Pinhome

Sumber daya alam dari usaha pertanian

Dipublikasikan oleh Eka Mandala ∙ 23 May 2015 ∙ 3 menit membaca

Melanjutkan artikel Potensi sumber daya alam Indonesia yang dapat diperbaharui, berikut penjelasan mengenai Sumber daya alam dari usaha pertanian.

Padi

Sebagian besar penduduk negara Indonesia memilih padi sebagai bahan makanan pokok. Mula-mula negara kita dapat memenuhi kebutuhan beras sendiri.

Namun perkembangan penduduk yang pesat sejalan dengan perkembangan tingkat kesehatan yang pesat pula, sehingga angka kematian menurun bersamaan dengan tingkat kelahiran yang tetap tinggi, negara kita mengalami eksplosi penduduk yang tak dapat dikejar oleh usaha peningkatan penduduk pertanian bahan makanan pokok padi.

Pada suatu masa di dunia dikenal Republik Indonesia sebagai sebuah negara yang tergolong pengimpor beras terbesar. Sadar akan ketidakseimbangan penyediaan sumber daya alam ini, diusahakanlah intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian secara bersamaan di seluruh wilayah tanah air.

Tidak sedikit bibit unggul hasil penelitian nasional maupun regional dilahirkan di pusat-pusat penelitian pertanian, banyak sekali pabrik pupuk yang didirikan di Indonesia. Bendungan irigasi didirikan di mana-mana. Pencetakan sawah baru dilaksanakan di dataran yang luas bersamaan dengan usaha penyebaran sumber daya manusia.

Berkat segala usaha yang gigih tersebut, kepala negara Indonesia mengumumkan keberhasilan rakyat Indonesia dalam usahanya mengubah kedudukannya dari negara pengimpor beras menjadi negara swasembada bahan makanan di forum internasional pada bulan November 1985.

Talas

Kebiasaan yang berlaku di Pulau Bawean dan di Mentawai dalam melestarikan tanaman talas sebagai bahan makanan patut dilestarikan pula.

Pengambil umbi talas wajib menanami kembali tanah bekas tanaman keladi yang baru diambilnya. Jika kebiasaan itu tetap diteruskan oleh generasi berikutnya, maka bahaya kelaparan takkan mungkin timbul di tempat itu.

Sagu

Sagu yang merupakan tumbuh-tumbuhan yang tumbuh luas tanpa menuntut pemeliharaan yang intensif di Indonesia bagian timur, terutama Maluku, sebaiknya tetap dilestarikan sebagai bahan makanan pokok penduduk dalam rangka penganeka ragaman bahan makanan pokok itu.

Dengan demikian jika pada suatu masa timbul gangguan dalam proses produksi padi, misalnya karena gangguan hama atau bencana alam, kita masih mempunyai cadangan bahan makanan yang setara dengan beras.

Jagung

Untuk jagung, kita tidak perlu khawatir, karena jenis tanaman ini telah mendapat perhatian dengan mengembangkan jenis jagung unggul diikuti dengan cara bertanam yang baik dan cara pemilihan biji jagung yang baik pula.

Bahan makanan lain

Bahan makanan lain yang terutama merupakan tambahan bagi bahan makanan pokok, perlu pula mendapat penanganan yang baik, sehingga kita tidak perlu mendengar timbulnya bencana kelaparan di negeri tercinta ini.

Bahan makanan yang dimaksud adalah ketela pohon, ubi jalar, kentang dan mungkin juga pada masa mendatang dapat dikembangkan gandum dan sejenisnya.

Hortikultura

Di samping bahan makanan pokok, tanaman palawija merupakan sumber kebutuhan pokok iyu. Macam-macam jenis sayuran dari tanaman palawija diusahakan penduduk secara khusus maupun sebagai usaha sampingan di pekarangan rumah, seperti warung hidup dan apotik hidup.

Dalam rangka difersifikasi hasil pertanian, kedelai kini sedang mendapat perhatian pemerintah. Ternyata tidak sedikit penduduk negara kita mengkonsumsi kacang kedelai, sehingga tidak sedikit bahan makanan ini harus diimpor.

Lusa sekali wilayah negara kita yang tanah dan iklimnya memungkinkan usaha pertanian kedelai. Kita tahu betapa tinggi nilai gizi kedelai dan betapa luas kalangan masyarakat yang menyukai makanan berasal dari kacang kedelai itu, maka peningkatan produksi kedelai merupakan usaha yang harus dilakukan.

Di kebun pekarangan rumah bermacam-macam buah-buahan yang bersama-sama dengan sayuran dan bunga-bungaan termasuk kedalam kelompok hortikultura, merupakan bentuk sumber daya alam pertanian rakyat.

Artikel Sumber Daya Alam

Baca juga artikel mengenai sumber daya alam pada tautan di bawah ini:

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 5 Potret Rumah Lesti Kejora yang Minimalis namun Megah

Lesti Kejora, bintang dangdut muda ini merupakan pemenang kontes menyanyi D'Academy pada tahun 2014

Berita Pinhome
Berita Pinhome Belanja Sembako Hemat 70 Ribu di Segari

Pins, mau belanja sembako rumah tangga lebih hemat? Pas banget, nih! Ada promo belanja hemat dari S

Infografis
Infografis Tren Pencarian Barang Tersier di Indonesia Sejak Pandemi

Membeli barang tersier seperti rumah, kendaraan, dan alat elektronik canggih lain pada akhirnya men

Infografis
Infografis 10 Rekomendasi Brand Lokal yang Menjual Hiasan Rumah Berkualitas Baik

Home sweet home merupakan ungkapan yang sudah tidak asing yang sering kita dengar. Ungkapan ini sek

Infografis
Infografis Ingin Renovasi dan Dekorasi Rumah? Cari Inspirasi Lewat Game Dekorasi Rumah Berikut yuk!

Dulu, bermain game dipandang secara negatif karena terlihat hanya bersenang-senang dan menghabiskan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia