapat jadi lebih boros dalam menggunakan air bersih. Mandi dengan menggunakan air yang ditampung ke ember atau bak bisa membuat Anda menghabiskan sekitar 15 liter air. Hal ini berbeda jika Anda menggunakan shower atau pancuran air. Anda bisa menghemat air hingga 60% dibandingkan menggunakan gayung. Meski agak mahal dengan membeli shower tentu hal ini sebanding dengan tagihan biaya air yang menurun bukan?

Baca Juga: Tagihan Naik?! Bagaimana Cara Menghemat Listrik?

Jangan Mandi Berlama-lama

bagaimana cara menghemat air
(Klik Dokter)

Biasanya ketika mandi, kita senang sekali berlama-lama. Entah melakukan kegiatan penunjang kebersihan tubuh lainnya seperti scrubbing, melakukan hair mask atau bahkan kebiasaan yang terbentuk sejak lama. Nah jika Pins kebingungan bagaimana cara menghemat air di rumah, salah satu cara menghemat air bersih yang dapat Anda coba adalah dengan menghentikan kebiasaan mandi berlama-lama. Karena semakin lama durasi mandi, maka akan semakin banyak juga air bersih yang terbuang. Padahal Pins dapat mandi dengan durasi waktu yang lebih singkat dan air yang lebih sedikir.

Matikan Keran Ketika Air Tidak Digunakan

bagaimana cara menghemat air
(IDN Times)

Langkah lainnya yang dapat Anda coba ketika kebingungan bagaimana cara menghemat air di rumah adalah mematikan keran jika air tidak digunakan. Mungkin Anda adalah salah satu orang yang sering menggunakan air? Langkah yang satu ini dapat Anda coba mulai dari diri sendiri lho! Misalnya, Anda sedan menggosok gigi dan tidak membutuhkan air lagi untuk berkumur, Anda dapat mematikannya sebentar demi menghemat air. Selain itu Anda juga dapat melakukan hal yang sama ketika mencuci muka atau mencuci kendaraan. Meski tidak terasa, ternyata hal-hal kecil ini dapat berdampak pada peningkatan jumlah tagihan air Anda lho!

Masak Air Secukupnya

bagaimana cara menghemat air
(Liputan 6)

Mungkin masih banyak dari Anda yang masih memasak air untuk air minum? Atau bahkan menggunakan air untuk memasak? Terkadang kita suka lupa untuk memperkirakan penggunaan air dalam memasak. Padahal hal ini bisa menjadi salah satu penyumbang naiknya tagihan biaya air rumah Anda lho!  Nah, masak air secukupnya dapat menjadi salah satu solusi jika Pins kebingungan mencari cara menghemat air bersih. Jadi mulai dari sekarang Pins dapat mulai memperkirakan penggunaan air dalam memasak. Masaklah air secukupnya agar tidak terbuang sia-sia.

Memanfaatkan Air Bekas Masak

(Grid id)

Biasanya air bekas masak hanya menjadi limbah tidak berguna yang akan langsung dibuang ke saluran air kotor. Padahal air bekas masak dapat menjadi salah satu cara menghemat air bersih bagi Anda yang bingung bagaimana cara menghemat air bersih di rumah. Anda dapat memanfaatkan air bekas masak ini untuk menyiram tanaman. Dibandingkan menggunakan air bersih, Anda dapat menyiram tanaman dengan air bekas masak, sehingga Anda akan lebih hemat dalam menggunakan air bersih.

Jangan Gunakan Deterjen Berlebihan

(Unilever)

Saat mencuci baju atau piring, terkadang kita suka menuangkan produk deterjen tanpa takaran atau perkiraan. Mungkin sebagian dari Anda berpikir fungsinya adalah untuk membuat baju wangi atau bersih. Padahal hal ini sering menjadi penyebab tagihan air rumah naik lho! Semakin banyak deterjen yang Pins gunakan dalam mencuci baju atau piring maka akan semakin banyak busa yang muncul. Tentu Anda akan menggunakan air lebih banyak juga untuk menghilangkan busa-busa tersebut.

Tampung Air Hujan

(Detik Food)

Menampung air hujan bisa menjadi cara berhemat bagi Anda yang kebingungan bagaimana cara menghemat air bersih. Ya, air hujan yang Pins tampung dapat digunakan untuk mencuci kendaraan, baju atau bahkan menyiram tanaman. Tentunya hal ini akan membuat Pins lebih hemat lagi dalam menggunakan air bersih dan tagihan biaya air rumah pun menurun.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko Fatra

Tags :

Bagikan Artikel