Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Surat Keterangan Ahli Waris, Sebaiknya Kapan Perlu Dibuat?

Surat Keterangan Ahli Waris, Sebaiknya Kapan Perlu Dibuat?

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Pins, orang terdekatmu baru saja meninggal dunia dan Kamu diberitahu bahwa orang terdekat tersebut meninggalkan surat warisan untuk kamu dan saudaramu. Apa yang harus dilakukan? Setelah masa berkabung usai, sebaiknya Pins mulai mempersiapkan Surat Keterangan Ahli Waris supaya kamu dan saudara bisa menerima apa yang sudah menjadi hakmu. Kali ini, Pinhome akan membahas mengenai Surat Keterangan Ahli Waris.

Perlu Diketahui Seputar Surat Keterangan Ahli Waris

Apa yang dimaksud dengan Surat Keterangan Ahli Waris? Saat seseorang meninggal, biasanya orang tersebut memiliki warisan yang akan dibagikan kepada ahli warisnya. Pada umumnya, aset-aset yang diwariskan bisa berupa dana di bank, rumah, maupun tanah yang harus dipindahnamakan dari pewaris menjadi nama ahli waris.

Untuk memperjelas mengenai warisan dan supaya warisan terbagi kepada orang-orang yang memiliki hak, diperlukan Surat Keterangan Ahli Waris. Surat ini merupakan surat yang bersifat administratif untuk menunjuk ahli waris secara sah di mata hukum.

Walaupun anak, pasangan, atau orang tua berhak menuntut bagian dalam warisan, tanpa Surat Keterangan Ahli Waris, ahli waris tidak diperbolehkan mengambil harta warisan peninggalan pewaris, lho, Pins. Surat Keterangan Ahli Waris adalah surat yang sah menurut hukum, hal ini berarti hanya mereka yang namanya tercantum dalam surat tersebut merupakan orang yang berhak secara legal atas warisan tersebut.

Baca Juga: Meninggal Saat Masih KPR Rumah Tapi Asuransi Pailit

Buat Surat Keterangan Ahli Waris Segera Setelah Masa Berkabung

Setelah masa berkabung usai, segeralah buat Surat Keterangan Ahli Waris untuk mencegah penyalahgunaan wewenang seperti pencairan dana di rekening pemilik warisan tanpa kesepakatan ahli waris lainnya.

Masalah warisan memang masalah yang sensitif dalam keluarga, Pins. Maka dari itu ada beberapa faktor yang dapat mencegah kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Seperti dengan adanya penunjukkan ahli waris yang sah oleh pejabat berwenang secepat mungkin, yang syarat utamanya adalah surat keterangan ahli waris.

Dalam pembuatan Surat Keterangan Ahli Waris, setelah melewati mekanisme dan administrasi yang dibutuhkan, diperlukan dua orang saksi yang mengetahui komposisi ahli waris dalam surat tersebut dengan benar. Supaya tidak ada ahli waris yang berhak namun tertinggal atau tidak dimasukkan dalam Surat Keterangan Ahli Waris tersebut.

Pembuatan Surat Keterangan Ahli Waris Jika Kamu WNI Asli (Penduduk Asli)

Jika kamu penduduk asli Indonesia, Surat Keterangan Ahli Waris milikmu akan ditandatangani dan disahkan oleh pejabat berwenang yaitu Kepala Desa/Lurah dan Camat, Pins. Kepala Desa/Lurah dan Camat memiliki posisi menguatkan kebenaran isi Surat Keterangan Ahli Waris, memastikan tidak ada ahli waris yang tertinggal atau tidak sesuai. Pemeriksaan dan verifikasi hubungan ahli waris dengan pewaris akan dilakukan dengan penuh kehati-hatian.

Baca juga Manfaat Membuat Surat Ahli Waris

Pembuatan Surat Keterangan Ahli Waris Jika Kamu WNI Keturunan

Jika kamu WNI keturunan Tionghoa, Surat Keterangan Ahli Waris milikmu akan dikeluarkan oleh Notaris yang ditunjuk dalam bentuk akta. Sementara, jika kamu Warga Negara Indonesia keturunan Timur Asing lainnya, Surat Keterangan Ahli Waris diterbitkan oleh Balai Harta Peninggalan, Pins.

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui mengenai Surat Keterangan Ahli Waris. Orang terdekatmu sudah memikirkan dan membagi harta miliknya dengan adil, semoga keluarga yang ditinggalkan bisa menggunakannya dengan bijak dan damai tanpa membuat perselisihan antar keluarga ya, sobat Pins. Semoga bermanfaat!

Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel