Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Ini Syarat Perpanjang SKCK yang Perlu Kamu Lengkapi!

Lifestyle

Ini Syarat Perpanjang SKCK yang Perlu Kamu Lengkapi!

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 6 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins, ada yang pernah mendengar atau mengetahui soal SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian? Pasti hampir dari kamu semua sudah pernah mendengar surat ini ya Pins. SKCK digunakan sebagai keterangan berkelakuan baik. Umumnya surat ini berlaku 6 bulan lalu harus diperpanjang dengan memenuhi syarat perpanjang SKCK yang berlaku.

Pinhome – Pins, sebagai warga negara Indonesia tentunya kita akan selalu bersinggungan dengan aktivitas administratif. Misalnya saja saat akan pindah domisili, kamu memerlukan surat keterangan RT. Saat kamu akan mendelegasikan seseorang mengambil gaji, kamu akan memerlukan surat kuasa. Bahkan ketika kamu akan melamar pekerjaan, beberapa perusahaan mewajibkan melampirkan surat SKCK. 

Baca Juga: Kini Daftar SKCK Online Semakin Mudah Dilakukan

Lalu kenapa sih SKCK ini sangat diperlukan dan banyak digunakan dalam proses administratif? Berikut ini fungsi dari SKCK.

Fungsi SKCK

(Tribun Solo)

Baca Juga: Ini Dia Syarat Bikin SKCK Yang Harus Dipenuhi

Seperti surat yang digunakan untuk kebutuhan administrasi lain, SKCK pun mempunyai fungsi yang tak kalah penting Pins. Berikut ini ada sederet fungsi SKCK yang perlu kamu tahu.

Persyaratan masuk PNS  seperti pelengkap untuk proses pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

Apabila kamu bermaksud untuk mendaftar CPNS, biasanya kamu akan diwajibkan untuk melampirkan SKCK. Hal ini lantaran CPNS adalah abdi negara sehingga reputasi seseorang akan sangat penting untuk menjaga nama baik lembaga negara. Hal ini bisa dibuktikan dengan pembuatan SKCK.

Untuk melamar pekerjaan di institusi swasta atau pemerintah

Selain untuk melamar CPNS, SKCK juga sering kali menjadi syarat utama dalam melamar pekerjaan di institusi swasta atau lembaga pemerintah lain. Mungkin saja alasan untuk menjaga nama baik perusahaan menjadi prioritas sehingga perlu ada pernyataan dari polisi mengenai hal ini.

Untuk kebutuhan pendaftaran sekolah (dalam negeri maupun ke luar negeri)

Selain itu SKCK juga dibutuhkan untuk beberapa kegiatan tertentu seperti pendidikan. Bagi beberapa institusi pendidikan dan beasiswa, akan mewajibkan kandidat melampirkan SKCK. Tujuannya untuk memastikan bahwa calon kandidat penerima beasiswa sudah sesuai dengan kriteria mereka.

Untuk pencalonan diri sebagai calon kepala desa, DPRD, kepala daerah/Bupati

Pins, selanjutnya SKCK bisa digunakan untuk keperluan mendaftar sebagai pejabat daerah atau pejabat pemerintah pusat. Hal ini dilakukan untuk mengecek riwayat kriminalitas dari para kandidat dan memastikan catatan kriminal kandidat bersih.

Persyaratan menikah dengan anggota Polri dan TNI

Kemudian, SKCK juga digunakan sebagai syarat untuk menikah dengan anggota abdi negara seperti Polri dan TNI. 

Untuk syarat dasar pembuatan paspor

Jika kamu ingin membuat paspor, pastikan sudah menyediakan SKCK ya Pins. Hal ini karena surat catatan kelakuan baik tersebut menjadi salah satu persyaratan penting.

Syarat Perpanjang SKCK

(Suara com)

Pins, seperti yang kita tahu bahwa masa berlaku SKCK adalah 6 bulan. Jika keperluan atau kegiatan yang kamu lakukan memerlukan SKCK lebih dari 6 bulan, maka pastikan kamu tahu cara memperpanjang SKCK ya Pins. Berikut ini syarat perpanjang SKCK.

Pertama bawa surat pengantar dari keluarhan 

Untuk persyaratan pertama, pastikan kamu membawa surat pengantar dari pihak keluarahan. Hal ini penting untuk digunakan untuk mengonfirmasi kebenaran bahwa kamu adalah warga di area tersebut. Namun, biasanya ada juga Polres yang tidak memerlukan surat pengantar. Sebagai antisipasi ya Pins, biar kamu tidak bolak-balik, kamu bisa menyiapkan ini dari awal. 

Bawa SKCK lama dan fotokopannya

Pastikan kamu menyimpan SKCK lama dan fotokopiannya yang sudah dilegalisir dengan rapi. Tujuannya adalah untuk persyaratan dalam memperpanjang SKCK Pins. Jadi fotokopi yang sudah dilegalisir jangan sampai hilang, ya!

Fotokopi Kartu Keluarga (KK)

Untuk fotokopi KK, pastikan juga kamu menyediakan dokumen ini ya Pins. Kamu bisa membawa beberapa lembar fotokopian KK sebagaai cadangan.

Fotokopi KTP atau SIM yang masih berlaku

Selain itu, jangan lupa untuk menyediakan fotokopi dokumen identitas kamu ya Pins. Tujuannya untuk memastikan bahwa kamu memiliki identitas sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). 

(Tribun Jabar)

Fotokopi Akta Kelahiran

Selain itu sediakan dan bawa juga akta kelahiran kamu. Dokumen ini juga menjadi salah satu syarat yang diperlukan dalam memperpanjang fotokopi SKCK. 

Fotokopi Ijazah Terakhir

Sediakan dan bawa juga fotokopi ijazah terakhir ya Pins. Untuk antisipasi, pastikan kamu membawa beberapa dokumen fotokopi ijazah ya Pins.

Pas foto terbaru ukuran 4×6 sebanyak 4 lembar. 

Pins silakan sediakan pas foto lebih dari 10 lembar dan cetak juga ukuran 3×4 sekitar 10-12 lembar untuk persiapan cadangan ya. Latar belakang yang digunakan biasanya merah. Namun untuk berjaga-jaga kamu bisa membawa pas foto dengan latar biru dan merah sebagai stok.

Pins, memperpanjang SKCK mungkin tidak akan selalu dilakukan setiap saat. Namun dengan memahami dokumen apa saja yang diperlukan, kamu bisa dengan mudah mempersiapkannya sewaktu-waktu jika dibutuhkan. Selain itu, daftar syarat memperpanjang SKCK ini juga bisa kamu gunakan sebagai referensi keluarga atau teman kamu yang membutuhkan.

Mengingat dokumen yang diperlukan untuk memperpanjang SKCK ini adalah daftar dokumen penting, pastikan kamu menyimpan semuanya dalam satu folder. Folder tersebut bisa kamu simpan dan dikelompokkan sesuai urutan. Siapkan juga wadah untuk menyimpan fotokopi dokumen yang sudag dilegalisir. 

Semoga informasi di atas berguna ya Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel