Sumbangan gagasan Merton terhadap dunia ekonomi

Diperbarui oleh Eka Mandala ∙ December 27, 2021 ∙ 3 menit membaca

Sumbangan gagasan Merton terhadap dunia ekonomi – Pada tahun 1997, Merton bersama rekannya, Myron Scholes memperoleh hadiah Nobel untuk sumbangan mereka dalam teori Penilaian Opsi. Sebelumnya Myron Scholes bersama dengan Fischer Black menerbitkan artikel mengenai penilaian instrumen keuangan opsi di Journal of Political Economy.

Dalam artikel tersebut dijelaskan, opsi adalah hak untuk membeli atau menjual aset pada harga tertentu. Sayangnya Fischer Black sudah meninggal dunia pada tahun tersebut. Sementara, hadiah Nobel hanya diberikan kepada orang yang masih hidup.

Merton

Merton juga menerbitkan model penilaian opsi yang merupakan penyederhanaan dari model Black dan Scholes. Teori Penilaian Opsi yang ia ajukan mempunyai potensi untuk menjelaskan fenomena keuangan lebih banyak lagi. Atas pemikirannya inilah ia bersama-sama dengan Scholes diagnggap telah meletakkan dasar-dasar dalam opsi-opsi saham beserta bursa dalam satu dekade.

Merton dan Scholes mengembangkan Teori Call Option (Teori Hak Opsi), di mana investor diberikan hak dan bukan janji untuk membeli atau menjual (saham, uang, komoditas) dalam suatu periode dan harga tertentu.

Ketika Black meninggal, mereka menamai teorinya dengan Teori Black-Scholes, sebuah teori yang digunakan untuk menilai dan memperhitungkan strategi melindungi investor saham dari perubahan harga pasar yang tidak bisa diprediksi sebelumnya.

Merton telah memberikan kontribusi nyata bagi penyempurnaan serta penciptaan lembaga dan jaringan jual beli saham dalam mengurangi resiko kerugian karena fluktuasi harga, baik oleh sentimen pasar maupun faktor objektif lainnya.

Dalam logika sederhana, orang yang membeli saham sebenarnya tidak sedang membeli saham, tetapi menciptakan sebagian lembaga dan jaringan jual beli saham tersebut.

Lembaga atau jaringan dianggap mampu menentukan harga saham. Ketika orang mampu menentukan saham, meka kekuatan ekonomi akan bisa dikendalikan.

Merton mengembangkan teorinya dari pasar komoditas pertanian, di mana untuk menghindari fluktuasi harga komoditas, pembeli dan penjual mengadakan perjanjian menjamin kepastian harga menghadapi fluktuasi harga.

Merton dan Scholes dianggap telah berjasa memperkecil kerugian dengan membagi risiko kepada lebih banyak pelaku pasar modal, walaupun di sisi lain keuntungan yang bisa diharapkan menjadi lebih kecil karena margin keuntungan.

Hal ini dianggap sebagai metode praktis yang berguna dalam menentukan nilai derivatif yang berhasil menanamkan pengaruh dahsyatnya dalam catatan sejarah ilmu ekonomi selama 25 tahun.

Merton mengembangkan Teori Derivatif dengan sangat lengkap dan canggih, sehingga resp itu dipakai secara masif dan ekstensif di seluruh dunia.

Manfaat yang dapat dirasakan dari Teori Derivatif adalah orang dapat memagari dirinya dari kemungkinan menderita kerugian besar yang akan timbul akibat gejolak harga pasar. Hal ini akan menumbuhkan spekulasi pasar di mana ada faktor ketidakpastian dari setiap transaksi yang dilakukan.

Baca juga artikel : Robert C. Merton penerima Nobel Memorial Prize in Economic Science

Ketika menerima penghargaan Nobel Ekonomi, Merton berujar : “Namun teramat sayang, ketika berita gembira itu sampai ke telinga saya, kolega saya, mendiang Prof. Fischer Black telah tiada.” Sebuah ungkapan tentang persahabatan dan keakraban. Teori tersebut tercipta lewat ide-ide Fischer, Merton, dan Scholes.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Finansial
Finansial Apa itu Rarity Tools NFT? Begini Cara Cek Kelangkaan NFT!

Sama dengan mata uang crypto atau cryptocurrency, nilai NFT secara garis besar terpengaruh oleh rar

Gadget
Gadget 8 Cara Cek IMEI HP Xiaomi, Mudah Tanpa Ribet!

Walaupun jarang dilirik, namun IMEI merupakan salah satu komponen penting pada smartphone android.

Finansial
Finansial Simple! Begini Cara Membuat Trading Plan untuk Pemula

Tidak berbeda dengan kehidupan, investasi juga memerlukan perencanaan yang matang, sehingga kamu bi

Finansial
Finansial Apa itu White Paper di Cryptocurrency?

Apa itu white paper, termasuk dalam hal ini white paper crypto adalah suatu dokumen yang memiliki p

Finansial
Finansial Apa itu ETF? Pengertian, Keuntungan dan Kerugiannya

Produk investasi memiliki jenis yang sangat beragam. Tentunya, agar tidak salah memilih, kamu harus

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia